Peluang Usaha Minuman Dingin

Peluang Usaha Minuman Dingin untuk Milenial

Donabisnis.com – Peluang usaha minuman dingin. Bisnis atau usaha minuman memang sangat digandrungi di masa kini. Terutama bila targetnya adalah anak muda, milenial, dan generasi Z.

Mereka suka minum sambil nongkrong-nongkrong bareng teman atau pacar. Bahkan hingga larut malam membicarakan ini itu hal yang tidak penting tapi asik. Kadang, bahkan mereka pesan tambahan porsi minuman karena saking panjang pembicaraan.

Dewasa ini kita banyak mengenal jenis atau macam-macam bisnis minuman dingin. Seperti boba, kopi, green tea, thai tea, es teh manis, cokelat, aneka jus, dan masih banyak lagi.

Banyaknya pilihan bisnis di bidang minuman dingin membuat pebisnis baru kebingungan, harus bisnis di bidang apa yang tidak memiliki banyak saingan? Tentu saja ini menjadi makin rumit dianalisis.

Oleh karena itu pada kesempatan ini kami ingin membagikan daftar kumpulan contoh peluang usaha dan ide bisnis minuman dingin yang menguntungkan, menjanjikan, dan untung besar. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Ide Usaha Bisnis Minuman Dingin

Berikut ini beberapa contoh ide bisnis minuman dingin kekinian untuk anak muda, seperti kopi, teh, green tea, thai tea, boba, herbal, jus buah, kemasan plastik, botol, gelas, dan sebagainya.

1. Es Teh

Siapa yang tidak senang dengan teh? Bisnis ini amat menggiurkan karena tidak pernah jenuh. Ntah musim dingin, musim panas, atau sebagai teman makan. Orang Indonesia tidak pernah terlepas berasal dari minuman ini.

Teh telah jadi bagian berasal dari budaya kuliner penduduk Indonesia. Uniknya lagi, pasar bisnis ini amat luas agar menjanjikan beruntung yang besar.

Ada banyak sekali bisnis teh tenar yang bisa jadi referensi Anda. Tentunya lebih dari satu modifikasi kudu dikerjakan agar membedakan style product Anda dengan kompetitor.

Misalnya dengan variasi rasa, style teh sampai dengan service.

Anda bisa menjajakan es teh/teh panas dikisaran Rp. 5000/cup. Untuk penambah rasa harganya bisa dinaikan ulang jadi Rp. 7000- Rp. 10.000 (tergantung cost yang Anda keluarkan, tapi biasanya harga bahan perasa tidak amat signifikan).

Jika Anda berhasil menjajakan 50 cup saja per hari, bayangkan omset yang Anda raih. Terlebih ulang teh ini bahannya ringan sekali didapat dan dimodifikasi.

2. Boba Milk Tea

Ini adalah varian minuman teh yang sedang booming. Kombinasi brown sugar dan bola-bola tapioka sebabkan minuman ini disukai banyak orang, terlebih anak muda.

Harga per cup minuman ini lebih mahal berasal dari biasanya minuman lainnya, kisaran Rp. 15.000-Rp. 50.000, tergantung mutu dan varian rasa yang disajikan.

Ada banyak sekali style boba pearl yang bisa Anda membeli dengan kisaran Rp. 20.000/kg.

Dengan langkah pembuatan yang ringan dan bahan baku yang ringan didapatkan, tidak susah membesarkan bisnis minuman ini.

3. Es Degan

Es degan? Ya, ini adalah peluang bisnis minuman dingin segar sepanjang jaman yang bisa dijadikan referensi.

Es Degan ini pembuatannya amat ringan dan bahkan disukai banyak orang. Anda bisa mengeluarkan modal kurang lebih 4 juta untuk mengakses gerai es degan dengan kemasan yang lebih profesional.

Meskipun es degan ini tenar sebagai es tradisional, bukan artinya Anda tidak bisa memodifikasinya. Ada banyak sekali yang bisa Anda melakukan dengan es degan, seperti menambahkan cita rasa duren, susu dsb.

Harga degan berasal dari petani ini terbilang murah, jadi kurang lebih Rp. 4000 per buah. Jikalau Anda enggan mengeluarkan modal ulang untuk varian rasa, tidak usah khawatir, banyak orang yang senang dengan es degan original.

Cukup diberi es batu dan sedikit gula telah nikmat. Bisnis minuman ini pasti saja tidak dapat pernah habis dan disukai orang-orang.

Apa ulang kalau Anda membuka di kurang lebih pantai atau pusat keramaian seperti kampus dan tempat wisata misalnya.

4. Sari Tebu

Siapa sangka kalau sari tebu punya potensi yang menggiurkan. Anda bisa mengawali dengan modal kurang lebih Rp. 4 juta saja.

Namun misalnya Anda dambakan mengemasnya dengan langkah yang lebih profesional seperti pengadaan booth, cup, sewa tempat di lokasi strategis dan mesin yang kuat, modal kurang lebih Rp. 10 juta telah lumayan untuk menggerakkan bisnis Anda.

Rata-rata di pasaran harga sari tebu siap minum kisaran Rp. 4000- Rp. 8000 saja. Meski demikian perihal ini termasuk tergantung dengan kreatifitas Anda di dalam perihal kemasan, variasi rasa dan termasuk faktor lainnya.

Soal untung, es tebu ini termasuk lumayan menjanjikan apa ulang dengan harga bahan baku (tebu) yang murah, kisaran Rp. 5000 per kg. Untuk sebabkan es tebu dengan jumlah 5 gelas, diperlukkan 2 kg tebu.

Artinya modal per gelasnya cuma Rp. 2000 (untuk bahan baku saja). Bayangkan misalnya Anda menjualnya Rp. 8000 per cup. Anda telah balik modal.

Peluang bisnis minuman modal kecil ini lumayan menggiurkan bukan?

5. Es Pisang Ijo

Es pisang ijo merupakan tidak benar satu kuliner idola banyak orang. Kuliner berasal dari kota Makasar ini menjanjikan prospek yang bagus.

Dengan modal kurang lebih Rp. 8 juta rupiah, Anda bisa mengakses bisnis ini dengan langkah yang profesional.

Ini telah termasuk harga sewa tempat dan cost operasionalnya dan gaji karyawan sepanjang sebulan. Cara pembuatannya pun termasuk mudah.

Untuk satu gelas pisang ijo bisa Anda jual kurang lebih Rp. 5000 – Rp. 8000. Apa misalnya Anda berhasil menjajakan kurang lebih 100 cup per hari, Anda bisa meraup omset setidaknya kurang lebih Rp. 15 juta.

Yang pasti ada lebih dari satu faktor yang merubah keberhasilan usaha, berasal dari lokasi dan mutu product yang dijual. Tentu dengan promosi.

6. Es Kepal Milo

Meskipun sempat popular, dan kini menghilang bak ditelan bumi, bukan artinya peminat Es Kepal Milo tidak banyak. Tentu saja ini dipengaruhi dengan banyak fator seperti rutinitas latahnya orang Indonesia.

Kebiasaan ini sebabkan gerai Es Kepal Milo menjamur dimana-mana dan sekarang bak ditelan bumi, Es Kepal Milo seakan kehilangan popularitas.

Meski demikian Anda bisa mengambil alih peluang ini karena jumlah pesaing peluang usaha minuman dingin ini sedikit. Untuk meningkatkan ulang pamor Es Kepal Milo, Anda kudu melakukan sedikit terobosan product dan trik pemasaran.

Lalu kenapa kita tetap merekomendasikan bisnis ini? Karena modalnya murah! Perlengkapan bisnis dan bahan baku setidaknya butuh modal kurang lebih Rp. 5 juta (diluar sewa tempat dan cost karyawan).

Es Kepal Milo ini penjualannya kurang lebih Rp. 7000 – Rp 12.000 per cup dengan beragam macam variasi topping. Misalnya dengan menambahkan buah fresh atau kacang-kacangan.

Dijamin perihal ini dapat menambahkan value product Anda.

7. Es Cincau Hijau

Satu ulang bisnis minuman murah yang tidak lekang dimakan jaman adalah Es Cincau Hijau. Minuman ini amat pas dikonsumsi selagi terik matahari dan membuka puasa.

Rasa cincaunya termasuk memanjakan perut agar banyak orang yang tetap gemar membeli cincau.

Selain itu proses pembuatannya pun termasuk mudah. Anda cuma kudu brown sugar, santan dan cincau hijau. Untuk varian bisa ditambahkan tape ketan hitam. Rasanya amat nikmat dan menyegarkan!

Nah bagaimana dengan modalnya?

Untuk mengawali bisnis ini dengan langkah profesional, Anda bisa jadi dengan modal kurang lebih Rp. 6 juta. Biaya ini termasuk dengan cost operasional sepanjang sebula, bahan, gerobak dan peralatan (Belum termasuk sewa tempat).

Anda bisa menjajakan es cincau ini dengan harga variatif. Es cincau pada biasanya dijual kurang lebih Rp. 5000 (dengan kemasan ciamik).

Jika Anda berhasil menjajakan 50 mangkok di dalam sehari, Anda telah bisa balik modal cuma di dalam lebih dari satu bulan saja.

8. Es Jus

Masih sangsi kalau bisnis bisa dengan modal kecil? Coba saja Jus! Siapa yang tidak senang dengan minuman ini? Cara pembuatannya praktis dan tidak kudu banyak praktek.

Anda cuma butuh juicer, buah yang berkualitas, gula, susu dan es.

Mudah bukan?

Peluang usaha minuman dingin ini merupakan tidak benar satu yang paling stabil dan tidak termakan oleh jaman.

Untuk modal yang dibutuhkan termasuk tidak amat besar. Ada banyak penjual jus yang mengawali usahanya dengan juicer, meja sederhana, lebih dari satu style buah, es, gula dan susu. Modal dan sewa tempat dibawah Rp. 5 juta.

Baru ketika bisanis Anda telah berkembang pesar, Anda bisa sebabkan gerobak baru! Tapi kalau Anda siap dengan modal yang lebih besar, pasti saja dapat jauh lebih baik.

Jangan lupa pilih lokasi yang strategis karena sejatinya perihal ini punya faktor besar di dalam pilih keberhasilan bisnis Anda. Intinya, maksimalkan segala faktor penentu keberhasilan berasal dari bahan, kemasan, startegi pemasaran sampai dengan pertalian ke pelanggan.

Bisnis jus ini sebetulnya banyak pesaingnya, dapat tapi pelanggan selamanya punya selera. Untuk itu, pastikan Anda punya pembeda!

Mungkin Anda fokus pada style jus sehat dengan mutu buah premium dan jus yang lebih kental. Atau barangkali Anda punya inspirasi lain seperti penambahan topping.

9. Es Cendol

Satu ulang es tradisional yang bisa Anda coba adalah es cendol. Es Cendol ini tetap digemari siapa saja. Yang kudu Anda melakukan hanyalah melakukan sedikit inovasi baik pada product dan kemasan agar ada pembeda.

Tidak mahal kalau senang mengakses bisnis minuman ini. Modal untuk membuka warung es cendol profesional tetap berada di bawah Rp. 10 juta.

Katakan saja modal investasi untuk peralatan adalah Rp. 3 juta dan cost operasional sebulan Rp. 2,5 juta. Ini belum termasuk cost sewa tempat dan gaji karyawan.

Namun berasal dari sini Anda telah bisa lihat potensi keuntungan. Katakan saja Anda menyewa tempat dangaji karyawan butuh Rp. 2 juta. Total modal kurang lebih Rp. 8 juta (plus cost tak terduga). Kemudian Anda menjajakan satu porsi es cendol seharga Rp. 8 ribu per cup.

Jika Anda bisa menjajakan 50 cup per hari, satu hari omset Anda adalah Rp.400.000. Atau tembus Rp. 12 juta di dalam sebulan. Biaya ini telah lumayan untuk mencicil balik modal.

Setidaknya kurang lebih 2-3 bulan Anda bisa balik modal dengan angka penjualan sedikitnya 50 cup sehari.

Jika trik dan tempat bagus, Anda bisa menghasilkan lebih berasal dari itu.

10. Kedai Kopi

Siapa bilang membuka kedai kopi itu mahal? Modal tidak cukup berasal dari sepuluh juta sebetulnya telah lumayan untuk mengawali bisnis ini, asal Anda telah punya tempatnya.

Peluang bisnis minuman dingin dan hangat ini sebetulnya tidak pernah ada habisnya terlebih gaya hidup penduduk Indonesia sekarang amat gandrung dengan kopi, ntah di pagi hari atau malam hari.

Untuk acara apapun, kopi sepertinya tidak bisa terlepas berasal dari kehidupan penduduk ini.

Ada banyak sekali warung kopi simple yang justru didatangi pengunjung. Jika Anda senang melakukan modifikasi kopi, Anda bisa mengkombinasikannya dengan susu, tiramisu, coklat dan tetap banyak lagi.

Bahkan kalau Anda amat modal kecil, kopi sachet pun bisa Anda jual. Konsumen tidak amat mempermasalahkan perihal ini asalkan tempatnya nyaman.

Namun, dapat lebih bagus misalnya Anda tidak nanggung di dalam berbisnis kedai kopi karena sekarang banyak sekali warung kopi yang gulung tikar akibat tidak bisa bersaing.

11. Bisnis Cold Brew

Cold Brew? Ya! Ini adalah kopi seduh dingin yang sekarang sedang naik daun. Bahkan Anda tidak kudu cafe atau kedai yang besar untuk menggerakkan bisnis ini.

Anda cuma kudu alat penyeduh dingin dengan harga jadi ratusan ribu rupiah sampai jutaan rupiah.

Bahkan tidak sedikit pengusaha cold brew gunakan alat seduh manual.

Kunci keberhasilan bisnis ini tak hanya pada trik marketing, adalah mutu kopi yang ditawarkan. Sangat direkomendasi misalnya Anda bertanya pada ahlinya. Selain itu, branding termasuk amat kudu agar dampak product melekat di kepala konsumen.

Cold brew ini dinilai lebih mahal berasal dari kopi biasa karena gunakan alat teristimewa dan ketajaman pemilihan kopi dan kepiawaian penyajiannya.

Aroma dan rasnya jauh lebih kuat. Meski demikian, penambahan es justru dapat menyebabkan kerusakan rasanya. Makanya prosesnya bisa dibilang lumayan rumit.

Setelah kopi ini digiling, lantas dapat direndam dan air rendaman inilah yang punya rasa kuat dan nikmat selagi disajikan dengan susu dan disajikan di dalam kondisi dingin.

Anda bisa jadi bisnis ini dengan cold brew keliling. Tentunya dapat lebih ringan menarik konsumen kalau Anda berhasil meraih target pasar yang tepat.

12. Minuman Susu Kedelai Aneka Rasa

Es susu kedelai jadi alternatif peluang usaha minuman dingin pilihan bagi para pelaku usaha. Ketimbang susu sapi yang lebih mahal, susu kedelai termasuk menaruh potensi profit yang besar.

Terlebih permohonan pasar tentang product olahan yang lebih sehat makin lama tinggi.

Modal untuk mengakses bisnis ini tidaklah mahal. Investasi alat kurang lebih Rp. 3,5 juta dan cost operasional di dalam sebulan kurang lebih Rp. 3 juta.

Asumsikan penjualan Anda adalah Rp. 2000 per bungkus plastik susu kedelai. Dan target Anda adalah 150 bungkus di dalam satu hari.

Jika Anda berjualan sepanjang 30 hari, setidaknya Anda bisa menghasilkan omset Rp. 4.5 juta di dalam sebulan. Ini pun kalau Anda mengemasnya secara sederhana.

Bila Anda punya inspirasi kreatif dengan penambah varian rasa misalnya, tentu saja value product bisa jauh lebih bagus. Ini tergantung pada Anda.

13. Susu Murni

Seperti yang diketahui bersama, Indonesia pun dikenal dengan kekayaan alam termasuk di dalam perihal perternakan pun Indonesia amat maju.

Salah satu binatang ternak yang banyak di Indonesia tidak benar satunya adalah sapi. Seperti yang diketahu pula, sapi selanjutnya bisa menghasilkan susu murni yang disukai banyak orang.

Dari susu murni inilah, banyak pula perusahaan yang menjajakan susu murni selanjutnya dijual di dalam wujud kemasan kotak dengan beragam rasa yang menarik para pelanggan.

Perusahaan yang mengemas susu murni tersebut, tidaklah satu atau dua melainkan ada lebih dari satu perusahaan besar di Indonesia yang sebetulnya berani untuk memproses dan juga menjualnya.

Hal selanjutnya tandanya bahwa menjajakan susu murni di Indonesia amat berpotensial. Dan bisa jadi bisnis yang menjanjikan.

Bahkan di tepi jalanan kota-kota besar Indonesia pun ada yang menjajakan susu murni dengan beragam rasa pula.

Minuman susu murni ini sebetulnya untuk semua kalangan tertutama sama bagus untuk anak-anak. Maka, kalau Anda terpikir untuk mengakses bisnis bisa pilih bisnis susu murni ini.

14. Yoghurt

Yoghurt adalah Susu yang difermantasikan, yoghurt pun makin lama lama makin lama berkembang dan jadi bisnis yang menjanjikan.

Yoghurt ada yang dikemas di dalam plastik, gelas cup, kemasan kotak, dan lain sebagainya.

Dulu rasa yoghurt ini sangatlah aneh karena jadi asam dan termasuk menggumpal di mulut. Tentu saja perihal selanjutnya jadi tantangan tersendiri bagi para pengusaha yoghurt untuk bisa sebabkan rasa selanjutnya jadi menarik dan termasuk enak diminum.

Walhasil, bisnis selanjutnya berhasil. Karena yoghurt yang dikenal selagi ini punya citra rasa yang beragam, seperti rasa strawbery, jeruk, melon, lecy, anggur, plain, dan lain sebagainya.

Karena itulah, yoghurt pun jadi minuman favorit anak-anak sampai dewasa. Dan pasti dapat nikmat rasanya misalnya diminum selagi dingin.

15. Kefir

Belakangan ini bisnis minuman yang sedang trend adalah kefir. Sekilas tekstur dan rasanya sama yogurt tapi sebetulnya kedua perihal selanjutnya sangta berbeda.

Kefir ini dibikin berasal dari style bakteri sehat yang tidak serupa dan juga bahan fermentasinya pun berbeda. Kefir ini dipercaya untuk kesehatan dan termasuk kecantikan.

Sehingga tak hanya diminun banyak pula yang menggunakannya untuk masker. Dan yang apsti kefir ini disebut minuman kekinian yang banyak dikonsumsi oleh para wanita.

Bahkan di dunia maya pun kefir telah menjelma sebagai minuman favorit zaman sekarang dibandingkan dengan yoghurt.

Kesimpulan

Demikian beberapa contoh ide peluang usaha minuman dingin. Semoga bisa menginspirasi dan memberi referensi bagi Anda yang ingin membuka bisnis minuman dingin di tengah persaingan yang sangat padat ini.

Baca:

Tinggalkan komentar