Agen BRILink

Peluang Usaha Menjadi Agen Bank BRI

Donabisnis.com – Agen BRILink. Di masa sekarang sudah banyak orang yang menjadi agen bank, tak terkecuali agen Bank BRI atau yang lebih kita kenal dengan nama Agen BRILink.

Bila kita perhatikan pula, tampaknya setelah mereka menjadi agen BRILink, pendapatan mereka naik, bahkan mereka tak berhenti menjadi agen tersebut. Artinya apa? Ini merupakan peluang usaha yang menguntungkan.

Lalu, sebenarnya apa sih Agen BRILink itu, fungsi dan tugasnya apa, dan bagaimana cara mendaftarnya? Pada kesempatan ini kami ingin menjelaskan kepada Anda secara lengkap.

Kami akan membahas tentang apa itu agen BRILink, tugas dan fungsinya, cara mendaftarnya, hingga estimasi pendapatan yang bisa diperoleh dari menjadi agen BRILink. Silahkan simak di bawah ini.

Pengertian Agen BRILink

Agen BRILink merupakan perluasan layanan perbankan dari Bank BRI. Layanan ini dilakukan oleh masyarakat pada umumnya dan tanpa menggunakan kantor untuk melakukan transaksi perbankan.

Agen BRILink bertugas melayani transaksi keuangan perbankan kepada masyarakat secara real time online menggunakan EDC BRI atau aplikasi BRILink Mobile. Semua transaksi tersebut dikenakan tarig biaya transaksi kepada customer yang kemudian menjadi pendapatan agen Bank BRI.

Contohnya, Budi ingin mentransfer uang Rp 1 juta namun dia tidak punya rekening atau kartu ATM, Kebetulan tetangganya Ani merupakan agen BRILink. Karena itu Budi bisa meminta tolong Ani untuk transfer menggunakan EDC.

Ani bisa mengambil biaya jasa, misalnya Rp 5.000 jadi jumlah yang harus dibayarkan Budi adalah Rp 1.005.000. Keuntungan tersebut berlaku untuk satu kali transaksi jadi semakin banyak transaksi semakin besar pula pendapatan yang diperoleh.

Produk dan Fasilitas BRILink

BRILink menawarkan berbagai pilihan produk serta layanan fasilitas untuk transaksi perbankan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Lakupandai

Lakupandai adalah layanan untuk menyediakan transaksi perbankan tanda melalui jaringan BRI. Fasilitas yang ditawarkan antara lain cash in, cash out, report, setoran uang, tarik tunai, isi pulsa, dan belanja di merchant pilihan.

2. T-Bank

T-Bank adalah layanan yang menggunakan server milik BRI. Agen BRILink bisa menggunakan nomor ponsel yang kemudian bisa dijadikan nomor rekening. Fasilitas yang ditawarkan adalah setoran tabungan, setoran pinjaman, atau tarik tunai,

3. Mini ATM BRI

Mini ATM BRI memungkinkan agen BRILink melakukan transaksi nontunai menggunakan mesin EDC. Fitur yang disediakan antara lain registrasi mobile banking dan internet banking, transfer uang, pembayaran tagihan, isi ulang pulsa, dan setor tunai.

Syarat dan Ketentuan Cara Daftar Agen BRILink

Bila ingin menjadi agen BRILink, maka Anda harus memenuhi beberapa persyaratan berikut ketika datang ke kantor Bank BRI dan mengajukan permohonan.

  • Siapkan dokumen identitas. Nasabah perorangan ataupun badan usaha dapat menyiapkan identitas diri berupa KTP dan NPWP (untuk badan usaha harus pemilik).
  • Khusus bagi nasabah badan usaha perlu menyerahkan dokumen legalitas usaha, yaitu surat keterangan usaha dari RT/RW atau SIUP (surat izin usaha perdagangan), SITU (surat izin tempat usaha), TDP (tanda daftar perusahaan), akta pendirian, atau surat izin usaha lain yang sah.
  • Bawa rekening tabungan BRI ataupun rekening koran dan salinannya. Apabila belum menjadi nasabah BRI, kita wajib buka rekening terlebih dahulu.
  • Datang ke unit kerja bank BRI terdekat dan minta serta isi formulir Formulir Pengajuan Agen BRILink atau Perjanjian Kerja Sama. Selanjutnya, ikuti instruksi petugas bank BRI.

Selain itu ada beberapa syarat dan ketentuan tambahan sebagai berikut.

  • WNI perseorangan/instansi non berbadan hukum.
  • Memiliki usaha minimal 2 tahun .
  • Memiliki rekening simpanan berkartu di BANK BRI.
  • Menyetor uang jaminan sebesar Rp 3.000.000,- (khusus EDC) dan saldo tersebut diblokir selama menjadi agen.
  • Memiliki smartphone android minimal OS 4.4 (Kitkat), akses internet dan printer mobile (optional) bagi Agen BRILink Mobile.
  • Memiliki surat keterangan usaha (sekurang-kurangnya dari perangkat desa).
  • Belum menjadi agen dari Bank penyelenggara Laku Pandai lainnya.

Modal Awal

Ketika ingin menjadi agen BRILink, ada sejumlah modal yang perlu dikeluarkan untuk pertama kali. Modal ini digunakan untuk mendapatkan mesin EDC mini ATM BRI yang digunakan untuk transaksi adalah Rp 3 juta.

Selain itu kita juga perlu menyiapkan saldo yang cukup untuk bertransaksi sehingga bisa memenuhi permintaan pelanggan. Misalnya kita mau isi Rp 7 juta jadi total modal awal yang kita butuhkan adalah Rp 10 juta.

Agar balik modal, dengan nominal Rp 10 juta tersebut, untuk transaksi yang dikenakan biaya Rp 5.000/transaksi, maka kita membutuhkan total 2.000 transaksi. Anggap kita bisa mendapatkan 20 transaksi per hari, maka dalam 100 hari atau sekitar 3 bulan kita sudah balik modal.

Lalu, keuntungannya jika kita bisa transaksi 20 per hari, maka ditotal 600 transaksi per bulan, artinya kita mendapat keuntungan Rp 3 juta per bulan. Semakin banyak transaksi semakin besar pula pedapatan kita.

Keuntungan dan Kekurangan

Ada beberapa keuntungan dan kerugian menjadi agen Bank BRI. Berikut ini beberapa pembahasannya yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.

1. Keuntungan Agen BRILink

  • Kecelakaan diri dan cacat Rp 2,5 juta
  • Tunjangan pendidikan dan santunan pendapatan Rp 1 juta
  • Santunan duka Rp 500 ribu
  • Asuransi kebakaran Rp 25 juta.

2. Kekurangan Agen BRILink

  • Sebagai agen, Anda harus memiliki jaminan dari mesin EDC. Dan, sejumlah dana tersebut akan dibekukan dan dapat dicairkan kembali ketika yang bersangkutan sudah tidak menjadi agen lagi. Yaitu, sebesar Rp 3 juta jika memiliki rekening tabungan namun tidak memiliki rekening pinjaman. Jika kamu memiliki rekening pinjaman di BRI adalah sebesar Rp 500.000.
  • Agar bisa berjalan, BRILink membutuhkan modal usaha. Karena itu, Anda harus mempersiapkan sejumlah dana sebagai modal. Sebab, Bank BRI hanya akan menyerahkan mesin EDC kepada agen.
  • Sama halnya seperti bisnis lain, BRI akan menetapkan target transaksi kepada para agennya, yaitu minimal 200 transaksi per bulan dan jika kurang akan dikenakan penalti.

Akhir Kata

Pada akhirnya, itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai peluang usaha agen brilink. Untuk informasi selengkapnya Anda bisa menghubungi langsung pihak Bank BRI atau mantri Bank BRI.

Baca: