Contoh Iklan di Google Ads

Contoh dan Jenis Iklan di Google Ads atau AdWords

Donabisnis.com – Contoh iklan google ads. Siapa yang tidak kenal Google? Situs yang merupakan mesin pencari terbesar di dunia ini pasti sudah tidak asing di telinga orang. Apalagi setiap buka browser, situs pertama yang kebanyakan dibuka oleh orang adalah Google.

Google pun memiliki fitur tidak hanya sebagai mesin pencari, namun juga untuk mengembangkan bisnis. Salah satu fitur untuk mengembangkan bisnis tersebut adalah Google Ads atau yang biasa dikenal dengan AdWords, sebuah platform iklan resmi dari Google.

Melalui Google Ads, pebisnis atau wirausahawan bisa mengiklankan berbagai macam produknya, berupa barang fisik atau jasa. Produk lain yang bisa diiklankan adalah website pribadi yang di dalamnya memuat informasi produk atau informasi.

Hal terpenting ketika beriklan secara online adalah memperhatikan kalimat dan gambarnya. Seperti yang telah kami bahas pada contoh kalimat promosi online shop. Gambar dan kata-kata iklan menjadi kunci penting kesuksesan sebuah iklan promosi.

Namun sebelum itu, kita harus mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis iklan di Google AdWords. Maka dari itu, pada kesempatan ini silahkan simak pembahasan tentang jenis dna contoh iklan di Google Ads berikut.

Jenis Iklan di Google Ads

Berikut adalah jenis-jenis atau macam-macam iklan di Google Ads alias Google AdWords yang populer hingga terbaru.

1. Google AdWords

Google AdWords adalah layanan iklan berbayar yang ditampilkan di halaman hasil pencarian Google sesuai kata kunci. Dengan strategi search network campaign, iklan Anda akan muncul sesuai kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda.

2. Google Display Network

Google Display Network (GDN) adalah jenis iklan berupa teks atau gambar yang biasa ditampilkan pada website, aplikasi, dan mobile games. Jenis iklan ini bisa meningkatkan brang awareness bisnis Anda, karena GDN mampu menjangkau 90% pengguna internet.

3. Google Shopping

Google Shopping ialah layanan Google dalam katalog yang menampilkan infomrasi produk lebih detail. Artinya, bukan hanya menampilkan gambar dan nama produk saja, melainkkna juga harga sekaligus link toko onlinenya. Dengan iklan dari Google ini, transaksi penjualan pun bisa makin mudah dilakukan.

4. YouTube Ads

Google tidak hanya menyediakan iklan dengan format gambar dan teks saja, namun ada juga iklan berformat video yang ditampilkan di YouTube. Beriklan di YouTube akan sangat menguntungkan, sebab jumlah penggunannya merupakan yang terbanyak di Indonesia pada saat ini.

5. Google AdMob

AdMob adalah kependekan dari advertising on mobile. Artinya, Google AdMob adalah layanan iklan dari Google yang membantu Anda mempromosikan produk melalui aplikasi seluler. Dengan AdMob, banner iklan Anda akan muncul di aplikasi seluler yang digunakan pengguna.

Contoh Iklan di Google Ads yang Menarik

Langsung saja berikut di bawah ini adalah kumpulan contoh iklan di Google Ads yang bagus, menarik, inspiratif, kekinian, untuk mengiklankan produk barang atau jasa yang bagus.

1. Iklan Google AdWords

iklan google adwords

Ketika kita mengetikkan sebuah kata tertentu di Google, kadang kita akan mendapatkan hasil pencarian website di urutan pertama, kedua, ketiga, dan keempat dengan adanya embel-embel kata Ad di depannya.

Itu adalah iklan yang ditampilkan oleh Google AdWords. Iklan ini bisa didapatkan dengan cara mendaftar ke Google Ads dan menentukan kata kunci apa yang ingin ditargetkan.

2. Iklan Google Display Network

iklan google display network

Google Display Network ditampilkan pada website milik orang lain. Contohnya adalah web donabisnis yang tampak pada gambar. Di bagian paling atas ada space berwarna hitam, itu sedang memutar video iklan.

Tidak hanya berupa video, iklan Google Display Network juga bisa berupa gambar atau iklan display, responsif teks, inline article, iklan link atau tautan, dan yang paling anyar adalah iklan matched content.

3. Iklan Google Shopping

iklan google shopping

Bila kita mengetikkan kata kunci yang merupakan buying keyword atau buyer keyword, akan ada tab di bawah kolom telusur Google bernama Shopping. Di situlah iklan Google Shopping muncul.

Iklan ini akan menampilkan gambar produk, nama, harga, dan link menuju website pembelian. Contohnya ketika kita mengetik harga meja minimalis atau meja minimalis, maka Google akan menampilkan produk-produk meja minimalis saja.

4. Iklan YouTube Ads

iklan youtube ads

Kemudian iklan YouTube Ads. Semua tentu sudah tahu lah, iklan ini bisa ditampilkan di sela-sela video berupa video singkat yang bisa di-skip maupun yang tidak.

Selain itu iklan ini juga biasa ditempatkan secara melayang di tengah video, di bawah judul video, dan lain-lain. Iklan ini sangat efektif, terutama yang video tidak bisa di-skip karena orang mau tidak mau harus melihat video iklannya sampai habis.

5. Iklan Google AdMob

iklan google admob

Sejatinya sama seperti Google AdSense atau Ads Network, iklan AdMob ini juga memiliki berbagai versi, ada yang teks, link, responsif, dan juga iklan berupa video yang biasa di-skip maupun yang tidak.

Perbedaannya terletak pada platform yang digunakan. Bila iklan Google AdSense diiklankan di web, maka AdMob diiklankan di aplikasi mobile, baik itu Android ataupun iOs. Contohnya seperti yang ada pada gambar.

Akhir Kata

Itu dia beberapa contoh iklan di google ads dan jenisnya. Semoga kumpulan contoh iklan di Google Ads ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang akan beriklan di Google, bisa menentukan terlebih dahulu jenis iklannya, kemudian referensinya bisa mengambil dari contoh yang tersedia.

Tinggalkan komentar