Contoh Deskripsi Produk

Contoh Penjelasan Informasi Barang dan Jasa

Donabisnis.com – Contoh deskripsi produk. Dalam kemasan produk selalu ada space untuk menaruh informasi barang dan jasa yang ditawarkan. Biasanya tidak terlalu panjang, cukup singkat namun lengkap.

Space tersebut dinamakan sebagai deskiripsi produk, hampir sama dengan label produk, namun deskripsi ini berupa informasi kata-kata dan kalimat singkat saja. Bukan berupa gambar ilustrasi.

Sangat penting untuk menaruh deskripsi produk dalam kemasan, sebab konsumen dengan demikian bisa mengetahui produk apa yang ingin merkea beli lengkap beserta manfaat-manfaatnya.

Dalam membuat deskripsi produk, biasanya orang-orang membuatuhkan copywriter yang andal. Bisa mengubah informasi yang panjang lebar menjadi sangat singkat.

Nah pada kesempatan ini kami ingin memberikan informasi tentang contoh deskripsi produk barang dan jasa yang menarik. Simak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah berikut ini.

Contoh Deskripsi Produk Barang dan Jasa yang Menarik

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja silahkan simak ulasan lengkap contoh deskripsi produk barang dan jasa yang menarik. Berikut pembahasannya dirangkum dari berbagai sumber.

1. Fokus pada Customer

Saat Anda menulis gambaran produk dengan target pasar yang luas, informasi bisa Anda buat secara umum. Namun jika ingin target pasarnya lebih spesifik ke konsumen tertentu, Anda bisa membuat gambaran produk secara lebih spesifik dan ini sebetulnya bisa menjangkau audiens lebih tertarget.

Buat pertanyaan dan jawab seolah-olah Anda sedang mengobrol langsung bersama mereka. Selain menarik pelanggan, ini dapat mengakibatkan mereka menjadi dekat bersama produk yang ditawarkan. Misalnya:

Tergelincir atau terjatuh saat sedang hiking memang tak sanggup dihindari. Namun Anda sanggup meminimalisirnya bersama pilih alas kaki yang tepat. Sandal gunung dari ABC ini dibikin bersama bahan berkwalitas dan desain ergonomis anti slip. Bebaskan diri Anda bersama perjalanan yang lebih aman menjelajahi alam.

Dari gambaran di atas, Anda secara langsung udah terhubung bersama tujuan pasar Anda yaitu para pendaki. Dengan menjelaskan masalah-masalah yang kerap dihadapi saat hiking atau mendaki, calon kastemer dapat menjadi lebih dekat dan menjadi kalau produk yang Anda tawarkan memang menyadari kesibukan yang mereka laksanakan dan risikonya.

2. Sebut Nama Produk yang Jelas

Anda bisa menjual jaket X yang memiliki banyak fungsi, maka Anda harus menyebutkan nama produk dan keunggulannya secara jelas.

Jaket X Multifungsi merupakan jaket yang sanggup digunakan sebagai pelindung tubuh dari terpaan angin sekaligus berfungsi sebagai mantel hujan. Cocok digunakan untuk segala kesibukan tanpa mengurangi kenyamanan.

Banyaknya kegunaan jaket tanpa mengurangi kenyamanan selanjutnya yang jadi nilai jual dalam gambaran produk Anda.

3. Bahan Baku dan Keunikan

Jaket X Multifungsi terbuat dari bahan taslan yang tahan air dan tidak mudah ditembus angin. Cocok bagi Anda yang banyak beraktivitas di luar ruangan atau pengendara motor.

Deskripsi di atas merujuk terhadap bahannya yang tidak tembus air maupun angin dan siapa yang sesuai mengenakan produk tersebut.

4. Gunakan Kata Superlatif

Kalimat dengan kandungan ‘paling’ dan ‘ter’ memang banyak digunakan penjual untuk memasarkan produknya. Namun ini bisa terdengar tak tulus dan omong kosong belaka jika And tak bisa menunjukkan bukti dari klaim tersebut.

Contoh yang sanggup Anda memandang adalah bagaimana Amazon mengakibatkan gambaran produk untun Kindle Paperwhite yang mereka jual. Dalam tulisannya, Amazon mengklaim bahwa produk mereka adalah e-reader paling canggih saat ini. Untuk mengakibatkan calon kastemer menjadi yakin, dibuatlah tambahan gambaran sebagai berikut:

E-reader tercanggih di dunia saat ini. Memiliki resolusi tinggi baterai yang sanggup bertahan sampai 8 minggu. Produk ini terhitung dilengkapi dengan:

  • Sistem pencahayaan yang udah dipatenkan, menanggung para pembacanya beroleh cahaya yang prima sesuai bersama situasi sekeliling
  • Paperwhite memiliki 62% piksel yang lebih banyak sehingga resolusinya lebih tajam
  • Varian terbari ini memiliki 25% kontras yang lebih baik sehingga teks yang dihasilkan terlihat lebih gelap dan jelas
  • Meskipun digunakan dalam cahaya terang, Paperwhite selamanya sanggup menampilkan tulisan dan gambar yang menyadari dan bebas silau.”

5. Buat Deskripsi Memikat

Penelitian ilmiah menunjukkan ketika seseorang memegang sebuah produk di tangan mereka, keinginan untuk memilikinya juga menjadi sangat besar. Sayangnya bagi pedagang online, penjual hanya bisa memandang foto produknya saja.

Keberadaan gambar dan video beresolusi tinggi serta jernih memang bsa membantu, namun ada trik copywriting yagn bisa Anda coba untuk menambahkan keinginan pembaca untuk pembeli, yakni dengan membiatkan calon konsumen Anda memikirkan apa rasanya memiliki produk Anda, seperti contoh berikut.

Di sedang kesibukan yang tidak tersedia habisnya, rumah yang berantakan, cucian yang menumpuk sampai piring yang belum tercuci adalah masalah baru yang kerap buat sumpek. Kalau dulu Anda harus mempekerjakan asisten untuk melakukannya, sekarang Anda sanggup memesan jasa bersih-bersih rumah secara online. Unduh aplikasi ABC dan pesan jasa dari mitra kita kapanpun Anda memerlukannya. Kapan lagi sanggup menjadi nyaman sepulang bekerja bersama rumah yang bersih dan kinclong?

Teknik untuk mengakibatkan copywriting semacam ini adalah bersama memulai kata-kata yang mengajak pembaca membayangkan. Selanjutnya tutup paragraf Anda bersama kata-kata penjelasannya tentang bagaimana perasaan calon kastemer kalau mereka memakai produk yang Anda tawarkan.

6. Informasi Perawatan Produk

“Rendam Jaket X Multifungsi bersama air hangat selama 30 menit kemudian cuci bersama mild soap. Sebaiknya kucek bersama tangan. Apabila terkandung noda membandel, sikat jaket bersama lembut Sejalan serat untuk menghindari rusaknya pori-pori jaket. Setelah dibilas, keringkan jaket bersama diangin-anginkan. Lapisi jaket bersama handuk atau kain lain saat menyetrika.”

Perawatan ini harus di informasikan kepada kastemer sehingga kastemer menyadari langkah memelihara jaket selanjutnya bersama benar dan menghimpit terjadinya komplain rusaknya barang sebab perawatan yang salah.

7. Cantumkan Variasi

Jaket X Multifungsi tersedia dalam ukuran L bersama warna hitam, merah marun, cokelat, dan abu-abu. Warna yang nampak terhadap foto sesuai bersama warna aslinya. Apabila terkandung perbedaan warna, disebabkan oleh pengaturan monitor dan efek cahaya terhadap layar monitor Anda.

Informasi ini memiliki tujuan sehingga kastemer sanggup langsung menentukan produk yang dia beli tanpa harus banyak menanyakan terhadap penjual.

8. Cantumkan Fitur

Jaket X Multifungsi memiliki 4 kantong untuk menyimpan ponsel, tablet, dompet, dan powerbank. Dilengkapi bersama hoodie dan penutup mata yang sanggup dilepas, serta sarung tangan dan tempat untuk menyimpan earphone.

Deskripsi tentang fitur ini memiliki tujuan untuk tunjukkan keuntungan yang dapat diperoleh kastemer kalau membeli produk Anda.

9. Berikan Jaminan Produk

Dapatkan jaminan 100% uang lagi kalau produk yang Anda menerima tidak sesuai foto dan gambaran kami.

Dengan jaminan ini, kastemer dapat jadi percaya dan percaya bahwa dia tidak dapat dirugikan kalau membeli produk Anda.

10. Berikan Diskon

Setiap pembelian Jaket X Multifungsi sebanyak 3 pcs, Anda dapat beroleh potongan harga sebesar 25%. Dapatkan tambahan gratis cost kirim bersama pembelian minimal 5 pcs.

Informasi ini bertujuan agar konsumen bisa langsung Pemberian promo bertujuan untuk mendorong konsumen melakukan pemesanan dengan kuantitas banyak. Tambahkan pula kata kunci, seperti ‘jaket multifungsi’ dalam tiap deskripsi produk yang Anda buat sehingga produk Anda bisa lebih mudah ditemukan konsumen.

Akhir Kata

Demikian ulasan lengkap tentang contoh deskripsi produk yang menarik. Semoga bisa menginspirasi terutama bagi yang ingin membuat deskripsi produk barang dan jasa yang menarik.

Baca: