Contoh Promosi Produk

Tips dan Cara Mempromosikan Produk yang Menarik

Donabisnis.com – Contoh promosi produk. Satu senjata utama dalam berjualan barang dan jasa adalah promosi atau iklan. Tujuannya agar produk yang kita jajakan dikenal luas oleh masyarakat.

Promosi yang dilakukan pun harus menggunakan kata-kata yang menarik, kekinian, dan mengandung kata diskon. Seperti yang telah kami ulas dalam contoh iklan promosi.

Promosi produk pun bermacam-macam bentuknya, bisa secara online melalui media sosial, banner, flyer, baliho, billboard, dalam bentuk video, dan masih banyak lagi tergantung kreativitas.

Bila promosi berhenti, maka penjualan dipastikan akan merosot. Hal ini telah dilami banyak pihak bahkan termasuk perusahaan-perusahaan besar dunia yang produknya telah lama dikenal masyarakat.

Dan pada kesempatan ini, kami ingin membagikan beberapa contoh promosi produk yang menarik, bagus, simple, sederhana, dan bisa dicontoh oleh para marketer. Simak ulasannya di bawah ini.

Contoh Promosi Produk yang Menarik

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja silahkan simak ulasan lengkap tentang contoh promosi produk yang menarik dan tepat, simak dalam beberapa contoh berikut.

1. Cashback

Cashback merupakan penawaran yang sangat sering diberikan kepada pelanggan. Dengan cashback, pelanggan akan mendapatkan pengembalian dana berupa uang tunai maupun uang virtual setelah menyelesaikan transaksi dan pembayaran.

Contoh, suatu brand beri tambahan promo cashback sebesar 10% dengan membeli minimal Rp 5.000.000, dan maksimal kuantitas cashback sebesar Rp 1.000.000. Maka, jika Anda hanya membeli sejumlah Rp 500.000, maka cashback yang bakal diperoleh adalah sebesar Rp 50.000 saja. Sedangkan apabila Anda menginginkan memperoleh cashback sebesar Rp 200.000, maka Anda harus membeli minimal Rp 2.000.000.

Cashback jadi metode promosi yang lumayan populer belakangan ini, terbukti banyak sekali marketplace besar yang memakai metode ini. Selain itu, ada pula startup baru seperti Shopback dan Cashbac yang menyediakan bonus cashback setiap kali Anda membeli online.

2. Diskon

Diskon atau potongan harga adalah manfaat yang diberikan kepada konsumen ketika mereka melakukan pembelanjaan produk bersifat pengurangan harga dengan nominal tertentu. Bila pada cashback uang akan diberikan sesudah berbelanja, maka diskon akan diberikan pada saat itu juga.

Contoh, terkecuali suatu brand beri tambahan discount 25% untuk produk A yang punya harga asli Rp 2.000.000, maka untuk membeli produk A berikut Anda hanya harus membayar Rp 1.500.000 saja.

Bukan rahasia ulang terkecuali discount sesungguhnya sekedar permainan harga saja. Sebelum memperoleh diskon, harga suatu barang biasanya telah dinaikkan khususnya dahulu. Meski demikian, umpama promosi produk lewat discount tetap lumayan efisien untuk dilakukan.

3. Flash Sale

Flash sale atau penjualan kilat juga menjadi salah satu contoh promosi produk yang kerap diadakan penjual. Flash sale menjual produk dengan harga murah dan dalam waktu sangt singkat, ini sangat efisien untuk meningkatkan brand awareness.

Brand smartphone Xiaomi misalnya, kerap memakai trik ini. Dalam pelaksanaannya, Xiaomi sejak jauh-jauh hari menginformasikan kapan saat flash sale dimulai. Xiaomi lebih-lebih mengklaim produknya telah ludes terjual tidak cukup berasal dari 30 detik.

4. Buy 1 Get 1 Free

Promo buy 1 get 1 free juga jadi keliru satu alternatif promosi yang dapat Anda terapkan. Bisa dikatakan promo ini adalah nama lain diskon, namun dengan syarat. Beli 1 gratis 1 mirip saja seperti membeli produk yang mendapat discount 50%, karena yang sesungguhnya terjadi adalah kastemer “dipaksa” untuk membeli dua produk.

Promosi ini lumayan efisien untuk mempercepat perputaran arus kas bisnis Anda, meski keuntungan yang didapat tidak sebanyak saat harga normal.

5. Gift Box

Gift box merupakan hadiah yang sengaja diberikan brand kepada konsumen yang membeli produk mereka. Jadi saat mereka membeli sesuatu, mereka akan memperoleh produk lain sebagai hadiah atas pembelian yang dilakukan.

Produk hadiah yang di sajikan biasanya punya keterkaitan dengan produk yang dijual. Contoh, terkecuali Anda menjual produk bersifat smartphone, maka hadiah yang dapat diberikan adalah silicon case, tempered glass, ataupun microSD.

Akhir Kata

Sekian pembahasan singkat mengenai contoh promosi produk yang menarik. Semoga bisa menjadi salah satu inspirasi dan motivasi dalam menciptakan iklan promosi produk yang menarik.

Baca: