Contoh Surat Penawaran Kerja Sama Ekspedisi

Contoh Tawaran Kerja Sama di Bidang Ekspedisi

Donabisnis.com – Contoh surat penawaran kerja sama ekspedisi. Ketika berbisnis ekspedisi atau jasa pengantaran barang, kita tidak akan bisa mengembangkan usaha jika tidak bekerja sama.

Pasalnya kerja sama dengan berbagai pihak, terutama yang membutuhkan kurir pengantaran sangatlah diperlukan. Tujuannya agar bisnis dan usaha kita mendapatkan penawaran kerja.

Misalnya saja Pos Indonesia, J&T, JNE, Ninja Express, dan sebagainya juga berafiliasi dengan e-commerce. Sebut saja Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, dan sebagainya.

Dari sana mereka memperoleh pemasukan, kita pun harus meniru langkah mereka agar sukses dalam menjalankan bisnis ekspedisi, kurir, atau pengantaran barang.

Maka dari itu di sini kami ingin memberikan beberapa contoh surat penawaran kerja sama di bidang ekspedisi. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah ini.

Daftar Contoh Surat Penawaran Kerja Sama di Bidang Ekspedisi

Langsung saja silahkan simak ulasan lengkap tentang contoh surat penawaran kerja sama di bidang ekspedisi yang bisa Anda tiru. Selengkapnya bisa dilihat di bawah ini.

1. Latar Belakang

Berangkat dari meningkatnya permintaan jasa pengiriman barang, saat ini kami telah memiliki 5 truck. Kami melakukan jasa ekspedisi pengiriman barang ke berbagai kota di Indonesia, terutama rute Lintas provinsi di Pulau Jawa, Jawa-Bali, Jawa-Sumatra dan Jawa-Kalimantan.

Di daerah Jawa Timur terdapat banyak industri yang telah dibangun. Industri-industri ini memasarkan  barang-barang hasil produksinya ke berbagai daerah di Indonesia untuk memperluas penjualan dan tentunya membutuhkan jasa pengiriman barang yang sesuai dengan harapan.

Saat ini banyak tawaran-tawaran jasa pengiriman barang yang dilakukan oleh sopir-sopir truk secara langsung kepada pihak industri tanpa diketahui pemilik perusahaan jasanya sehingga perlu dipertanyakan pertanggungjawabannya, misalnya ketika barang hilang ataupun rusak.

Selain itu tidak jarang harga jasa yang ditawarkan oleh sopir truk tersebut kepada industri relative lebih mahal karena biasanya mereka tidak langsung melakukan sendiri pengiriman barang tersebut tetapi ditawarkan kepada sopir truk lain dengan diambil keuntungan sampai Rp. 500.000 dan bahkan seringkali sopir-sopir tersebut sulit dihubungi sewaktu-waktu dibutuhkan oleh pihak industri.

Mengingat daerah di Jawa Timur mengalami perkembangan dibidang industri yang cukup pesat, maka kami menawarkan jasa ekspedisi pengiriman barang yang menampung barang dalam partai besar dengan harga nego dan kami selalu siap sewaktu-waktu dibutuhkan oleh pihak industri.

2. Maksud dan Tujuan

Besar harapan kami agar tercipta sebuah jalinan kerjasama yang dapat menguntungkan kedua belah pihak yang mana kami siap membantu dalam hal jasa pengiriman barang.

3. Data Perusahaan

Usaha ini merupakan usaha perorangan, dimana pengurus usaha adalah:

  • Nama perusaan                       : CV. H.T. PUTRA
  • Pemilik / Pimpinan Usaha      : H. TOHIR
  • Pengurus Harian                     : S. MAISYAROH
  • Dibantu                                   : 12  Karyawan
  • Alamat                                     : Dusun Gumuk Mas Rt 45/ Rw 09 Desa Karangsari Kecamatan Bantur – Malang Jawa Timur
  • No. Telp                                  : 08123261593, 095755094709, 087859933768
  • Jumlah truk                             : 5
  • E-mail                                      : c.v.h.t.putramalang@gmail.com

CV. H.T. PUTRA didirikan pada tahun 1990. Perusahaan ini bergerak dalam bidang jasa pengiriman barang yang dikembangkan dengan menjunjung tinggi tanggung jawab kerja.

Kekecewaan klien adalah hal nomor satu yang dihindari, sehingga untuk setiap langkah yang diambil, kepuasan klien menjadi satu-satunya acuan. CV. H.T. PUTRA dibangun di atas dasar pengalaman pendirinya serta didukung oleh sumber daya manusia yang memadai.

Photo copiSurat-surat izin dan referensi yang telah dimiliki dilampirkan dalam proposal ini sebagai berikut :

  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • BPKB Truk
  • Copy sertifikat rumah
  • Surat Kawin
  • Kartu keluarga
  • Kartu tanda penduduk (KTP)

4. Persetujuan Kerja

Persetujuan kerja yang perlu disepakati sebagai berikut :

  • Pembayaran I, DP 40% pd saat barang akan diberangkatkan.
  • Pembayaran II, pelunasan paling lambat 5 hari dari tanggal Faktur ( atau sesuai dengan agreement/perjanjian tertulis )
  • Harga dapat disesuaikan (bersifat negotiable).

5. Penutup

Akhirnya tanpa mengurangi rasa hormat, kami akan sangat berterima kasih apabila pihak Bapak/ Ibu dapat memberikan balasan berupa jawaban atas permohonan yang kami ajukan. Atas perhatian Bapak/ Ibu kami ucapakan banyak terima kasih.

Akhir Kata

Sekian pembahasan singkat mengenai contoh surat penawaran kerja sama di bidang ekspedisi. Semoga bisa menambah wawasan Anda dan menjadi referensi yang tepat bagi yang ingin membuat penawaran kerja sama ekspedisi.

Baca: