Contoh Iklan Media Cetak

Contoh Iklan Media Cetak dan Penjelasannya

Donabisnis.com – Contoh iklan media cetak dari koran, majalah, tabloid, buku, brosur, selebaran, billboard. Dalam era digital saat ini, kita tentu mengenal berbagai macam media cetak seperti yang telah disebutkan.

Media-media cetak tersebut tidak hanya digunakan sebagai media berbagi informasi saja. Dalam perkembangannya di dunia bisnis, media cetak kerap dijadikan sarana untuk mengiklankan produknya.

Adapun iklan-iklan yang kerap dipublikasikan di media cetak sebelumnya juga telah kami bahas terpisah, contohnya seperti contoh iklan koran. Namun di sini kami akan membahasnya secara lebih lengkap tidak hanya fokus pada koran saja.

Melainkan meliputi iklan di majalah, tabloid, buku, brosur, selebaran, billboard, dan sebagainya. Tentunya format iklan yang ditampilkan dan ciri-ciri kata-katanya pun berbeda-beda.

Kami akan menjelaskan contoh-contohnya secara lengkap. Namun, sebelum itu, mari kita simak terlebih dahulu mengenai macam-macam media cetak yang dikenal di Indonesia berikut ini.

Macam Macam Media Cetak

Ada banyak jenis media cetak yang dikenal di Indonesia. Mulai dari koran, majalah, tabloid, buku, dan masih banyak lagi. Semuanya tentu memiliki perbedaan pengertian dan karakteristik, silahkan simak penjelasan beirkut.

1. Koran

Kotan adalah surat kabar yang memiliki suatu penerbitan ringan dan diterbitkan setiap hari. Biasanya dicetak pada kertas berbiaya renadh yang disebut kertas koran. Koran merupakan salah satu media cetak tertua di dunia.

2. Majalah

Majalah adalah media publikasi atau terbitan secara berkala, biasanya per minggu atau bulan. Artikel yang dimuat di majalah bukanlah berita terkini, melainkan artikel seperti cerita pendek, gambar, review, ilustrasi, dan sebagainya.

3. Tabloid

Tabloid sebenarnya juga merupakan istilah dalam format surat kabar, sama seperti koran namun ukurannya lebih kecil. Isi tabloid biasanya dikaitkan dengan penerbitan surat kabar reguler non harian dengan tema yang lebih santai. Misalnya membahas artis, olahraga, kriminal, makanan, dan sebagainya.

4. Buku

Buku merupakan kumpulan kertas atau bahan lain yang dijilid menjadi satu pada setiap lembarnya berisi tulisan atau gambar. Setiap siis dari sebuah lembaran kertas pada buku disebut dengan halaman.

5. Brosur

Brosur atau lembar pengumuman adalah terbitan tak berkala yang terdiri dari sjeumlah kecil halaman. Biasanya cuma 2, 3, 4, atau 5 halaman saja. Kontennya tidak terkait dengan terbitan lain dan biasanya brosur memang khusus digunakan untuk promosi.

6. Selebaran

Selebaran merupakan jenis sederhana dari pamflet yang berisi sejumlah informasi pendek di dalam halaman-halamannya. Selebaran biasanya terdiri dari 1 lembar saja dan dkikenal dengan istilah flyer. Fungsinya hampir sama dengan brosur, yakni sebagai media promosi.

7. Billboard

Papan billboard atau papan pengumuman merupakan salah satu bentuk promosi iklan luar ruangan atau outdoor advertising selain baliho, megatron, vegatron, videotron, dan sebagainya. Karena di laur ruangan, maka ukurannya sangat besar untuk memudahkan pengguna jalan melihat iklan billboard.

Contoh Iklan Media Cetak Lengkap Beserta Gambar

Berikut adalah contoh iklan media cetak lengkap beserta gambar dalam bahasa Indonesia, Inggris, Jawa, hingga Sunda. Silahkan simak pembahasannya berikut ini.

1. Iklan Media Cetak Koran

iklan koran rumah dijual

Iklan di koran biasanya ditempatkan di halaman paling belakang. Iklan koran tidak menghadirkan banyak gambar dan bahkan teksnya juga disingkat-singkat. Hal tersebut dilakukan agar biaya iklannya menjadi lebih murah.

Iklan yang ada pada koran juga tidak menghadirkan warna, hanya hitam putih saja. Sehingga tampilannya juga sangat biasa. Anda bisa melihat dengan jelas pada contoh gambar di atas.

2. Iklan Media Cetak Majalah

iklan media cetak majalah

Gambar tersebut merupakan salah satu contoh iklan yang terdapat di dalam majalah. Biasanya iklan majalah ditempatkan di halaman tengah secara full seperti yang tampak pada gambar.

Di halaman tersebut biasanya tidak hanya ditampilkan satu produk saja, melainkan banyak produk atau jasa sekaligus. Meski demikian ada juga sih yang membayar lebih agar halaman di tengah digunakan untuk iklan hanya produk mereka saja.

3. Iklan Media Cetak Tabloid

iklan media cetak tabloid

Sampir sama dengan majalah, iklan di dalam tabloid juga ditampilkan di halaman tengah. Meski ada juga yang menggunakan beberapa halaman sekaligus yang digunakan sebagai space iklan.

Berbeda dengan iklan majalah, iklan di dalam tabloid hanya menghadirkan iklan yang berkaitan dengan jenis tabloid. Misalnya tabloid wanita, olahraga, kecantikan, gosip, dan masih banyak lagi.

4. Iklan Media Cetak Buku

iklan media cetak buku

Iklan di dalam buku biasanya ditempatkan dengan cara yang sangat halus, seperti dimasukkan di dalam contoh soal yang harus dikerjakan oleh siswa. Hal tersebut seperti yang tampak pada gambar.

Kita tidak bisa memungkiri bahwa pada saat ini ada banyak buku-buku pelajaran sekolah, SMA, SMP, hingga perguruan tinggi yang diselipi iklan. Jadi, jangan heran ya!

5. Iklan Media Cetak Brosur

iklan media cetak brosur

Brosur memiliki karakteristik lebih berwarna, tampilannya fresh, dan antara satu halaman dengan halaman lain informasi yang ditampilkan saling berkaitan, seperti yang bisa dilihat pada gambar.

Biasanya, brosur digunakan khusus untuk promosi, seperti menawarkan rumah atau properti, kampus atau perguruan tinggi, event, seminar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Iklan Media Cetak Selebaran

iklan media cetak selebaran

Berbeda dengan brosur, selebaran memiliki karakteristik tampilannya tidak lebih menarik. Jenis kertas yang digunakan pun lebih mudah sobek. Hal ini bertujuan untuk menghemat biaya iklan.

Selain itu, desain dan warnanya juga terbatas. Seperti yang tampak pada gambar yakni hanya berwarna merah muda dan putih saja. Tidak banyak ilustrasi gambar, namun teks dan kalimat iklan diperlengkap.

7. Iklan Media Cetak Billboard

iklan media cetak billboard

Kalau iklan ini sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Ada billboard biasa ada juga yang berupa video dan gambar digital. Semuanya tentu memiliki harga dan biaya berbeda-beda.

Namun tujuannya tetap sama, yakni untuk memberikan informasi kepada pengguna jalan. Biaya pemasangan billboard biasanya bergantung pada lokasi, ukuran, dan jangka waktu berapa lama iklan tersebut ingin ditayangkan.

Akhir Kata

Sekian pembahasan lengkap mengenai contoh iklan media cetak dan gambarnya. Mulai dari billboard, flyer, koran, majalah, tabloid, buku, selebaran, brosur, billboard, videotron, megatron, dan lainnya secara lengkap.

Tinggalkan komentar