Cara Menghasilkan Uang dari Facebook Ads

Tips Mendapatkan Uang Melalui FB Ads

Donabisnis.com – Cara menghasilkan uang dari Facebook Ads. Dulu mungkin FB hanya kita manfaatkan sebagai media sosial saja. Untuk berkomunikasi, eksis, atau mengikuti informasi update dari idola.

Namun saat ini Facebook telah berkembang pesat. Perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini memiliki banyak fitur baru khususnya untuk mengembangkan bisnis dan menghasilkan uang.

Beberapa di antaranya adalah dengan Facebook Ad Breaks, Facebook Gaming Live Streaming, atau Facebook Ads. Fitur-fitur yang bisa membuat kita mendapatkan penghasilan tambahan.

Kami pun telah sedikit mengulasnya pada cara mendapat uang dari facebook. Salah satu yang paling intens dibahas adalah tentang Facebook Ads, namun di sana kami belum bahas secara detail mengenai caranya.

Dan pada kesempatan ini, kami ingin mengulas cara mudah dan praktis serta lengkap mengenai cara menghasilkan uang dari Facebook Ads. Cara ini legit, asli, nyata, dan terpercaya.

Cara Menghasilkan Uang Melalui Facebook Ads

Tanpa banyak bicara ini itu lagi, langsung saja silahkan simak ulasan lengkap mengenai cara mendapatkan dan menghasilkan uang melalui Facebook Ads. Simak di bawah ini.

1. Mengakses Halaman Ads Manager – Creation

Pertama-tama untuk membuat iklan di Facebook Ads, Anda perlu masuk ke halaman menu Ads Manager -> Creation. Atau bisa langsung membuka tautan berikut ini: https://www.facebook.com/adsmanager/creation.

Di sana Anda akan menemukan kolom mode Guided Creation, Anda bisa langsung menggantinya dengan Quick Creation supaya prosesnya lebih cepat. Caranya klik saja tombol Switch to Guided Creation di bagian kanan atas.

2. Menentukan Objective Iklan

Jika sudah menggantinya, Anda bisa menentukan objective iklan di Facebook yang terbagi menjadi tiga bagian, yakni Awarneness, Consideration, dan Conversion. Setiap bagian memiliki manfaat dan fungsi masing-masing.

Misalnya Anda ingin memperkenalkan produk ke masyarakat, maka Anda bisa memilih objective Awareness. Bila ingin mendatangkan pengunjung ke website, Anda bsia memilih Consideration, dan jika ingin menaikkan transaksi penjualan, maka bisa memilih Conversion.

Di sini Anda tak perlu bingung memilih objective, cukup sesuaikan saja dengan kebutuhan bisnis Anda maka Facebook Ads akan membantu menyesuaikannya. Sebagai contoh, di sini kita akan menggunakan objective Awareness.

Selanjutnya setelah memilih objective, pada bagian What’s your marketing objective? Kita memilih Awereness > Brand Awereness. Kemudian muncul beberapa opsi seperti berikut ini :

  • Campaign Name: Silakan isi bersama dengan nama iklan Anda. Jika bingung biarkan default seperti itu.
  • Create Split Test: Gunakan fitur ini kalau Anda inginkan jalankan split testing.
  • Budget Optimization: Anda sanggup memakai fitur ini untuk mengoptimalkan anggaran Anda pada tiap tiap Ad Set.

Setelah mengambio keputusan yang Anda pilih, seterusnya silahkan klik tombol Set Up Ad Account. Halaman ini muncul karena kita belum mmebuat Ad Account. Selanjutnya kita pilih tombol Continue maka ke depan kita tidak bisa menyaksikan halaman ini lagi.

Selanjutnya, set juga campaign level ke Ad Set, pada bagian ini Anda perlu mengatur sebagai berikut.

  • Account Country: Indonesia
  • Currency: Indonesia Rupiah
  • Time Zone: Asia/Jakarta
  • Lalu klik tombol Continue

3. Menentukan Audience, Penempatan, Anggaran dan Penjadwalan Iklan

Jika sudah klik tombol Continue, maka Anda bisa masuk ke halaman berikutnya. Jika Anda menyimak di kolom kiri, saat ini Anda ada pada halaman Ad Set, maka saatnya Anda menentukan siapa audience-nya, di mana penempatan iklan yang Anda inginkan, dan berapa anggaran yang bisa Anda keluarkan.

– Audience

Pada bagian ini Anda diminta oleh Facebook untuk membatasi siapa yang Anda inginkan untuk menyaksikan iklan Anda. Pada bagian audience ini tersedia 7 parameter yang sanggup Anda gunakan, di antaranya :

  • Custom Audiences
  • Locations
  • Age
  • Gender
  • Language
  • Detailed targeting (Demografi, Interest/ Minat), Behavior/ Perilaku)
  • Connection (Daftar orang-orang yang dulu terjalin bersama dengan fanpage, aplikasi atau acara yang Anda agendakan)

Memang benar Facebook bisa menjangkau banyak orang, namun jika Anda tak bisa memilih siapa saja target pasarnya, maka biaya yang Anda keluarkann untuk iklan menjadi sia-sia. Omzet yang didapatkan dari iklan bisa saja tidak ada.

Maka dari itu Anda wajib mengetahui siapa tujuan market Anda, selama Anda belum mengerti siapa yang Anda targetkan jadi pasar, maka jangan beriklan dulu. Sebgai contoh kita menargetkan orang yagn suka kuliner berbentuk mie, berdomisili di Pulau Jawa dengan rentang usia 18-44 tahun, sehingga kita isi parameternya menjad seperti berikut.

  • Custom Audiences : –
  • Locations : Banten, Jakarta, West Java, Central Java, East Java, Special Region of Yogyakarta (statusnya State)
  • Age : 18-44
  • Gender : All
  • Language : –
  • Detailed targeting (Demografi, Interest/ Minat), Behavior/ Perilaku) : Bakmi, Bakso, Indomie, Mi Rebus, Mie ayam, Mie goreng.
  • Connection : –

Dari pilihan audience seperti di atas yang wajib Anda ketahui adalah pada gambar speedometer di kolom paling kanan. Di sana Anda sanggup menemukan Potensial Reach-nya sebesar 4,1 juta orang. Artinya iklan yang dapat kita jalankan ini nanti membawa potensi sanggup menjangkau sebanyak 4,1 juta orang dan itu seluruhnya berminat pada mie.

– Placements

Setelah Anda selesai memilih siapa tujuan Anda di bagian audience, kemudian pilih di mana Anda dapat menampilkan iklan Anda. Pada bagian ini Facebook tawarkan kepada Anda 2 buah opsi yang di antaranya :

  • Automatic Placements (Recomended)
  • Edit Placements

Kalau Anda memilih yang automatic maka penempatan iklan dapat diacak oleh Facebook dan dapat memberikan di mana daerah paling baik untuk Anda. Sedangkan kalau memilih Edit Placement Anda sanggup memilih sendiri di mana Anda mau iklan tayang.

Untuk Edit Placements ini tersedia beberapa daerah yang sanggup Anda pilih. Lalu sebaiknya memilih yang mana? Kalau Anda bingung memilih yang mana, lebih baik pilih yang otomatis saja. Anda coba beberapa waktu selanjutnya hasilnya bisa dijadikan rujukan.

Namun kalau Anda inginkan menargetkan orang-orang yang aktif di channel khusus perumpamaan Instagram saja, maka opsi Edit Placements wajib Anda pilih.

– Budget & Schedule

Setelah Anda memilih siapa audience dan di mana Anda dapat menayangkan iklannya, maka berikutnya adalah memilih anggaran dan waktu tayang iklannya. Kita bahas pada bagian Budget lebih dahulu. Untuk budget ini Facebook tawarkan 2 opsi, yakni :

  • Daily Budget: Budget harian
  • Lifetime Budget: Budget untuk selamanya

Artinya begini, kalau Anda memilih budget harian maka Anda sanggup membatasi biaya iklan Anda per hari itu berapa Rupiah. Namun kalau Anda memilih life time budget, maka ini seperti Anda mempunyai uang Rp 1 juta dan ini wajib habis dalam waktu 2 minggu. Sehingga untuk biaya iklan per harinya bisa berbeda-beda besarnya.

Untuk pemula Anda sanggup terasa dulu berasal dari memilih Daily Budget dengan anggaran per harinya Rp 10.000 saja.

Kemudian pada bagian Schedule, Facebook tawarkan 2 opsi berikut:

  • Mulai waktu ini dan Anda sanggup stop kapan saja
  • Anda memilih kapan iklan terasa ditayangkan dan kapan berakhirnya.

Untuk pilihannya tergantung dengan kebutuhan Anda. Tetapi untuk tutorial cara mengakibatkan iklan di Facebook ini kita memilih yang Run my ad set continuously starting today.

Kemudian sehabis Anda selesai di bagian Audience, Placements, dan Budget & Schedule silahkan Anda klik tombol Continue di bagian paling bawah.

4. Membuat Iklan Facebook

Setelah klik tombol Continue di atas, maka Anda bisa masuk ke tahap berikutnya yakni membuat iklan di Facebook. Pada halaman ini, Anda diminta untuk mengisi bagian Identify, Format, Media, dan Text satu per satu.

– Identify

Pada bagian identify ini Facebook tawarkan kepada Anda mau menggunakan Facebook Page atau Instagram. Karena kita baru mempersiapkan akun Facebook Page saja maka kita memilih saja yang Facebook Page.

– Format

Setelah Anda selesai di Identify, kemudian masuk ke bagian Format. Untuk Format ini tersedia beberapa pilihan yang sanggup Anda pilih seperti :

  • Carousel
  • Single image
  • Video
  • Slide show

Anda boleh memilih format yang mana saja. Jika mau silahkan Anda memakai seluruh format pada ad set yang lain lalu tes mana yang memberikan hasil terbaik. Tapi untuk sekarang kita bisa pilih format Single Image.

– Text

Sekarang kita masuk ke bagian text. Di sini Anda sanggup mengmasukkan teks apa saja yang dapat Anda tampilkan pada iklan Anda. Kemudian Anda memasukkan link menuju website Anda, headline, dan call to action.
Setelah seluruhnya selesai, Anda klik tombol Confirm.

5. Melakukan Pembayaran

Jika seluruh tahapan telah Anda lalui, maka akan muncul popup memilih metode pembayaran, yakni sebagai berikut.

  • Menggunakan kartu kredit
  • Menggunakan transfer bank lokal
  • menggunakan kode kupon

Untuk lebih mudahnya, Anda bisa memakai metode yang pertama. Tetapi kalau belum punya Anda boleh memakai cara yang kedua. Pada tutorial ini kita memakai metode ATM dan transfer bank.

Apapun opsi yang Anda pilih, kalau udah silahkan klik tombol Continue. Kemudian pada pop up ini klik tombol Continue lagi. Lalu segera jalankan transfer dan setelah dana masuk maka iklan Facebook Anda dapat terjadi secara otomatis.

Akhir Kata

Sekian ulasan lengkap mengenai cara menghasilkan uang dari facebook ads gratis. Mari ikuti cara tepat mendapatkan uang lewat Facebook Ads di atas, jangan mengikuti tutorial asal di internet atau WhatsApp yang belum terbukti kebenarannya.

Baca:

Tinggalkan komentar