Pengertian Bisnis Properti

Definisi Bisnis Properti dan Contohnya

Donabisnis.com – Pengertian bisnis properti. Di antara banyaknya bisnis yang dijalankan, bisnis properti adalah salah satu bisnis yang disebut paling menjanjikan. Siapa saja yang menjalankannya dengan baik, akan mendapatkan keuntungan.

Bisnis properti secara garis besar ialah bisnis yang dilakukan pada properti, seperti rumah, perumahan, apartemen, kos, kontrakan, tanah, kavling, atau hunian lainnya. Namun pengertian bisnis properti tidak hanya itu saja.

Masih ada banyak definisi dan arti bisnis properti, mulai dari secara umum, menurut para ahli, jenis, macam, tipe, tujuan, manfaat, fungsi, strategi, cara memulai, hingga contoh bisnis properti. Di sini, kami akan menjelaskannya.

Pengertian Bisnis Properti

Ada beberapa pengertian bisnis properti, yaitu secara umum dan menurut pendapat para ahli. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Bisnis Properti Secara Umum

Agar mudah jelas apa bisnis properti itu, maka Anda perlu mengenal pengertiannya dulu. Semua bisnis yang berkaitan bersama kesibukan menjual beli tanah dan sebagainya, maka terhitung dalam aspek bisnis properti. Adapun aspek-aspek lain yang berkaitan bersama peluang bisnis ini adalah menjual beli bangunan, sewa properti sampai sewa sarana-prasarana di pasaran.

Anda mampu menjumpai banyak produk properti yang dijual. Adapun tipe properti paling kondang adalah daerah tinggal layaknya perumahan, rumah susun, sampai apartemen. Ada lebih dari satu makna penting yang perlu diketahui dalam bisnis properti. Mulai berasal dari agen properti atau broker, capital gain, break even point, booking fee, developer dan lainnya.

Pengertian Bisnis Properti Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian bisnis properti menurut pendapat para pakar ahli.

1. Kotler (2005)

Menurut Kotler, pengertian properti adalah hak kepemilikan tidak berwujud baik itu berupa real estate (benda nyata) atau finansial (saham dan obligasi).

2. Robert dan Floyd (1991)

Menurut Robert dan Floyd, pengertian properti adalah seluruh bangunan yang berada diatas permukaan bumi yang menjulang ke angkasa yang melekat secara permanen baik secarai alami atau adanya campur tangan manusia.

Jenis Bisnis Properti

Ada beberapa jenis, tipe, dan macam-macam bisnis properti berdasarkan produknya.

1. Residential Real Estate

Residential Real Estate merupakan produk properti pertama berasal dari macam-macam bisnis properti. Bisnis jenis ini lebih dikhususkan kepada memenuhi keperluan semua orang akan area tinggal, seperti perumahan, kontrakan, kos, apartemen, dan semacamnya.

Bisnis properti ini mengusahakan melengkapi keperluan papan bersifat rumah. Jadi, penekanan bisnis ini menargetkan penduduk yang perlu akan hunian. Dengan demikianlah keperluan akan area tinggal bagi penduduk mampu terpenuhi.

2. Industrial Property

Kalangan perindustrian memerlukan properti untuk menjalankan bisnisnya. Adapun properti yang disewakan meliputi manufaktur ringan dan berat seperti gudang pendistribusian dan penyimpanan hasil produksi.

Jadi Industrial Property perlu pihak lain untuk bekerja mirip karena perihal dengan perusahaan penyewa yang menjalankan proses produksi. Antara penyewa dan pemilik tersedia tanggung jawab terhadap properti yang dikelola.

3. Commercial Real Estate

Commercial real estate atau properti ritel dan dunia perkantoran ditawarkan kepada para pekerja di dunia perusahaan atau bisnis startup. Menyewakan ruangan atau area kepada perusahaan maupun perorangan terhitung didalam bisnis Commercial Real Estate.

Adapun area atau area yang biasa disewakan menjadi berasal dari restoran, toko, dan pusat perbelanjaan atau mall. Penyewa yang dibidik berasal dari bisnis ini adalah pembeli tunggal atau lebih kepada orang yang gunakan properti sendiri.

4. Special Purpose Property

Special purpose property memiliki konsumen yang lebih tertarget. Sarana dan prasarana keperluan lazim merupakan keperluan yang disediakan jenis bisnis ini. Misalnya, motel, teater, hotel, resort, tempat tinggal sakit, area ibadah dan sekolah.

Agar bisnis properti tidak berhenti di sedang jalan, pelaku bisnis sebetulnya harus kekuatan tertentu untuk mengembangkan bisnisnya. Anda mampu menjalankan bisnis jenis ini dengan baik karena prospek masa depannya benar-benar bagus. Inilah pentingnya mengenal apa itu bisnis investasi properti dengan dengan macam-macam produknya.

Tujuan Bisnis Properti

Tujuan utama berasal dari usaha properti adalah meningkatkan keuntungan dan mengembangkan aset berasal dari tahun ke tahun. Tujuan tersebut cuma bisa dicapai kalau Anda sebagai pemilik usaha menjalankannya bersama dengan komitmen yang serius.

Dengan berkomitmen terhadap usaha ini, Anda akan selalu bisa berpikir kreatif dan bekerja keras dalam mengembangkannya. Keuntungan pun bisa Anda peroleh cocok yang diharapkan.

Manfaat Bisnis Properti

Ada beberapa manfaat yang akan diperoleh dari orang yang menjalankan bisnis properti, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Harga Properti Terus Meningkat

Manfaat bisnis properti adalah bisnis ini memiliki tingkat pertumbuhan harga yang stabil dibanding bisnis lain. Setiap tahunnya di Indonesia harga menjual properti tetap meningkat tajam. Hal inilah yang jadi manfaat atau keuntungan pertama bagi yang menjalankannya. Para pelaku bisnis properti dibuat ketagihan dan keuntungan ini jugalah yang melatarbelakangi banyaknya agen properti di Indonesia.

2. Tidak Terkena Efek Inflasi

Bisnis properti juga tidak akan terkena inflasi yang berdampak pada penggerusan bisnis. Bisnis ini tidak terpengaruh oleh kenaikan mata uang suatu negara.

Namun, sebelum menjalankan bisnis ini, Anda kudu studi trik atau pengetahuan berhasil jadi pebisnis properti. Setelah berhasil membangun bisnis ini, bukan hanya saingan yang mampu diatasi, tetapi inflasi saja tidak mampu menggerus bisnis Anda.

3. Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang bisa menjadi keuntungan yang diperoleh dari bisnis properti. Dalam waktu 3-5 tahun saja, investasi yang ditanam di sektor properti bisa memberi kita hasil yang menguntungkan. Apalagi jika modal yang kita keluarkan cukup besar, untungnya juga besar.

Meski sementara menikmatinya menjadi panjang, tetapi bisnis ini diakui paling menguntungkan. Bagaimana tidak, bertambahnya nilai properti pada tahun-tahun mendatang bakal seimbang bersama dengan modal yang pernah dikeluarkan. Jadi kesimpulannya, Anda kudu jelas apa itu bisnis properti dan studi menjalaninya menjadi dari sekarang!

Kelebihan Bisnis Properti

Terdapat beberapa kelebihan usaha properti dibandingkan dengan usaha lainnya :

1. Nilai tanah yang tetap meningkat (Capital Appreciation)

Bisnis properti memiliki keuntungan karena nilai tanah yang tetap meningkat akibat jumlah kebutuhan akan tanah yang naik dari tahun ke tahun, namun jumlah tanah tidak pernah bertambah bahkan cenderung berkurnag karena dilakukan pembangunan sana sini.

2. Nilai tambah (Added Value)

Nilai tambah properti sanggup jadi tinggi jika lokasinya berada di tempat yang strategis dengan akses yang baik, sarana yang mendukung serta wujud bangunan yang menarik.

3. Pendapatan tahunan yang tetap meningakt (Income Apperciation)

Jika tanah sudah dikembangkan ke dalam wujud ruko atau rumah, maka pemilik bisa menyewakannya. Keuntungan yang yang sanggup diterima pemilik adalah nilai sewa bakal tetap mengalami kenaikan karena properti bakal tambah langka namun kebutuhannya tetap meningkat.

4. Terlindung dari arus inflasi (Hedge of Inflation)

Umumnya tujuan orang membeli properti adalah untuk investasi karena tidak terpengaruh inflasi. Hal ini berarti bahwa nilai dari properti tidak bakal terpengaruh dengan nilai rubah duit bahkan nilainya bakal tetap meningkat.

5. Investasi jangka panjang (Long Term Invesment)

Karena properti tak terpengaruh inflasi, maka properti bisa menjadi investasi jangka panjang. Dalam jangka waktu 3-5 tahun saja bisa membuahkan capital gain yang sangat menguntungkan.

6. Menjadi kebanggaan bagi pemiliki (Pride of Ownership)

Properti ini merupakan jenis investasi yang sanggup dibanggakan oleh pemiliknya karena properti sering diidentikkan dengan orang kaya.

7. Dapat Dijadikan jaminan (Good Colleteral)

Salah satu keuntungan dari kepemilikan properti adalah sanggup dijadikan sebagai jaminan yang paling baik dibandingkan dengan jenis investasi lainnya.

Strategi Bisnis Properti

Ada beberapa strategi bisnis properti yang bisa diterapkan agar untung dan bikin tajir. Berikut penjelasannya.

1. Broker Properti

Broker properti adalah orang yang menjadi perantara untuk menghubungkan penjual dan pembeli properti. Anda bisa mencoba menjadi broker properti yang bisa melihat peluang menguntungkan.

Tugas berasal dari broker menjembatani antara investor ke customer atau penjaja dan broker tidak perlu punyai properti di dalam sistem menjual beli. Untuk menjadi broker profesional dan terpercaya, anda perlu banyak ikuti pelatihan dan analisa produk information dan obyek pasar.

Hal ini akan sebabkan anda makin jelas dan sanggup menyaksikan cela untuk meraih beraneka keuntungan berasal dari sistem transaksi. Selain sebagai perantara tugas berasal dari broker termasuk menawarkan, mempromosikan, dan mempersiapkan dokumen properti.

2. Flip Properti

Di Indonesia profesi ini sebenarnya tak terlalu populer namun Anda bisa mencobanya. Cara kerjanya adalah Anda membeli tempat tinggal over kredit dengan harga yang murah, kemudian direnovasi dan dijual dengan harga tinggi.

Faktanya, flip sebetulnya tidak menyebabkan cashflow jangka panjang, tapi keuntungan yang didapat sanggup di atas 30% – 50% berasal dari harga sebelumnya. Flip properti berisikan beberapa orang yang punyai spesialisasi layaknya arsitek, analis pasar properti, desain interior dan sebagainya.

3. Investasi Properti

Investasi properti bisa memberi Anda keuntungan bagi siapa saja yang memiliki modal kecil atau besar. Dengan menjadi investor sebenarnya Anda memiliki keuntungan yang stabil dalam jangka panjang.

Ada 2 langkah trik bisnis properti bersama dengan sistem investasi properti bagi yang punyai dan belum punyai properti. Keuntungan jikalau punyai properti sendiri, anda sanggup mengelola dan meraih profit yang besar bersama dengan cashflow sistem sewa.

Sedangkan bagi yang belum punyai properti ,dapat ikuti sistem pendanaan bersama dengan yang disebut bersama dengan crowdfunding. Crowdfunding sendiri terlampau kondang akhir-akhir ini di mana anda sanggup punyai properti dan meraih cashflow jangka panjang.

Prosesnya adalah bersama dengan investasi di bawah Rp 3-5 juta bagi pemula ke properti yang sudah ditunjuk layaknya kos hotel.

Investor perlu membeli sedikitnya 1 lot yang berisikan 300 orang bersama dengan nilai harga properti lebih kurang Rp 3 miliar. Biasanya sudah ditentukan berapa yang perlu anda investasikan di dalam 1 lot.

Semakin banyak lot yang anda beli, maka makin banyak duwit yang akan anda dapatkan tiap-tiap bulannya. Kamu termasuk sanggup menjual properti yang sudah anda beli berasal dari sistem crowdfunding, tapi sistem ini tetap dikaji oleh OJK.

4. Investasi Properti di Pasar Modal

Mengawali bisnis properti untuk pemula bisa dilakukan dengan mengikuti investasi saham di perusahaan properti. Sistemnya berbeda dengan pendanaan bersama, dan investasi saham ini bisa dimulai dengan harga murah seperti mulai Rp 200 ribu saja.

Selain itu anda perlu memilih perusahaan yang pas bersama dengan suku bunga tetap naik dan penjualan yang tinggi di dalam jangka panjang. Jika tidak memenuhi syarat-syarat tersebut, sebaiknya waspada dan pemikiran pernah perusahaan daerah anda akan berinvestasi. Hal ini ditunaikan supaya terhindar berasal dari kerugian yang tak diinginkan.

5. Sewa Properti

Nah, sudah disinggung di atas strategis bisnis properti yang paling menggiurkan adalah sewa properti, contohnya bisnis kos-kosan. Sekarang ini tiap-tiap orang membutuhkan daerah tinggal kala yang nyaman dan murah, lebih-lebih dekat bersama dengan sarana publik.

Maka berasal dari itu sistem sewa kamar dan bisnis kos-kosan menjadi primadona di bisnis properti dikarenakan menambahkan beruntung berlimpah. Jika anda punyai properti rumah, tidak tersedia salahnya untuk mengubahnya dan menjadikannya sebagai pemasukan utama.

Selain banyak dicari, pasti saja bisnis ini jarang mengalami penurunan penting dan sanggup meraih capital gain bersama dengan cepat.

Cara Memulai Bisnis Properti

Di awal menggerakkan bisnis ini, bisa saja Anda bingung harus mengawali dari mana. Supaya bisnis properti dapat terjadi bersama baik, tersebut ini tips yang dilansir dari Startups.

1. Lakukan Research Terlebih Dahulu

Setiap menjalani bisnis, termasuk properti Anda harus melakukan penelitian terlebih dahulu terhadap pasar. Lakukan pengamatan pasar mana yang memberi keuntungan sangat besar kepada Anda. Jadi, Anda tak akan salah mengambil keputusan untuk membeli properti.

Selain itu, menjauhkan terburu-buru membeli properti sebelum paham seluk-beluknya, contohnya harga, lokasi, sarana, prasarana, keperluan pasar, dan segi ekternal. Beberapa segi eksternal yang bisa saja berdampak terhadap nilai properti adalah lingkungan industri, daerah rawan banjir, lokasi dekat jalan raya, dan lainnya.

2. Ambil Peluang Potensial

Anda harus berhati-hati dalam mengambil keputusan membeli properti sebelum mendapatkan analisis yang tepat. Sebaiknya jangan cepat bergerak, tapi jika sudah yakin maka beli saja propertinya. Walaupun tinggal di luar negeri, kamu tetap dapat berinvestasi.

3. Miliki Sifat Jujur

Dalam bisnis apapun, cii-ciri jujur merupakan pondasi utama dikarenakan kejujuran bakal melahirkan keyakinan dari konsumen. Ketika konsumen telah mempercayai Anda, bakal lebih mudah bagi Anda memikat hati mereka untuk membeli properti Anda. Selain itu, cii-ciri jujur bakal memicu reputasi Anda bagus di mata konsumen agar bisnis Anda dapat terjadi lancar di kemudian hari.

4. Bangun Jejaring Relasi Seluas-luasnya

Dengan punyai jejaring relasi yang luas dan banyak, nama Anda bakal semakin dikenal. Dengan begitu, Anda bakal lebih mudah mendapatkan Info seputar properti dan terhitung berkesempatan punyai peluang kerja sama.

Contoh Bisnis Properti

Di bawah ini ada beberapa contoh bisnis properti yang bisa dijalankan dan menguntungkan, cocok untuk pemula.

1. Makelar Properti

Contoh bisnis properti yang bisa dijalani adalah menjadi makelar properti atau broker properti. Ini tugasnya menjembatani penjual dan pembeli untuk mencapai kata sepakat. Untuk jadi seorang makelar Anda tak perlu memiliki properti, cukup keahlian marketing.

Yang Anda butuhkan hanya pemahaman yang memadai berkenaan tekhnis jadi seorang makelar properti dan persoalan harga properti di tiap-tiap tempat yang pastinya berbeda-beda. Selain itu, Anda tentu mesti mempunyai networking yang luas.

Jenis usaha ini tersedia dua macam, kamu dapat jadi makelar freelance atau jadi makelar yang bergabung ke di dalam sebuah perusahaan properti. Jadi Anda dapat menjadikan usaha ini jadi usaha sampingan, gara-gara tidak terikat waktu. Anda hanya mesti berjumpa klien kala mereka hendak cek lokasi saja.

Walaupun demikian, pendapatannya termasuk memadai menjanjikan. Karena harga properti itu mahal, dapat punya nilai ratusan sampai miliaran rupiah. Maka berapa komisi yang akan Anda dapatkan?

2. Bisnis Homestay Alias Penyewaan Kamar

Usaha properti menguntungkan berikutnya adalah homestay atau penyewaan tempat tinggal. Bila Anda punya rumah, hotel, vila, atau kos dan kontrakan yang tak terpakai maka bisa menyewakannya kepada orang lain.

Dengan Adanya web site AirBnB, Traveloka, AiryRoom, Booking.com dan lain sebagainya, Anda dapat menyewakan kamar di rumah Anda untuk orang lain lewat web site ini. Untuk mereka yang tengah traveling atau mencari kos-kosan dapat jadi mberminat untuk menyewa kamar terhadap Anda. Modalnya tidak terbilang mahal, bergantung dari situasi dan kondisi.

Model usaha yang satu ini mempunyai resiko, gara-gara menyewakan kamar atau anggota rumah kamu kepada orang lain. Bisa jadi bersifat kerusakan fasilitas, tagihan listrik yang membengkak, dan lain sebagainya.

Maka dari itu pastikan Anda menyebabkan perhitungan yang masak sebelum akan pilih harga sewa kamar. Dan pastikan menyebabkan beberapa syarat dan keputusan bagi calon penyewa, pastikan orang yang menyewa memadai bertanggung jawab terhadap penggunaan fasilitasnnya.

3. Bisnis Properti Melalui Pasar Modal

Contoh bisnis properti berikutnya adalah dengan masukke pasar modal. Bagi Anda yang ingin mengawali bisnis properti dengan modal kecil, takut rugi, atau tak memiliki banyak waktu maka bisa mencoba bisnis ini.

Anda dapat coba bersama dengan membeli saham perusahaan di bidang properti lewat web site pasar modal. Mungkin membeli saham perusahaan terdengar mesti mempunyai modal yang besar. Tapi tak mesti khawatir, harga saham perusahaan properti tak semuanya mahal. Banyak sekali yang harganya di bawah RP 1.000 per lembar. Itu artinya di saat Anda membeli 1 lot alias 100 lembar, uang yang mesti kamu keluarkan adalah di bawah Rp 100.000 saja, murah bukan?

Model usaha ini adalah membeli saham sebuah perusaan meskipun kandungan kepemilikannya kecil. Saham properti itu banyak sekali di bursa, misalnya layaknya Pakuwon jati (PWON), PT PP Properti (PPRO), Ciputra (CTRA), Lippo Karawaci (LPKR), dan lain sebagainya.

Tapi jangan sampai keliru beli. Walau harga properti selalu naik, bukan artinya investasi saham properti tentu untung. Oleh gara-gara itu pilihlah perusahaan properti yang mempunyai fundamental baik dan proyek yang Anda ketahui. Hindari perusahaan properti yang kurang jelas.

4. Pendanaan Properti di Website P2P Lending

Sadarkah Anda ternyata di Indonesia sudah tersedia web site P2P lending yang bergerak di bidang pendanaan properti. Situs ini benar-benar menolong bagi Anda yang inginkan membeli aset properti tetapi perlu utang uang untuk DP rumah dan sewa rumah.

Sama layaknya web site P2P lending lainnya yang sejatinya mempertemukan investor dan peminjam dana. Kabar terbaru menyatakan bahwa imbalan hasil yang akan Anda dapatkan lewat investasi pendanaan properti ini capai 11% per tahunnya.

Nominal pendanaannya tidak benar-benar mahal. Mulai dari Rp 200.000 saja. Murah bukan ? Dengan modal Rp 200.000 saja Anda sudah dapat terjun di dalam sebuah usaha properti sebagai investor.

Akan tetapi, resiko dibidang ini terbilang memadai besar. Hal ini disebabkan gara-gara pihak peminjam dana umumnya adalah orang yang dinilai kurang layak kredit bank. Jadi dapat saja kapan waktu tersedia kredit yang macet.

5. Mendirikan Situs Pencarian Properti

Contoh usaha properti modal kecil yang paling akhir adalah bersama dengan mendirikan web site pencarian properti. Model usaha yang satu ini terbilang tidak wajar dan lebih cocok di sebut usaha dibidang teknologi.

Akan Tetapi kalau dilihat secara seksama, usaha ini selalu saja usaha properti, hanya saja infrastrukturnya dibangun bersama dengan teknologi. Tak mesti mesti jadi ahli IT. Dengan modal yang tak benar-benar besar Anda dapat mempunyai web site jual membeli properti punya sendiri.

Anda jadi semacam makelar properti, hanya saja bergerak secara online, agar kamu tidak mesti bertatap langsung bersama dengan calon pembeli. Anda hanya mesti membayar ahli IT untuk membangun web site yang nantinya dapat kamu kelola sendiri.

Setelah web site kamu mempunyai banyak pengunjung, kamu dapat menarik keuntungan lewat sistem bagi hasil kala tersedia properti yang terjual. Mengadakan sistem iklan untuk pejual properti yang inginkan propertinya dimunculkan paling atas.

Asalkan Anda aktif di dalam mengelola dan isikan konten-konten menarik untuk web site Anda. Jangan sampai web site kamu terbengkalai dan keluar kurang menarik.

Akhir Kata

Demikian penjelasan tentang pengertian bisnis properti adalah. Mulai dari pengertian secara umum, menurut para ahli, jenis, tipe, macam, tujuan, manfaat, fungsi, kelebihan, keunggulan, keuntungan, strategi, tips, cara memulai, dan contoh bisnis properti.