Peluang Usaha Perkebunan

Ide Bisnis Usaha Bidang Perkebunan

Donabisnis.com – Peluang usaha perkebunan. Meski mungkin jarang digemari, namun usaha di bidang perkebunan adalah sebuah bisnis yang sangat menguntungkan. Apalagi Indonesia memiliki banyak lahan luas.

Anda bisa menanami berbagai macam buah, sayur, atau komoditi pertanian lainnya di kebun. Selain berbentuk makanan, Anda juga bisa menanam kayu mahoni, jati, sengon, dan masih banyak lagi yang juga menguntungkan.

Peluang usaha perkebunan juga tergolong mudah. Pasalnya kita tinggal menanam, kemudian membiarkan alam bekerja, setelah itu kita tinggal memetik hasilnya beberapa bulan kemudian.

Tapi dalam memilih apa yang akan ditanam, harus melakukan riset terlebih dahulu tanah yang Anda miliki cocoknya ditanami apa. Cara paling mudah adalah melihat tanah milik orang di sekitar ditanami apa.

Selain itu, di sini kami juga memiliki beragam ide bisnis atau peluang usaha di bidang perkebunan, mulai dari buah singkong, durian, kopi, teh, sawit, stroberi, dan masih banyak lagi.

Peluang Bisnis Perkebunan yang Menjanjikan

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja silahkan simak ulasan beberapa ide peluang bisnis atau usaha di bidang perkebunan yang menjanjikan. Simak dalam ulasan berikut ini.

1. Kebun Sayuran Organik

Sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang setiap hari dibutuhkan, tidak hanya oleh ibu-ibu namun juga para pelaku bisnis kuliner dan warung makan. Jadi, peluang usaha perkebunan bersama tanaman model ini, tentu miliki prospek yang baik. Untuk macam sayurnya, Anda mampu pilih sayuran organik, karena nilai nutrisinya memadai tinggi dan sudah terbukti benar-benar menyehatkan.

2. Kebun Buah-buahan

Membudidayakan buah-buahan di kebun juga menjadi peluang usaha perkebunan yang bisa dijalani. Sebagai salah satu bahan makanan dan cuci mulut yang penting, tentu saja buah diminati setiap hari dan pasarnya begitu luas dari seluruh kalangan masyarakat. Tetapi sebelum saat memulai usaha ini, terkandung sebagian cara yang kudu Anda pelajari bersama baik. Carilah model buah yang miliki kekuatan jual yang tinggi dan lokasi lahan penanaman yang sesuai supaya usaha kebun mampu berhasil.

3. Perkebunan Pohon Jati

Peluang usaha perkebunan kayu jati juga menjadi salah satu jenis usaha yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Anda bisa mengetahui bahwa kayu jati merupakan salah satu jenis kayu terbaik dibandingkan kayu lainnya. Kayu ini mampu diolah jadi beraneka macam perkakas yang miliki nilai jual yang tinggi.

4. Perkebunan Pohon Sengon

Selain kayu jati, ternyata ada kayu model lain yang memadai baik untuk dikembangkan yaitu kayu Sengon. Peluang usaha perkebunan ini terhitung tak kalah bersama usaha kayu jati. Jika lahan Anda memadai luas, tanami saja bersama bibit pohon Sengon. Dengan durasi jaman tanam sampai jaman panen yang hanya lebih kurang 5 th. saja, Anda tak kudu lama menunggu hasilnya.

5. Usaha Pupuk, Obat dan Bibit Tanaman Perkebunan

Banyak sekali jenis tanaman yang bisa ditanam di kebun, tapi Anda tak harus bergelut di sana. Ada peluang lain yang bisa dijalani dalam bisnis berkebun, yakni menjual pupuk, obat, dan bibit tanaman perkebunan. Dengan manfaat pupuk yang begitu banyak ragam sebabkan usaha ini terhitung mempunyai prospek yang baik. Selain pupuk untuk menyuburkan tanah, product lain yang mampu dijual adalah obat spesifik tanaman dan juga beraneka bibit tanaman yang sering dicari oleh pemilik usaha perkebunan.

6. Usaha Tanaman Hidroponik

Peluang usaha perkebunan ini bisa saja tidak perlu lahan besar. Budidaya tanaman hidroponik ini merupakan sebuah usaha popular. Coba saja memulai usaha ini, karena terhubung usaha tanaman hidroponik salah satu usaha perkebunan skala kecil yang untungnya cepat didapatkan dan juga hanya perlu modal kecil.

7. Usaha Kebun Cabai Merah Keriting

Masyarakat Indonesia sangat suka makanan pedas, tak heran pasar cabai merah keriting begitu luas di negeri ini meski persediaannya kadang terbatas dan langka. Nah berasal dari sini, Anda pun mampu mencoba peluang usaha perkebunan cabai merah keriting untuk membantu memenuhi pasokan cabai dalam negeri. Usaha ini benar-benar menjanjikan dan tak kudu modal besar untuk memulainya.

8. Usaha Kebun Bawang Merah dan Putih

Bawang putih dan merah sudah jadi suatu keperluan pokok untuk masyarakat Indonesia. Kedua komoditi ini seolah kudu selalu ada di dapur sebagai bumbu sehari-hari. Hal inilah sebabkan peluang usaha ini memadai baik, karena keinginan pasar bakal selalu tinggi pada dua macam bumbu ini.

9. Usaha Kebun Mentimun

Mentimun memiliki durasi panen yang singkat, yakni hanya sebulan saja. Alasan inilah yang menjadikan mentimun dapat dipilih sebagai komoditi tanaman di perkebunan Anda. Menjual mentimun tentunya tidak sulit. Karena product ini memadai digemari banyak orang sebagai pendamping makanan sehari hari.

10. Budidaya Rempah-rempah

Peluang usaha perkebunan yang memadai menjanjikan terhitung adalah usaha kebun rempah rempah. Contohnya saja jahe, lada, pala, ketumbar dan lain-lain. Rempah rempah ini ternyata disukai banyak orang baik berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. Pemasarannya pun benar-benar mudah, karena rempah-rempah selalu dibutuhkan.

11. Bisnis Tanaman Hias

Salah satu bisnis usaha yang tetap berkaitan dengan perkebunan adalah usaha tanaman hias. Peluang usaha perkebunan ini begitu menjanjikan karena pasarnya yang luas, keuntungannya juga begitu besar.

12. Usaha Perkebunan Coklat

Pohon kakao atau cokelat merupakan salah satu peluang usaha perkebunan yang miliki nilai ekonomi tinggi. Keuntungan menanam Kakao adalah jaman panennya yang tiap hari. Ya, kakao ternyata mampu berbuah di musim apapun.

13. Usaha Perkebunan Tebu

Tebu merupakan tanaman yang jadi bahan baku gula. Tanaman ini mampu tumbuh bersama subur di daerah bersama iklim tropis. Oleh karena itu, peluang usaha perkebunan tanaman ini mampu jadi pilihan untuk usaha Anda.

14. Perkebunan Kelapa

Di Indonesia, air kelapa hijau mampu jadi merupakan salah satu minuman favorit. Selain diminum. air kepala hijau terhitung miliki khasiat seperti untuk menyembuhkan panas dalam, melancarkan pencernaan dan menghindar keracunan. Berbagai manfaat berikut sebabkan kelapa hijau konsisten meningkat. Melihat tingginya permintaan, peluang usaha perkebunan tanaman ini pun bakal beri tambahan keuntungan kecuali digarap bersama sungguh-sungguh.

15. Perkebunan Cengkeh

Tanaman cengkeh juga menjadi salah satu komoditas perkebunan yang menjanjikan. Tanaman ini bisa tumbuh dengan subur di daerah beriklim tropis. Selain itu harga dan minat pasar yang begitu tinggi membuat peluang usaha membudidayakan cengkeh menjadi sangat menguntungkan, bahkan bisa sampai ekspor.

16. Usaha Jual Bibit dan Pupuk Pertanian

Jika kamu tetap bingung untuk memulai usaha perkebunan di dsa anda, maka salah satu cara yang pas untuk mengatasinya adalah bersama usaha jual bibit dan pupuk pertanian. Hal demikian benar-benar untung bagi anda, biarpun kamu tidak segera terjun ke dunia perkebunan taau pertanian tetapi setidaknya mampu sedia kan bibit dan pupuk untuk para petani.

Jangan kawatir usaha jualan bibit dan pupuk kamu tidak laku, karena selama tetap ada orang yang senang menanam tanaman maka peluang kamu berhasil makin besar. Hal yang kudu kamu siapkan adalah modal yang memadai dan daerah untuk berjualan pupuk dan bibit.

17. Wisata Kebun Buah-buahan

Usaha perkebunan yang tak kalah menguntungkan adalah wisata kebun buah-buahan. Ini bisa dilakukan apabila Anda memiliki kebun buah yang luas dengan isi bervariasi tanaman. Anda juga bisa menyediakan pemandu yang memberikan edukasi menarik kepada pengunjung.

Selain meraih keuntungan berasal dari pengunjung yang datang, kamu terhitung mampu mengembangkan usaha lainya seperti jualan kuliner, penyewaan mainan, atau jualan minuman. Salah satu halangan seorang petani adalah saat memasarkan hasil berasal dari perkebunan mereka.

18. Kebun Sawit

Perkebunan kelapa sawit menghasilkan keuntungan yang besar dan relatif tahan pada krisis supaya banyak hutan dan perkebunan tanaman lain dikonversi jadi perkebunan kelapa sawit. Bukan hanya perusahaan perkebunan besar, banyak petani kecil yang mengusahakan usaha mengundang selera ini. Mereka mampu meraih keuntungan yang memadai besar berasal dari panen kelapa sawit.

Jika dicermati berasal dari biaya investasi yang dikeluarkan lebih kurang 35-40 juta rupiah per hektare, penghasilan bersih yang dihasilkan umumnya per hektare adalah Rp 1,5 juta per bulan selama 25 tahun. Artinya, pada th. ke tujuh sehabis tanam, hasilnya sudah mencapai break even point (BEP). Setelah itu, hasil panen pada th. selanjutnya merupakan keuntungan bersih yang mampu dinikmati sampai 21 tahun yang bakal datang. Tentu nilai keuntungannya bakal lebih besar kembali kecuali miliki lahan yang lebih luas.

Akhir Kata

Itulah sedikit pembahasan lengkap mengenai peluang bisnis usaha perkebunan. Semoga referensi ide peluang usaha dan bisnis perkebunan yang menjanjikan ini bisa menjadi referensi buat Anda yang mau berbisnis di sektor perkebunan.

Baca: