Contoh Iklan Advetorial

Pengertian Sifat Jenis dan Contoh Iklan Advetorial

Donabisnis.com – Contoh iklan advetorial, pengertian, sifat, dan jenis-jenisnya. Saat kita belajar pelajaran ekonomi ataupun bisnis, kita pasti pernah menjumpai sebuah jenis iklan yang bernama advetorial. Iklan ini sangat populer dan kerap menjadi strategi marketing yang jitu.

Iklan advetorial juga memiliki banyak sifat dan jenis yang berbeda satu sama lain. Lalu, sebenarnya apa sih iklan advetorial itu? Pada kesempatan ini kami akan membahasnya secara lebih detail.

Selain membahas mengenai pengertian dan definisi iklan advetorial, di kesempatan ini kami juga ingin membahas mengenai sifat, jenis, dan contoh iklan advetorial yang lengkap. Silahkan disimak.

Pengertian Iklan Advetorial

Advetorial merupakan gabungan dari dua kata, yaitu advertisement dan editorial. Advertisement berarti periklanan atau promosi, sedangkan editorial berarti pernyataan atau pendapat yang biasa digunakan dalam dunia redaksi.

Iklan advetorial adalah jenis iklan yang bertujuan untuk memberitahu informasi, menawarkan barang dan jasa, dan sebagainya dengan menggunakan gaya bahasa jurnalistik atau redaksional. Tujuannya ialah untuk membangun opini di publik yang positif.

Advetorial telah berkembang menjadi revolusi iklan masa kini. Sebab, iklan tidak hanya bertujuan memberitahu informasi kepada pembaca, melainkan juga bagaimana caranya orang tertarik untuk melakukan tindakan setelahnya.

Sifat Iklan Advetorial

Iklan advetorial memiliki 8 sifat yang semuanya menandakan bahwa sebuah iklan bisa dikatakan sebagai iklan advetorial. Adapun beberapa sifat iklan advetorial adalah sebagai berikut.

1. Argumentatif

Iklan advetorial bersifat argumentatif, artinya membuktikan sesuatu dengan argumen dan opini yang jelas serta disertai berbagai sumber terpercaya.

2. Eksplanatif

Iklan advetorial memiliki sifat eksplanatif, artinya bertujuan untuk menjelaskan, menguraikan produk, barang, dan jasa secara langsung.

3. Eksploratif

Iklan advetorial memiliki sifat eksploratif atau menjelaska lebih dalam dan rinci mengenai produk barang atau jasa yang ditawarkan.

4. Influentif

Iklan advetorial juga bersifat influentif, artinya mendorong agar pembaca atau pemirsa melakukan sbeuah tindakan yang diinginkan oleh pengiklan setelahnya.

5. Informatif

Iklan advetorial bersifat informatif, artinya memiliki sifat memberitahu informasi, memperkenalkan produk, tujuan, dan fungsi produk, serta kelebihannya.

6. Interpretif

Iklan advetorial memiliki sifat menginterpretasikan produk dengan cara memberi komentar, tanggapan, atau ulasan dengan disertai referensi terpercaya.

7. Memuji

Iklan advetorial bersifat memuji, artinya meninggikan keunggulan produk, pujian, dan apresiasi terhadap produk agar pembaca atau pemirsa bisa menjadi lebih tertarik.

8. Persuatif

Iklan advetorial juga berisfat persuatif, artinya membujuk supaya khalayak mau melakukan apa saja yang diharapkan oleh penulis.

Jenis Iklan Advetorial

Iklan advetorial memiliki beragam jenis atau macam, mulai dari produk, jasa, korporat, perusahaan, hingga pemerintahan. Setiap jenis advetorial memiliki karakteristik masing-masing.

1. Iklan Advetorial Produk

Di dalam iklan advetorial produk, penulisan kalimat atau kata-kata iklannya lebih difokuskan pada produk yang ditawarkan dengan lebih detail sehingga masyarakat tertarik untuk membeli.

2. Iklan Advetorial Jasa

Tidak jauh berbeda dengan iklan advetorial produk, iklan advetorial jasa juga fokus pada keunggulan jasa yang ditawarkan. Kadang, jasa ini disertai dengan testimoni supaya masyarakat semakin yakin menggunakan jasa yang ditawarkan.

3. Iklan Advetorial Korporat

Beda lagi dengan iklan advetorial korporat yang penulisannya banyak membahas tentang kegiatan, kebijakan dari sebuah perusahaan, instansi, organisasi, atau lembaga yang bersangkutan.

4. Iklan Advetorial Pemerintahan

Di dalam iklan advetorial pemerintahan, pembahasan artikelnya biasanya mengenai kegiatan di suatu daerah kabupaten/kota/provinsi/desa/pulau. Kadang, bisa juga membahas tentang keunggulan dari sebuah daerah mengapa harus dikunjungi, tempat wisata yang menarik, potensi yagn menjanjikan, dan sebagainya.

Contoh Iklan Advetorial

Kemudian di bawah ini kami juga memiliki kumpulan kata, kalimat, dan gambar iklan advetorial yang dirangkum dari berbagai sumber, seperti kompas, koran, majalah, media sosial, instagram, portal berita, dan sebagainya.

1. Iklan Advetorial Makanan

iklan advetorial makanan

Ayam Penyet Surabaya merupakan salah satu restoran favorit yang ada di Jogja, ini dapat dilihat dari banyaknya pengunjung yang selalu ramai.

Keistimewaan Ayam Penyet Surabaya terdapat di spesial ayam dan sambal koreknya yang dikemas untuk segmen anak muda, mahasiswa, pekerja kantoran, keluarga pecinta ayam dan sambal.

Menu yang disajikan juga beragam sehingga orang yang datang dapat memilih sesuai dengan seleranya, mulai Ayam, Nila, Lele, Gurami, Bawal, dan Cumi-cumi.

Ayam Penyet Surabaya juga menyediakan berbagai macam lauk seperti Balado Cumi, Balado Pete, Cah Kangkung, Capcay, Tumis Brokoli, Trancam, Oseng Tempe, Cah Tauge, Sup Ayam, Sup ceker dan Garang Asem.

Selain menu dan lauk diatas Ayam Penyet Surabaya juga menyediakan menu lain yang juga tak kalah nikmat.

Untuk minuman Ayam Penyet Surabaya juga mempunyai banyak pilihan mulai dari Es Teh, Es Jeruk, Wedang Tape, berbagai macam juice yang semuanya disajikan dalam keadaan segar.

Menu-menu makanan yang nikmat dan lezat serta minum seger diatas dapat dinikmati di Ayam Penyet Surabayadi jalan Kaliurang KM 8,3 Prujukan Telp 880736, Jl AM. Sangaji No.95 Telp 584453 dan Jalan Affandi No.28 Gejayan Telp 584140, Ayam Penyet Surabaya melebarkan sayap ke Parangtritis tepatnya di jalan Parangtritis No.166 Telp 378282.

Untuk harga jangan khawatir mulai Rp14.000,- saja sudah dapat nasi kotak komplit. Anda penggemar ayam dan sambal korek asli Solo?

Silahkan datang di AYAM PENYET SURABAYA, buka pukul 09.00 s/d 23.00 WIB. Nasi kotak komplit mulai dari Rp. 14.000,-. Untuk informasi lebih lengkapnya tentang Ayam Penyet Surabaya dapat mengunjungi website resminya di www.ayampenyetsurabaya.com.

2. Iklan Advetorial Minuman

iklan advetorial minuman

Kekuatan sendi bergantung kepada kekuatan tulang, tulang rawan, dan otot yang mengitarinya.

Agar ketiga komponen itu kuat, mereka butuh nutrisi. Bila usia kita di atas 20 tahun, nutrisi itu perlu didatangkan dari luar. Nutrisi utamanya adalah kolagen, kalsium, dan fosfor.

Kolagen disebut juga lem tubuh. Dengan kolagen yang cukup, gerak tubuh akan lancar. Dan kelancaran itu bergantung kepada kelancaran gerak sendi. Karena itu, kesehatan sendi perlu dijaga.

Sumber kolagen bermacam-macam, dan salah satunya adalah tulang sapi. Tapi, untuk menambah efektivitas kinerja kolagen, kita juga butuh asupan lain. Misalnya whey atau dadih, yang bisa didapat dari susu sapi. Kandungan gizinya sangat tinggi.

Di dalam tubuh, protein whey bisa membentuk lapisan penyangga sendi bersama kolagen. Apalagi bila kebutuhan kalsium dan fosfor pada sendi itu tercukupi.

Selain dari susu binatang, kalsium dan fosfor bisa juga kita dapatkan dari alga. Kolagen, whey, dan alga itu terkandung dalam Kola Go!

3. Iklan Advetorial Produk Kecantikan

iklan advetorial produk kecantikan

Kehadiran produk kecantikan terbaru paling dinanti oleh para wanita terutama bagi mereka para pecinta kecantikan.

Kehadiran produk tersebut tentunya sangat ditunggu apalagi bagi wanita yang kerap melakukan pembelian dengan cara jastip atau daring.

Baru-baru ini, Sephora menggelar sebuah exhibition yakni Sephora Press Day di Senayan City, Jakarta.

Pada kesempatan tersebut, Sephora menghadirkan deretan brand dan upcoming products yang akan tersedia di Sephora.

Produk-produk tersebut hadir untuk memenuhi hasrat berbelanja produk kecantikan bagi para wanita.

Event ini digelar dalam bentuk mini exhibition yang terdiri dari 16 booth yang terdiri dari Becca, Caolin, Cover FX, Foreo, Mario Badescu, Nudestix, Ouai, Percy & Reed, Smashbox, Too Faced, UniTouch, Botanist, Starskin, Thisworks, Sunday Riley, dan Sephora Collection, Dan Anastasia Beverly Hills.

Brand tersebut bukanlah nama baru di industri kecantikan, namun di Indonesia sendiri, mereka adalah pendatang baru dengan produk yang sudah dinantikan.

Walaupun beberapa brand sudah hadir di Sephora sejak beberpa waktu lalu, namun mereka akan membawa rangkaian produk terkini yang akan dirilis dalam waktu dekat dan beberapa diantaranya akan hadir di awal tahun 2020.

Jadi kini, tanpa perlu jastip lagi, deretan produk produk kecantikan yang dinanti akan hadir semakin lengkap di Sephora Indonesia.

Tidak ketinggalan juga, untuk brand makeup yang akan hadir di tahun 2020 diantaranya adalah Anastasia Beverly Hills, Botanist, Starskin, Sunday Riley, This Works.

Untuk brand skincare yang sudah rilis diantaranya adalah Caolion, Foreo, Mario Badescu, Starskin, dan Unitouch.

Lalu untuk produk haircare ada Botanist, Ouai, dan Percy Reed.

Beauty Beats by Sephora ini juga sangat unik, karena kamu akan diajak untuk melihat tema yang berbeda-beda mulai dari Summer Vacay, Ride or Die, Adrenalin Rush, Me Time, Pleasant Surprise, dan Payday Treat.

Dalam setiap tema ini kamu bisa menemukan spot-spot instagramable yang pastinya lucu banget untuk dijadikan tempat berfoto.

Jangan lupa juga di ujung dari berbagai booth ini juga ada booth yang dibuat khusus oleh Sephora untuk mengenalkan Sephora collection yang terbaru.

4. Iklan Advetorial Kompas

iklan advetorial kompas

Maksud dari iklan advetorial kompas di sini adalah iklan advetorial yang kerap dipasang di koran kompas, bukan di websitenya. Meski di websitenya ada iklan advetorial juga. Contoh iklan advetorial kompas kali ini mengusung tema ketenagakerjaan dari lembaga pemerintah, BPJS Ketenagakerjaan.

5. Iklan Advetorial di Koran

iklan advetorial di koran

Sama seperti iklan advetorial kompas, iklan advetorial di koran yang kami bahas di sini diletakkan di koran. Ada yang satu halaman penuh, ada yang separuh, dan ada juga yang hanya menampilkan beberapa kalimat promosi saja. Di sini kami memberikan contoh iklan advetorial di koran yang membahas tentang salah satu mobil buatan Indonesia, yaitu ESEMKA.

6. Iklan Advetorial Jasa

iklan advetorial jasa

Banyak aspek yang Anda perlu perhatikan ketika memutuskan untuk membuka usaha dan memasuki dunia bisnis. Salah satu aspek yang cukup penting adalah iklan. Dengan memanfaatkan iklan yang tepat, bisnis Anda akan lebih banyak dikenal dan diketahui oleh masyarakat banyak dengan lebih cepat dan lebih luas. Pasang Iklan (beriklan) adalah investasi yang menguntungkan.

Untuk beriklan, selain tersedia opsi untuk menghubungi pihak media langsung, banyak perusahaan memilih pasang iklan lewat agency iklan (agen iklan / biro iklan / advertising agency), karena pilihan media yang ditawarkan lebih banyak dan informasi tentang iklan bisa didapatkan dalam waktu yang lebih singkat, sehingga lebih menghemat waktu. Salah satu agency lokal dan terkenal yang sudah hadir dan setia melayani jasa pasang iklan sejak tahun 2009 adalah Doremindo Agency (DO’A).

“Iklan adalah salah satu kebutuhan investasi jangka panjang bagi setiap perusahaan yang ingin maju dan berkembang lebih cepat. Dengan pasang iklan yang tepat sasaran, perusahaan akan lebih cepat mengetahui potensi pasar,” ujar Marketing Manager Doremindo Agency (DO’A), Martin.

Doremindo melayani iklan Display, iklan advertor
Doremindo, spesialis iklan in-flight magazine (majalah pesawat).

Jenis iklan yang tersedia di biro iklan resmi & tepercaya Doremindo Agency (DO’A), antara lain:

Iklan Display, merupakan iklan yang berisi lebih banyak ilustrasi gambar dibandingkan tulisan (banyak gambar, sedikit teks), contohnya adalah iklan promosi, iklan produk, iklan jasa, dan lainnya.

Iklan Advertorial (kadang dikenal sebagai iklan pemberitaan), adalah iklan yang berisi lebih banyak tulisan dibandingkan gambar. Iklan ini cocok untuk produk / jasa yang ingin menceritakan lebih banyak keunggulan dengan bahasa yang lebih jelas dan lebih panjang, supaya lebih mudah dipahami oleh pembaca / siapa pun yang melihat iklan. Iklan Advertorial ini bisa dipublikasikan di media cetak maupun media online.

Iklan Pengumuman, adalah iklan yang berisi tentang pengumuman resmi dan formal kepada masyarakat luas. Contohnya: Iklan Pengumuman Tender / Lelang, Iklan Pengumuman Merek, Iklan Pengumuman Imbauan, Iklan Pengumuman Pengadilan, Iklan Pengumuman Permohonan Maaf, Iklan Pengumuman RUPS dan iklan pengumuman lainnya.
Iklan Duka Cita, yang termasuk jenis iklan ini antara lain: iklan berita duka cita, iklan ucapan duka cita, iklan in memoriam, dan lainnya.

Iklan Ucapan, iklan yang mengucapkan tentang sesuatu, misalnya ucapan selamat atas diraihnya penghargaan tertentu, ucapan selamat meraih gelar khusus, ucapan selamat pernikahan, dan lainnya.
Iklan Banner, sebutan untuk iklan gambar untuk di media online, tentunya posisi iklan Banner dan ukuran iklan Banner juga beragam, tergantung ketentuan masing-masing media.

Note: Pada setiap media, terkadang punya ketentuan dan kebijakan berbeda mengenai pengelompokan jenis iklan

Core business Doremindo Agency (DO’A) adalah fokus di media agency, memiliki relasi yang baik dengan berbagai media. Pilihan media untuk promosi iklan sangat lengkap, antara lain melayani: pasang iklan di TV, pasang iklan di majalah, pasang iklan di koran (koran berbahasa Indonesia, Inggris, Mandarin, Jepang, Korea yang ada di Indonesia), pasang iklan di radio, iklan internet (iklan online), in-flight advertising , iklan SMS, jasa press release, jasa sisip brosur, dll.

“Pemasang iklan bisa tenang, karena kami memberikan garansi iklan tayang 100% atau uang kembali 100%. Selain itu, kami juga memberikan layanan gratis konsultasi, gratis desain untuk iklan cetak, gratis jasa terjemahan yang berkualitas untuk pasangan bahasa Indonesia – Inggris – Mandarin, dengan syarat dan ketentuan berlaku,” tambah Martin.

Doremindo Agency (DO’A)
Doremindo melayani iklan Display, iklan advertorial, iklan pengumuman, iklan duka cita, iklan ucapan, iklan banner, dan lainnya.

Sejak hadir tahun 2009 hingga kini, Doremindo Agency (DO’A) sudah melayani pemasangan iklan ratusan klien lokal Indonesia maupun internasional . Klien berasal dari berbagai bidang usaha, baik perusahaan besar, sedang, kecil atau UMKM, antara lain: bidang kesehatan (obat/ rumah sakit / klinik), perhotelan, travel, restoran, pariwisata (tourism), perusahaan penerbangan (airlines), properti, pendidikan, otomotif, kesenian, mal, pemerintahan, pribadi / perseorangan, dan bidang lainnya.

Untuk Anda yang butuh jasa pasang iklan, bisa segera menghubungi tim Doremindo Agency (DO’A).

Hotline : 021-54361493, WA: 082299008066, Email: marketing@doremindo.com

7. Iklan Advetorial Bahasa Jawa

iklan advetorial bahasa jawa

Yen kita takon pitakon, “Apa sampeyan seneng kasugihan utawa kesehatan?” Meh kabeh wong luwih seneng kesehatan luwih dhisik, amarga kanthi kesehatan kita bisa entuk bandha, kenapa sugih dhuwit nanging uga kena penyakit?

Nanging, kasunyatane umume wong sing milih kesehatan bisa uga luwih akeh golek kasugihan tinimbang kesehatan. Ana paribasan yen setengah gesang kita digunakake kanggo entuk dhuwit, mula setengah urip kita nggunakake dhuwit kanggo kesehatan.

Alesan klasik sing asring kita rungokake yaiku kurang wektu kanggo olahraga kajaba sibuk nanging uga amarga fasilitas olah raga durung kasedhiya ing cedhak omah kasebut.

Ngerti kebutuhan iki, Puri Botanical, sing strategis ing Joglo, Jakarta Barat, nggawe fasilitas klub olahraga ing klompok Magnolia eksklusif kanggo warga Buriical Puri.

Puri Botanical, sing wis ditemtokake wis puluhan taun ana ing sangisoré tanggungan PT Jakarta Setiabudi Internasional Tbk, wis masar 6 klompok sing meh wis payu, yaiku Magnolia Cluster, Eugenia Cluster, Cordia Cluster, Dillenia Cluster, Michellia Cluster lan Agathis Cluster.

Kanthi jembar lahan udakara 34 hektar, Puri Botanical duwe rencana jangka panjang kanggo nggawe wilayah Joglo dadi Distrik Bisnis Pusat anyar ing Jakarta Barat ing sadawane Jalan Dering Jakarta Outer (Jorr), sing pembangunane kalebu fasilitas rumah sakit, arcade gaya urip, kantor lan apartemen. kalebu koridor Light Rapid Transit (LRT) sing ngrancang nyambungake Joglo lan Tanah Abang.

Dadi, investasi ing Buriical Puri minangka keputusan sing apik kanggo mbesuk. Investasi sing diarani ora mung saka perspektif finansial, nanging sing penting uga lingkungan sing apik lan fasilitas klub olahraga kanggo ndhukung kesehatan supaya tetep produktif lan nikmati hasil investasi ing Puri Botanical, sing bakal dadi salah sawijining Distrik Bisnis Pusat paling gedhe ing Jakarta Barat.

Puri Botanical kanthi motto Living Inspirasi dening Alam nyedhiyakake area sing ramah lingkungan kanggo warga Jakarta sing pengin duwe omah sing apik kanthi Taman Botani sing jembaré 6 hektar, sing dadi lokasi sing cocog kanggo ngatasi polusi udara iki.

Dumunung ing cedhak tol Joglo lan mung butuh wektu udakara 30 menit kanggo tekan Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Langsung entuk omah sing apik lan apik ing Buriical Puri kanggo ngimpi kaya cita cita sampeyan. Kanggo informasi luwih lengkap, hubungi (021) 587 0077 utawa bukak Galeri Pemasaran ing Maisonette Mega Kebun Jeruk Unit 1-4, Jl. Joglo Raya No.48, Joglo, Jakarta Barat.

Akhir Kata

Itulah sedikit pembahasan mengenai contoh kalimat iklan advetorial. Semoga adanya contoh iklan advetorial ini bisa membantu kita memahami advetorial dalam dunia jurnalistik maupun redaksional lebih detail.

Tinggalkan komentar