Peluang Bisnis Mahasiswa

Pengertian dan Peluang Bisnis Mahasiswa

Donabisnis.com – Peluang bisnis mahasiswa. Mahasiswa, terutama yang merantau dan belum punya pekerjaan biasanya mengandalkan pemasukan dari orangtua. Namun mereka kerap melakukan berbagai hal untuk mendapat uang.

Seperti memanfaatkan situs survey online, memainkan game penghasil uang, atau melakukan bisnis kecil-kecilan untuk mendapatkan pemasukan. Lalu, apa sih peluang bisnis yang menjanjikan bagi mahasiswa?

Peluang bisnis menjanjikan buat mahasiswa tentunya memiliki modal yang sedikit, murah, atau bahkan tanpa modal. Di sini kami akan membagikan rekomendasinya, namun mari simak pengertian bisnis mahasiswa lebih dulu.

Pengertian Bisnis Mahasiswa

Bisnis mahasiswa adalah bisnis yang dilakukan oleh mahasiswa, pelajar, atau orang yang sedang ada di kampus, universitas, dan perguruan tinggi. Bisnis ini biasanya bertujuan untuk menambah pemasukan sebagai anak rantau.

Bisnis untuk mahasiswa tidak perlu membutuhkan modal besar. Untungnya, banyak peluang bisnis hanya membutuhkan modal minimum. Sebab biasanya mahasiswa belum punya banyak uang jadi jangan memaksakan melakoni bisnis bermodal besar.

Peluang Bisnis Mahasiswa

Berikut adalah beberapa peluang bisnis untuk mahasiswa dan pelajar dengan modal murah, bahkan tanpa modal. Deretan bisnis ini mudah dijalani, khususnya bagi pemula dan tentu saja laris manis di Indonesia.

1. Bisnis Pulsa Elektrik

Banyak sekali mahasiswa yang menjalani bisnis pulsa sebagai sampingan, tak heran karena modalnya juga tak besar. Selain mudah dilakukan bisnis ini juga bisa mendatangkan keuntungan bila dikelola dengan baik, terutama karena kadang teman merasa tak enak jika membeli pulsa selain dari kita.

Dalam sekali penjualan pulsa, keuntungan yang diperoleh menjadi Rp 500 – Rp 1500. Namun, bisnis pulsa elektrik bukan tanpa risiko. Sebab Anda harus siap menerima konsekuensi hutang dari pembeli. Terlebih pelanggannya adalah kenalan atau teman. Jadi, sebelum mengawali bisnis ini, perhitungkan kemungkinan-kemungkinan terburuk lebih-lebih dahulu.

2. Bisnis Online Shop

Peluang bisnis mahasiswa yang menguntungkan berikutnya adalah online shop. Mahasiswa bisa menjual aneka macam barang kebutuhan sehari-hari di sini, seperti baju, rok, celana, aksesori, sepatu, parfum, dan sebagainya. Cara berjualan online bisa lewat media sosial, forum jual beli, atau e-commerce.

Penjualan tidak cuma kepada teman-teman kampus, namun juga kepada pelanggan lain di dunia maya. Ada lebih dari satu website menjual beli yang sanggup dimanfaatkan untuk menjual barang. Kalau tidak mempunyai barang, Anda sanggup menjual barang dari website lain sebagai reseller maupun menjadi dropship. Jadi, modal yang dibutuhkan tidak banyak, namun hasilnya lumayan.

3. Bisnis Les Privat

Les privat adalah bisnis yang menguntungkna bagi mahasiswa, di bisnis ini Anda cukup menawarkan diri sebagai pengajar anak SD, SMP, atau SMA yang mata pelajarannya tak terlalu sulit bagi tingkat mahasiswa. Misalnya mahasiswa jurusan bahasa bisa mengajari pelajaran bahasa Indonesia, mahasiswa jurusan Biologi bisa mengajari mata kuliah IPA, dan sebagainya.

Bahkan, Anda sanggup mengajarkan pelajaran lain semisal bahasa Inggris. Bisnis ini mendatangkan dua keuntungan, yakni memberi uang saku dan memperdalam penguasaan materi. Biasanya bisnis ini laris di saat mendekati ujian nasional (UN). Sebab ada banyak anak yang ingin memperdalam mata pelajaran yang diujikan secara nasional lewat les privat.

4. Bisnis Jualan Makanan Kecil

Bila kantin kampus jaraknya cukup jauh, maka ada bisnis yang cukup menjanjikan bagi mahasiswa yakni bisnis makanan kecil, jajanan, snack, dan semacamnya. Peluang bisnis ini sangat pas dilakukan terutama di waktu istirahat kuliah. Momen ini adalah kesempatan untuk berjualan makanan kecil di area kelas. Sebab makanan kecil, layaknya snack dan air mineral sangat dibutuhkan untuk mengganjal perut yang lapar di saat berkuliah.

5. Bisnis Jasa Pengetikan dan Print

Jasa pengetikan dan print juga bisa menjadi bisnis mahasiswa yang bisa dimulai dengan modal kecil namun untung besar, terutama jika pasarnya adalah mahasiswa yang tinggal di kos atau lingkungan kampus. Kuliah dengan banyak tugas kadang membuat pusing, apalagi jika tugas harus diselesaikan dalam waktu bersamaan dan dicetak. Dibandingkan mengetik dan mencetak tugas sendiri, kadang banyak mahasiswa yang pilih untuk menggunakan jasa pengetikan dan print.

Alasannya gara-gara tidak membawa perangkat cetak dan tidak ada pas untuk mengetik serta mencetak tugas tersebut. Untuk menjalankan bisnis ini, dibutuhkan kapabilitas di dalam pengetikan. Sebab umumnya pelanggan dapat ulang kalau hasilnya memuaskan. Cukup mempunyai laptop/komputer dan printer sebagai modal utama. Untuk menghemat biaya, Anda sanggup belanja perangkat bekas yang tetap bagus namun harganya lebih murah.

6. Bisnis Bimbingan Belajar

Sejauh ini selamanya ada saja mahasiswa yang membutuhkan pemberian orang lain yang lebih menguasai mata kuliah spesifik untuk menaikkan Indeks Prestasi (IP). Tentu ini adalah kesempatan yang sanggup dimanfaatkan untuk menciptakan bisnis bimbingan belajar. Bisnis ini sanggup dilaksanakan sendiri atau bersama dengan orang lain yang kompeten di dalam bidang tersebut.

Dalam bisnis bimbingan belajar, sebaiknya jangan cuma terbatas pada bidang akademis saja. Bisnis ini sanggup dikembangkan sampai bidang non akademis, misalnya mengemudi, olah vokal, renang, bermain gitar, dan sebagainya. Sewaktu menjalankan bisnis ini, dibutuhkan kesabaran ekstra dalam melakukan bimbingan.

7. Bisnis Online Programmer Web dan Blogger

Untuk mahasiswa jurusan Teknologi Informasi (TI), ada bisnis online yang cocok dijalankan. Jasa yang ditawarkan berhubungan dengan mata kuliah yang dipelajari, yakni bisnis online programmer website dan blogger. Anda bisa membantu membuatkan situs, blog, atau e-commerce untuk yang membuahkan.

Selain itu Anda juga bisa monetize blog, seperti afiliasi Pay Per Click (PPC), pakai iklan, atau menjual produk dari blog. Jika situs/blog berikut banyak dikunjungi dan menarik pembaca, berikan penawaran kepada perusahaan yang mempunyai relevansi dengan konten yang dimuat untuk beriklan di halaman utama. Dengan begitu, perusahaan dapat dikenal pembaca situs/blog dan Anda mendapat keuntungan.

8. Bisnis Jual Beli Buku Bekas

Mahasiswa tentu membutuhkan buku-buku akademik untuk membantu kesibukan perkuliahannya. Ini merupakan kesempatan bisnis yang sanggup dimanfaatkan dengan menjual buku bekas dengan harga yang lebih tidak mahal tanpa mengorbankan fungsinya. Saat biaya pendidikan jadi mahal, buku bekas jadi alternatif untuk kurangi beban keuangan mahasiswa.

Buku bekas yang tetap layak digunakan dan bisa dibeli dengan harga tidak mahal dari pengumpul buku atau, dari teman, atau dari orang lain yang sudah tidak membutuhkannya lagi. Kemudian Anda bisa menjual ulang buku bekasnya kepada teman atau orang lain yang membutuhkan.

9. Bisnis Jasa Servis Laptop

Bagi mahasiswa yang bisa servis laptop, sangat bisa sekali membuka bisnis tersebut. Bisnis ini sangat potensial karena umumnya mahasiswa bekerja mengerjakan tugas dan melakukan kegiatan lainnya menggunaan laptop. Namun bisnis ini hanya bisa dijalani bagi yang paham hardware dan software komputer.

Selain membutuhkan keterampilan soal hardware dan software, dibutuhkan juga peralatan perbaikan, layaknya obeng, tang, dan alat-alat lainnya. Bisnis ini sanggup dipromosikan kepada teman-teman kuliah, selain itu tidak menutup mungkin terhubung jasa servis untuk umum di lingkungan kampus.

10. Bisnis Jasa Pembuatan Website

Saat ini nyaris setiap perusahaan, sekolah, dan universitas sudah membawa website sendiri. Bahkan, banyak website personal atau blog bertebaran di internet. Ini merupakan kesempatan yang menjanjikan bagi mahasiswa yang sanggup mencipatakan website dengan membuka jasa pembuatan website.

Untuk menjalankan bisnis ini, dibutuhkan keterampilan di dalam memproduksi kode Hypertext Preprocessor (PHP) atau Active Server Pages (ASP) secara manual dan sanggup menggunakan Content Management System (CMS), layaknya WordPress, Blogger, Joomla, dan sebagainya.

11. Bisnis Jasa Penerjemah

Mahasiswa yang menguasai bahasa Inggris atau bahasa lainnya bisa membuka bisnis jasa penerjemah. Bisnis ini tidak memerlukan modal berupa uang, karena modalnya hanyalah kemampuan berbahasa Anda. Cukup sediakan peralatan ketik seperti komputer, laptop, gadget, atau smartphone.

Bisnis ini tidak terbatas cuma untuk mahasiswa, namun sanggup ditawarkan kepada pelajar atau orang lain yang membutuhkan jasa penerjemah. Untuk mengawali bisnis ini, dibutuhkan kemahiran berbahasa asing. Bisnis ini cocok dilaksanakan mahasiswa jurusan bahasa, layaknya bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa Belanda, bahasa Mandarin, dan bahasa lainnya.

12. Bisnis Jasa Pengiriman

Peluang bisnis mahasiswa untung besar berikutnya adalah bisnis yang menggunakan motor, yakni bisnis jasa pengiriman untuk mengantar barang yang ada di kira-kira kampus. Bisnis ini merupakan bisnis yang terbilang tidak membutuhkan modal besar namun sangat menguntungkan. Dalam bisnis jasa pengiriman ini, yang paling utama adalah perlu membawa kendaraan dan mengenal baik wilayah pengiriman.

13. Bisnis Jasa Desain Grafis

Mahasiswa yang memiliki keterampilan di bidang desain bisa membuka jasa desain grafis. Jasa ini bisa ditawarkan untuk mereka yang hendak wisuda, menikah, atau memberikan hadiah desain sebagai kado ulang tahun teman. Bisnis ini menuntut keterampilan mahasiswa di dalam mengoperasikan software seperti Photoshop, Corel Draw, Ilustrator, dan sebagainya untuk mendesain.

Dengan keterampilan desain yang dimiliki, mahasiswa sanggup mendapatkan banyak untung dari kliennya di dalam mengerjakan tugas desain grafis teman. Mahasiswa juga bisa membuka jasa untuk umum seperti jasa desain kaos, jasa desain website, jasa edit foto, dan jasa desain lainnya.

14. Bisnis Jasa Tour and Travel

Untuk mahasiswa yang senang berkeliling dunia dan melaksanakan traveling, serta memiliki rencana perjalanan wisata maka bisa menjalankan bisnis jasa tour and travel ke daerah wisata di dalam negeri ataupun luar negeri. Bisnis ini cocok bagi yang memiliki modal besar.

Bisnis ini mendatangkan keuntungan ganda bagi pelakunya, yakni keuntungan berupa uang dan keuntungan untuk turut serta merasakan wisata. Bisnis ini bisa diawali dengan menyatukan mahasiswa yang menghendaki liburan, serta bisa dikembangkan dengan melayani tour orang umum.

15. Bisnis Pertunjukan Seni

Bagi mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat di dalam pertunjukan seni, layaknya musik, tari, atau drama, dapat membentuk grup dan mengikuti acara yang bisa mengembangkan bakat sekaligus membuahkan penghasilan.

Contohnya, jadi penari di panggung-panggung tari atau pemain drama di teater. Bagi yang bisa bermain musik band, dapat membentuk personel band dan tampil di kafe-kafe yang menyediakan layanan full music.

16. Bisnis Jasa Perawatan Hewan Peliharaan

Mahasiswa yang hobi merawat hewan peliharaan bisa membuka bisnis jasa perawatan hewan peliharaan. Sebab banyak orang yang mempunyai hewan peliharaan, namun tidak mau merawatnya. Bisnis ini cocok dilaksanakan di daerah yang perumahan padat penduduk. Bisnis ini tidak sanggup dilaksanakan sendirian. Sebaiknya, pekerjakan karyawan untuk membangun bisnis ini agar jadi lebih besar.

17. Bisnis Jasa Fotografi dan Video

Bisnis untuk mahasiswa yang cocok untuk pemula berikutnya adalah bisnis yang berhubungandengan hobi, yakni bisnis jasa fotografi dan videografi. Banyak orang yang suka difoto dan direkam aktivitasnya kemudian mengunggahnya di media sosial. Bisnis ini berpotensi berkembang besar jika dikelola dengan baik. Untuk mengawali bisnis ini, Anda perlu memiliki keahlian di dalam menyusun gambar atau video.

18. Bisnis Jasa Jual Barang Bekas

Bisnis mahasiswa sesudah itu adalah bisnis menjual barang bekas yang umumnya diremehkan banyak orang. Barang bekas sanggup jadi barang yang bermakna kalau dijual kepada orang yang membutuhkannya. Tawarkan jasa menjual barang kepada kawan yang membawa barang bernilai, namun sudah tidak digunakan ulang dan cocok untuk dijual.

19. Bisnis Jual Kaos

Ide bisnis mahasiswa yang seterusnya adalah bisnis menjual kaos. Untuk mengawali bisnis ini, mahasiswa kudu bekerja sama dengan daerah konveksi dan tempat sablon. Kemudian ciptakan desain kaos yang paling keren untuk dijual menggunakan kreativitas. Semakin keren desain maka jadi banyak orang yang tertarik untuk membeli. Buatlah desain yang unik dengan kalimat atau gambar lucu.

20. Bisnis Menjadi Penulis Lepas

Jika suka menulis dan membawa kapabilitas menyampaikan ide di dalam wujud tulisan, jadi penulis lepas bisa jadi bisnis terbaik. Bisnis ini mudah dilaksanakan dan nyaris tanpa modal. Sebab yang dibutuhkan cuma kemampuan menulis, kreativitas, dan imajinasi. Di samping itu, bisnis ini sanggup dilaksanakan kapan saja dan di mana saja tanpa terikat waktu. Bentuk tulisan yang ditawarkan bervariasi, kalau artikel umumnya dengan bermacam topik sampai tulisan kreatif semisal puisi dan cerpen.

21. Bisnis Event Organizer

Bisnis event organizer rasanya selamanya akan dibutuhkan. Mulai dari acara pernikahan sampai acara kantor umumnya menggunakan jasa pengurus acara ini. Itu sebabnya, event organizer jadi salah satu bisnis mahasiswa yang begitu menjanjikan.

Untuk modal awal yang dibutuhkan pun tidak besar, yakni kira-kira Rp 5 juta, digunakan digunakan untuk membayar staf EO yang bertugas terhadap acara nanti. Dengan berbanding keuntungan sampai belasan sampai ratusan juta, terkait tipe acara yang diselenggarakan.

22. Bisnis Juru Rias

Profesi sebagai juru rias atau makeup artist juga terbilang sangatlah menjanjikan. Hal ini karena tidak cuma pas pernikahan, namun acara lain layaknya wisuda, acara formal, dan non resmi umumnya membutuhkan jasa makeup artist.

Tarif atas jasa makeup artist juga sangatlah menjanjikan, yakni kira-kira Rp 500 ribu untuk pemula dan Rp 2 juta untuk makeup artist yang sudah mempunyai pengalaman kira-kira satu tahun. Jika dilaksanakan dengan komitmen, makeup artist ternama sanggup dihargai sampai Rp 10 juta.

Meski begitu, untuk sanggup jadi makeup artist profesional, umumnya kami kudu mempunyai sertifikat dari kelas rias terlebih. Biaya kursus rias di Jakarta umumnya kira-kira Rp 2,5 juta. Selain itu kami juga kudu belanja lebih dari satu peralatan makeup yang sanggup sesuai bersama dengan dana modal awal kita.

23. Bisnis Barbershop

Meski mempunyai kesempatan keuntungan yang memadai besar, bisnis barbershop tidak selamanya membutuhkan modal yang banyak. Sebagai mahasiswa, Anda sanggup menjadi dari skala bisnis barbershop yang kecil.

Hal ini sanggup dilaksanakan bersama dengan terhubung barbershop rumahan, jadi tidak kudu menyiapkan dana besar untuk menyewa tempat.

24. Bisnis Jual Beli Buku Bekas

Buat Anda yang suka membaca buku dan mengoleksi buku gak terpakai di rumah atau kost, sanggup membuahkan duit bersama dengan langkah menjualnya kembali. Anda sanggup menjualnya lewat bermacam macam e-commerce online layaknya Shopee, Bukalapak maupun Tokopedia untuk mempermudah transaksi penjualan.

Enaknya lagi, kamu gak kudu modal apa-apa untuk mengawali bisnis yang satu ini dengan kata lain gratis. Tapi cuma perlu kemauan yang besar untuk menjalankannya.

25. Bisnis Distro

Bisnis lain yang sanggup dicoba adalah terhubung toko pakaian atau distro. Tapi memang kekurangan bisnis yang satu ini adalah membutuhkan modal yang besar. Sebagai langkah awal Anda tidak perlu buka toko dulu, namun menyablon lebih dari satu sampel pakaian dan tawarkan ke kawan terdekat. Dan jangan lupa untuk memasarkannya di fasilitas sosial agar pelanggan Anda jadi banyak.

26. Bisnis Aksesori Ponsel

Ponsel atau smartphone merupakan benda yang sekarang umum dimiliki oleh mahasiswa. Jika menjual ponsel membutuhkan modal yang mungkin terlampau mahal, maka aksesori ponsel sanggup jadi pilihan untuk modal yang lebih sedikit.

Ada banyak variasi aksesori ponsel yang sanggup dijual layaknya earphone, memory card, casing hp, charger, kabel data, dan lain-lain. Mendapatkan aksesori ponsel kudu bekerja serupa bersama dengan distributor atau toko yang sedia kan accessories tersebut.

Menjual aksesori ponsel sanggup dilaksanakan melalui toko offline dan online. Tempat yang dibutuhkan tidak terlampau besar dan sanggup di tempatkan etalase untuk memajang produk yang dijual. Kios aksesori ponsel umumnya juga sedia kan jasa pengisian pulsa dan token listrik. Ini juga sanggup dijadikan ide bisnis sampingan mahasiswa yang memadai enteng untuk dilakukan.

27. Bisnis Warung Kopi

Warung kopi kecil-kecilan sanggup jadi bisnis yang untung lebih-lebih terkecuali lokasinya strategis, kalau berada di dekat kampus. Warung kopi sendiri sanggup buka terhadap malam hari agar cocok untuk mahasiswa yang mempunyai waktu kosong di malam hari. Mahasiswa sanggup menggunakan koneksinya untuk membuat warung jadi ramai. Saat teman-teman mahasiswa lainnya ada acara pertemuan, warung ini sanggup dijadikan tempat untuk berkumpul.

Membuka warung kopi sebenarnya membutuhkan modal dan itu sanggup diminimalkan dengan menggunakan tempat layaknya halaman rumah sendiri. Selain itu bisa juga cuma menggunakan gerobak sorong yang dapat dijalankan, agar tidak membutuhkan daerah khusus. Fasilitas yang dihidangkan sebaiknya sesuai dengan tujuan konsumen, apakah untuk sesama mahasiswa atau untuk orang yang lebih tua.

Akhir Kata

Demikian pembahasan singkat mengenai peluang bisnis dan usaha mahasiswa. Semoga banyak mahasiswa yang terbatu serta menemukan ide bisnis kreatif dan inovatif untuk menambah pemasukan ketika merantau di tanah orang.

Tinggalkan komentar