Cara Membuat Blog yang Menarik dan Menghasilkan Uang

Tips Membuat Web Menarik yang Bisa Menjadi Penghasil Uang

Donabisnis.com – Cara membuat blog yang menarik dan menghasilkan uang. Kita telah banyak membahas cara menghasilkan uang dari blog, seperti melalui afiliasi, iklan, promosi, jual beli, dan sebagainya.

Tapi apapun jenis blog yang menghasilkan uang tersebut, hasilnya tidak akan banyak jika tidak ada pengunjung yang datang ke website atau web kita. Maka dari itu traffic sangatlah penting dimiliki.

Salah satu penunjang traffic yang jitu adalah kecepatan website, mudah dibaca, dan navigasinya bisa dipahami oleh pengunjung. Atau dengan kata lain, web tersebut memiliki UI/UX dan performa optimal.

Kadang orang melupakan aspek tersebut dan hanya fokus membuat konten yang menarik saja, padahal UI/UX dan performa website juga memiliki peran yang sangat penting.

Oleh karena itu pada kesempatan ini kami ingin mengulas beberapa tips dan cara membuat bwebsite yang menarik dan menghasilkan uang. Simak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah ini.

Cara Buat Blog Menarik dan Menghasilkan Uang

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja berikut di bawah ini merupakan beberapa contoh cara dan tips membuat website yang menarik, berkesan, dan bisa menghasilkan banyak uang.

1. Cara Membuat Blog di Blogger

Membuat website dengan memanfaatkan platform dari Google sangat mudah, asalkan sudah memiliki akun Google. Berikut adalah caranya:

  • Login ke Blogger.com
  • Memilih Create Your Blog
  • Masukan akun google kamu
  • Kemudian, Masukkan nama blog, alamat blog, atau URL dan memilih template.
  • Lalu Klik Buat blog.

Kemudian kamu sanggup terasa menyebabkan konten-konten dalam website tersebut. Kamu sanggup mengelola siapa saja yang boleh mengedit dan membaca website kamu. Kamu terhitung sanggup mengubah tampilan blog cocok yang kamu inginkan.

2. Cara Membuat Blog di WordPress

Di WordPress, membuat website juga bisa sangat mudah. Anda bisa melakukannya dengan mengikuti tutorial berikut ini.

  • Klik https://id.wordpress.com/create-blog/
  • Dan klik ‘Mulai blog anda’
  • Masukan alamat email, nama blog, dan kata sandi yang kamu inginkan.

Sebenarnya di step ini web kamu telah selesai dibuat. Hanya ikuti beberapa langkah untuk isi tampilan website saja. Dengan memasukan Header web kamu, dan alamat blog, atau URL.

Selesai itu, kamu sanggup terasa menyebabkan konten-konten dalam website tersebut.

3. Isi Konten

Setelah membuat blog, jangan lupa isi dengan konten yang bermanfaat dan menarik sehingga mudha ditemukan dan berguna bagi orang lain. Prinsipnya, konten blog yang menarik berupa blog yang menginspirasi, menyelesaikan masalah, dan memberikan tips bermanfaat.

Hal yang harus kamu jauhi adalah menjiplak konten berasal dari orang lain, atau menyebarkan Info palsu. Maka berasal dari itu, kamu harus jalankan penelitian, atau pengumpulan bahan yang sanggup kamu jadikan tema postingan atau ulasan artikel website.

4. Mencari Target Pembaca

Jika mendambakan menghasilkan uang berasal dari situs yang kamu miliki, mulailah untuk berkhayal obyek pembaca website kamu. Kamu sanggup jalankan penelitian kecil bersama menjalin komunikasi, dan bertanya pada pembaca, berasal dari mana mereka berasal dan di mana mereka berkumpul. Sehingga blog kamu cocok bersama sasaran pembaca.

5. Membangun Kedekatan bersama Pembaca

Setiap blog akan dikunjungi oleh pembaca. Maka dari itu sangat penting untuk membangun kedekatan bersama mereka.Salah satu caranya adalah dengan membuka kolom komentar di blog dan merespons setiap komentar yang mereka berikan di artikel Anda.

Misalnya, bersama langkah memberikan kuis atau hadiah menarik. Bila perlu, mintalah pada pembaca untuk menyebarkan konten yang kamu tulis sehingga blog yang kamu punyai makin dikenal oleh netizen.

6. Cara Menghasilkan Uang

Setelah selesai membangun website, baik secara konten maupun pembacanya selanjutnyq adalah kamu harus mengenal berasal dari mana sumber pendapatan berasal dari blog.

Pendapatan berasal dari Iklan

Umumnya, pendapatan blog bersumber dari iklan yang Anda pasang. Prinsipnya seperti iklan di media lain, seperti koran yang memiliki iklan baris, majalah, hingga iklan di TV.

Semakin tinggi traffic website yang kamu miliki, makin mahal harga area iklan di blog kamu. Salah satu tips yang harus kamu jalankan adalah bersama memasang Google AdSense untuk meningkatkan traffic web kamu.

Pendapatan berasal dari Afiliasi

Afiliasi yang dimaksud dalam dunia blogging adalah, menjadikan konten yang kamu tulis untuk mengarahkan pembaca, sehingga membeli, menggunakan, atau menyaksikan produk yang dijual di situs lain.

Biasanya, akan ada komisi cocok kesepakatan pada ke-2 belah pihak. Jika kamu punyai pembaca yang setia, mungkin pembaca website kamu akan ikuti rekomendasi yang telah kamu buat amat besar.

Recurring Income

Maksung recurring income di sini adalah cara menerapkan keanggotaan program. Artinya untuk member tertentu, mereka bisa terhubung dengan konten premium yang tak bisa didapatkan oleh bagian regular atau yang tidak berbayar.

Jasa atau layanan

Blog yang kamu punyai pun sanggup digunakan untuk menawarkan jasa atau layanan yang kamu miliki. Misal jasa konsultasi, pelatihan, penulisan, desain, sampai layanan-layanan lain yang sifatnya freelance.

Lebih mudahnya kamu tidak akan memperoleh potongan kecuali client langsung menghubungi kamu. Berbeda halnya kecuali kamu jadi freelancer pakai pihak ketiga.

Jual Produk

Banyak produk yang bisa dijual blogger, namun utamanya adalah produk digital seperti tema, plugin, artikel website, e-book, software, video, template PPT dan word, serta masih banyak lagi.

Namun keuntungannya kecuali kamu memasarkan sendiri lewat blog khusus kamu, buku yang dijual tak akan dikenakan margin. Tidak layaknya kecuali kamu menjajakan buku lewat proses konsinyasi di toko buku.

Mengadakan Event

Bagi telah punyai pembaca setia, sanggup mengundang pembaca ke dalam event kamu dan menerapkan tarif. Dan berasal dari sinilah kamu sanggup memperoleh pemasukan.

Bagi yang belum pernah menyebabkan event sendiri, kamu sanggup memulainya bersama event pertemuan antar blogger, maupun pembaca dalam skala yang kecil khususnya dahulu. Selain memperoleh income berasal dari tarif tiket, kamu pun sanggup melacak sponsor event yang kamu buat tersebut.

Akhir Kata

Sekian pembahasan singkat mengenai cara membuat blog yang menarik dan bisa menghasilkan uang. Semoga dapat menginspirasi Anda yang berniat membuat blog sebagai penghasil uang.

Baca: