Agen Properti

Peluang Usaha Menjadi Agen Properti

Donabisnis.com – Agen properti. Sebuah nilai yang tak akan pernah turun nilai jualnya di Indonesia adalah properti. Kita tahu bahwa kebutuhan akan properti masyarakat Indonesia begitu tinggi.

Mulai dari rumah, apartemen, hunian, kos, kontrakan, dan sebagainya sangat laku terutama di wilayah padat penduduk serta perkotaan. Maka, menjadi pelaku bisnis properti bisa menjadi salah satu opsi kita.

Salah satunya adalah agen properti. Mungkin tak banyak yang mengenal profesi atau peluang usaha ini. Tapi jika Anda mengetahuinya, ini adalah salah satu peluang usaha yang benar-benar menguntungkan.

Di kesempatan ini kami akan menjelaskan kepada Anda tentang agen properti, mulai dari definisi, hingga beberapa agen properti terbaik yang ada di Indonesia. Anda bisa menyimak ulasannya di bawah ini.

Daftar Agen Properti Terbaik di Indonesia

Berikut adalah beberapa daftar agen properti terbaik yang ada di Indonesia lengkap beserta profil masing-masing perusahaannya.

1. Ray White

Ray White berdiri sejak tahun 1997 denan memiliki kantor di Jakarta. Sekarang Ray White sudah tersebar di akarta, Tangerang, Depok, Bekasi, Karawang, Cirebon, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, Bali, Lombok, dan lain-lain.

Agen ini telah mendapatkan berbagai penghargaan terbaik di berbagai sektor. Mulai dari Top Brand Awards, Top Property Award, Top Best Franchise Award, Indonesia Franchise of The Year, dan masih banyak lagi.

2. Century 21 Indonesia

Agen properti ini sudah beroperasi di 30 kota besar seluruh Indonesia. Ini merupakan salah satu flagship besutan Ciputra Group yang mana juga merupakan pengembang properti di Indonesia.

Didirikan pada tahun 1999, Century 21 Indonesia sudah memiliki marketing yagn juga tersebar di 75 negara. Dengan jumlah ribuan agen yang tergabung di sini, perusahaan ini banyak mendapatkan penghargaan.

3. Era Indonesia

Selanjutnya ada Era yang menjadi pelopor agen perumahan, hunian, dan apartemen dengan sistem earalaba. Saat ini mereka juga sudah tersebar di lebih dari 100 kota di indonesia.

Era Indonesia berdiri dari tahun 1992 dan hingga kini sudah banyak mendapatkan penghargaan. Bisa dikatakan ini merupakan salah satu yang terbaik yang ada di Tanah Air pada saat ini.

4. Xavier Marks

Selanjutnya ada Xavier Marks, merupakan salah satu perusahaan lokal terbesar asal Surabaya. Mereka sudah berhasil menarik puluhan principal untuk bergabung dan menerapkan management partnership, bukan waralaba.

Setiap kantor yang ada di jaringan Xavier Marks akan dikelola oleh kantor pusat. Xavier Marks juga telah memiliki kantor tersebar di Bali, Jember, Malang, Sidoarjo, Tangerang, Jakarta, dan Bekasi.

5. Promex

Perusahaan terbaik berikutnya adalah Promex. Waralaba terbesar di Indonesia ini memiliki 100 kantor di seluruh nusantara. Banyak keuntungan dengan menjadi agen di perusahaan Promex.

Di antaranya adalah Promex menawarkan progressive commission scheme sampai dengan 90 persen ditambah dengan kesempatan sponsoring fee yang tak terbatas. Perusahaan agen properti ini juga banyak meraih penghargaan.

Peluang Komisi

Dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 51/M DAG/PER/7/2017 tentang Perusahaan Perantara Perdagangan Properti, terdapat aturan tentang komisi. Aturannya adalah komisi paling sedikit 2-5% dari nilai transaksi.

Hal ini disesuaikan dengan lingkup jasa yang dibeirkan kepada pengguna jasa. Sementara dalam jasa sewa menyewa properti, komisi yang didapatkan sekitar 5-8% dari nilai transaksi.

Kelebihan dan Kekuragan

Dengan menjadi agensi properti, Anda akan mendapatkan keuntungan sekaligus kekuragan. Adapun masing-masing akan dibahas lebih lanjut di bawah ini.

1. Kelebihan Agen Properti

Beberapa kelebihan menjadi agen properti adalah seabgai berikut.

  • Harga jual rumah atau hunian akan sesuai pasaran, jadi Anda tidak perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu.
  • Kemungkinan terjual akan lebih cepat karena mereka telah memiliki pangsa pasar tersendiri.
  • Anda bisa menerima beres segala bentuk transaksi, yang diperlukan adalah hanya memasarkannya saja ke konsiumen.
  • Anda juga bisa mendapatkan jaminan legalitas saat transaksi jual beli properti, termasuk Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) atau Sertifikat Hak Milik (SHM), Akta Jual Beli (AJB), Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), dan bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

2. Kekurangan Agen Properti

Sedangkan kekurangan atau kelemahan menjadi agen properti yang mungkin bisa didapat adalah sebagai berikut.

  • Komisi kecil jika kita menjual properti yang memiliki nilai jual tak terlalu tinggi.
  • Kompetensi agen berbeda-beda sehingga Anda harus selektif dalam memilih agen.
  • Agen tidak hanya memasarkan properti saja, melainkan kadang juga fokus pada penjualan properti.
  • Banyak agen tidak profesional sehingga Anda harus memilih yang sudah diakui pemerintah dan tergabung dalam Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI).

Akhir Kata

Pada akhirnya, itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai peluang usaha agen properti. Ingat lagi, bila Anda ingin terjun di dunia agen properti, Anda harus meningkatkan kemampuan pemasaran dan koneksi kepada pengembang.

Baca: