Contoh Iklan Sponsor

Contoh Iklan Sponsor di Televisi Radio Media Sosial

Donabisnis.com – Contoh iklan sponsor program atau acara tertentu. Di televisi, kita kerap melihat berbagai tayangan berupa film, sinetron, kartun, berita, gosip selebriti, fakta unik, atau acara-acara hiburan lainnya.

Begitu pula di radio yang juga kerap memperdengarkan konten serupa untuk menghibur para pendengar dan pemirsanya di seluruh Indonesia. Satu yang tak dilewatkan adalah keberadaan iklan sponsor.

Benar, iklan sponsor memang kerap ditampilkan dengan tujuan untuk memberi pemasukan. TV dan radio memang memberikan siaran gratis kepada masyarakat, namun dari iklanlah penghasilan mereka masuk. Iklan ini dinamakan iklan sponsor.

Pada pertengahan acara televisi atau radio, kadang pembawa acara juga menyebutkan “acara ini dipersembahkan oleh, bla.. bla.. bla..” ini juga merupakan salah satu teknik mempromosikan sponsor yang paling jitu.

Tidak hanya di TV dan radio. Di media sosial, khususnya brosur atau pamflet acara seperti seminar, konser, hiburan, dan lain-lain, biasanya juga kerap disisipi iklan sponsor di bagian bawah. Teknik ini terbilang cukup ampuh untuk mempromosikan sponsor program ke pemirsa.

Kumpulan Contoh Iklan Sponsor Program

Nah di kesempatan ini kami akan membagikan beberapa contoh iklan sponsor program yang menarik, bagus, singkat, dan bisa Anda jadikan inspirasi ketika membuat iklan sponsor. Silahkan disimak.

1. Iklan Sponsorship

sponsorship iklan

Iklan sponsorship adalah bentuk bantuan dana atau bisa juga dalam bentuk produk dan layanan sebagai ganti promosi terhadap suatu brand dan merupakan strategi alternatif yang banyak digunakan dan dianggap lebih efektif daripada pemasangan iklan online berbentuk banner.

2. Ad Networks

ad network

Jaringan (network) iklan bertugas menghubungkan dan memediasi antara pemasang iklan dan pemilik situs web. Jaringan iklan semacam ini biasanya menargetkan kampanye-kampanye yang tidak memiliki target audience khusus, namun mengincar sebesar mungkin orang yang melihat iklan dengan biaya sekecil mungkin.

3. Social Advertising

social advertising

Iklan untuk sosial media tidak seperti iklan tradisional Formatnya menggunakan dinamika pengaruh sosial seperti pengaruh peer group, word of mouth, viral marketing, dan rekomendasi langsung dari teman ke teman.

4. RSS Advertising

rss advertising

Iklan ini ditampilkan pada RSS feed yang bisa disesuaikan dengan konteks content RSS feed tersebut maupun secara manual. Iklan ini terletak di sebelah ats kanan pada halaman website untuk meningkatkan kemungkinan dilirik dan dilihat pengunjung.

5. Self Service Advertising

self service advertising

Pendekatan iklan baru di mana materi iklan, penempatan, tampilan, dan teks dikerjakan sendiri oleh pemasang melalui metode proses yang dilakukan secara online. Contohnya Google AdWords ketika kita mencari kata kunci ‘paket wisata’.

6. Video Advertising

video advertising

Iklan video ditayangkan di YouTube atau platform lain serta memiliki keunggulan karena bisa cepat dikenal oleh para konsumen. Namun kekurangannya adalah para konsumen kerap mengabaikan iklan semacam ini.

7. Contextual Advertising

contextual advertising

Iklan yang ditargetkan pada konten, iklan ditampilkan secara random namun telah dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan konten yang relevan. Seperti contohnya iklan honda yagn berada di samping kanan tersebut diiklankan di situs yang berkaitan dengan otomotif.

8. Ad Network Optimization

ad network optimization

Jasa optimasi ini akan mengevaluasi dan memilih iklan yang membayar terbanyak untuk ditampilkan di dalam halaman website dengan mengevaluasi semua pilihan serta ukuran iklan yang paling baik, dan karakteristik visualnya.

9. In Text Advertising

in text advertising

Sistem in-text advertising secara otomatis akan menghubungkan kata-kata tertentu di dalam website. Iklan tersebut akan keluar jika mouse diarahkan pada text yang telah dibuat, seperti contohnya iklan pada gambar di atas.

10. Twitter Advertising

twitter advertising

Contoh iklan sponsor di Twitter ini berbasis keyword yang pendek. Iklan ini akan didistribusikan kepada pengguna yang membaca konten sesuai dengan keyword yang dipilih, Kelebihannya adalah Twitter merupakan jaringan media sosial yang banyak digunakan orang.

11. Rep Ad Advertising

rep ad aadvertising

Agen periklanan yang mewakili blog serta situs web tertentu dan memediasi penjualan mereka untuk berkampanye besar. Iklan ini banyak dipilih oleh brand-brand besat atau agensi iklan besar seperti contohnya iklan rep ad advertising di atas.

Akhir Kata

Demikian secara singkat kami bahas tentang contoh iklan sponsor program. Mudah-mudahan dengan adanya contoh iklan sponsor program ini bisa menjadikan kita memiliki inspirasi untuk membuat iklan sponsor yang menarik.

Tinggalkan komentar