Cara Mendapat Uang dari YouTube

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube untuk Pemula

Donabisnis.com – Daftar cara mendapat uang dari YouTube tanpa AdSense. Sebelumnya kami telah membahas tentang situs upload video terbukti membayar. Di sana kami menjelaskan bahwa untuk menghasilkan uang di video bisa dilakukan melalui YouTube.

Salah satu yang paling populer adalah melalui program afiliasi. Kita tahu bahwa YouTube adalah platfom upload video milik Google yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang dari video yang diunggah.

Cara paling populer untuk mendapat uang dari YouTube adalah dengan menghubungkannya ke program afiliasi Google AdSense. Iklan akan ditayangkan pada video Anda dan semakin banyak yang melihatnya, penghasilan Anda juga akan semakin banyak.

Namun menghasilkan video di YouTube tak sebatas hanya melalui program afiliasi saja. Masih banyak cara lain yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang dari platform upload video terpopuler di dunia ini.

Sepeti apa saja caranya? Di sini kami akan membahas mengenai cara menghasilkan uang melalui YouTube selain AdSense. Namun sebelum masuk ke situ, alangkah baiknya kita mengetahui alasan mengapa memilih YouTube sebagai media penghasil uang.

Alasan Memilih YouTube untuk Menghasilkan Uang

Memiliki jutaan konten video dan pengguna, YouTube menjadi salah satu media promosi yang harus diperhitungkan oleh para pebisnis maupun pemula yang ingin mencari uang.

Lalu, apa keunggulan YouTube sehingga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang melalui program afiliasi ataupun hal-hal marketing lainnya? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Efektif untuk Mempromosikan Bisnis

Dengan jumlah pengguna yang sudah mencapai 1 miliar, YouTube menjadi media yang sangat efektif untuk menjaring calon konsumen bagi bisnis. Apalagi jika video yang diuggah memang identik dengan Youtube.

Tentu saja Anda harus menciptakan video kreatif dan mempelajari teknik pengambilan gambar yang baik. Profesionalisme sangat dibutuhkan dalam strategi pemasaran lewat YouTube.

2. Memaksimalkan SEO Website

Hal berikutnya yang membuat YouTube menjadi pilihan dalam pemasaran bisnis adalah memberi dampak pada website dalam hal SEO (Search Engine Optimization). Ya, sejak YouTube diakusisi oleh Google, jejaring sosial ini selalu tampil pada halaman atas pencarian Google.

Dengan kombinasi konten website dan channel YouTube yang Anda miliki, potensi besar Anda terlihat pada halaman teratas pencarian Google pun akan semakin terbuka lebar.

3. Adanya YouTube Partner Program

Terakhir yang membuat YouTube harus menjadi pilihan adalah karena adanya program partner. YouTube memiliki program partner atau kemitraan bagi siapa saja yang bisa menghasilkan uang.

Dengan program ini, pengguna bisa mendapatkan penghasilan hingga mencapai 10 ribu dollar jika video yang diunggahnya mencapai 2 juta penayangan. Dengan keuntungan ini, Anda bisa melakukan 2 hal yang mengungungkan bisnis Anda sekaligus. Seain untuk media promosi, Anda juga bisa menghasilkan uang.

Cara Mendapat Uang dari YouTube Selain AdSense

Di bawah ini adalah beberapa cara untuk menghasilkan uang dari YouTube selain melalui AdSense. Silahkan disimak ulasannya.

1. Youtube Premium

Cara menghasilkan uang dari YouTube selain AdSense yang pertama ialah melalui YouTube Premium Revenue. YouTube memang memiliki opsi berlangganan yang disebut dengan premium.

Bila seorang pengguna YouTube Premium menonton video yang Anda unggah, nanti kalian bisa mendapatkan porsi dari biaya berlangganan yang dibayarkan oleh pengguna tersbeut.

Kalian bahkan tidak perlu melakukan apa-apa lagi setelahnya. Cukup mengaktifkan YouTube Premium. Namun pastikan selalu bahwa konten yang Anda unggah telah sesuai dengan kebijakan panduan YouTube Premium.

2. Afiliasi

Cara mendapatkan uang melalui video YouTube berikutnya selain AdSense adalah program afiliasi. Sebagai contoh, seorang vlogger bertemakan beauty atau fashion yang mengulas alat-alat makeup yang sedang digunakan untuk disodorkan kepada beberapa vendor ternama.

Dari sini, para endorse memasukkan link YouTube Anda pada halaman resminya. Tentu saja hal ini bisa meningkatkan peluang channel Anda untuk tetap lebih banyak pengunjung.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan bagi hasil dari keuntungan produk penjualan sebesar 5-20% atau sesuai dengan kesepakatan Anda dan pihak penjual.

3. Jual Beli Channel YouTube

Meski sering menjadi perdebatan mengenai jual beli channel, namun pada kenyataanya banyak yang melakukan hal ini. Anda hanya perlu menjual channel YouTube kepada orang lain yang membutuhkan.

Pemasukannya pun tak kalah banyak dengan yang mendandalkan Google AdSense. Dalam sehari, total Rp 500 ribu – Rp 1 juta bisa masuk ke rekening tergantung dari banyaknya channel yang Anda jual.

4. Jual Produk atau Jasa

Cara berikutnya untuk mendapatkan uang dari YouTube adalah dengan berjualan produk atau jasa di channel Anda. Apabila Anda bekerja di sebuah perusahaan atau bisnis tertentu, maka Anda bisa menjadikan channel YouTube sebagai media meningkatkan conversion rate.

Caranya dengan membuat konten yang menjelaskan keunggulan produk atau jasa Anda sehingga menarik perhatian pengunjung channel. Kemas video promosi agar terlihat lebih unik, menarik, dan tak terkesan terlalu mengiklankan.

Sejauh ini hal tersebut kerap dilakukan oleh para YouTuber, terutama beauty YouTiuber yang kerap mengiklankan produk kecantikan, kosmetik, maupun busana.

5. Jualan Video

Bila Anda melihat infotainment di TV yang menampilkan konten video Instagram atau YouTube para artis, maka itu yang dimaksud dengan jualan video. Jadi, intinya video milik orang lain muncul di media orang lain.

Sebenarnya itu terjadi atas transaksi jual beli video sebelumya. Para artis pemilik video akan diberikan bayaran oleh pihak TV sebagai imbalan atas video yang mereka ciptakan.

Jika Anda memiliki video yang bagus berkualitas, jangan lupa beri watermark dan Anda bisa menawarkannya ke pihak lain atau pihak lain yang akan datang ke Anda dengan sendiirnya.

6. Sponsorship

Pihak sponsor bis saja tertarik dengan channel Anda dan mengajak Anda bekerja sama. Selain faktor viewers yang tinggi, jumlah subscriber juga menjadi penentu apakah channel Anda akan dilirik sponsor atau tidak.

Kerja sama ini bisa berupa pemasangan iklan atau yang lainnya. Sudah banyak bukti para YouTuber terkenal yang melakukan hal ini untuk menambah pundi-pundi uang dari video yang mereka buat.

7. Live Speaking

Live speaking yang dimaksud di sini adalah seperti pertemuan langsung dengan para subscriber Anda. Bila channel Anda populer, maka bukan tidak mungkin penggemar Anda akan meningkat.

Saat hal tersebut datang, Anda berkesempatan untuk membuat pertemuan langsung dengan mereka sehingga mereka bisa lebih mengenal Anda di dunia nyata.

Kegiatan ini bisa dilakukan supaya hubungan Anda dan para subscriber terjalin erat. Saat acara berlangsung, Anda juga bisa mendapat beberapa sponsor sehingga uang tetap masuk ke rekening.

Akhir Kata

Itu dia pembahasan mengenai cara mendapat uang dari youtube selain adsense. Seperti YouTube premium, program afiliasi, jual beli channel YouTube, jual produk atau jasa, jualan video, sponsorship, hingga live speaking. Cara menghasilkan uang dari YouTube ini sangat cocok untuk pemula. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar