Ingin Kirim Kerja Lewat Email? Simak 6 Tips Berikut!

Tahukah Anda bahwa cvmenarik.com menjadi salah satu website yang memudahkan Anda untuk membuat CV yang baik dan berkualitas, agar lamaran Anda dilirik oleh perusahaan. Berbicara soal melamar pekerjaan, apalagi di masa pandemi seperti sekarang Anda tidak perlu kerepotan berkunjung langsung ke perusahaan yang dituju. 

Saat ini, cukup mudah melamar pekerjaan karena bisa dilakukan secara online salah satunya lewat email. Namun perlu diketahui bahwa ada etika yang wajib Anda ingat untuk kirim kerja via email agar lamaran Anda dilirik oleh HRD. Bagaimana Caranya? 

Etika Melamar Pekerjaan Lewat Email

Untuk Anda fresh graduate atau yang baru pertama kali akan melamar kerja lewat email, maka perlu mengetahui beberapa tips penting. Simak berikut ini. 

1. Persiapkan Dokumen Yang Akan Dilampirkan

Ingin mengirim email maka yang pertama kali harus Anda persiapkan adalah dokumen yang akan dilampirkan. Anda pasti sudah tahu apa saja dokumen yang dibutuhkan untuk mengirim lamaran dari informasi lowongan kerja terkait. Anda harus teliti dalam memperhatikan apa saja dokumen yang memang dibutuhkan.

Setiap perusahaan tentu punya syarat lampiran dokumen yang berbeda-beda, maka dari itu jangan sampai disamaratakan semua. Karena dokumen yang akan dikirim berbentuk file, maka sebaiknya beri nama file dengan judul yang profesional dan sesuai format yang diminta. 

Jangan sampai salah menulis nama file atau sengaja asal-asalan karena akan terkesan sangat tidak formal. Jika nama file-nya saja sudah kurang profesional apalagi isinya. Perhatikan juga file yang akan dikirim dari sisi besaran kapasitasnya. Akan lebih baik jika dokumen Anda memiliki ukuran file kurang dari 1MB untuk memudahkan perekrut nantinya dalam mengunduh file lamaran. 

2. Buat Alamat Email Dengan Profesional

Kini saatnya masuk ke bagian email. Yang pertama harus Anda perhatikan adalah alamat email, harus dibuat secara profesional. Usahakan untuk bisa membuat alamat email Anda dengan nama asli yang akan menunjukkan bahwa memang Anda profesional serta sungguh-sungguh saat melamar pekerjaan. Jika hanya memiliki satu email dengan alamat yang terkesan terlalu kekanakan, maka sebaiknya buat email baru saja.

Berbicara soal email, jangan lupa untuk memastikan bahwa email perusahaan yang akan Anda lamar memang sudah benar. Karena akan sia-sia jika nantinya ternyata email lamaran yang Anda kirim ke alamat email perusahaan yang salah. 

3. Masukkan Subject Email

Memasukkan subjek email dengan benar dan jelas merupakan salah satu kriteria atau etika, dalam mengirim lamaran pekerjaan via email. Pastikan bahwa Anda sudah membuat subjek dengan jelas dan tidak bertele-tele. Subjek merupakan salah satu identitas Anda sebagai pelamar, yang mudah dikenali karena tempatnya ada di kepala email.

Jadi alangkah baiknya memperhatikan dengan cukup baik saat membuat subjek email. Karena bagian ini juga menjadi salah satu pertimbangan perekrut untuk membuka lamaran anda. Jika perusahaan memberikan persyaratan untuk menulis subject sesuai dengan ketentuan yang ada, maka sebaiknya jangan keluar jalur. Alias coba-coba membuat subjek email yang berbeda dari ketentuan.

4. Jangan Lupakan Body Email

Selain subjek, Anda juga harus perhatikan pembuatan body email. Pada body email ini, akan memperlihatkan bagaimana keprofesionalan Anda dalam melamar pekerjaan. Setidaknya harus ada kalimat salam, pembuka isi dan juga penutup. 

Setelah salam, Anda harus membuka kata-kata dengan memperkenalkan diri lalu membuat tujuan lamaran. Kemudian penutupannya adalah berisi lampiran yang sudah Anda persiapkan. Jika Anda cukup bingung dengan isi dari body email, bisa juga melihat contoh surat lamaran yang dikirim lewat email di internet.

5. Gunakan Bahasa Formal

Ketika melamar pekerjaan secara offline saja, Anda disarankan untuk menggunakan bahasa formal untuk mengesankan profesionalitas dan menjunjung tinggi kesopanan. Apalagi saat melakukan lamaran kerja lewat email maka tetap harus menggunakan bahasa yang formal. Anda juga harus perhatikan bagian huruf besar dan kecil hingga penggunaan tanda baca yang tepat. 

Setelah menulis kalimat atau paragraf di body email, sebaiknya baca kembali satu atau dua kali untuk memperhatikan apakah ada kesalahan dalam penulisan kata. 

6. Perhatikan Waktu Yang Tepat

Beberapa orang mungkin menyepelekan hal ini. Padahal memperhatikan waktu yang tepat saat mengirim email, merupakan salah satu etika dalam melamar pekerjaan via email. Disarankan untuk mengirim surat lamaran kerja di jam-jam kerja. Waktu yang paling ideal adalah antara jam 10.00-11.00 WIB atau jam 14.00-15.00. 

Tidak disarankan untuk mengirim email lamaran di luar jam kerja, seperti misalnya pagi subuh atau tengah malam. Meski mungkin Anda melihat lowongan kerja pada saat tengah malam atau pagi hari, maka sebaiknya urungkan niat terlebih dahulu untuk langsung mengirim lamaran, Anda bisa persiapkan terlebih dahulu dengan matang, apa saja syarat yang dibutuhkan. 

Itu tadi beberapa tips untuk memiliki etika yang baik saat kirim lamaran kerja via email. Ketika Anda menjunjung tinggi kesopanan saat kirim lamaran kerja meski via online, berarti mencerminkan kesungguhan dan keprofesionalan Anda sebagai calon pekerja di perusahaan nantinya.