Kiat-Kiat Membeli Rumah Murah agar Menguntungkan

Jual beli rumah second semakin diminati oleh banyak orang. Harga yang murah dan terjangkau menjadi daya tarik utama rumah bekas semakin banyak dicari. Nah, kalau kamu ingin memiliki rumah murah dan bukan rumah second, wajib tahu beberapa kiatnya agar tetap menguntungkan. Informasi mengenai rumah murah yang tentunya tidak murahan juga kini dapat dengan mudah ditemukan, seperti contoh di bawah ini :

rumah
Rumah (Foto: Freepik)

Pilih Agak Jauh dari Pusat Kota

Bila kamu memilih rumah di Jakarta Barat, tentu harganya tidak tanggung-tanggung. Karena masih berada di kawasan ibu kota, pastinya memiliki nilai jual yang tinggi. Bagi kamu yang menginginkan rumah murah, coba cari di daerah-daerah yang agak jauh dari pusat kota. Bisa dengan memilih rumah yang berada di daerah penyokong, seperti Depok, Tangerang, Bekasi, atau Bogor. Walaupun jauh, saat ini pilihan transportasi yang ada juga sudah semakin lengkap dan menjangkau ke berbagai wilayah.

Baca: Pengertian Bisnis Properti

Beli Rumah Lelang atau Over Kredit

Membeli rumah bekas memang menjadi salah satu opsi mendapatkan hunian dengan harga miring. Rumah lelang biasanya merupakan rumah hasil sitaan dari bank yang mana debitur tidak dapat melunasi cicilannya dengan lancar. Sama halnya dengan rumah over kredit, kamu nantinya hanya perlu melanjutkan cicilan yang masih berjalan ditambah dengan membayar ganti DP dengan nominal yang lebih rendah. Informasi mengenai rumah lelang dan over kredit ini bisa kamu tanyakan langsung pada bank yang biasa menyelenggarakan pelelangan rumah.

Beli Rumah yang Baru Diluncurkan

Seandainya, kamu ingin membeli rumah di Jakarta Barat, maka cari perumahan yang baru diluncurkan. Harganya akan lebih murah jika dibandingkan dengan rumah yang sudah dijual bebas di pasaran selama beberapa bulan. Hal ini merupakan strategi dari pengembang dalam mempromosikan unit-unit rumah yang telah mereka bangun. Jika hunian di dalam perumahan sudah mulai terisi satu per satu, maka harga rumah akan kembali seperti semula. Agar dapat mengetahui informasi ini, sebaiknya kamu sering memantau perkembangan properti, baik di pasar langsung maupun dengan cara online.

Baca: Contoh Iklan Properti

Memilih Rumah Subsidi

Untuk kamu yang memiliki penghasilan rendah dan tetap ingin memiliki rumah, bisa dengan memilih rumah subsidi yang disediakan oleh pemerintah. Rumah-rumah subsidi dikhususkan untuk mereka yang memiliki penghasilan rendah. Fasilitas dan kualitas bangunannya juga tidak kalah dengan rumah non subsidi, tidak heran juga banyak orang mengincar rumah subsidi ini. Jika berminat, kamu harus cepat-cepat memesannya sebelum kehabisan.

Kejar Promo dari Pengembang

Tidak hanya jual beli rumah second saja yang memiliki banyak promo, rumah baru juga beberapa memiliki promo yang menarik. Terlebih, promo tersebut datangnya dari pihak pengembang, tentu harga jual rumah nantinya menjadi lebih murah. Promo yang biasanya ditawarkan oleh pengembang biasanya, seperti potongan harga atau cashback. Promo diperuntukkan bagi rumah-rumah yang baru pertama kali dipasarkan atau unitnya hampir terjual habis.

Baca: Contoh Kalimat Promosi Perumahan

Datangi Pameran Properti

Di masa pandemi seperti saat ini, kegiatan yang mengundang kerumunan, seperti pameran properti memang ditiadakan. Namun kamu tidak perlu kecewa, saat ini juga banyak yang EO yang mengadakan pameran properti secara daring, walaupun ada juga yang masih digelar secara luring dengan pengunjung terbatas. Nah, pada saat pameran properti ini biasanya banyak hunian yang dijual murah sebagai bentuk promosi. Tidak ada salahnya jika kamu sesekali mencoba datang ke pameran properti.

Jual beli rumah second memang bisa menjadi alternatif utama dalam mencari rumah murah. Namun, berusaha untuk mencari rumah baru dengan harga lebih terjangkau juga tidak masalah.