Contoh Iklan Persuasif

Pengertian Perbedaan Iklan Persuasif Imperatif dan Informatif

Donabisnis.com – Contoh iklan persuasif, imperatif, dan informatif lengkap beserta gambar. Ada istilah-istilah dalam iklan seperti itu. Ketiganya merupakan sifat kalimat yang terdapat pada iklan.

Perbedaan kalimat iklan tersebut diimplementasikan tergantung pada jenis iklan apa yang disiarkan kepada masyarakat. Selain itu, pemilihan jenis kalimat iklan juga bergantung pada tujuan dari iklan tersebut.

Para pelajar dan mahasiswa dalam pembelajaran di kelas mungkin akan menemukan materi pelajaran ekonomi atau bisnis yang membahas perbedaan dari ketiga jenis iklan tersebut.

Bagi yang belum mengetahuinya, pada kesempatan ini kami ingin menjelaskan pembahasan mengenai contoh iklan persuasif, imperatif, dan informatif lengkap beserta gambarnya.

Namun agar lebih mudah dalam memahaminya, alangkah lebih baiknya terlebih dahulu kita simak mengenai perbedaan di antara iklan persuasif, imperatif, dan informatif di bawah ini.

Perbedaan Iklan Persuasif Imperatif dan Informatif

Ada perbedaan mendasar antara iklan persuasif, imperatif, dan informatif. Seluruh penjelasan tersebut akan kami sajikan secara lengkap dan detail di bawah berikut ini.

1. Pengetian Iklan Persuasif

Apa arti iklan persuasif? Iklan persuasif merupakan jenis iklan yang dapat menarik minat berdasarkan kebutuhan yang mendesak. Melalui iklan ini masyarakat bisa mengerti akan informasi yang didapatkannya.

Iklan jenis ini biasanya akan lebih mengarah untuk membujuk, menyarankan, atau memberi masukan pembaca dan masyarakat untuk segera menggunakan produk yang ditawarkan, baik itu membeli atau menyewanya.

2. Pengertian Iklan Imperatif

Imperatif dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti perintah, menyuruh, mendesak, dan semacamnya. Intinya adalah seperti menyuruh orang untuk segera melakukan tindakan sesuai yang dianjurkan.

Jadi, iklan imperatif merupakan jenis iklan yang bermaksud untuk menyuruh atau mendesak orang melakukan sesuatu. Biasanya iklan jenis ini banyak terdapat pada contoh iklan layanan masyarakat atau produk-produk sehari-hari.

3. Pengertian Iklan Informatif

Selanjutnya, iklan informatif adalah iklan yang di dalamnya memuat penjelasan tentang produk yang disajikan berdasarkan informasi sangat lengkap yang diberikan.

Tujuan dari pemberian informasi ini adalah supaya para customer bisa mendapatkan referensi/pengetahuan baru mengenai pembahasan produk seperti kemasan produk atau harga yang ditawarkan.

Contoh Kalimat Iklan Persuasif

Di bawah ini adalah beberapa contoh iklan persuasif dirangkum dari berbagai sumber mulai dari makanan, shampo, minuman, sabun, dan lain sebagainya. Silahkan disimak.

1. Iklan Persuasif Makanan

Palava dapur lagi ada diskon 50% pada Grabfood sudah. Nikmati menu dengan harga yang special Currybox dengan teman-teman. Wajib dicoba nasi lezat dengan saus kari sangat lezat aroma, menggabungkan berbagai pilihan atau, pasti cocok benar-benar setiap hari dari NIH membuat solusi makanan Anda.

Bagaimana mudah bagi saya, hanya membuka aplikasi Grabfood kemudian mencari “Palava dapur” dan kemudian masukkan kode promosi deh “HEMAT50B” untuk Jabodetabek dan Karawang. Untuk Bandung, kode “HEMAT50A” yaaa!

Diskon berlaku untuk semua menu lainnya, jadi mari kita terburu-buru sekarang!

Jangan lupa untuk ikuti @ palava.kitchen mengumpulkan informasi tentang promosi menarik lainnya!

2. Iklan Persuasif Shampo

Kekeringan, rusak, bercabang, rontok, kusut, kusam dan sulit diatur adalah 7 tanda utama kerusakan rambut. Kamu mengalaminya juga?

Kamu bisa menggunakan menggunakan shampo dan kondisioner HairX Advance Care Ultimate Repair yang mengandung Micro Keratin dan Phytonutrients Complex, yang dirancang untuk merawat struktur alami rambut dan membantu kamu mendapatkan rambut idaman.

Info produk :
32875 HairX Advanced Care Ultimate Repair Nourishing Shampoo
32878 HairX Advanced Care Ultimate Repair Nourishing Conditioner

3. Iklan Persuasif Minuman

Lebaran sudah di depan mata. Mungkin ada dari kalian yang tidak dapat merayakan dengan keluarga di kampung halaman karena situasi sekarang.

Namun di manapun dan dengan siapapun kalian merayakannya, Pocari Sweat siap menemani momen Lebaran kalian agar cairan tubuh tetap terjaga.

4. Iklan Persuasif Sabun

Setiap perempuan itu diciptakan dengan keunikannya masing-masing. Harumnya LUX Shimmering Sandalwood Musk menemanimu bangkitkan diri dari komentar buruk, dan berani ekspresikan cantik unikmu!

Contoh Kalimat Iklan Impeatif

Kemudian berikut adalah contoh kata dan kalimat iklan imperatif lengkap beserta gambarnya yang menarik dan banyak kita jumpai.

1. Iklan Imperatif Makanan

WAH! NIH plastisitas begitu baik!

Ada varian baru dari A & W ayam, Anda tahu.
Mei Cheezy Chicken! Kombinasi saus keju dan saus mayones yang gurih, aroma lezat dari ayam dan begitu juga tingkat atas. Kami akan menjadi yang pertama untuk Cobain Cheezy Chicken Mayo sekarang!

Harga mulai dari (sebelum pajak):
2PC goreng combo = Rp63.000
2PC beras combo = Rp49.000
TELUR 1PC Combo = Rp39.500

2. Iklan Imperatif Hp

Ringannya body #HUAWEIMatepadT8 membuat nya dapat kamu genggam dengan hanya satu tangan lho! Karena beratnya hanya 310 g, Mudah dibawa, nyaman digunakan.

Yuk miliki #HuaweiMatePadT8 mu sekarang juga di bit.ly/MatePadT8ID

3. Iklan Imperatif Minuman

Tidak terasa bulan puasa akan berakhir beberapa hari lagi. Temen-temen yang masih semangat bekerja di tengah puasa, yuk share emoji yang nunjukin pekerjaan kalian di kolom komentar.

Yuk selalu jaga kondisi tubuhmu selama puasa dengan hidrasi yang cukup saat sahur dengan Pocari Sweat, agar kamu tetap bisa menjalani aktivitas dengan baik.

4. Iklan Imperatif Sabun

Baru! Pertama di Indonesia Rinso, Molto & Trika hadir dalam satu rangkaian baru Japanese Peach.

Nikmati perpaduan aroma buah Peach istimewa dari Jepang dan bunga Sakura yang lembut, manis dan menyegarkan pada pakaian favorit Teman Rinso.
Dilengkapi dengan teknologi Double Clean Fresh yang mampu melindungi pakaian kesayangan Teman Rinso dari bakteri* dan cepat hilangkan bau tak sedap hanya dengan 1x kucek!

Yuk buruan cobain Teman Rinso! *Berdasarkan hasil uji lab, terhadap bakteri S. aureus, K. pneumonia, E. coli, S. typhimurium dan P. aeruginosa

Contoh Kalimat Iklan Informatif

Lalu di bawah ini merupakan contoh kalimat iklan informatif yang juga sering kita jumpai di media sosial, internet, televisi, koran, dan lain sebagainya. Silahkan disimak.

1. Iklan Informatif Buang Sampah

Inilah manfaat luar biasa membuang sampah pada tempatnya, namun sering disepelekan.

Kita semua hidup di bumi ini tentunya tidak terlepas dari peran lingkungan yang kita tinggali. Maka dari itu sudah menjadi keharusan bagi kita semua untuk menjaga kebersihan lingkungan. Dampak buruk jika menyepelekan buang sampah tidak pada tempatnya, salah satunya bencana banjir.

Nah untuk menjaga kebersihan lingkungan bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satu cara mudah yang bisa dilakukan ialah dengan membuang sampah pada tempatnya. Meskipun terlihat mudah dilakukan, namun di antara kita semua nyatanya masih banyak yang membuang sampah sembarangan.

Kalian bisa lihat dampak dari masyarakat ibukota yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Seperti sekarang ini sudah beredar di berita bahwa banjir bandang sedang melanda ibukota.

2. Iklan Informatif Penyakit Diabetes

Pencegahan Penyakit Diabetes

Apa itu Diabetes

Penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah

Bahaya dari Diabetes

– Meningkatnya kolesterol
– Tekanan darah naik
– Penglihatan kabur
– Gagal ginjal
– Gangguan pada syaraf
– Kehilangan kaki
– Serangan jantung
– Kesempatan untuk hidup kecil

Langkah Pencegahan diabetes

– Jaga berat badan, usahakan ideal dengan tinggi badan dan usia
– Hindari makanan junkfood dan tinggi karbohidrat
– Perbanyak makan makanan yang mengandung serat seperti sayur dan buah
– Olahraga secara rutin guna meningkatkan imun dan membakar gula darah
– Pengecekan gula darah rutin 1 bulan sekali

3. Iklan Informatif Gejala Demam Berdarah

Kenali gejala demam berdarah

– Demam tinggi hingga mencapai 40 derajat celcius
– Sakit kepala
– Kelelahan
– Mual dan muntah
– Ruam merah pada kulit
– Nyeri pada belakang mata
– Nyeri pada tulang dan tulang
– Pendarahan ringan pada hidung dan mulut

Segera periksakan diri Anda jika terdapat gejala tersebut

4. Iklan Informatif 4 Sehat 5 Sempurna

Bijak Memilih Makanan

G.G.L (Gula.Garam.Lemak) 4.1.5

4 sdm gula
Terlalu banayk gula berakibat kegemukan dan diabetes melitus. Diabetes mengganggu jantung dan ginjal.

1 sdt garam
Lebih dari 1 sdt garam/hari, maka risiko stroke naik 23% dan risiko penyakit jantung naik 17%

5 sdm lemak
Banyak lemak membuat berat badan berlebih sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes dan hipertensi

Jangan lupa
Membaca label kemasan makanan atau minuman akan membantu Anda mendapatkan asupan gizi terbaik

Akhir Kata

Itu dia beberapa contoh iklan persuasif imperatif dan informatif. Semoga penjelasan mengenai perbedaan dan contoh dari ketiga iklan tersebut bisa bermanfaat untuk kita semua. Terutama pelajar dan mahasiswa yang belajar ekonomi.

Tinggalkan komentar