Contoh Jenis Produk

Kumpulan Contoh Macam-macam Produk

Donabisnis.com – Contoh jenis produk. Di pasaran Indonesia dan dunia ada banyak sekelai produk-produk yang diperdagangkan, mulai dari makanan, minuman, baju, elektronik, dan masih banyak lagi.

Saking banyaknya, produk-produk tersebut pun dikategorikan dalam berbagai jenis, yang utama adalah berdasarkan kategorinya barang atau jasa. Keduanya merupakan produk yang umum kita kenal.

Adapun barang merupakan benda berwujud nyata yang dapat kita miliki. Barang dapat kita simpan dalam jangka waktu yang lama meski ada juga yang memiliki durasi waktu simpan sementara.

Sementara jasa merupakan jenis produk yang tak tampak di mata, namun memberikan manfaat kepada pembelinya. Beberapa contoh jasa seperti laundry, pengetikan, penerjemah, dan sebagainya.

Masih banyak lagi jenis produk yang mungkin belum diketahui, dan di sini kami akan membahasnya secara lengkap. Anda bisa menyimak ulasan lengkap contoh jenis produk di bawah berikut ini.

Daftar Contoh Jenis Produk

Langsung saja tanpa banyak basa basi kembali silahkan simak ulasan lengkap daftar contoh jenis produk yang kerap dijumpai. Berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber.

1. Berdasarkan Sifat

Ada dua style produk berdasarkan sifat, yakni barang dan jasa.

Barang

Barang merupakan produk perusahaan yang berbentuk bentuk fisik, agar mampu dilihat, disentuh, disimpan, dipindahkan, dan bila kami meninjau dari segi energi tahan barang selanjutnya maka terkandung dua macam barang, yaitu:

Jenis Barang Tidak Tahan Lama

Maksud barang yang tak tahan lama di sini adalah jenis barang yang umumnya akan habis bila sudah dikonsumsi satu kali atau beberapa kali. Bisa dikatakan jenis barang yang tak tahan lama seperti sabun, pasta gigi, shampo, gula, dan tetap banyak lagi.

Hal ini sebab barang style ini umumnya dikonsumsi bersama cepat dan frekuensi pembeliannya terhitung sering, maka siasat yang paling tepat untuk menjualnya adalah bersama sedia kan produk selanjutnya di banyak lokasi bersama menentukan markup yang kecil, dan juga menciptakan referensi bagi customer untuk mencoba dan membeli melalui marketing atau kegiatan pemasaran.

Jenis Barang Tahan Lama

Barang tahan lama bukan jenis barang yang tidak laku di pasaran, melainkan barang ini mampu bertahan dan digunakan berulang kali. Barang jenis ini memiliki usia eknomis dan bisa dgunakan dalam kondisi normal kira-kira lebih dari setahun.

Salah satu contoh barang tahan lama yang kerap Anda temui dalam kehidupan sehari-hari Anda adalah TV, mobil, handphone, laptop, dan lain sebagainya. Jenis barang ini mampu Anda gunakan berulang kali dalam jangka saat yang lama tanpa mesti membeli barang yang baru.

Namun style barang tahan lama ini butuh service yang lebih banyak dibandingkan bersama style barang tidak tahan lama, sebab barang tahan lama butuh personal selling, agar mampu menambahkan keuntungan yang lebih besar dan juga butuh jaminan atau garansi khusus dari tiap tiap penjualan style barang tahan lama tersebut.

Jasa

Jenis ini tidak sama bersama barang, jasa merupakan suatu layanan, aktivitas, faedah atau kepuasan yang ditawarkan sebagai sesuatu untuk dijual. Contohnya seperti hotel, bengkel, salon kecantikan, lembaga pendidikan, dan lain sebagainya.

2. Berdasarkan Kebutuhan Konsumen

Yang dimaksud bersama barang customer adalah barang yang dikonsumsi oleh customer akhir seperti rumah tangga dan individu, dan bukan untuk obyek bisnis. Biasanya barang customer mampu diklasifikasikan menjadi 4 jenis, yaitu

Convenience Goods (Barang Sehari-hari)

Convenience goods atau barang sehari-hari adalah barang yang umumnya miliki frekuensi pembelian yang tinggi (sering dibeli). Seperti contoh shampo, sabun, pasta gigi, mie, bahan makanan, dan lainnya.

Shopping Goods (Barang Toko)

Shopping goods atau barang toko adalah jenis barang yang umumnya dibeli oleh konsumen, dalam sistme pembelian dan pemilihannya dibandingkan berdasarkan kesesuaian, kualitas, harga jual produk, dan jneis sistem pemilihan atau pembeliannya. Contohnya seperti perabotan, pakaian, mobil bekas, dan lain-lain.

Specialty Goods (Barang Khusus)

Specialty goods merupakan barang-barang yang membawa karakteristik produk dan identifikasi merek yang unik agar dalam sekelompok customer inginkan meraih produk selanjutnya dan membelinya.

Biasanya barang-barang seperti ini merupakan barang-barang mewah bersama merek dan style yang spesifik. Sebagai contoh adalah mobil lamborghini, busana bersama perancang terkenal, dan tetap banyak kembali barang-barang mewah lainnya.

Unsought Goods (Barang yang Belum Dibeli)

merupakan jenis barang yang belum dikenal atau diketahui banyak orang. Jenis barang ini juga bisa dikatakan sebagai barang yang sudah diketahui konsumen namun belum terpikirkan untuk membelinya.

3. Berdasarkan Industri

Adapun terkandung lebih dari satu barang industri yang diklasifikasikan berdasarkan bagaimana cara barang selanjutnya memasuki sistem memproduksi dan relatifnya, barang industri mampu dibedakan menjadi:

Bahan Baku dan Suku Cadang

merupakan barang yang masuk ke produk produsen tersebut. Barang ini terbagi kembali dalam dua kelompok, yakni bahan mentah dan bahan baku serta suku cadang yang diproduksi.

Bahan mentah terdiri dari dua grup yakni produk pertanian dan produk alam. Bahan baku dan suku cadang yang diproduksi dibagi menjadi dua kategori yakni bahan baku komponen (besi, benang, semen) dan suku cadang komponen(mesin kecil, ban, cetakan). Bahan baku komponen (component materials).

Barang Modal

merupakan barang tahan lama yang memudahkan pengembangan bahan mentah menjadi barang jadi. Barang modal terdiri dari dua kelompok, di antaranya instalasi (pabrik, kantor) dan peralatan (generator, bor, elevator).

Perlengkapan dan Layanan Bisnis

Perlengkapan dan layanan usaha (supplies plus business service) adalah barang dan jasa berumur pendek yang memudahkan pengembangan dan pengelolaan produk jadi. Perlengkapan tersedia dua style : barang pemeliharaan dan perbaikan(cat, paku, sapu) dan perlengkapan operasional (pelumas, batu bara, buku, pensil).

Akhir Kata

Sekian pembahasan singkat mengenai contoh jenis produk barang dan jasa. Semoga bisa menambah wawasan kita terhadap contoh jenis produk baik barang dan jasa.

Baca: