Contoh Konsep Iklan Produk

Contoh Rancangan Promosi Barang dan Jasa

Donabisnis.com – Contoh konsep iklan produk. Sebelum membuat iklan produk, kita terlebih dahulu disarankan untuk membuat rancangan atau prorotipenya terlebih dahulu.

Hal tersebut ditujukan supaya ketika iklan telah dicetak, tidak ada kesalahan yang membuat iklan tersebut tidak jadi digunakan. Selain itu juga untuk menghindari beberapa kesalahan dan memaksimalkan promosi.

Apalagi jika iklan tersebut dibuat dalam bentuk digital dan grafika, seperti iklan di website, TV, internet, flyer, banner, billboard, spanduk di pinggir jalan, dan sebagainya.

Rancangan tersebut bisa dalam bentuk desain, prototipe 2D dan 3D, maupun sebagainya. Tapi mungkin masih banyak yang belum tahu cara membuat konsep iklan produk tersebut.

Di sini kami akan memberikan beberapa contoh konsep iklan produk yang menarik dan bisa Anda tiru. Selanjutnya silahkan simak ulasan lengkap pada pembahasan berikut ini.

Daftar Contoh Konsep Iklan Produk yang Menarik

Tanpa banyak basa basi lagi langsung saja silahkan simak ulasan lengkap tentang daftar contoh konsep iklan produk yang menarik, bagus, dan bisa ditiru. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Analisa Pasar

Untuk bisnis keripik tempe misalnya, pesaing perusahaan berasal dari toko-toko lain dan tempatnya berdekatan dengan penjual keripik tempe. Masing-masing toko menjual produk dengan harga dan kualitas yang berbeda pula.

Banyak pesaing yang menggunakan pemasaran yang lebih pintar dan luas, seumpama: menggunakan sarana internet (web, facebook, email). Akan namun perusahaan ini menerapkan langkah pemasaran yang sederhana, yakni dengan sistem antar barang dan melalui spanduk yang tersedia di depan toko dan flyer yang sudah disiapain ditempat kasir.

Tetapi penjualan produknya tidak kalah bersama dengan perusahaan lainnya, karena strategi pemasaran dan (4P) yang baik pula. Produk ini dijual apa adanya, sebab product ini lebih mementingkan kualitas rasanya yang berbeda bersama dengan produk-produk lain.

2. Riset Pasar

Tingkat pembelian konsumen mayoritas adalah orang dewasa, terlebih paling banyak berasal dari kalangan ibu rumah tangga. Beberapa produk yang kerap jadi pilihan adalah sebagai berikut: Kripik tempe rasa pedas manis, udang, pedas, manis, jagung bakar, jagung manis, sapi panggang barbeque, sambal udang, ayam, bawang pedas, ayam bakar, pizza.

Diantara produk-produk tersebut, yang paling banyak terjual yakni kripik tempe rasa pedas manis, namun yang paling sedikit terjual dan sedikit diproduksi yakni kripik tempe rasa pedas. Konsumen menyukai rasa pedas manis sebab rasanya yang sedap dan harganya yang murah.

Bahkan banyak berasal dari mereka menjadi pelanggan tetap. Kepuasan kastemer sebab sarana yang baik, kualitas rasa terhadap product yang sedap dan beda berasal dari product lainnya. Selain itu, pilihan produknya yang lebih banyak dan harga yang murah menyebabkan kastemer puas dan puas.

Untuk pelanggan tetap, kebanyakan menjual ulang product berikut melalui tokonya sendiri bahkan dijual door to door atau eceran kepada kastemer yang lain. Pelanggan senantiasa yang menjual ulang diberi keringanan atau sedikit lebih murah berasal dari konsumen yang lainnya, sehingga sama-sama hasil. Sehingga para pelanggan senantiasa berikut puas dan tetap menjadi pelanggan senantiasa terhadap perusahaan tersebut.

Setiap hari banyaknya product yang laku terjual tidak cukup lebih 50 kg berasal dari memproses lebih berasal dari 50 kg kripik tempe. Terutama yang rasa pedas manis yang harganya perbuah Rp. 5.500. Produk lebih banyak terjual terhadap hari libur dan hari-hari besar.

3. Tujuan dan Strategi

Tujuan :
Supaya bisa mendapatkan konsumen lebih banyak lagi, pemasarannya harus diperluas, terlebih ke luar kota se-Indonesia. Dengan semakin luasnya target pasar, konsumen pun bisa meningkat.

Strategi :
Membuat promosi melalui spanduk, flyer. Membuat harga yang relatif murah, sehingga kastemer dapat jadi tambah lebih banyak, namun tidak menurunkan kualitas rasa terhadap product tersebut. Menentukan pemasarannya melalui pelanggan-pelanggan toko atau melalui orang yang mau menjualnya lagi

  • Menentukan daerah yang strategis, yakni di desa yang sepenuhnya memproses tempe atau di desa yang mayoritas memproses tempe asli Malang.
  • Melakukan pengiriman product di di dalam kota, lebih-lebih ke luar kota sekalipun.
  • Memperluas wawasan perihal barang yang diproduksi melalui agen-agen atau langganan yang menjual ulang atau yang membawa toko-toko kecil.
  • Mengurangi kripik tempe yang tidak cukup laku, yakni kripik tempe rasa pedas.
  • Membuka toko terhadap pagi hari, yakni jam 5 pagi, sebab banyak kastemer yang membeli product ini pada pagi hari.
  • Setiap hari memasak tidak cukup lebih 5 bak tempe yang sudah dipilih berasal dari pembelian pada masyarakat setempat yang mayoritas memproses tempe.
  • Memiliki karyawan tidak cukup lebih 4 orang saja.
  • Lebih banyak memproses kripik tempe terhadap hari-hari besar, seperti hari raya, hari libur, hari minggu,dll, sebab banyaknya kastemer terhadap hari-hari itu.
  • Merencanakan pemasangan iklan di radio, internet, lebih lebih sarana cetak.
  • Pemasaran termasuk wilayah Bali, Jakarta, Bandung, Kalimantan, dll.
  • Tidak menaikan harga produk, melainkan hanya menurunkan beratnya saja.
  • Memberikan biaya yang murah untuk pengiriman barang di di dalam kota sebesar Rp. 5.000.

4. Menentukan Budget

Melihat terlebih dahulu iklan yang berpotensi baik untuk mengajak konsumen sebanyak-banyaknya. Selain itu bersama dengan biaya yang murah namun tidak mengurangi informasi ke konsumen itu yang dipilih oleh pak Sodik. Pak Sodik sesungguhnya lumayan baik dan cerdas di dalam cara pemasaran serta di dalam marketing 4P-nya.

Pak Sodik menggunakan iklan spanduk dan flyer yang biayanya relatif murah, sehingga dapat menekan terdapatnya kerugian. Biayanya tidak cukup lebih berasal dari satu juta.

Tetapi sekarang pak Sodik berusaha memperluas pemasarannya ulang ke luar kota se-Indonesia melalui promosi iklan yang lain atau menamabah sarana promosi yakni media elektronik (radio) dan sarana cetak (koran atau brosur), lebih-lebih sarana internet bersama dengan membuat alamat web, email, dan facebook.

Strategi sarana :

  • Menjual product melalui internet, sebab sekarang banyak orang yang membeli produk-produk lewat internet. Pemesanan product melalui internet atau e-mail. Promosi iklan bakal menggunakan media cetak. Misalnya, flyer, spanduk, dll.
  • Menempatkan iklan di daerah yang strategis, sehingga banyak orang yang paham dan mempunyai peluang untuk membeli product tersebut.
  • Menambah jaringan pemasaran yang luas. Misalnya, terhubung cabang dan agen di tempat-tempat lain yang strategis sehingga lebih banyak ulang kastemer yang membeli product tersebut.
  • Menambah sarana promosi untuk lebih memperluas ulang pemasaran produknya. Medianya, pada lain: sarana elektronik (radio), sarana cetak (koran atau brosur), lebih-lebih sarana internet dengan membuat alamat web, email, dan facebook.

5. Konsep Iklan

Melihat konsumen yang mayoritas ibu-ibu, maka pemasangan iklan yang sebaiknya Anda buat adalah meallui radio. Sebab radio bersifat ringan, mudah didengarkan dalam situasi apapun, dan di mana saja.

Selain itu, budget iklan dapat terjangkau. Banyak kelebihan yang dimiliki radio. Contohnya, dapat menjangkau kuantitas khalayak yang besar terhadap kala yang bersamaan, menjangkau individu atau grup penduduk yang hidup terpencil dan terpencar-pencar, cepat mengemukakan pesan sehingga dapat mengimbuhkan informasi mutakhir yang berguna, menanggulangi berbagai rintangan geografis, serta mudah dimengerti. Dengan demikianlah kami bakal melukiskan iklan yang bakal kami buat, diantaranya.

  • Pertama, menentukan medianya yakni sarana radio sebab radio dapat termasuk daerah yang luas bahkan daerah yang pedalaman dan biayanya yang relatif murah.
  • Sementasinya yakni orang dewasa terlebih kaum ibu tempat tinggal tangga.
  • Dengan segmentasinya kaum ibu maka kami menaruh iklan ini terhadap acara di mana yang mayoritas pendengarnya orang dewasa terlebih kaum ibu tempat tinggal tangga. Misalnya : acara musik (dangdutan, campur sari, atau pop), berita/gosip, lebih-lebih yang lainnya yang mutlak pendengarnya mayoritas orang dewasa.
  • Media radio yang banyak bakal salurannya maka kami menentukan saluran radio yang sudah tidak asing bagi semua orang atu yang gelombangnya jelas, meskipun di daerah pedalaman. Misalnya : RRI, ANDALUS FM, TIDAR, dll.
  • Kami menggunakan sarana radio ini bersama dengan tayangan lebih dari satu kali (prime time ataupun regular
  • time) di dalam sebulan biar lebih mengirit biayanya. Misalnya : sebulan 8 kali atau 10 kali, dll.
  • Memastikan budget iklan, bersama dengan itu kami dapat paham isikan iklan apa yang bakal dibuat dan dengan kala yang relatif sedikit namun tidak mengurangi kualitas pemasarannya.
  • Dari aspek isinya, tidak cukup lebih kami bakal menyebabkan iklan ini melalui obrolan orang dewasa
  • (ibu-ibu) semenarik mungkin.

Contoh skripnya:

Orang 1 : “Dimana ya daerah membeli oleh-oleh asli Malang?”
Orang 2 : “Ehm, coba saja ke “ SINAR MAKMUR” “…..!!”
“Di sana tersedia kripik tempe makanan khas Malang lho…!!”
“Di sana juga tersedia lebih dari satu pilihan rasanya: rasa pedas manis, udang, ayam bakar dan banyak yang lainnya……!!”
“Dan biayanya relatif murah lho…!!”
“Bisa diantar juga di dalam kota maupun luar kota ….!!
Orang 2 : “Oke deh kalo begitu…!!
“Tapi tempatnya di mana ya….?
Orang 1 : “Jl. Sanan No. 30 D Telp. (0341) 482706 Malang.
Orang 2 : “Terima kasih ya….ya sudah saya berangkat sekarang….!!”

Itulah umpama skripnya. Tetapi indikasinya bahwa product kami adalah product yang murah tetapi tetap berkualitas. Banyak pilihan rasanya, dapat diantar di dalam kota maupun luar kota. Dan tidak lupa product kami asli makanan khas Malang berasal dari perusahaan “SINAR MAKMUR”.

Akhir Kata

Sekian pembahasan singkat mengenai contoh konsep iklan produk barang dan jasa. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin membuat konsep atau prototipe iklan produk barang.

Baca: