Contoh Iklan Facebook Ads

Strategi Beriklan dan Contoh Iklan Facebook Ads

Donabisnis.com – Contoh iklan facebook ads yang menari berupa video, gambar, multi produk, lokal, penawaran, acara, penargetan ulang, dan boosted post. Dengan adanya sosial media saat ini, kita semakin dipermudah untuk memasarkan produk kepada pelanggan atau konsumen.

Salah satunya adalah Facebook Ads, yakni sebuah fitur iklan di Facebook yang bisa dimanfaatkan untuk menjangkau seluruh pengguna Facebook berdasarkan filter yang dipilih, mulai dari usia, jenis kelamin, wilayah, hobi, dan lain sebagainya.

Saat ini, banyak sekali bisnis yang sukses setelah beriklan di Facebook. Tidak hanya ratusan ribu atau jutaan, melainkan hingga ratusan juta atau bahkan miliaran. Bagaimana cara mereka mendatangkan pelanggan dan meningkatkan omzet melalui iklan di Facebook?

Tentu saja salah satunya adalah karena mereka memahami strategi pemasaran dan contoh iklan yang menarik di Facebook Ads. Buat yang ingin belajar bagaimana teknik promosi di Facebook dan contoh iklan Facebook Ads yang menarik.

Seluruh informasi yang kami sajikan di bawah, meliputi strategi pemasaran yang jitu, hingga contoh kalimat dan kata kata iklan di Facebook Ads yang menarik kami rangkum dari berbagai sumber. Ulasan lengkapnya bisa dilihat di bawah ini.

Format Iklan Facebook Ads

Ada beberapa jenis atau format iklan di Facebook Ads sampai saat ini, dan mungkin akan terus berkembang setiap saat. Sampai kini, berikut adalah beberapa jenis format iklan di Facebook Ads yang paling banyak digunakan.

1. Video

Format iklan jenis ini memungkinkan Anda menampilkan video untuk memamerkan produk dan menarik perhatian orang dengan suara dan gerakan.

2. Gambar

Format iklan yang satu ini hanya akan menampilkan satu gambar tunggal. Biasanya format iklan ini dipilih untuk mendorong orang-orang masuk ke situs web atau aplikasi destinasi dengan visual konten yang berkualitas tinggi.

3. Carousel

Ini adalah iklan jenis gambar atau video ebih dari satu. Format iklan Facebook Ads yang satu ini biasanya digunakan untuk mendorong pembelian produk dengan masing-masing tautan berbeda pada setiap gambar atau video.

4. Koleksi

Iklan jenis ini memungkinkan Anda menampilkan barang dari katalog produk Anda yang telah disesuaikan berdasarkan kategori tertentu.

5. Instant Experience

Iklan ini sebelumnya disebut canvas, yakni sebuah iklan yang menampilkan gambar satu layar penuh pada aplikasi Facebook atau website Facebook sehingga audiens akan benar-benar fokus pada iklan Anda.

6. Penciptaan Prospek

Iklan prospek di Facebook dan Instagram membantu Anda mendapatkan informasi dari orang yang tertarik dengan bisnis Anda. Iklan ini biasanya digunakan untuk memasarkan produk kepada hanya audiens-audiens tertarget saja.

7. Promo

Format iklan promo pada Facebook Ads menampilkan diskon yang bisa Anda bagikan kepada pelanggan di Facebook. Anda juga bisa mendesain iklan promo agar muncul sebagai gambar atau video.

8. Interaksi Postingan

Sebagian besar postingan halaman di Facebook bisa dipromosikan untuk mendapatkan lebih banyak suka atau komentar.

9. Tanggapan Acara

Format iklan tanggapan acara bisa digunakan untuk mempromosikan awarness terhadap acara Anda dan mendorong tanggapan. Anda bisa mendesain iklan acara sesuai keinginan.

Strategi Beriklan Sukses di Facebook Ads

Ketika beriklan di Facebook Ads, Anda harus mengetahui strategi, tips, dan cara sukses mendapatkan pelanggan atau konsumen. Antara lain adalah sebagai berikut.

1. Tentukan Tujuan Iklan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan kenapa Anda membuat iklan tersebut. Saat pertama kali membuat iklan, Anda diminta untuk memasukkan tujuan iklan.

Di dalam Facebook Ads ada tiga pilihan kategori tujuan iklan, yakni Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi. Jika Anda ingin meningkatan pengunjung website, Anda bisa pilih Lalu Lintas Kunjungan, dan sebagainya.

2. Tentukan Target Audiens yang Tepat

Kelebihan Facebook Ads adalah Anda bisa menawarkan produk atau jasa kepada orang yang lebih tertarget, misalnya Anda menjual pakaian olahraga wanita dewasa dan toko Anda berada di Jakarta dan Bali, berarti target audiens Anda yang tepat adalah sebagai berikut.

  • Usia: 25 – 45 tahun.
  • Gender: Perempuan.
  • Lokasi: Jakarta dan Bali.
  • Interest: Olahraga
  • Jenis olahraga: Renang dan Lari.
  • Ukuran badan: all size.
  • Behaviour: pengguna mobile, yang memakai smartphone berbasis IOS saja.
  • Dan lain-lain

Anda bisa membuat target audiens secara lebih spesifik. Semakin spesifik iklan yang dibuat, semakin banyak konsumen dan pelanggan tertarget yang dijangkau.

3. Buat Konten Iklan yang Menarik

Konten adalah salah satu faktor kunci sukses atau tidaknya iklan Facebook Ads yang Anda buat. Konten juga menentukan apakah audiens akan melakukan like, comment, atau share hingga melakukan pembelian produk, barang, atau jasa.

Maka dari itu, Anda harus mampu menciptakan konten yang menarik untuk Facebook Ads. Hal ini berkaitan dengan contoh iklan Facebook Ads yang akan kami bagikan di bawah nanti.

4. Pilih Format Iklan yang Tepat

Facebook Ads menyediakan 4 format iklan yang bisa Anda gunakan. Jenis format iklan yang Anda pilih bergantung pada tujuan iklan yang ingin dicapai. Misalnya bila tujuan iklan Anda ingin berinteraksi dengan klien, maka iklan yang cocok adalah video. Sedangkan bila ingin audiens melakukan pembelian produk, bisa menggunakan format iklan gambar tunggal, tayangan slide, atau carousel.

5. Manfaatkan Fitur Facebook Ads

Anda juga bisa memanfaatkan beberapa fitur yang disediakan oleh Facebook Ads, seperti Custom Audience apabila Anda punya data email customer, Retargeting untuk mengetahui orang yang pernah mengunjungi website Anda, Conversion Tracking untuk mengetahui aktivitas audiens pada iklan Anda, dan Lookalike Audience untuk menciptakan target audiens yang memiliki kemiripan karakter dengan audiens lama Anda.

Contoh Iklan Facebook Ads yang Menarik

Di bawah ini ada beberapa contoh iklan di Facebook Ads yang menarik meliputi iklan video, gambar, multi produk, lokal, penawaran, acara, penargetan ulang, dan boosted post. Silahkan simak.

1. Iklan Video di Facebook

iklan facebook ads video

Iklan video menawarkan konten yang lebih menarik dan bisa menjadi lebih populer di kalangan pengunjung Facebook. Bahkan 50% pengunjung Facebook setiap harinya menonton setidaknya 1 video. Iklan ini dibuat dengan format Video.

2. Iklan Gambar di Facebook

iklan facebook ads gambar

Iklan jenis foto atau gabar ini adalah jenis yang paling populer di Facebook Ads sejak lama. Ukuran optimal foto adalah 1200×628. Ciptakan foto yang menarik dan tuliskan kalimat atau kata-kata iklan yang memukau. Iklan ini dibuat dengan format Gambar.

3. Iklan Multi Produk di Facebook

iklan facebook ads multi product

Iklan multi produk ini memungkinkan pengiklan menampilkan beberapa produk dalam satu iklan. Orang bisa melihat apa saja produk yang kita tawarkan. Anda bisa mempromosikan foto atau video secara bersamaan di sini. Iklan ini dibuat dengan format Carousel atau Koleksi.

4. Iklan Lokal di Facebook

iklan facebook ads local

Iklan ini dipilih jika Anda memiliki toko fisik. Ketika pengunjung mengeklik tombol yang terdapat pada iklan pada kata-kata “Get Directions“, mereka akan dibawa ke aplikasi maps untuk mengetahui lokasi Anda. Iklan ini bisa dibuat dengan format Gambar atau Penciptaan Prospek.

5. Iklan Penawaran di Facebook

iklan facebook ads penawaran

Iklan ini khusus dipilih jika Anda memiliki penawaran berupa promo, potongan harga, diskon, cashback, dan lainnya. Ketika pengunjung klik tombol yang ada pada iklan Facebook Ads, mereka akan dibawa otomatis ke halaman promo website Anda. Iklan ini bisa dibuat dengan format Video, Gambar, Promo, atau Penciptaan Prospek.

6. Iklan untuk Acara di Facebook

iklan facebook ads event

Bisa dilihat pada iklan tersebut ada kata-kata “Buy” pada tombol aksinya. Iklan Facebook Ads ini memang diperuntukkan bagi yang punya event, kegiatan, atau acara seperti konser, seminar, dan sebagainya. Iklan ini bisa dibuat dengan format Tanggapan Acara, Gambar, atau Video.

7. Iklan Penargetan Ulang di Facebook

iklan facebook ads retargeting

Penargetan ulang di Facebook akan menampilkan postingan Anda untuk dilihat kembali oleh orang-orang yang pernah melihat iklan Anda. Sehingga peluang mendapatkan audiens akan 2 kali lebih besar. Iklan ini bisa dibuat lansung pada halaman Facebook Anda.

8. Iklan Boosted Post di Facebook

iklan facebook ads boosting post

Boostes post adalah iklan yang kerap kita lihat di Facebook. Ini akan menampilkan postingan halaman Facebook Anda agar bisa lebih banyak mendapatkan impresi, like, comment, dan share.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai contoh iklan facebook ads yang menarik. Mulai dari strategi promosi di Facebook, jenis dan format iklan Facebook Ads, hingga contoh gambar, desain, kata-kata, dan kalimat iklan Facebook Ads yang menarik. Mudah-mudahan dapat menjadi referensi bagi Anda.

Tinggalkan komentar