Pengertian Ekonom

Pengertian ekonom dan ilmu ekonomi, jenis, contohnya

DonaBisnis.com – Pengertian ekonom beserta ilmu ekonomi. Ada ekonomi dan ada ekonom. Merujuk pada kata dasarnya, yaitu ekonomi, ekonom merupakan pihak yang terlibat atau berkecimpung di dunia ekonomi. Ekonom juga dapat dikatkan ahli atau pakar yang mendalami ilmu ekonomi.

Namun sebagian orang masih belum memahami pengertian dan penjelasan tentang ekonom ini. Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami ingin menjelaskan secara lengkap mengenai ekonom secara umum maupun menurut pendapat beberapa ahli.

Tidak hanya itu, di sini kami juga ingin membahas mengenai ilmu ekonomi. Mulai dari pengertian atau definisi, jenis-jenis ilmu ekonomi, dan contoh dari ilmu ekonomi. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Ekonom Secara Umum

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ekonom /eko·nom/ /ékonom/ berarti ahli perekonomian, yaitu senior ahli ekonomi yang lebih matang dalam pengalaman dan kemampuan.

Secara umum, ekonom adalah seorang profesional dalam disiplin ilmu sosial ekonomi. Ekonom juga dapat belajar, mengembangkan, dan menerapkan teori ataupun konsep dari ekonomi dan menuli mengenai kebijakan ekonomi terbaru.

Dalam bidang ini, ada banyak sub bidang, mulai dari teori-teori filsafat yang luar untuk studi terfokus hal-hal kecil dalam pasar tertentu, analisis ekonomi makro, analisis ekonomi mikro, atau analisis mengenai laporan keuangan yang melibatkan metode analisis dan alat-alat seperti ekonometri, statistik, ekonomi model komputasi, ekonomi keuangna, matematika ekonomi, hingga matematika keuangan.

Pengertian Ilmu Ekonomi

Pengertian ekonom erat kaitannya dengan ilmu ekonomi. Kamus Besar Bahasa Indonesia menjelaskan pengertian ilmu ekonomi secara detail. Tidak hanya itu, beberapa ahli ekonomi atau pakar ekonom juga mengemukakan pendapatnya. Berikut adalah pengertian ilmu ekonomi secara umum dan menurut para ahli (pengertian ilmu ekonomi dari ekonom).

Pengertian Ilmu Ekonomi Secara Umum

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ilmu ekonomi adalah cabang ilmu yang tertuju pada asas-asas produksi, distribusi, pemakaian barang atau kekayaan. Kekayaan yang di maksud adalah termasuk uang, perdagangan atau segala perindustrian.

Selain itu, di dalam KBBI ilmu ekonomi juga berkaitan dengan perekonomian negara. Maksud dari perekonomian di sini adalah segala aturan atau tata cara dalam berekonomi, baik perindustrian ataupun perdagangan. Ilmu ekonomi juga berkaitan dengan keuangan rumah tangga yang berarti organiasi atau negara.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengertian ilmu ekonomi secara umumm artinya ilmu yang mempelajari berbagai aktivitas perilaku manusia (sosial) yaitu berupa kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Sejumlah ahli, yakni ekonom menjelaskan pengertian ilmu ekonomi menurut pendapat mereka masing-masing. Berikut adalah beberapa pengertian ilmu ekonomi menurut pendapat para ahli atau ekonom dari Indonesia dan luar negeri.

Pengertian Ilmu Ekonomi dari Ekonom Luar Negeri
1. Aristoteles

Ekonom Aristoteles menjelaskan pengertian ilmu ekonomi adalah suatu cabang yang bisa digunakan melalui dua jalan yaitu adanya kemungkinan untuk dipakai dan kemungkinan untuk ditukarkan dengan barang. (Nilai pemakaian dan nilai pertukaran).

2. Adam Smith

Adam Smith, ekonom mengatakan pengertian ilmu ekonomi merupakan ilmu sistematis yang mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk mencapai tujuan tertentu.

3. Von Neumann dan Mogenstern

Pengertian ilmu ekonomi menurut ekonom Von Neumann dan Mogenstern adalah disiplin ilmu yang sangat disayangkan apabila digunakan secara tidak ilmiah. Sebab para tokoh terkemuka nya sibuk mengurusi solusi untuk masalah yang terjadi pada zaman itu.

4. Richard G Lipsey

Pengertian ilmu ekonomi menurut ekonom Richard G. Lipsey yatu ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pemanfaatan sumber daya yang langka guna media yang tidak terbatas.

5. Abraham Maslow

Abraham Maslow, ekonom berpendapat pengertian ilmu ekonomi adalah ilmu yang berguna untuk menyelesaikan berbagai permasalahan hidup manusia.
Permasalahan disini tentunya berupa masalah tentang perekonomian sesuai prinsip dan teori yang efektif serta efisien.

6. John Stuart Mill

Pengertian ilmu ekonomi menurut ekonom John Stuart Mill, seorang filsuf empiris yang terkenal di Inggris berpendapat bahwa ilmu ekonomi merupakan cabang ilmu praktis atau sains praktikal yang mempelajari tentang seluk beluk penagihan dan pengeluaran. Juga tentang kegiatan produksi dan distribusi kekayaan.

7. Louis Cantori

Louis Cantori, ekonom berpendapat pengertian ilmu ekonomi adalah ilmu yang didasari atas segi Islam. Yaitu mengenai masalah yang menjamin berputarnya harta yang dimiliki oleh manusia. Sampai mencapai suatu titik dimana manusia tersebut akan memaksimalkan seluruh fungsi hidupnya hanya sebagai hamba Allah sang pencipta. Yang mana untuk mencapai kesejahteraan di dunia maupun di akhirat nanti.

8. Gregori Mankiw

Pengertian ilmu ekonomi menurut ekonom Gregori Mankiw, pengertiannya adalah sebuah cabang ilmu yang di dalamnya memperlajari tentang bagaimana cara masyarakat dalam mengelola sumber daya yang langka.

9. Penson

Pengertian lmu ekonomi menurut Ekonom, Penson yaitu sebuah ilmu yang mempelajari mengenai sebuah kesejahteraan material pada setiap diri manusia. Kesejahteraan material ini dapat berupa barang atau jasa.

10. JB Say

Ilmu ekonomi menurut ekonom, J.B. Say, pengertiannya adalah sebuah kajian ilmu yang di dalamnya terdapat berupa peraturan yang bisa saja mengatur kekayaan seseorang.

Pengertian Ilmu Ekonomi dari Ekonom Indonesia
1. M Manullang

Menurut M. Manullang, ekonom, pengertian ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana memenuhi keinginan manusia atau masyarakat demi tercapainya kemakmuran. Kemakmuran adalah kondisi dimana manusia bisa memenuhi kebutuhannya, baik berupa barang atau jasa.

2. Khursid Ahmad

Pengertian ilmu ekonomi menurut ekonom Khursid Ahmad, ilmu ekonomi adalah sebuah usaha sistematis untuk memahami permasalahan ekonomi dan perilaku manusia dalam hubungan dengan permasalahan tersebut dari sudut pandang Islam.

3. Amwal

Menurut amwal, ekonom Indonesia, pengetian ilmu ekonomi adalah ilmu untuk menentukan sebuah keputusan yang efektif. Keputusan ini diambil guna mengelola sumber daya yang ada. Kegiatan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan individu atau masyarakat.

4. Suherman Rosyidi

Filsuf asal indonesia, Suherman Rosyidi menyebut pengertian ilmu ekonomi adalah cabang ilmu pengetahuan yang sungguh-sungguh memberikan pengetahuan. Pengetahuan disini maksudnya segala yang berkaitan dengan gejala-gejala yang timbul di lingkungan masyarakat. Gejala-gejala tersebut timbul akibat sejumlah perbuatan manusia itu sendiri. Perbuatan manusia ini adalah upaya-upaya mereka dalam rangka memenuhi kebutuhan. Dengan kata lain usaha untuk mencapai kemakmuran hidup manusia.

5. Hermawan Kertajaya

Pengertian ilmu ekonomi menurut ekonom Hermawan adalah sebuah wadah yang didalamnya terdapat sektor-sektor industri yang sudah melekat.

Jenis Ilmu Ekonomi

Pakar ekonomi menjelaskan, ilmu ekonomi terbagi ke dalam tiga jenis utama, yaitu ekonomi teori, deskriptif, dan terapan. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai jenis-jenis ilmu ekonomi secara umum.

1. Ilmu Ekonomi Teori

Ilmu ekonomi teori adalah ilmu yang menganalisis suatu hubungan antar tiap variabel ekonomi seperti contohnya adanya pengaruh kenaikan upah tenaga kerja terhadap pola konsumsi tenaga kerja tersebut. Ekonomi teori bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu ekonomi mikro dan ekonomi makro.

Ilmu Ekonomi Mikro

Ilmu ekonomi mikro adalah ilmu ekonomi yang mempelajari bagian-bagian terkecil dalam kegiatan perekonomian secara khusus. Ilmu ekonomi mikro meneliti masam-macam keputusan dan perilaku yang dapat mempengaruhi penawaran dan permintaan atas barang atau jasa yang kemudian menentukan haraga di pasar.

Ilmu Ekonomi Makro

Ilmu ekonomi makro yaitu ilmu ekonomi yang membahas mengenai keseluruhan kegiatan ekonomi dalam cakupan nasional. Analisis ilmu ekonomi makro bersifat global dan tidak hanya fokus pada kegiatan ekonomi unit-unit terkecil saja.

2. Ilmu Ekonomi Deskriptif

Ilmu ekonomi deskriptif memaparkan mengenai kehidupan ekonomi dalam suatu wilayah pada waktu tertentu secara apa adanya. Contohnya yaitu mengenai hasil produksi udang yang ada di wilayah Jawa Timur atau keadaan perekonomian Indonesia menjelang pembangunan jangka panjang.

3. Ilmu Ekonomi Terapan

Ilmu ekonomi terapan dikenal juga dengan applied economic. Ilmu ekonomi terapan merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang khusus membahas tentang penerapan dari berbagai macam teori ekonomi dalam rumah tangga produksi. Contoh teori ini adalah mengenai ekonomi pertanian atau ekonomi perusahaan.

Contoh Ilmu Ekonomi

Contoh dari ilmu ekonomi ddidasarkan pada pembagian jenis ilmu ekonomi itu sendiri. Berikut adalah beberapa contoh ilmu ekonomi teori, deskriptif, dan terapan.

1. Contoh Ilmu Ekonomi Teori

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ilmu ekonomi teori terdiri dari dua macam, yaitu eonomi makro dan mikro. Berikut adalah ulasan mengenai contoh ilmu ekonomi makro dan mikro.

Contoh Ilmu Ekonomi Makro

Contoh permasalahan yang terjadi pada ilmu ekonomi makro adalah kemiskinan dan pemerataan, krisis dan nilai tukar, hutang luar negeri, perbankan kredit macet, inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan pengangguran.

Contoh Ilmu Ekonomi Mikro

Contoh ilmu ekonomi mikro adalah analisis yang membahas tentang masalah-masalah yang terjadi di suatu pasar, perusahaan, harga komoditas tertentu, dan lain sebagainya.

2. Contoh Ilmu Ekonomi Deskriptif

Contoh ilmu ekonomi deskriptif adalah krisis moneter yang ada pada tahun 1998. Pengetahuan tentang fakta yang terdapat dalam perekonomian belum cukup untuk mempelajari ilmu ekonomi. Hal terpenting adalah menyusun data mengenai kenyataan atau fakta secara sistematis dan membuat gambaran secara umum tentang kegiatan perekonomian dan komponen di dalamnya.

3. Contoh Ilmu Ekonomi Terapan

Contoh dari ilmu ekonomi terapan adalah ekonomi yang terdapat di perusahaan, moneter, ekonomi perbankan, dan hal-hal yang berkaitan dengannya.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai pengertian ekonom dan ilmu ekonomi secara umum dan menurut para ahli, jenis-jenis, dan contohnya secara lengkap. Intinya ekonom itu adalah orang yang paham dengan ilmmu ekonomi. Sedangkan ilmu ekonomi terdiri dari berbagai macam jenis.

Perkembangan ekonomi yang semakin modern juga membuat pengertian ekonomi menjadi lebih beragam. Bahkan banyak pula yang mengatakan ilmu ekonomi disebut ilmu pilihan arena sasaran dan objek ilmu ekonomi perlu dianalisis selalu setiap waktu.

Bila ada yang bertanya mengapa muncul ilm ekonomi dan mengapa kita harus mempelajari ilmu ekonomi? Maka jawabannya adalah karena ilmu ekonomi memiliki banyak manfaat, prinsip, dan ekonom, semua manusia dari berbagai pihak melakukan tindakan ekonominya masing-masing untuk menyelesaikan masalah ekonomi.

Tinggalkan komentar