Contoh Usaha Makanan Ringan

Beberapa Bisnis Makanan Ringan yang Menjanjikan

Donabisnis.com – Contoh usaha makanan ringan. Karena merupakan kebutuhan primer bagi manusia, maka peluang usaha makanan merupakan peluang usaha yang sangat menguntungkan setiap saat.

Tak terkecuali makanan ringan juga menguntungkan. Peminatnya dari hari ke hari juga tak akan berkurang, terlebih masyarakat Indonesia dikenal doyan jajan dan icip-icip makanan lezat.

Menjual dan memasarkan bisnis makanan ringan pun tidak terlalu sulit. Tinggal dipasarkan ke teman terdekat atau lewat media sosial menggunakan kalimat promosi makanan yang menarik, pasti banyak yang ngantre.

Tapi mungkin bagi seorang pemula yang baru mau terjun di dunia binsis makanan masih mikir-mikir, sebenarnya usaha makanan ringan apa yang menguntungkan dan menjanjikan.

Oleh karena itu di kesempatan ini kami ingin membahas mengenai contoh usaha makanan ringan yang menguntungkan dan menjanjikan. Silahkan simak ulasan lengkapnya di bawah berikut ini.

Daftar Contoh Usaha Makanan Ringan Menguntungkan

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja silahkan simak ulasan lengkap mengenai daftar contoh usaha atau bisnis makanan ringan modal kecil untung besar cocok bagi pemula.

1. Cireng Jawa Barat

Cireng atau aci digoreng merupakan jajanan berbentuk bulat dan sering dijajakan di pinggir jalan, rasanya enak dan mengenyangkan. Sekarang cireng sudah banyak diinovasi dan makanan ringan ini hadir dengan berbagai varian.

Inovasi produk, misalnya: cireng pun ikut diberi mengisi seperti sosis, telur, beef, bakso, dan lain-lain. Inovasi jualan, misalnya: seperti cerita aku di awal, menjual cireng senilai 200 juta rupiah berasal dari tokopedia.

2. Bakso Goreng Khas Malang

Basreng atau bakso goreng tidak hanya dijual di Malang saja, melainkan juga di banyak tempat telah tersedia. Makanan yang memiliki tekstur halus dan lunak di dalam, tapi renyah di luar bisa disantap sebagai cemilan atau dijadikan campuran mie ayam.

3. Keripik Pisang Coklat Lampung

Makanan manis khas Lampung ini dibalut dengan cokelat dan ternyata peminatnya banyak. Keripik pisang cokelat juga mudah dipasarkan, baik dijual secara online, di depan rumah, atau menggunakan gerobak kaki lima.

4. Siomai Kering

Siomai sekarang tersedia yang kering lho, mirip seperti bakso goreng. Hanya saja kebanyakan rasanya gurih, bukan pedas. Harga perbungkusnya sekitar Rp 2000.

Makanan ini sesuai untuk dijual di toko makanan ringan, angkringan, atau dikemas sebagus bisa saja selanjutnya dijual ke toko oleh-oleh. Siomai kering tetap mempunyai kesempatan bisnis yang benar-benar bagus gara-gara belum banyak yang menjual.

5. Gurilem Asli Bandung

Gurilem atau kerupuk pedas khas Bandung ini juga menjadi contoh usaha yang mudah dilakukan dan menguntungkan. Kata gurilem berasal dari perpaduan dua kata, yakni gurih dan pelem.

Jumlahnya tetap terbatas tapi rasanya sudah terkenal, apalagi pebisnis seperti maicih pun sudah membuatnya. Dulu untuk mendapatkan Gurilem kamu kudu ke kabutan bandung bagian barat, sekarang kamu bisa menemukannya di beraneka tempat.

6. Kembang Goyang

Kue kering manis bersifat bunga ini adalah makanan khs betawi. Mengingat pamornya yang sudah cukup dikenal, kamu bisa mendapatkan kembang goyang di toko makanan ringan.

7. Stick Talas Pontianak

Makanan ringan khas pontianak ini adalah cemilan gurih yang bersifat stik panjang kecil dan tipis, seperti mie tapi sedikit lebih besar. Cara membuatnya adalah dengan mengambil talas pilihan asli pontianak, menggorengnya dan berikan bumbu.

Pembeda stick talas satu dan lainnya adalah kualitas talas dan bumbu. stik talas yang baik kebanyakan warnanya bening polos, tanpa noda hitam.

8. Tahu Bakso

Tahu bakso di kota aslinya, Semarang harga per bijinya adalah Rp 4.000 – Rp 10.000, meski cukup merogoh kocek, namun tahu bakso di sana benar-benar ramai dan menggiurkan pelaku bisnis kota lain.

Harga seperti itu dan rasa yang enak memicu camilan lezat ini cocoknya untuk oleh-oleh dan makanan camilan waktu berkumpul keluarga.

9. Kerupuk Seblak Khas Bandung

Siapa orang bandung yang tidak kenal seblak. Makanan pedas berkuah dan beraroma kencur ini memicu bandung tambah hits dengan masakan uniknya. Jika di kota lain kerupuk itu di goreng, di Bandung kerupuk itu direbus. Aneh ya? iya aneh,

Saat aku ke mall di jogja, perumpamaan di Lippo atau hartono mall, di foodcourtnya pasti kita mendapatkan penjaja seblak yang mempunyai satu ciri khas : Ramai dan antri. Nah kamu tertarik menjual seblak? jangan lewatkan kesempatan bisnis yang tengah trending ini.

10. Gorengan

Siapa yang tak suka gorengan? Cemilan sejuta umat ini ada di seluruh daerah di Indonesia. Seperti yang sering kita lihat, gorengan kerap dijajakan di pinggir jalan dengan deretan nampan warna-warni atau gerobak kaki lima.

Dalam nampan-nampan itu tersedia tempe balut tepung, bakwan, tahu, ubi balut tepung, pisang molen, cireng, risol, comro, dan oncom balut tepung. Tidak lupa di sudut gerobak selamanya tersimpan puluhan apalagi ratusan cabai rawit hijau sebagai teman makan gorengan.

Contoh berhasil yang patut kamu tiru adalah Riyadh Ramadhan, pebisnis muda yang mendapatkan penghargaan entepreneur muda berasal dari Kementerian Koperasi dan UMKM ini mengaku, kunci suksesnya dalah tepung rahasia.

11. Keripik Pisang

Keripik pisang bisa dikatakan sebagai camilan yang selamanya tersedia di tiap tiap musim. Keripik waktu ini sudah banyak variasinya. Tidak hanya jadi makanan waktu lebaran, di bandung dan malang keripik mini sudah jadi oleh-oleh khas. Bahkan ownernya sudah beromset ratusan juta rupiah.

Salah satu pemuda berhasil di bidang jualan keripik adalah Gazan Azka Ghafara. Seperti dikutip republika, pemuda ini memulai bisnisnya dengan modal 1 juta rupiah dan sekarang beromset ratusan juta : Hanya berasal dari jualana keripik pisang.

12. Aneka tahu

Sumber makanan yang kaya bakal protein ini benar-benar terkenal di Jawa Barat. Ia bisa di sediakan di dalam lauk pauk waktu makan berat, maupun camilan waktu santai. Umumnya, makanan ringan bersifat paham di sediakan dengan cara digoreng.

Camilan bersifat paham yang sudah benar-benar dikenal masyarakat luas diantaranya gehu (tauge tahu), hot jeletot (merk bisnis yang merupakan kependekan berasal dari Haunted Of the Taste jeletot/pedas sehingga memicu mata melotot), paham pong, paham bulat, paham gejrot, paham Sumedang, paham tek, kupat tahu, paham sutra/tahu susu Lembang (olahan lain berasal dari kedelai), dan keripik tahu.

Tahu benar-benar digemari masyarakat gara-gara enak, gurih, murah, sehat, dan ringan didapat. Dan yang paling mutlak membuat para pebisnis itu kenyataan jika paham benar-benar ringan diolah jadi makanan apa saja.

13. Mie Lidi Pedas

Makanan ekstra pedas ini merupakan cemilan khas anak sekolah dasar zaman dulu. Apalagi di era digital seperti sekarang, mie lidi pedas sudah memiliki pemasaran sampai ke tingkat internasional.

Makanan pedas yang berasal berasal dari tepung terigu ini, tak hanya ringan membuatnya terhitung ringan menjualnya. Saya mendapatkan jajanan ini di banyak tempat, merasa berasal dari pusat makanan Rp 2.500, di kawasan perkantoran, hingga di mall, apalagi di tokopedia.

14. Keripik Singkong

Setelah hadirnya snack kripik singkong di supermarket, seperti Qtella, Caassava, dan Piatos yang jenis singkong, makanan keripik singkong merasa banyak dicari. Ini adalah kesempatan usaha, kesempatan bagi kamu yang dambakan memicu bisnis homemade tidak mahal meriah.

Meskipun perusahaan seperti Qtella sudah memproduksi secara masal, harga keripik singkong pebisnis kecil kebanyakan lebih tidak mahal dan lebih banyak. Rasanya terhitung tak jauh beda, yang beda hanya bungkusnya.

15. Kuaci

Cemilan satu ini adalah teman setia para pemirsa TV, Penonton youtube, peminat drama korea, dan aktivitas lain yang tidak butuh banyak bergerak. Cocok terhitung untuk acara kumpul keluarga. Sudah siap kamu menjual kuaci?

16. Makaroni Gurih

Dulu makaroni hanya digoreng dan dibungkus plasti polos, namun sekarang dengan semakin bertambahnya minat masyarakat terhadap makanan ini, maka kemasan produk yang diciptakan juga semakin beragam. Ada pula variasinya, makaroni bihun, makaroni basah, makaroni kuah, dan sebagainya.

17. Kacang Polong

Makanan hijau ini pernah hanya kita temukan waktu lebaran, sekarang sudah banyak ditemukan di toko camilan. Rasanya yang gurih dan nikmat serta asin, memicu kacang ini jadi saingan berat kuaci.

18. Tahu Kremes

Tahu gorengan sebetulnya banyak dijual, tapi paham krispi ini beda. ia kremes kremes dan gurih. Bentuknya kebanyakan kecil dan tipis. Ia tidak benar-benar mempunyai kandungan minyak sehingga lebih disukai daripada gorengan.

19. Singkong Keju

Singkong keju memilik rasa manis dan mengenyangkan, membuat singkong keju banyak diminati terutama untuk teman nongkrong. Warnanya yang segar juga dilumuri keju membuat singkong keju naik kelas serta semakin mudah ditemui di mana saja.

20. Batagor

Mau kuah atau kering, batagor selamanya nikmat disantap. Makanan khas Bandung yang diadaptasi berasal dari masakan ala Tionghoa ini sebetulnya sudah lama jadi jajanan yang akrab di lidah masyarakat kita. Dan berasal dari bahan-bahan yang digunakan, seperti paham dan ikan tenggiri atau telur, batagor masuk di dalam kategori makanan cukup sehat.

Akhir Kata

Demikian ulasan pembahasan mengenai contoh usaha bisnis makanan ringan. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin memulai bisnis makanan ringan di rumah atau skala UMKM.

Baca: