Contoh Usaha Pertanian

Beberapa Contoh Bisnis di Bidang Agraria

Donabisnis.com – Contoh usaha pertanian. Bisnis di bidang agraria atau pertanian bukanlah sesuatu yang kuno dan ketinggalan zaman. Buktinya sampai kini masih banyak tanaman penghasil uang.

Ada berbagai jenis tanaman yang bisa menjadi sumber penghasilan dengan dibisniskan, seperti tanaman pangan, hias, bibit, dan masih banyak lagi. Lagipula, tampaknya minat anak muda untuk bercocok tanam cenderung rendah.

Hal ini sebenarnya bisa dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai peluang usaha di desa. Kenapa harus di desa? Karena di sana masih banyak lahan kosong yang bisa diolah, berbeda dengan perkotaan yang sudah dipenuhi bangunan.

Saat memilih usaha pertanian yang dikelola sendiri, Anda juga harus memperhatikan pesaing. Apakah di sana persaingan di usaha tertentu terlalu berat atau tidak? Jika tidak, maka jalani saja.

Di sini kami akan memberikan beberapa ulasan tentang contoh usaha pertanian, perkebunan, agraria, hidroponik, dan semacamnya yang memberi hasil besar dengan modal kecil.

Daftar Contoh Usaha Pertanian yang Menjanjikan

Tanpa banyak basa basi kembali, silahkan langsung saja simak penjelasan tentang contoh usaha pertanian yang menjanjikan dan menguntungkan di bawah berikut ini.

1. Budidaya Sayuran Hidroponik

Masyarakat semakin mengetahui pentingnya asupan makanan yang sehat dan bebas dari bahan kimia berbahaya. Maka dari itu sayuran hidroponik telah menjadi rujuan makanan sehat untuk masyarakat modern.

Jenis sayuran yang dibudidayakan tanpa bahan kimia ini dinilai jauh sehat dibandingkan sayuran konvensional. Anda tidak memerlukan lahan yang luas untuk membudidayakannya. Harga jual sayuran hidroponik termasuk jauh lebih tinggi agar income yang besar bisa diraup bersama dengan mudah.

2. Menjual Bibit Tanaman

Bisnis jual beli bibit tanaman dinilai sangat menguntungkan mengingat pangsa pasarnya lumayan luas. Bila Anda seorang pemula yang belum berpengalaman, cobalah untuk menimba pengetahuan tentang budidaya bibit tanaman kepada teman yang akrab.

Banyak style bibit yang bisa dibudidayakan menjadi dari sayuran, tanaman buah, hingga bibit tanaman yang dimanfaatkan kayunya. Harga jualnya sebetulnya tidak terlalu mahal, tetapi Anda bisa membudidayakan di dalam kuantitas besar. Keuntungan dapat makin melimpah jikalau disiplin dan disiplin di dalam menjalani usaha ini.

3. Menjual Pupuk Organik

Pupuk menjadi salah satu keperluan pokok bagi masyarakat yang bercocok tanam. Ide usaha berjualan pupuk organik ini bisa dikatakan lumayan menjanjikan. Berbagai macam pupuk bisa Anda racik untuk masing-masing tanaman yang berbeda.

Pupuk organik untuk sayuran sudah pasti sedikit berlainan bersama dengan keperluan pupuk untuk tanaman hias. Harga jual pupuk organik terbilang lumayan tinggi terlebih di perkotaan. Anda bisa meraup omset hingga puluhan juta rupiah per bulan jikalau pandai memasarkan produk tersebut.

4. Budidaya Rempah-rempah

Rempah-rempah menjadi keperluan pokok bagi banyak orang demi menciptakan kuliner yang lezat. Bermacam-macam rempah bisa Anda budidayakan sebagai ide usaha yang lumayan brilian.

Pasalnya, banyak permintaan ekspor dari negara negara tetangga pada sebagian style rempah tanah air. Selain menjualnya di di dalam negeri, Anda bisa memasarkan produk rempah-rempah Anda ke luar negeri. Terpenting bagi Anda adalah merawat mutu dari tanaman rempah yang dibudidayakan.

5. Budidaya Tanaman Hias

Minat masyarakat pada tanaman hias seakan tak dulu lekang oleh zaman. Anda bisa mengfungsikan peluang selanjutnya sebagai ide usaha yang menguntungkan. Umumnya, tanaman hias memiliki harga jual yang lumayan fantastis. Bagi para penggemar tanaman hias, berapapun harga yang ditawarkan tidak jadi persoalan yang berarti.

Kunci sukses dari usaha ini adalah selalu laksanakan survey tentang style tanaman apa saja yang sedang booming. Sembari menjual tanaman hias, Anda bisa menyediakan aneka alat pertanian yang terjangkau, layaknya pasir siap tanam, sekop, pot, dan lain-lain.

6. Jasa Konsultan Pertanian

Bisnis jual beli mesin dan peralatan tani memiliki prospek yang lumayan menjanjikan. Tingginya kebutuhan bisa menjadi bahan pokok yang perlu diimbangi dengan mutu hasil pertanian yang meningkat, Anda bisa menawarkan mesin atau alat-alat pertanian yang lebih canggih kepada mereka.

Mereka kurang mengetahui tentang pengetahuan bercocok tanam yang tepat dan efisien. Selain terhubung jasa konsultasi. Anda bisa tawarkan produk atau alat pertanian yang lebih canggih dan modern. Tak kudu cost yang mahal, Anda bisa terhubung pertalian kerjasama bersama dengan sebagian toko pertanian yang telah dijamin kualitasnya.

7. Budidaya Tanaman Obat

Beberapa tanaman obat telah menjadi langka dan susah dicari di pasaran. Padahal, permintaan pada berbagai macam tanaman obat meningkat tajam sebagian tahun terakhir.

Peluang ini bisa dijadikan sebagai ide usaha yang lumayan menjanjikan. Anda bisa mengawali usaha selanjutnya bersama dengan menjalin kerjasama pada sebagian channel yang lebih mengetahui tentang obat-obatan herbal. Modal yang dibutuhkan sudah pasti tidak sebanyak jikalau Anda kudu bercocok tanam sayuran di perkebunan.

8. Memasarkan Mesin dan Peralatan Pertanian

Bisnis jual beli mesin dan peralatan tani memiliki prospek yang lumayan menjanjikan. Tingginya kebutuhan bisa menjadi bahan pokok yang perlu diimbangi dengan mutu hasil pertanian yang meningkat, Anda bisa menawarkan mesin atau alat-alat pertanian yang lebih canggih kepada mereka.

Mengingat harga jualnya yang pasti tidak murah, Anda bisa menjualnya bersama dengan sistem kredit. Namun, Anda kudu membuat pembukuan yang rapi dan terkomputerisasi agar hindari kerancuan atau salah kalkulasi waktu menerapkan sistem kredit. Alangkah baiknya jikalau mengfungsikan software keuangan yang user friendly.

9. Jasa Ekspor Impor Hasil Panen

Bisnis ini bisa dijalani bagi Anda yang mempunyai pengalaman tentang pemasaran di pasar bebas. Jadilah penyedia jasa ekspor impor tanaman hasil panen ke di dalam dan luar negeri.

Anda terlalu menunjang para petani lokal yang seringkali susah di dalam memasarkan produknya. Padahal, permintaan ekspor dari negeri tetangga lumayan tinggi untuk sebagian style hasil pertanian Indonesia.

10. Bisnis Pengepul Padi

Meski tampak sepele, namun bisnis menjadi pengepul padi bisa memberikan kita keuntungan yagn lumayan besar. Padinya bisa didapatkan dengan mengumpulkan padi kering dari para petani.

Selanjutnya, Anda bisa menjualnya lagi ke pabrik penggilingan padi di dalam harga yang lebih tinggi. Alternatif lainnya, Anda bisa menjual padi yang telah digiling jadi beras ke perusahaan Bulog.

11. Budidaya Sayur Sosin atau Sawi Hijau

Sayuran sawi hijau atau dikenal bersama dengan sebutan sosin memiliki prospek yang lumayan bagus. Anda bisa nikmati hasil panen tanaman sosin kurang dari satu bulan.

Permintaan pada sayuran sawi hijau termasuk lumayan tinggi di pasaran agar usaha ini lumayan menjanjikan. Harga bibit sosin yang memiliki kualitas terbilang murah. Cara budidayanya termasuk lumayan ringan dan sederhana agar bisa bersama dengan ringan Anda praktikkan.

12. Budidaya Rumput Laut

Budidaya tanaman rumput laut bisa direkomendaiskan bagi Anda yang tinggal di lingkungan pantai. Tanaman ini bisa diolah ke dalam berbagai aneka makanan menjadi agar-agar, keripik nori, bahan sushi, hingga campuran es buah.

Selain itu, rumput laut termasuk jadi salah satu bahan kosmetik yang banyak dicari. Jika dicermati dari prospeknya yang lumayan bagus, usaha ini menjanjikan keuntungan yang lumayan besar.

13. Budidaya Edamame

Jenis usaha pertanian selanjutnya adalah budidaya edamame. Tanaman edamame sendiri hingga waktu ini tetap laku di pasaran dan memiliki banyak peminat. Hal selanjutnya karena tak hanya rasanya yang enak, tanaman ini termasuk memiliki kandungan gizi dan protein yang lumayan tinggi.

Budidaya edamame bisa membuahkan keuntungan yang banyak, apalagi pada waktu musim hujan. Anda bisa mencoba budidaya edamame bersama dengan skala lahan yang kecil dahulu. Jika terus beri tambahan keuntungan, Anda bisa mencoba terhubung lahan edamame secara meluas dan besar.

14. Petani Mentimun

Menjadi petani mentimun merupakan salah satu perihal yang bisa beri tambahan keuntungan besar tanpa kudu mengeluarkan modal yang banyak. Apalagi petani mentimun hanya memerlukan waktu yang lumayan sebentar sebelum saat laksanakan panennya. Mentimun sendiri termasuk digemari oleh banyak orang.

15. Langganan Box Sayuran

Dengan jenis usaha pertanian ii, Anda tak perlu menyiapkan lahan pertanian dan menggarap tanaman. Jenis usaha ini sangat mudah dilakukan dan Anda hanya perlu menawarkan produk box sayuran yang sudah dibeli dari petani.

Akhir Kata

Demikian ulasan pembahasan mengenai contoh usaha bisnis pertanian. Anda bisa menjadikannnya referensi pilihan untuk memulai menjalani bisnis pertanian rumahan atau di desa.

Baca: