Cara Bisnis Pulsa

Tips Memulai Usaha Pulsa

Donabisnis.com – Cara bisnis pulsa. Sampai kapanpun usaha atau bisnis jual beli pulsa dan kuota internet tidak akan pernah sepi. Apalagi di masa serba dgiital seperti sekarang.

Kebutuhan untuk telepon, SMS, internetan, browsing, media sosial, WhatsApp, dan lain sebagainya sangat banyak. Tak heran bahkan orang-orang rela menyiapkan banyak uang untuk membeli pulsa dan kuota tiap bulannya.

Baik offline dengan mendirikan toko maupun online dengan mempromosikan via media sosial, bisnis ini sangat menjanjikan. Tapi Anda harus siap bersaing dengan strategi bisnis jitu agar bisa meraih sukses dan untung besar.

Oleh karena itu pada kesempatan ini kami ingin mengulas beberapa tips dan trik cara bisnis pulsa agar sukses bagi pemula. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Bisnis Pulsa agar Sukses bagi Pemula

Tanpa banyak basa basi lagi langsung saja silahkan simak ulasan lengkap mengenai cara bisnis pulsa agar sukses, untung besar, tidak rugi, online, bagi pemula seperti karyawan, pelajar, dan mahasiswa.

1. Perhatikan Dealer Pulsa

Dalam menjalankan usaha pulsa, Anda akan menjadi penengah antara dealer pulsa dan konsumen, ini mirip seperti dropshipper dalam bisnis online. Pulsa yang Anda jual berasal dari dealer, jadi Anda harus menentukan dealer pulsa andalan.

Setidaknya ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan dalam menentukan dealer pulsa terbaik, namun Anda bisa memandang dari reputasinya. Selalu ketahui reputasi dealer pulsa yang Anda pilih agar dapat menghindari persoalan di masa mendatang.

Coba bayangkan bila Anda segera menentukan dealer pulsa tanpa riset terutama dahulu dan di lantas hari, ternyata dealer pulsa yang Anda menentukan tidak dapat mobilisasi tugasnya bersama dengan baik. Bisnis pulsa Anda pun akan perlahan kehilangan konsumen.

Dari reputasi yang baik ini, Anda dapat memandang apakah dealer pulsa yang Anda menentukan mempunyai kualitas sarana yang baik atau tidak.

Terkadang transaksi pulsa mengalami masalah akibat jaringan yang tidak cukup baik. Oleh sebab itu, perlu untuk menentukan dealer pulsa yang mempunyai layanan yang memadai baik sehingga persoalan ini dapat diatasi bersama dengan cepat dan tanpa konflik.

2. Ketahui Harga Pasaran

Harga juga menjadi penentu keuntungan yang akan Anda dapatkan. Tentunya Anda ingin memiliki usaha pulsa yang untung besar bukan? Maka dari itu salah satu caranya adalah memahami harga pasar.

Caranya tak sulit, Anda bisa mencari di internet harga pulsa saat ini, menanyakan ke teman biasanya mereka beli pulsa dengan harga berapa, atau melihat harga yang ditawarkan kompetitor. Setelah Anda tahu harga pasaran, Anda bisa menentukan margin keuntungan yang mau Anda hasilkan.

Apabila margin yang Anda tetapkan semakin kecil, memang dapat menarik minat pembeli. Namun usaha pulsa Anda akan rawan kemacetan arus kas. Sebab dari margin yang benar-benar kecil akan perlahan lahan menggerogoti keuangan usaha pulsa Anda.

Oleh sebab itu, bila Anda mendambakan memasang harga di bawah pasaran, sebaiknya udah menyiapkan modal yang memadai di awal. Namun bila Anda tidak mempunyai modal besar, sebaiknya pasang harga yang tidak benar-benar jauh dari harga pasaran saja

3. Siapkan Layanan Terbaik

Bila Anda sudah menentukan harga yang cocok sesuai dengan harga pasar, maka Anda kemudian perlu pembeda usaha pulsa Anda dari yang lain, salah satunya adalah dari sisi pelayanan. Berikan pelayanan yang ramah dan cepat kepada konsumen supaya mereka betah.

Mulai dari sikap Anda saat menerima pembeli, sampai ketika ada masalah seperti pulsa terlambat masuk dan lain sebagainya. Anda juga perlu bersikap sabar menjawab pertanyaan yang kerap ditanyakan pembeli meski kadang itu tidak nyambung.

Sebaiknya, jadi anggap costumer sebagai teman, jadi Anda dapat menyatakan bersama dengan lebih luwes dan bersahabat. Apabila Anda berkesinambungan melakukan ini, maka para costumer pun akan selamanya mengingat usaha pulsa Anda dikala mereka tengah memerlukan pulsa.

Dalam mengimbuhkan layanan terbaik pun bukan bermakna Anda meremehkan prinsip kehati-hatian. Sebab kita tidak akan pernah tau stimulus terdalam dari orang lain. Layaknya bank, Anda pun kudu menerapkan prinsip know your costumer atau kenali pelanggan Anda.

Misalnya, ada costumer yang hendak berhutang pulsa kepada Anda. Maka sebelum mengizinkannya, perhatikan terutama dahulu siapa orang itu.

Apabila memang orang itu udah kenal baik bersama dengan Anda, tidak ada salahnya untuk sesekali mengizinkannya. Namun bila orang selanjutnya tidak Anda kenal sama sekali, jangan pernah mengizinkannya.

4. Fokus Transaksi Harian

Masih terjalin bersama dengan penetapan harga, kuantitas transaksi pun menentukan kuantitas keuntungan Anda. Misalnya Anda memastikan margin sebesar Rp 1.000 tiap-tiap satu transaksi, lalu Anda sukses melakukan 50 transaksi per hari. Maka penghasilan per bulannya adalah Rp 1.000 x 50 x 30.

Hasilnya Rp 1.500.000. Jadi, memang lebih baik Anda menjajakan pulsa bersama dengan nominal kecil tetapi transaksinya banyak, daripada nominal besar tetapi transaksinya sedikit.

Agar dapat menarik perhatian pelanggan, Anda dapat mengadakan promosi lewat berbagai media. Anda dapat mengfungsikan media sosial untuk mempromosikan usaha pulsa Anda.

Anda dapat mengabarkan teman-teman Anda mengfungsikan aplikasi chat untuk mengabarkan bahwa Anda kini tengah menjalani usaha pulsa. Anda juga dapat menerapkan tarif promo terutama dahulu untuk sebagian lama dan menarik perhatian para pembeli.

5. Mulai dari Rumah

Salah satu kemudahan menjalankan usaha pulsa adalah bisa dilakukan dari mana saja. Memang memiliki konter pulsa menjadi nilai plus, namun konter bukan hal wajib untuk mengawali bisnis ini, sebab Anda bisa memulainya dari rumah saja.

Dengan teknologi yang semakin berkembang pesat, Anda bsia menawarkan pulsa secara online baik lewat media sosial, toko online dan masih banyak lagi. Setelah Anda memiliki cukup modal, bisa saja Anda mengembangkan usaha pulsa dengan mendirikan konter.

Hanya bersama dengan bermodalkan etalase kecil, spanduk untuk memperkenalkan usaha pulsa Anda, dan papan kecil untuk mencantumkan harga-harga yang Anda tawarkan.

Apabila rumah Anda terletak di kawasan yang strategis, maka Anda tidak kudu ulang mengakses konter di area lain. Namun bila kawasan rumah Anda memang tidak cukup strategis, dan pemasaran secara online memang belum membuahkan hasil, maka Anda dapat mengakses konter pulsa di tepi jalur yang memang ramai dilewati orang.

Untuk mendirikan usaha pulsa yang sukses, maka Anda tidak akan memadai cuma berjualan pulsa saja. Anda kudu jadi tawarkan berbagai produk-produk yang masih perihal bersama dengan handphone.

Contohnya, accessories handphone, kartu perdana, voucher paket internet, dan sebagainya. Dengan demikian, Anda dapat menambah pemasukan di luar penjualan pulsa saja. Bisnis pulsa Anda pun akan semakin diingat oleh pembeli.

Akhir Kata

Demikian ulasan lengkap tentang cara memulai bisnis pulsa. Semoga artikel yang kami bagikan tersebut dapat menambah wawasan Anda untuk menentukan strategi bisnis usaha pulsa yang tepat.

Baca: