Contoh Usaha Jasa

Kumpulan Bisnis di Bidang Jasa

Donabisnis.com – Contoh usaha jasa. Sektor usaha jasa sangat diminati oleh banyak kalangan. Hal tersebut dikarenakan banyak usaha jasa yang tak membutuhkan modal di awal pembentukan bisnis.

Sebut saja jasa tulis artikel, penerjemah, joki game online, dan masih banyak lagi. Meski demikian ada juga jasa yang membutuhkan modal di awal, misalnya laundry, ekspedisi, travel, dan lainnya.

Ditambah persaingan bisnis di bidang ini cukup menjanjikan, pasalnya mungkin tak banyak pesaing dibandingkan usaha di bidang produk barang dan dengan inovasi yang brilian kita bisa mendulang sukses.

Di Indonesia pun juga banyak contoh usaha di bidang jasa yang ditekuni masyarakat. Banyak yang kreatif dan bisa menjadi inspirasi anak-anak muda yang ingin memulai usaha jasa.

Pada kesempatan ini kami ingin memberikan beberapa contoh daftar usaha jasa yang menjanjikan. Anda bisa langsung menyimak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah berikut ini.

Daftar Contoh Usaha Jasa yang Menjanjikan

Simak langsung ulasan beberapa contoh usaha jasa yang ada di Indonesia, modal kecil, banyak pelanggan, konsultan, wisata, profesi, dan masih banyak lagi.

1. Cuci Sepatu

Contoh usaha jasa yang sangat menguntungkan di masa sekarang adalah cuci sepatu. Tahukah Anda bahwa pengguna dan pengoleksi sneakers sudah sangat banyak di Indonesia? Sneakers membutuhkan perawatan yang tidak sembarangan.

Diperlukan bahan-bahan khusus, alat pembersih khusus, dan juga skill spesifik supaya sneakers mahal ini bisa kembali kinclong tanpa ada kerusakan. Maka dari itu, usaha cuci sepatu dapat jadi tidak benar satu tren usaha service yang dapat booming.

Beruntungnya kini Anda tidak kembali perlu mendirikan merk cuci sepatu sendiri sebab sudah banyak usaha waralaba yang bergerak di industri ini. Jadi, Anda bisa jadi franchisee saja.

2. Barbershop

Sadar atau tidak, usaha pangkas rambut adalah salah satu usaha paling potensial karena setiap orang pasti membutuhkannya. Bagi banyak orang, potong rambut bahkan dinilai menjadi salah satu penunjang gaya sehingga mereka tak ragu mengeluarkan uang banyak untung barbershop.

Meskipun demikian, pemain di industri potong rambut kini sudah sangatlah banyak, supaya dapat menghidupkan pertanyaan: apa yang membawa dampak usaha Anda berbeda?

Oleh sebab itu, direkomendasi Anda untuk meningkatkan service kepada setiap pelanggan. Wujud service ini bisa dari segi keramahan barber, ilmu mereka dapat tren terkini, skill yang terus di-upgrade, dan tetap banyak lagi.

3. Cuci Kendaraan

Cuci kendaraan bisa menghasilkan omzet sampai puluhan juta rupiah. Usaha ini bisa dikembangkan di mana saja, bahkan di daerah jarang penduduk, bila tak ada jasa cuci kendaraan di sana, Anda bisa menjadi satu-satunya yang menyediakan sehingga keuntungannya dipastikan sangat besar.

Selain itu, usaha cuci kendaraan terbilang lumayan fleksibel sebab bisa dilakukan di area Anda sendiri atau menyewa lahan dan bisa dilakukan oleh Anda sendiri atau menyewa tenaga.

4. Jahit Pakaian

Media sosial sudah membawa dampak industri fashion makin lama mudah memasarkan produknya. Dengan demikian, kini sudah banyak pemain baru yang hadir bersama dengan ide-ide kreatif yang diterima oleh masyarakat. Oleh sebab itu, usaha baju lokal diprediksi dapat bertumbuh.

Atas dasar alasan tersebut, Anda termasuk bisa turut terjun ke dalam industri kreatif satu ini. Hanya saja, direkomendasi untuk pilih obyek pasar yang lumayan niche supaya merk Anda miliki pembeda bersama dengan yang lainnya.

Misalnya, bersama dengan spesifik mendesain dan menjahit pakaian-pakaian and size, spesifik baju muslim modern tetapi selamanya syar’i, atau pun bersama dengan menargetkan spesifik untuk ibu-ibu menyusui.

5. Modifikasi Motor

Bengkel modifikasi motor kian menjamur seiring dengan minat masyarakat akan motor custom yang semakin tinggi. Bahkan kini banyak perusahaan besar menawarkan jasa motor custom yang juga semakin menjamur di mana-mana.

Ini adalah bukti nyata bahwa masyarakat Indonesia merasa bisa mengapresiasi keindahan dari sebuah motor yang dimodifikasi bersama dengan type khusus. Untuk bisa mengawali usaha modifikasi motor sesungguhnya tidak mudah dan murah. Anda butuh sumber dana yang lumayan banyak, baik untuk membayar bahan baku, atau pun untuk membayar tenaga profesional.

Selain itu, usaha ini termasuk dapat susah ditekuni oleh mereka yang tidak cukup antusias bersama dengan kultur motor custom. Sebab, antusiasme inilah yang dapat merubah hasil akhir dari modifikasi motor.

6. Laundry

Selanjutnya, usaha laundry jadi peluang usaha di bidang jasa yang paling dibutuhkan. Seiring bersama dengan pembangunan hunian-hunian ramah milenial, potensi usaha laundry pun makin lama tinggi.

Hal ini tidak lepas dari pola hidup milenial yang jadwalnya dipenuhi oleh begitu banyak ragam kegiatan supaya mereka butuh dukungan untuk selesaikan tugas-tugas hariannya seperti mencuci.

7. Rental Mobil

Renta mobil juga menjadi salah satu contoh usaha jasa yang diprediksi bakal booming. Selain karena peningkatan industri pariwisata, usaha ini juga bisa berkembang karena kuantitas pengemudi taksi online.

Mengingat tak seluruh orang bisa untuk belanja mobil sendiri, menyewa mobil jadi tidak benar satu alternatif yang bisa mereka pilih. Anda bisa membawa dampak skema perjanjian yang beragam. Mulai dari bagi hasil bersama dengan perbandingan yang bisa disepakati, sampai perjanjian harian saja.

Hanya saja untuk mengawali usaha ini diperlukan modal yang lumayan besar. Jadi, perlu dipersiapkan proses pembiayaannya bila Anda sesungguhnya menghendaki mengawali peluang usaha di bidang jasa yang paling diperlukan th. ini.

8. Rental Proyektor

Saat ini semuanya sudah hadir dalam bentuk digital, supaya kegunaan proyektor makin lama krusial. Mulai dari mahasiswa sampai organisasi kecil pun merasa butuh proyektor untuk begitu banyak ragam keperluan.

Selain itu, usaha ini termasuk lumayan fleksibel dalam perihal obyek pasar. Anda bisa menyasar pengguna perorangan langsung, bisa termasuk menyasar bisnis-bisnis.

Apabila Anda menyasar pengguna perorangan maka kiat pemasarannya pasti berlainan bersama dengan customer perusahaan. Salah satunya adalah bersama dengan menggunakan e-commerce dan termasuk sarana sosial untuk menjangkau calon konsumen. Buat termasuk penawaran bundling untuk menarik minat mereka.

9. Pembuatan Website

Saat ini banyak anak muda menghabiskan waktu di internet, bila Anda melihat hal ini, maka peluang pembuatan website bisa menjadi usaha jasa yang begitu menguntungkan. Anda bisa membuat web pribadi lalu dimonetisasi, atau menjual jasa pembuatan web bagi orang lain.

Selain itu, usaha digital perlahan sudah menggerus beberapa industri lainnya, tidak benar satunya adalah advertising yang fokus pada iklan billboard. Sebab, banyak merk besar yang merasa memperbanyak iklan di website-website bersama dengan traffic tinggi. Ini termasuk yang membawa dampak banyak orang membawa dampak web untuk mengejar keuntungan.

Saat ini sudah banyak entrepreneur yang jelas dapat perihal itu, supaya butuh jasa pembuat website. Inilah yang membawa dampak usaha jasa pembuatan web makin lama menguntungkan. Apakah Anda tertarik untuk menekuninya? Kalau iya, tidak salahnya untuk membawa dampak usaha yang sifatnya one-stop.

Artinya, Anda menawarkan jasa pembuatan web sekaligus pembelian domain dan hosting. Dengan demikian, Anda bisa melayani lebih banyak pelanggan bersama dengan lebih baik.

10. Desain interior

Bisnis desain interior termasuk dapat berkembang bersamaan bersama dengan banyaknya millennial yang merasa belanja properti, baik itu tempat tinggal tapak atau pun apartemen.

Oleh sebab mereka miliki selera yang khas, type interior huniannya pasti dapat berlainan bersama dengan orangtuanya. Maka dari itu, mereka butuh seorang design interior untuk meraih ambiance yang sesuai bersama dengan yang mereka mau.

Untuk jadi desain interior sesungguhnya ada pendidikan formalnya, tetapi percayakah Anda bahwa banyak entrepreneur di bidang ini tanpa ada latar belakang pendidikan formal? Dengan niat dan permintaan untuk terus belajar, Anda dapat bisa mengawali desain interior ini.

11. Desain Grafis

Desain grafis bisa Anda pilih sebagai salah satu opsi profesi jasa di masa sekarang. Menjadi desain grafis sangat mudah, Anda juga bisa mendapatkan pekerjaan dari berbagai situs freelance online maupun menawarkan di media sosial.

Selain itu, keberadaan begitu banyak ragam agency pun jadi peluang baik bagi para desainer grafis untuk meraup pundi-pundi. Meskipun demikian, jadi desainer grafis pasti miliki tantangannya sendiri. Salah satunya adalah bagaimana mencari klien yang sudi bekerja serupa bersama dengan Anda.

Untuk itu, direkomendasi untuk membangun portofolio lebih-lebih dahulu di sarana sosial dan komunitas-komunitas seni. Cara ini sudah terbukti lumayan ampuh sebab banyak seniman yang berhasil dilirik klien-klien besar bersama dengan cara ini.

12. Rental Kamera

Kamera-kamera untuk fotografi dan videografi dibanderol bersama dengan harga tinggi supaya tidak seluruh orang bisa untuk memilikinya.

Padahal, keperluan dapat perlengkapan ini lumayan tinggi, baik untuk keperluan usaha atau pun acara-acara kampus. Maka dari itu, bila kebetulan Anda tinggal di kawasan-kawasan kampus, mengawali usaha rental kamera, lensa, dan perlengkapan videografi bisa jadi pilihan Anda.

Saat merintis peluang usaha di bidang jasa ini, harap diperhatikan segi keamanannya. Artinya, Anda perlu meminta bukti identitas dari sang penyewa dan pastikan jika identitas ini asli sebelum membebaskan perlengkapan ke tangan penyewa.

13. Jasa Fotografi dan Videografi

Bila Anda memiliki hobi fotografi, maka Anda bisa mengubah hobi tersebut menjadi sumber penghasil uang. Saat ini sudah banyak orang dan perusahaan yang membutuhkan jasa fotografer dan videografer, baik untuk keperluan dokumentasi atau branding.

Maraknya pengakses dunia digital membawa dampak konten-konten foto dan video makin lama laku. Apalagi kini makin lama banyak perusahaan besar yang menghendaki menjajaki dunia digital supaya mereka haus dapat konten.

Misalnya, seperti pembuatan web series sebagai layanan untuk meningkatkan merk awareness. Telah banyak merk besar yang menempuh jalan ini dan berhasil membawa dampak masyarakat lebih familiar bersama dengan brand-nya.

14. Jasa Event Organizer

Untuk menjadi event ograniser yang terpercaya, Anda harus aktif di dunia digital dan terus memasarkan jasa dar mulut ke mulut. Terutama kepada teman terdekat karena dengan cara inilah bisnis atau usaha Anda bisa semakin dikenal oleh banyak orang.

Pertama, pastikan Anda miliki pengalaman yang lumayan untuk memulainya sebab industri ini benar-benar butuh pengalaman untuk hadapi masalah-masalah yang bisa keluar kapan saja. Kedua, miliki tim yang kompeten dan solid sebab usaha ini benar-benar tergantung pada kerja serupa tim yang baik.

Ketiga, pastikan Anda sudah miliki koneksi atau jaringan klien yang bisa Anda bantu sebab bagi EO baru dapat kesulitan meraih rasa yakin dari klien bila belum miliki rekam jejak.

Maka dari itu, bila sesungguhnya Anda tidak cukup pengalaman, pastikan tim Anda sudah didukung oleh orang yang berpengalaman dan miliki koneksi yang luas. Niscaya, peluang usaha di bidang jasa yang paling diperlukan ini bisa menambahkan banyak keuntungan untuk Anda@

15. Vendor Booth

Milenial kini sudah banyak yang memasuki usia siap nikah. Maka dari itu, diprediksi dapat makin lama banyak pasangan yang menikah. Artinya, permintaan dapat vendor penyedia booth, hiasan dekorasi, catering, dan perlengkapan pesta pernikahan lainnya dapat makin lama banyak.

Jika Anda menghendaki mengawali usaha ini, maka direkomendasi untuk bekerja serupa bersama dengan vendor-vendor lain supaya bisa membawa dampak paket penjualan yang sama-sama menguntungkan.

Saat ini lebih banyak vendor dekorasi dan booth yang bekerja serupa bersama dengan vendor catering sebab kebanyakan pasangan dapat mencari vendor catering sehabis ia menemukan gedung atau lokasi yang pas untuk menyelenggarakan pesta pernikahan.

Akhir Kata

Sekian pembahasan singkat mengenai contoh bisnis usaha jasa. Semoga bisa menjadi inspirasi Anda bagi yang ingin memulai usaha di bidang jasa.

Baca: