Agen Wahana

Pengertian dan Peluang Agen Distributor Wahana

Donabisnis.com – Agen wahana. Saat ini perkembangan jasa ekspedisi semakin marak dengan banyak hadirnya perusahaan-perusahaan swasta yang menawarkan berbagai keuntungan.

Salah satunya adalah Wahana, mereka menawarkan jasa ekspedisi dengan harga yang sangat murah. Bahkan bisa dikatakan Wahana memberikan tarif termurah untuk pengiriman di seluruh Indonesia.

Tidak heran hal tersebut menjadikan mereka salah satu yang paling laris. Tidak heran juga agennya sudah banyak tersebar di amna-mana, terutama di daerah pelosok di seluruh Indonesia.

Nah bagi yang mau jadi agen Wahana, perlu untuk mengetahui beberapa informasi penting di bawah ini. Mulai dari pengertian, peluang keuntungan, hingga cara mendaftarnya.

Pengertian Agen Wahana

Agen Wahana adalah pihak yang berposisi sebagai mitra Wahana. Mereka bertugas untuk menerima dan melakukan pengiriman barang ke kurir pada daerah-daearah tertentu.

Biasanya peluang untuk menjadi agen Wahana terbuka jika di suatu daerah belum terdapat agen Wahana. Dengan menjadi agen, Anda berpotensi mendapatkan keuntungan yang menjanjikan sekaligus bisa membantu banyak orang mengirimkan paket secara murah.

Keuntungan dan Kelebihan

Dengan menjadi agen Wahana, Anda akan mendapat berbagai keuntungan mulai dari komisi, sistme kerjas, pelanggan, tim profesional, hingga jaringan yang luas.

1. Komisi

Bonus komisi akan diterima agenj jika berhasil melebihi target penghasilan setiap bulannya. Nilainya berkisar antara 15-25% untuk setiap kiriman, berlaku untuk Jawa Tengah, Jawa Timur, Jabodetabek, Bandung, dan daerah lainya.

2. Sistem Kerja

Di Wahana sistem kerjanya jelas dengan adanya koordinasi yang mudah. Sebab, segala sesuatu yagn dilakukan oleh agen akan dijelaskan secara detail baik dari kontinu atau kantor pusat.

3. Banyak Pelanggan

Wahana saat ini telah bekerja sama dengan berbagai marketplace yang ada di Indonesia. Hal ini membuat Wahana menjadi tidak perlu khawatir kehabisan pelanggan, karena para pengirim barang lah yang akan mendatangi kantor agen Anda.

4. Tim Profesional

Wahana tidka hanya memiliki komitmen menjadi perusahaan ekspedisi yang maju, melainkan juga melayani pelanggan agar puas. Salah satunya dengan menghadirkan tim profesional yang memudahkan pengiriman dan pengantaran barang.

5. Jaringan Luas

Wahana saat ini juga sudah didistribusikan ke berbagai daerah di Indonesia bahkan juga luar negeri. Dengan demikian hal ini akan membantu banyak orang melakukan pengiriman barang atau dokumen.

Modal Awal

Menjadi agen Wahana tidaklah gratis, Anda diminta membayar biaya administrasi Rp 3,8 juta dan biaya ini bisa berubah sewaktu-waktu. Biaya ini digunakan untuk pendaftaran.

Selain itu Anda juga harus modal lagi untuk membeli komputer, printer, timbangan, neon-box, dan perlengkapan kantor lainnya. Jika ditotal, biayanya berkisar antara Rp 10-20 juta.

Namun Wahana juga memberikan vashback berupa top up saldo awal. Besaran ini berbeda-beda di setiap daerah, contohnya di Jawa Timur Rp 1 juta dan di Jakarta serta Bandung Rp 500 ribu.

Cara Mendaftar dan Persyaratan

Untuk menjadi agen Wahana, Anda perlu memenuhi syarat dan ketentuan terlebih dahulu. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Syarat Administrasi

  • Mengisi surat permohanan pembukaan agen yang akan ditunjukkan kepada PT Wahana Prestasi Logistik
  • Fotocopy kartu identitas diri KTP serta NPWP yang masih berlaku
  • Membayar biaya administrasi megenai pembukaan agen melalui rekening PT Wahana Prestasi Logistik
  • Mendatangani MOU yang menjadikan kerjasama peragenan Wahana.

2. Syarat Lokasi

  • Mampu menyiapkan area lokasi yang dapat menampung kendaraan roda empat dengan lebar jalan minimal 4 meter
  • Denah lokasi atau kios strategis, dalam artian agar mudah dicari oleh pada konsumen.
  • Luas bangunan minimal 2×2 meter

3. Syarat E-System

  • Memiliki satu unit komputer atau laptop
  • Memiliki satu unit printer
  • Menyediakan jaringan internet yang stabil
  • Memiliki satu unit timbangan digital yang mampu menampung 100kg barang
  • Memiliki smartphone Android untuk mengakses aplikasi sahabat wahana.

4. Prosedur Pendaftaran

Setelah melengkapi syarat dan ketentuan di atas, selanjutnya Anda bisa datang ke kantor cabang Wahana dengan prosedur pendaftaran di bawah ini.

  • Mendatangi kantor cabang Wahana terdekat di kota anda atau melalui sales marketing Wahana
  • Saat mendatangi kantor cabang Wahana, silahkan bawa persyaratan-persyaratan administasi yang dibutuhkan
  • Silahkan melalukan pengisian formulir pengajuan menjadi agen
  • Berikan kembali formulir penjuan agen kepada petugas, dan silahkan tunggu 1 hingga 3 hari untuk proses pengajuan agen
  • Jika pengajuan agen telah diterima, silahkan bayarkan biaya administrasi melalui via transfer ke rekening PT Wahana Logistik
  • Silahkan melakukan proses pembuatan ID agen
  • Melakukan training system di PT Wahana Logistik.
  • Jika proses training telah selesai, maka agen anda dapat dibuka dan silahkan mulai beroperasi serta berusaha mendapatkan komisi lebih dari target.

Akhir Kata

Mungkin sampai di sini terlebih dahulu penjelasan mengenai agen distributor wahana. Mudah-mudahan bisa menjadi tambahan wawasan bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang agen Wahana.

Baca: