Cara Menghasilkan Uang dari WordPress

Tips Mendapatkan Uang Melalui Blog WP

Donabisnis.com – Cara menghasilkan uang dari wordpress. Di kesempatan sebelumnya kami telah mengulas mengenai cara menghasilkan uang melalui blogspot dan blogger.

Pada artikel tersebut kami telah bahas bahwa ada dua platform favorit untuk membuat blog gratis, yakni blogger dan WordPress. Nah di kesempatan ini kami akan membahas soal platform kedua.

Mungkin masih banyak yang belum tahu, bahwa ada banyak cara menghasilkan dan mendapatkan uang dari wordpress. Banyak yang disadur dari artikel tentang blogspot, maupun artikel cara mendapat uang dari website.

Tapi masih ada potensi lain di luar keduanya untuk membuat WordPress sebagai penghasil uang yang nyata. Namun mungkin tak banyak yang tahu sehingga potensi ini menjadi terabaikan.

Maka dari itu di kesempatan ini kami ingin mengulas dan membahas tentang cara menghasilkan atau mendapatkan uang dari blog WordPress. Simak ulasannya di bawah berikut ini.

Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog WordPress

Langsung saja tanpa banyak basa basi kembali, silahkan simak ulasan lengkap tentang cara menghasilkan dan mendapatkan uang dari website WordPress legit, asli, nyata, terpercaya, terbukti membayar.

1. Menulis Artikel Bersponsor

Menulis artikel bersponsor bisa menjadi pilihan cara mendapatkan uang dari WordPress. Caranya hampir sama seperti Google AdSense, tapi iklan yang ditampilkan dari WordPress langsung. Artikel yang dipublikasikan bisa berupa sponsored post (kita tulis sendiri) atau content placement (kita publikasikan di blog), sama-sama dibolehkan.

WordPress membatasi sponsored post sebagai “any content that promotes a specific produk or service, which you were encouraged to post by the company or individual who makes/sells/provides it. Including this jenis of content on your site typically results in some kind of compensation for you in the form of payment, freebies, etc.

Intinya, artikel di mana Anda mempromosikan suatu produk/jasa dan mendapat imbalan dalam wujud apa pun dikarenakan mempublikasikannya di blog. Catat, imbalan dalam wujud apa pun! Itu termasuk fee berwujud uang maupun kiriman produk gratis.

2. Memasang Iklan WordAds

Pengguna WordPress.com sebenarnya tidak bisa memasang iklan Google AdSense. Tapi, ada alternatif yang tidak kalah menarik, yakni dengan menggunakan WordAds. Ini merupakan program periklanan yang dijalankan secara otomatis dan WordPress spesifik memperuntukkannya bagi pengguna WordPress.com

Sama seperti AdSense, WordAds juga menampilkan iklan dari pihak ketiga di blog ita. Contohnya iklan dipasang di header blog, di bagian atas postingan, tengah postingan, sidebar, atau bawah artikel. Pendapatannya tergantung pada seberapa beasr orang ramai mengunjungi blog Anda dan berapa yang klik blog Anda.

3. Menjalankan Program Afiliasi atau Referal

Cara mendapatkan uang dari WordPress berikutnya adalah menjalankan program afiliasi. Selama internet ada, cara ini pasti tetap akan bertahan. Sebab pelaku program afiliasi tak ubahnya seperti makelar. Jadi selama ada yang menjajakan barang atau jasa di internet, selama itu pula afiliasi bertahan. Demikian juga dengan progra referral, selama orang menggunakan mesin pencari selama itu pula program ini dijalankan.

Blog merupakan salah satu media paling efisien untuk menjalankan bisnis ini. Sebagai pengguna WordPress.com, Anda bisa memasang tautan promosi, syaratnya blog berisi konten original dan tak melulu memublikasikan konten perdagangan.

Di Indonesia udah banyak sekali yang menawarkan program afiliasi dan referal. Misalnya saja Lazada dengan beragam macam produknya. Kalau blog Anda bertema dunia blogging dan banyak menyinggung web hosting, hampir seluruh penyedia web hosting miliki program afiliasi. Termasuk jika Anda mampu mereferensikan paket-paket WordPress.com di program afiliasinya.

4. Rajin Ikut Lomba

Lomba blog sampai sekarang masih ada meski jarang dijumpai. Meski begitu ini patut dicoba untuk menjadi opsi salah satu penghasil uang lewat WordPress dengan berbagai hadiah menarik, seperti voucher digital, perangkat elektronik, uang tunai, dan masih banyak lagi.

Karena hadiahnya yang terlalu berlimpah ini, ada sejumlah blogger WordPress yang menggantungkan pendapatannya hanya dari hadiah lomba blog. Ada pula yang mengumpulkan uang hadiah-hadiah lomba blog untuk memberangkatkan umrah kedua orang tua.

Sebagian orang berpikir memenangkan lomba blog itu untung-untungan. Tapi sebenarnya jika sedikit lebih cermat ada semacam pola spesifik yang mampu dipelajari dari artikel-artikel para blogger pemenang lomba. Hanya butuh ketelitian serta konsistensi untuk mampu mendapatkan pola yang memilih sebuah tulisan menjadi juara lomba.

Buktinya beberapa blogger sering memenangkan lomba demi lomba blog. Mulai dari yang berhadiah smartphone terbaru, hingga jalan-jalan ke luar negeri. Tentu mereka ini tidak hanya beruntung. Kerja keras dan konsistensi yang membuat mereka selamanya menang lomba.

5. Berjualan

Kalau blog Anda mampu digunakan untuk mempromosikan produk orang lain melalui program afiliasi atau referral, mengapa tidak mencobanya untuk mempromosikan barang dagangan sendiri? Baik Anda produksi sendiri barang maupun mengambilnya dari pihak lain, promosikan saja di blog.

Kalau sudah serba otomatis, Anda juga bisa memasang produk tersebut di marketplace daring layaknya Tokopedia atau Bukalapak. Kemudian sisipkan tautan menuju halaman penjualan kedua marketplace di dalam halaman produk di blog. Jadi, calon pembeli yang terlalu berminat mampu bertransaksi di sana.

6. Membuat dan Menjual Plugin WordPress

WordPress Theme memberikan desain dan tamilan web kepada Anda, plugin adalah tambahan fungsionalitas dan fitur tentang kebutuhan pada website yang tidak ada pada tema. Apakah anda seorang pengembang web yang mampu memecahkan persoalan yang sering dihadapi oleh pengguna WordPress?

Membangung sebuah plugin untuk meringankan persoalan pengguna WordPress amat mungkin anda mampu membuat usaha dan mendapatkan uang dari WordPress WordPress.

Beberapa pebisnis layaknya Pippin Williamson, Bradvin, dan orang-orang yang berada di belakan WooCommerce yang udah membangun usaha yang menguntungkan dari Plugin WordPress. Anda mampu mengikuti keberhasilan orang-orang ini.

Biasanya harga plugin WordPress lebih rendah dibandingkan harga tema, tapi mereka lebih mengntungkan dikarenakan pengguna WordPress selamanya memerlukan fitur baru pada web tapi jarang mengubah tema mereka.

Akhir Kata

Sekian ulasan lengkap mengenai cara menghasilkan uang dari blog wordpress gratis. Anda bisa menghasilkan uang dengan cara apapun di atas, tapi ingat harus konsisten sehingga hasilnya juga bisa maksimal.

Baca: