Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Pengertian Tujuan dan Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Donabisnis.com – Contoh iklan layanan masyarakat bahasa sunda, jawa, Covid-19, mebuang sampah, global warming, kesehatan, lingkungan, hemat energi, air, dan sebagainya. Manusia hidup di bumi tentu saja harus merawat apa yang ada di bumi.

Bukan cuma dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, melainkan juga dengan menghemat energi, air, menjaga kesehatan, lingkungan, bahkan juga memperhatikan sesama manusia lainnya. Hal inilah yang kadang tak disadari oleh masyarakat.

Untuk itu para perusahaan besar, institusi negeri, lembaga swasta, universitas, dan lain sebagainya kerap menciptakan sebuah iklan yang tidak ditujukan untuk komersil, yakni iklan layanna masyarakat.

Tentu saja contoh iklan layanan masyarakat yang ada di Indonesia atau dunia (menggunakan bahasa inggris) kerap kita jumpai. Dan pada kesempatan ini, kami pun ingin memberikan informasi lengkap mengenai contoh iklan layanan masyarakat.

Mulai dari desain, gambar, hingga kata-kata, kalimat, atau caption iklan layanan masyarakat akan kami ulas secara lengkap di sini. Namun sebelumnya mari kita simak terlebih dahulu pengertian, tujuan, dan manfaat iklan layanan masyarakat.

Pengertian Iklan Layanan Masyarakat

Ada beberapa pengertian atau definisi dari iklan layanan masyarakat, yakni secara umum dan menurut pendapat beberapa ahli. Berikut ulasannya.

Secara Umum

Iklan Layanan Masyarakat (ILM) merupakan iklan yang menyajikan pesan sosial dengan tujuan membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus mereka hadapi. Kondisi seperti ini bisa mengancam keselarasan dan kehidupan secara umum.

Iklan Layanan Masyarakat sendiri bisa dikampanyekan oleh organisasi profit atau non profit dengan tujuan sosial ekonomis, yakni meningkatkan kesejahteraan dari masyarakat. Adapun iklan layanan masyarakat sendiri memiliki kriteria-kriteria tertentu, yakni sebagai berikut.

  • Tidak komersial
  • Tidak bersifat keagamaan
  • Tidak bersifat politis
  • Berwawasan nasional
  • Diperuntukkan untuk semua lapisan masyarakat
  • Diajukan oleh organisasi yang telah diakui dan diterima
  • Dapat diiklankan
  • Memiliki dampak dan kepentingan tinggi sehingga patut memperoleh dukungan melalui media lokal atau nasional

Menurut Pendapat Para Ahli

1. Kasali

Public Service Announcement (iklan layanan masyarakat) merupakan permintaan penyiaran yang dikeluarkan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan pemerintah secara langsung sebagai solidaritas terhadap masalah masyarakat. Contohnya yaitu program pemerintah, ketertiban lalu lintas dan informasi penting lainnya.

2. Liliweri

Menurutnya pengertian iklan layanan masyarakat merupakan ikan yang bersifat non-profit, maka iklan seperti ini tidak mencari keuntungan setelah pemasangan informasi kepada masyarakat secara global.

3. Susamto

Baginya iklan layanan masyarakat merupakan media informasi mengenai setiap layanan masyarakat, penyebaran informasi tidak melalui pembelian ruang dan waktu, setiap iklan yang disiarkan mengenai pelayanan masyarakat dilaksanakan berdasar kegiatan non-profit (tidak mengejar keuntungan).

Tujuan Iklan Layanan Masyarakat

Meskipun bukan untuk mencari keuntungan, namun iklan layanan masyarakat memiliki sejumlah keuntungan, tujuan, dan manfaat. Antara lain adalah sebagai berikut.

1. Menginformasikan

Tujuan iklan layanan masyarakat yang pertama adalah menginformasikan kepada masyarakat mengenai program, layanan, atau aktivitas pemerintah yang berkaitan dengan sosial.

2. Membujuk

Iklan layanan masyarakat atau iklan non niaga bisa untuk membujuk masyarakar agar turut serta mengikuti program pemerintah seperti BPJS, KTP, keluarga berencana (KB), dan sebagainya.

3. Mengingatkan

Iklan jenis ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuat masyarakat ingat dengan program yang dijalankan oleh pemerintah.

4. Menambah Nilai

Iklan layanan masyarakat memiliki tujuan untuk memberi nilai tambah kepada program tertentu melalui persepsi dari masyarakat.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Di bawah ini kami memiliki deretan kumpulan contoh iklan layanan masyarakat yang menarik. Lengkap dengan gambar, desain, foto, teks, kata-kata, atau kalimat promosi. Silahkan disimak ulasannya berikut ini.

1. Iklan Layanan Masyarakat Bahasa Sunda

iklan layanan masyarakat bahasa sunda

Ini adalah salah satu contoh gambar iklan layanan masyarakat menggunakan bahasa Sunda. Adapun teks pada iklannya adalah sebagai berikut:

Piceiun runtah kana tempatna!
Generasi milenial kedah eling kana kabersihan ti mana bae.

2. Iklan Layanan Masyarakat Bahasa Jawa

iklan layanan masyarakat bahasa jawa

Iklan layanan masyarakat bahasa Jawa ini masih mengambil tema membuang sampah sembarangan. Berikut adalah caption iklan pada gambar.

Buang sampah ning panggonane lan kudu njogo lingkungan sebab nyamuk ora seneng nang tempat sing resik.

3. Iklan Layanan Masyarakat Covid-19

iklan layanan masyarakat covid-19

Iklan layanan masyarakat ini membahas tentang Covid-19, pandemi yang ada di Indonesia. Kalimat iklannya adalah sebagai berikut.

Gunakan masker dengan benar akan melindungi Anda, keluarga, dan orang sekitar Anda.
Bersama dan taat memakai masker, kita bisa memutus mata rantai Covid-19.

4. Iklan Layanan Masyarakat Membuang Sampah Sembarangan

iklan layanan masyarakat membuang sampah sembarangan

Contoh iklan layanan masyarakat tentang membuang sampah ini cukup menarik, dilengkapi dengan visual gambar yang memukau dan kalimat iklan yang mengundang aksi untuk bertindak. Berikut kata-kata iklannya.

Inilah manfaat luar biasa membuang sampah pada tempatnya, namun sering disepelekan.

Kita semua hidup di bumi ini tentunya tidak terlepas dari peran lingkungan yang kita tinggali. Maka dari itu sudah menjadi keharusan bagi kita semua untuk menjaga kebersihan lingkungan. Dampak buruk jika menyepelekan buang sampah tidak pada tempatnya, salah satunya bencana banjir.

Nah untuk menjaga kebersihan lingkungan bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satu cara mudah yang bisa dilakukan ialah dengan membuang sampah pada tempatnya. Meskipun terlihat mudah dilakukan, namun di antara kita semua nyatanya masih banyak yang membuang sampah sembarangan.

Kalian bisa lihat dampak dari masyarakat ibukota yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Seperti sekarang ini sudah beredar di berita bahwa banjir bandang sedang melanda ibukota.

5. Iklan Layanan Masyarakat Global Warming

iklan layanan masyarakat global warming

Pemanasan global selalu menjadi isu yang serius setiap tahunnya. Berikut adalah contoh iklan layanan masyarakat tentang pemanasan global dengan teks iklan sebagai berikut.

Selamatkan bumi dari dampak pemanasan global

Berawal dari langkah kecil, kita dapat selamatkan bumi

Bumi tidak akan terus menawarkan hasil panennya, kecuali dengan penatalayanan yang setia. Kita tidak bisa mengatakan kita mencintai lahan dan kemudian mengambil langkah untuk menghancurkannya untuk kemudian digunakan oleh generasi mendatang – Pope John Paul II

6. Iklan Layanan Masyarakat Tentang Kesehatan

iklan layanan masyarakat tentang kesehatan

Ini adalah contoh iklan layanan masyarakat tentang kesehatan, yakni pencegahan penyakit diabetes. Adapun caption pada gambar iklan tersebut adalah sebagai berikut.

Pencegahan Penyakit Diabetes

Apa itu Diabetes

Penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah

Bahaya dari Diabetes

– Meningkatnya kolesterol
– Tekanan darah naik
– Penglihatan kabur
– Gagal ginjal
– Gangguan pada syaraf
– Kehilangan kaki
– Serangan jantung
– Kesempatan untuk hidup kecil

Langkah Pencegahan diabetes

– Jaga berat badan, usahakan ideal dengan tinggi badan dan usia
– Hindari makanan junkfood dan tinggi karbohidrat
– Perbanyak makan makanan yang mengandung serat seperti sayur dan buah
– Olahraga secara rutin guna meningkatkan imun dan membakar gula darah
– Pengecekan gula darah rutin 1 bulan sekali

7. Iklan Layanan Masyarakat Tentang Lingkungan

iklan layanan masyarakat tentang lingkungan

Lingkungan hidup harus kita jaga. Ini disadari banyak pihak dengan membuat iklan layanan masyarakat tentang kesehatan. Berikut adalah kalimat iklan layanan masyarakat pada gambar di atas.

Apa kalian tega membakar kami?
Lindungi dan selamatkan tanaman di bumi

8. Iklan Layanan Masyarakat Tentang Pendidikan

iklan layanan masyarakat pendidikan

Pendidikan adalah hal penting yang menjadi kunci untuk memajukan bangsa. Berikut adalah teks kalimat dari iklan tentang pendidikan di atas.

Mau jadi apa saja yang penting sekolah dulu

9. Iklan Layanan Masyarakat Hemat Energi

iklan layanan masyarakat hemat energi

Manusia menggunakan energi listrik tiap hari, jika hal ini terus menerus dilakukan, maka lama-kelamaan energi yang ada di bumi bisa habis. Berikut adalah caption iklan tersebut.

Selamatkan bumi
Ayo ikut gerakan Puasa Energi #EarthHour

10. Iklan Layanan Masyarakat Mematuhi Lalu Lintas

iklan layanan masyarakat tentang lalu lintas

Kecelakaan lalu lintas terjadi setiap hari, tak ayal Kepolisian hingga Direktorat Jenderal Lalu Lintas kerap membuat iklan layanan masyarakat tentang keselamatan berkendara. Salah satu contohnya seperti iklan poster di atas dengan teks kalimat sebagai berikut.

ODOL (Over Dimension Over Load)

Membahayakan dan merugikan !!

11. Iklan Layanan Masyarakat Bahaya DBD

iklan layanan masyarakat dbd

Salah satu penyakit yang kerap terjadi di Indonesia adalah demam berdarah. Beriktu adalah kata-kata iklan layanan masyarakat tentang bahaya demam berdarah dengue (DBD).

Kenali gejala demam berdarah

– Demam tinggi hingga mencapai 40 derajat celcius
– Sakit kepala
– Kelelahan
– Mual dan muntah
– Ruam merah pada kulit
– Nyeri pada belakang mata
– Nyeri pada tulang dan tulang
– Pendarahan ringan pada hidung dan mulut

Segera periksakan diri Anda jika terdapat gejala tersebut

12. Iklan Layanan Masyarakat Cuci Tangan

iklan layanan masyarakat cuci tangan

Mencuci tangan menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehtan. Berikut adalah kalimat iklan mengenai mencuci tangan yang benar pada gambar di atas.

Tips mencuci tangan yang benar

– Basahi dan tuangkan atau oleskan produk sabun di telapak tangan
– Tangkupkan kedua telapak tangan dan gosokkan produk sabun yang telah dituangkan
– Letakkan telapak tangan di atas punggung tangan kiri dengan jari yang terjalin dan ulangi untuk sebaliknya
– Letakkan telapak tangan kanan ke telapak tangan kiri dengan jari saling terkait
– Tangan kanan dan kiri saling menggenggam dan jari
– Gosok ibu jari kiri dengan mengenakan tangan kanan dan sebaliknya.
– Gosokkan jari-jari tangan kanan yang tergenggam di telapak tangan kiri dan sebaliknya
– Bilas dan keringkan. Setelah kering, tangan Anda sudah aman dari bakteri dan kotoran.

13. Iklan Layanan Masyarakat Tentang Makanan

iklan layanan masyarakat tentang makanan

Kementerian Kesehatan membagikan iklan layanan masyarakat tentang bijak dalam memilih makanan. Adapun caption iklan pada gambar di atas adalah sebagai berikut.

Bijak Memilih Makanan

G.G.L (Gula.Garam.Lemak) 4.1.5

4 sdm gula
Terlalu banayk gula berakibat kegemukan dan diabetes melitus. Diabetes mengganggu jantung dan ginjal.

1 sdt garam
Lebih dari 1 sdt garam/hari, maka risiko stroke naik 23% dan risiko penyakit jantung naik 17%

5 sdm lemak
Banyak lemak membuat berat badan berlebih sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes dan hipertensi

Jangan lupa
Membaca label kemasan makanan atau minuman akan membantu Anda mendapatkan asupan gizi terbaik

14. Iklan Layanan Masyarakat Keluarga Berencana

iklan layanan masyarakat keluarga berencana

Setiap tahun kita menjumpai banyak sekali contoh iklan layanan masyarakat mengenai keluarga berencana. Salah satunya adalah iklan yang terlihat pada gambar di atas. Berikut adalah kalimat iklannya.

Tidak ada tempat yang penuh dengan cinta selain di tengah kelaurga

Hari Keluarga Nasional

15. Iklan Layanan Masyarakat Pentingnya Olahraga

iklan layanan masyarakat pentingnya olahraga

Olahraga adalah hal yang sangat penting dilakukan setiap saat. Berikut adalah kata-kata iklan layanan masyarakat mengenai olahraga yang terlihat di gambar.

Sudahkah Anda berolahraga hari ini?
Mari kita dukung gerakan masyarakat hidup sehat (Germas)

16. Iklan Layanan Masyarakat Gerakan Makan Ikan

iklan layanan masyarakat gerakan makan ikan

Beberapa tahun terakhir ini ada banyak gerakan makan ikan, berikut adalah kalimat iklan pada desain gambar di atas.

Makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan anak

Ikan
Meningkatkan daya ingat dan kemampuan nalar yang tajam

Sayur
Menjaga kesehatan sel otak

Buah berry
Menambah daya ingat

Kacang-kacangan
Membantu meningkatkan daya pikir anak

Susu dan yoghurt
Meningkatkan pertumbuhan jaringan otak

Oat
Menjaga tubuh dan otak

Telur
Perkembangan daya ingat

17. Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Kanker

iklan layanan masyarakat bahaya kanker

Kanker adalah penyakit yang berbahaya. Tak heran bila banyak peringatan agar masyarakat menjaga kesehatan darinya. Seperti contoh iklan layanan masyarakat berikut.

Ada yang sering begadang?
Banyak anak muda begadang hanya karena nonton bola, bermain game, nonton movie, atau drama favorite mereka, tapi tahukah amu ekrap begadang bisa menimbulkan risiko kanker hati?

18. Iklan Layanan Masyarakat Gosok Gigi

iklan layanan masyarakat gosok gigi

Menggosok gigi adalah hal penting yang harus dilakukan setiap hari, minimal dua kali sehari. Berikut adalah kutipan iklan layanan masyarakat tentang menggosok gigi di atas.

Tukar berus gigi Anda setiap 3 bulanatau sekiranya bulu berus gigi mula mengembang

19. Iklan Layanan Masyarakat Tentang Posyandu

iklan layanan masyarakat posyandu

Menjaga kesehatan anak adalah hal yang harus dilakukan setiap orangtua, seperti memeriksakan mereka ke posyandu. Iklan layanan tentang pemeriksaan posyandu tersebut memiliki kalimat sebagai berikut.

Punya balita? ditimbang di posyandu ya …
Anak sehat, tambah umur, tambah berat, tambah pandai
Dapatkan pelayanan gizi dan imunisasi lengkap di posyandu

20. Iklan Layanan Masyarakat Tentang Imunisasi

iklan layanan masyarakat tentang imunisasi

Berikut adalah kalimat atau kata-kata dari iklan layanan masyarakat tentang imunisasi

Jenis imunisasi sesuai usia anak

Lahir < 1 tahun

– BCG
– Polio
– Hepatitis B
– DPT
– Campak HiB
– Pneumokokus
– Rotavirus

1-4 Tahun

– DPT
– Polio
– MMR
– Tifoid
– Hepatitis A
– Varisela
– Influenza
– HiB
– Pneumokokus

5-12 Tahun

– DPT
– Polio
– Campak
– MMR
– Tifoid
– Hepatitis A
– Varisela
– Influenza
– Pneumokokus

12-18 Tahun

– TT
– Hepatitis B
– (MM)R
– Tifoid
– Hepatitis A
– Varisela
– Influenza
– Pneumokokus
– HPV

Akhir Kata

Sekian pembahasan dari contoh iklan layanan masyarakat yang menarik. Mulai dari contoh iklan layanan masyarakat tentang imunisasi, posyandu, gosok gigi, gerakan makan ikan, pentingnya olahraga, keluarga berencana, makanan, cuci tangan, bahaya DBD, mematuhi rambu lalu lintas, dan sebagainya.

Tinggalkan komentar