Contoh Label Produk

Contoh Identitas Barang dan Jasa

Donabisnis.com – Contoh label produk. Label merupakan salah satu bagian dari produk yang berisi informasi keterangan barang atau jasa yang dijual baik berupa gambar maupun kata-kata.

Label menjadi pembawa informasi penting bagi produk dan memiliki manfaat yang begitu luar biasa. Penjual tak perlu lagi menjelaskan apa produk tersebut, cukup pembeli membacanya mereka sudah mengetahui produk yang ada di depan mata.

Setiap label yang dibuat harus semenarik mungkin, tidak mencakup kata-kata atau gambar yang berlebihan. Informasi secukupnya saja namun lengkap dan menjelaskan keseluruhan isi produk.

Label ini ditempel pada kemasan produk, bentuknya kadang kecil namun informasinya begitu penting. Bagi pebisnis, tentu saja harus memberi produk label yang tepat.

Bagi yang belum punya pengalaman, di kesempatan ini kami ingin memberikan beberapa contoh label produk barang dan jasa yang menarik. Simak ulasannya di bawah berikut ini.

Contoh Label Produk Barang dan Jasa yang Menarik

Berikut merupakan contoh label produk makanan, minuman, kopi, kue, baju, kerajinan tangan, fashion, sepatu, keripik, jajanan, dan lain sebagainya. Simak di bawah ini.

1. Memastikan Nama Produk Terpampang Jelas

Tujuan utama menggunakan label produk adalah memperkenalkan produk Anda serta memastikan produk Anda tak kalah saing dengan kompetitor. Maka nama produk Anda wajib terpampang jelas sehingga menarik perhatian orang.

2. Kreatif Membuat Desain Label

Jika Anda hendak mendesainnya sendiri, maka Anda bisa memanfaatkan software desain seperti Adobe Photoshop, Adobe Indesign, CorelDraw, hingga InkSpace yang tutorialnya mudah kamu temukan di internet.

Lakukan riset tentang label-label yang punya desain kreatif hingga viral. Jangan curiga menghendaki bantuan desainer agar hasil label kian menarik dan keluar profesional.

3. Memilih Warna Label yang Menarik

Definisi menarik sebenarnya subjektif, namun Anda bisa memilih warna yang tepat dengan melakukan riset serta observasi. Kesalahan pada saat memilih warna bisa membuat produk Anda kalah saing dengan kompetitor.

Contoh label yang menarik kebanyakan tidak kenakan warna sangat gelap agar tulisan mudah dibaca. Pemilihan warna untuk dicetak terhitung tak kalah penting.

Apabila kamu menghendaki desain gradasi atau pemanfaatan foto pada label produk, maka pakailah warna sistem di dalam pencetakannya. Pahami pula perbedaan harga tersebut manfaat warna sebelum akan mencetak label produk.

4. Memilih Huruf yang Tepat

Tepat di sini tidak melulu wajib unik bersama desain non-mainstream dan huruf keriting. Bisa-bisa tambah susah dibaca. Ada ribuan model huruf yang sanggup kamu kreasikan, tetapi tidak semua punya manfaat yang tepat.

Huruf harusnya mewakili product kamu. Misal huruf yang terkesan manis untuk product mainan anak-anak atau huruf yang memberi kesan tegas untuk product kesehatan dewasa. Konsultasikan hal ini bersama desainer agar label usaha kamu tepat sasaran dan sanggup capai perhatian obyek konsumen.

5. Memilih Bahan Label sesuai Produk

Desain label yang menarik juga harus memperhitungkan nilai guna. Misalnya bahan label berasal dari plastik spesifik untuk produk makanan berminyak, tujuannya agar minyak dari makanan tidak melunturkna tita tulisan pada label.

Bahan berasal dari kertas atau kain, selain murah, terhitung bagus sebagai label product tekstil. Urusan desain dan sistem pencetakan terhitung wajib jadi perhatian utama.

Misalnya untuk bahan label product yang bertekstur, usahakan jangan kenakan huruf berukuran kecil agar tak jadi persoalan sementara sistem pencetakan. Tidak semua bahan dan metode pencetakan sanggup mewujudkan deain ideal kamu. Jika ragu, konsultasikan saja pada pegawai percetakan agar mendapat masukan yang tepat.

6. Menentukan Bentuk Tabel

Contoh label yang menarik punya wujud dan ukuran label yang sesuai bersama kemasan produk. Tidak sangat kecil maupun besar. Kamu bebas memilih wujud layaknya bintang, wujud hati, persegi panjang, kotak, oval, lingkaran, segitiga, dan lain sebagainya.

Kamu sanggup memilih label tunggal atau label dua segi (depan dan belakang). Tabel dua segi bakal menolong menegaskan branding product kamu agar sanggup keluar berasal dari segala sisi.

7. Memilih Gambar untuk Desain Label

Anda juga dapat mengeluarkan dana besar untuk mengambil foto produk atau dibuat menjaid vector, karena saat ini banyak foto bertebaran di internet untuk diunduh dan itu bisa dimanfaatkan untuk menjadikan label gambar menjadi lebih menarik. Namun Anda harus beli yang resmi, seperti di iStockPhoto, Shutterstock, dan sebagainya.

Jangan lupa untuk selalu memeriksa hak cipta/lisensi serta mengimbuhkan credit pada desainer yang mengunggah hasil kerja mereka secara gratis.

Akhir Kata

Demikian ulasan lengkap tentang contoh label produk yang menarik. Semoga dapat menginspirasi pembuatan label produk yang menarik bagi yang belum memiliki inspirasi dan referensi.

Baca: