Contoh Iklan Bahasa Sunda

Contoh Iklan Bahasa Sunda Komersial dan Non Komersial

Donabisnis.com – Contoh iklan bahasa sunda. Sebuah iklan tidak hanya ditampilkan dalam bahasa Indonesia saja, melainkan juga bahasa-bahasa yang ada di daerah di Tanah Air. Salah satunya ialah bahasa Sunda.

Tujuan pembuatan iklan berdasarkan bahasa daerah adalah agar iklan tersebut dapat lebih tersampaikan ke kalangan tertentu. Kadang ada juga orang yang tidak bisa bahasa Indonesia dan hanya bisa bahasa daerahnya sendiri.

Iklan bahasa Sunda tentu saja hanya terdapat di Jawa Barat saja. Seperti Sumedang, Bandung, Tasikmalaya, Bogor, Depok, dan atau daerah-daerah di barat pulau Jawa lainnya.

Iklan ini terdiri dari dua macam berdasarkan tujuannya, yakni komersial dan non komersial. Iklan bahasa Sunda komersial ditujukan untuk menjual barang, sementara non komersial diperuntukkan untuk layanan masyarakat atau kebutuhan sosial.

Pada kesempatan ini kami ingin membagikan beberapa kumpulan contoh iklan bahasa Sunda untuk kebutuhan komersial dan non komersial. Langsung saja silahkan simak pembahasannya berikut.

Contoh Iklan Bahasa Sunda Komersial

Di bawah ini adalah beberapa contoh iklan bahasa Sunda komersial atau bertujuan untuk menjual sebuah produk atau barang. Silahkan simak selengkapnya di bawah ini.

1. Iklan Shampo Bahasa Sunda

iklan bahasa sunda shampo

Pertama adalah iklan shampo Lifebuoy menggunakan bahasa Sunda. Iklan ini ditampilkan karena kebutuhan pembersih rambut kerap menjadi penting di. berbagai kondisi. Bunyi kata-kata pada iklan ini adalah sebagai berikut.

Hayang boga bu’uk halus boga bu’uk hade. Pake shampi Lifebuoy.

2. Iklan Minuman Bahasa Sunda

iklan bahasa sunda minuman

Iklan ini adalah iklan bahasa Sunda yang pernah tayang di televisi. Iklan ini diambil dari akun media sosial YouTube yang bunyinya sebagai berikut.

Etah mah susu dikupian, mun kopi ABC susu, tah ieu kupi disusuan.

3. Iklan Makanan Bahasa Sunda

iklan bahasa sunda makanan

Makanan adalah kebutuhan pokok manusia. Tanpa makan manusia tidak bisa hidup, itulah yang membuat banyak warung makan atau restoran cepat saji kerap mengadakan promo untuk meningkatkan penjualan. Termasuk trik menggunakan bahasa daerah masing-masing untuk menciptakan iklan yang lebih tertarget.

4. Iklan Telkomsel Bahasa Sunda

iklan bahasa sunda telkomsel

Iklan Telkomsel sebagai provider kartu di Indonesia ini muncul di pinggir jalan sebagai iklan banner berbahasa Sunda. Iklan tersebut menarik perhatian, terutama karena warnanya yang mencolok, yakni merah, putih, dan kuning.

Contoh Iklan Bahasa Sunda Non Komersial

Berikut adalah kumpulan contoh iklan bahasa Sunda non komersial atau bertujuan untuk keperluan sosial seperti iklan layanan masyarakat. Silahkan simak di bawah ini.

1. Iklan Bahasa Sunda Kebersihan

iklan bahasa sunda kebersihan

Mulai saat ini, mari kita terus kawal dan jaga lingkungan agar bersih dan sehat selalu. Caranya adalah yang pertama dengan menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar terlebih dahulu. Seperti yang ada pada kalimat iklan.

Hayu… Ngamimitan… hirup beresih, kalawan kersa ngumbah panangan.

2. Iklan Bahasa Sunda Tentang Lingkungan

iklan bahasa sunda lingkungan

Kita tidak boleh merusak lingkungan, seperti membuang sampah sembarangan itu sangat dilarang, apalagi membuangnya ke sungai yang bisa mengakibatkan air tercemar dan bahaya bencana banjir. Pesan pada iklan Sunda tersebut berbunyi

Sami-sami miara kaendahan sarta karapihan lingkungan kalawan henteu miceun runtah di walungan.

3. Iklan Bahasa Sunda Layanan Masyarakat

iklan bahasa sunda layanan masyarakat

Iklan bahasa Sudna layanan masyarakat ini bertema mencuci tangan. Ingatlah bahwa mencuci tangan itu penting. Seperti pesan yang ingin disampaikan dalam materi gambar di atas adalah sebagai berikut.

Ngumbah lengeun anjeun kalayan cai bersih sareng sabun.

4. Iklan Hemat Air Bahasa Sunda

iklan bahasa sunda hemat air

Tiap hari kita menggunakan air untuk berbagai keperluan. Seperti memasak, mandi, mencuci, minum, dan lain sebagainya. Ketika musim kemarau tiba, maka di antara perusahaan dan instansi terkait banyak yang menciptakan iklan layanan masyarakat, termasuk yang menggunakan bahasa Sunda di atas.

5. Iklan Buang Sampah Bahasa Sunda

iklan layanan masyarakat bahasa sunda

Piceun runtah kana tempatna! Generasi milenial kedah eling kana kabersihan ti mana bae.

6. Iklan Hemat Listrik Bahasa Sunda

iklan bahasa sunda hemat listrik

Menghemat listrik tentu saja bisa menyelamatkan bumi karena energi dari listrik berasal dari benda-benda yang ada di alam. Iklan hemat listrik bahasa Sunda tersebut berbunyi.

Istirahatkeun lampu. Lamun teu di anggoan, listrik ka kontrol, dompet aman di kantong.

7. Iklan Bahaya Pergaulan Bebas Bahasa Sunda

iklan bahasa sunda pergaulan bebas

Di Indonesia kasus pergaulan bebas yang berujung pada kehamilan di luar nikah masih sering terjadi. Inilah yang mendorong dinas terkait menciptakan banyak iklan layanan masyarakat untuk mengantisipasi dan mencegah pergaulan bebas. Seperti yang bisa dilihat pada gambar.

8. Iklan Pendidikan Bahasa Sunda

iklan bahasa sunda pendidikan

Masih banyak masyarakat Jawa Barat yang enggan melanjutkan pendidikan setelah tamat SD atau SMP. Itulah mengapa pemerintah membuat iklan layanan masyarkat bahasa Jawa tentang pendidikan seperti gambar di atas.

Akhir Kata

Sekian ulasan singkat mengenai contoh iklan bahasa sunda dan gambarnya. Semoga adanya contoh iklan berbahasa Sunda ini bisa menjadi referensi bagi yang ingin menciptakan iklan dalam bahasa daerah.

Tinggalkan komentar