Pengertian Bisnis Plan

Pengertian Bisnis Plan dan Contohnya

Donabisnis.com – Pengertian bisnis plan. Pada pembahasan sebelumnya kami telah menjelaskan mengenai pengertian bisnis model canvas. Di sini, kami akan menerangkan definisi penjelasan bisnis plan.

Business plan (rencana bisnis) adalah sebuah rencana, ketetapan, dan pernyataan formal atas berdirinya sebuah bisnis. Ini akan menentukan bagaimana bisnis berjalan, meraup untung, strategi pengembangan, dan sebagainya.

Di sini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai pengertian bisnis plan. Kami pun akan mengulas jenis, klasifikasi, macam-macam, tujuan, manfaat, fungsi, kerangka, format, langkah, cara membuat, dan contoh bisnis plan.

Pengertian Bisnis Plan

Ada beberapa pengertian bisnis plan, yaitu definisi secara umum dan menurut pendapat para ahli. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Bisnis Plan Secara Umum

Definisi rencana korporasi adalah dokumen tertulis yang menggambarkan sifat bisnis Anda. Dalam dokumen ini, harus berisi strategi penjualan dan pemasaran yang terperinci, kondisi keuangan dan pendapatan dan pengeluaran sambil mengeksploitasi perusahaan.

Buat dokumen ini bertujuan untuk memasukkan tujuan yang ingin Anda capai, serta cara mencapai tujuan ini dengan benar. Selain itu, rencana bisnis juga dapat digunakan sebagai arah bagaimana bisnis dapat memenuhi berbagai masalah dan tantangan yang ada di masa depan.

Oleh karena itu, dokumen ini tidak dapat dilakukan dengan tergesa-gesa dan harus diatur dengan hati-hati.

Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa rencana bisnis adalah dokumen yang berisi bagaimana bisnis akan dibangun, dengan tujuan yang ingin dicapai dan strategi dalam mencapai tujuannya. Masukkan saja dokumen ini, dokumen ini dapat menjadi kompas atau arah halaman merek bagaimana perusahaan dapat tumbuh.

Pengertian Bisnis Plan Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian bisnis plan menurut para ahli.

1. Max Coulthard Dkk

“Business plan is a detailed study of the organization’s activities, which highlights where the organization has been, where it is owe and where it might get to in the future, and incorporates an action program to achieve these results.” (M.Coulthard, A.Howell,G.Clarke, 1999:3).

2. Megginson

It is a written statement setting forth the business’s mission and objectives, its operational and financial details, its ownership and management structure and how it hopes to achieve its objectives (Megginson, 2000)

3. Bygrave

A business plan is a document that convincingly demonstrates the ability of your business to sell enough of its product or service to make a satisfactory profit and be attractive to potential backers.

A better definition: A business plan is a selling document that conveys the excitement and promise of your business to any potential backers or stake­holders. (Bygrave 1994: 114)

Jenis Bisnis Plan

Sebelum memahami cara menyusun rencana bisnis yang baik, pertama-tama kita harus memahami berbagai jenis rencana bisnis. Abstrak dari berbagai sumber, setidaknya ada lima jenis rencana bisnis yang dapat Anda pilih, yaitu:

1. Rencana Bisnis Startup

Rencana bisis startup akan menjelaskan perusahaan untuk ditetapkan. Rencana ini memiliki konten produk atau layanan yang ingin Anda berikan kepada publik, termasuk evaluasi pesaing, penilaian pasar, tim pemasaran, indikator risiko, dan sistem manajemen yang akan ditetapkan.

Dalam dokumen ini, ini juga mengandung berbagai proyeksi terkait laba, pendapatan, pengeluaran, dan laju arus kas. Jenis rencana bisnis ini mungkin lengkap, sehingga sangat tepat untuk disajikan pada investor potensial.

2. Rencana Bisnis Strategis

merupakan jenis rencana yang lebih spesifik emnjelaskan tujuan yang ingin diraih perusahaan. Struktur dokumen ini berbeda-beda tiap perusahaan, namun beberapa komponen dianggap sebagai hal penting untuk dimasukkan. Misalnya visi komersial, pernyataan misi korporasi, faktor penting, strategi untuk mencapai tujuan, serta jadwal implementasi strategi perusahaan.

Rencana bisnis strategis ini mampu membantu para pemangku kepentingan memahami tujuan masyarakat. Karena itu mereka dapat membantu mempercayai visi dan misi masyarakat.

3. Rencana Bisnis untuk Operasi

Rencana bisnis untuk operasi khusus dibuat untuk bagian internal perusahaan saja. Dalam dokumen ini tercantum perencanaan dan peraturan mengenai jalan bisnis. Selain itu, dalam dokumen ini, berbagai tanggung jawab juga terdaftar untuk semua yang menarik bagi masyarakat.

4. Rencana Bisnis Pembangunan

Rencana bisnis pembangunan berkaitan lengkap dengan perusahaan yang akan dibangun. Dalam rencana bisnis ini semua kelengkapan yang ada kaitannya dengan perushaan, administrasi, serta pemberdayaan karyawan ditetapkan. Untuk alasan ini, dokumen ini dapat digunakan untuk malam internal atau bagian eksternal.

5. Rencana Bisnis Pertumbuhan

Rencana bisnis pertumbuhan adalah rencana perusahaan di mana perencanaan pembangunan perusahaan terkandung di masa depan. Dokumen ini dapat digunakan untuk kebutuhan internal dan eksternal untuk mendapatkan lebih banyak modal dari investor.

Namun, jika rencana bisnis ini digunakan untuk tujuan eksternal, dokumen tersebut harus berisi penjelasan detail rinci perusahaan, struktur manajemen.

Tujuan Bisnis Plan

Bisnis plan sangat mutlak dilaksanakan gara-gara memiliki lebih dari satu obyek utama yang sanggup untungkan perusahaan ke depannya. Berikut ini lebih dari satu obyek berasal dari adanya bisnis plan:

  • Untuk mempertajam rencana-rencana yang udah ditetapkan atau rencana yang diharapkan.
  • Untuk mengetahui arah dan obyek perusahaan.
  • Sebagai langkah untuk menggapai sasaran yang ingin dicapai.
  • Membantu Anda supaya selamanya kreatif dan fokus terhadap obyek yang udah ditetapkan selagi awal ingin mengakses sebuah bisnis.
  • Alat untuk melacak dana, supaya Anda sanggup sesuaikan keuangan dan berhasil di dalam bisnis.
  • Sarana komunikasi untuk menarik orang lain, pemasok, konsumen, dan penyandang dana. Hal ini dapat memicu mereka mengetahui obyek dan langkah operasional bisnis Anda.
  • Mempermudah untuk menggerakkan bisnis bersama mengetahui langkah-langkah praktis di dalam hadapi persaingan, memicu promosi, dan sebagainya, supaya bisnis dapat lebih efisien dan menghasilkan keuntungan.
  • Membuat pengawasan lebih ringan di dalam operasional yang dapat dilakukan.
  • Sebagai alat untuk melacak laba berasal dari pihak ketiga seperti investor, bank atau lainnya.

Manfaat Bisnis Plan

Berikut adalah keunggulan perencanaan bisnis dengan baik:

1. Tujuan Bisnis Menjadi Lebih Jelas

Manfaat yang paling utama dari penggunaan bisnis plan adalah bisa merancang strategi bisnis awal perusahaan. Bisnis yang baru dirintis akan sulit dikembangkan tanpa pengelolaan yang jelas. Jadi, menyusun rencana bisnis akan memudahkan untuk menentukan kewajiban setiap anggota perusahaan agar bisa mencapai target perusahaan.

2. Prioritas Anda Akan Lebih Masuk Akal

Dengan menggunakan bisnis plan, Anda akan tahu cara menentukan prioritas bisnis. Prioritas ini mencakup pertumbuhan manajemen bisnis, kesehatan keuangan perusahaan, hingga relasi dengan pelanggan dan masyarakat.

Penerapan prioritas ini sepele tetapi sangat penting karena jika Anda fokus pada prioritas yang telah Anda definisikan sejak awal, bisnis Anda akan meningkat lebih cepat.

3. Rencana Korporasi Akan Meminimalkan Risiko Kegagalan

Melalui perencanaan bisnis tentu saja Anda akan lebih siap membangun perusahaan secara profesional. Saat membuat rencana bisnis, Anda tahu masalah apa yang akan Anda temui dan Anda dapat mempertimbangkan dampak dari masing-masing masalah ini dan menemukan cara untuk menyelesaikan masalah yang ada. Ini tentu meminimalkan risiko kegagalan perjalanan bisnis begitu lama.

4. Memprediksi Masa Depan

Dengan rencana bisnis yang matang, Anda dapat memprediksi masa depan bisnis Anda. Tentu saja, ketika Anda menetapkan rencana bisnis, Anda akan membuat gambar pendek, rata-rata dan tahan lama untuk bisnis Anda.

Meskipun ini subjektif, tetapi tidak mengecualikan kemungkinan prediksi yang dapat Anda capai. Tentu saja, perkiraan harus didukung oleh penelitian atau survei yang dapat dibayarkan dalam strategi.

5. Mencari Sumber Dana

Melalui perencanaan ibniss Anda bisa menemukan informasi akurat terkait dengan modal sumber dana. Anda bisa menggunakan dana melalui dukungan investor yang bersedia dan mampu mendukung pertumbuhan bisnis Anda.

Kerangka Format Bisnis Plan

Berikut adalah format bisnis plan yang sederhana.

1. Pendahuluan

Antara lain berisi penjelasan mengenai:

  • Latar belakang dan motivasi melakukan usaha
  • Justifikasi pemilihan obyek usaha.
  • Tujuan Usaha yang hendak dicapai

2. Analisis Produk

Antara lain berisi penjelasan mengenai:

  • Jenis dan nama produk, karakteristik produk
  • Keunggulan produk dibanding dengan produk lain di pasaran
  • Keterkaitan dengan produk lain termasuk perolehan bahan baku

3. Analisis Pasar

Antara lain berisi uraian mengenai:

  • Profil konsumen.
  • Potensi dan segmentasi pasar
  • Pesaing dan peluang pasar
  • Media promosi yang akan digunakan
  • Target atau rencana penjualan satu tahun
  • Strategi pemasaran yang akan diterapkan

4. Analisis Produksi

Antara lain berisi uraian mengenai:

  • Bahan baku, bahan penolong dan peralatan yang digunakan
  • Pasokan bahan baku
  • Proses produksi/operasi
  • Rencana produksi selama 1 tahun

5. Analisis Keuangan

Antara lain menjelaskan tentang:

  • Investasi yang diperlukan (kebutuhan modal disertai perhitungannya)
  • Penentuan harga pokok penjualan
  • Rencana Neraca awal dan Neraca Akhir Tahun
  • Rencana Laporan Laba/Rugi

Langkah Cara Membuat Bisnis Plan

Setelah kita paham pengertian business plan serta jenis-jenisnya. Maka sementara ini kita akan studi dengan berkenaan langkah membawa dampak dokumen bisnis plan yang baik. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Lakukanlah Lebih Banyak Riset

Saat pertama kali membuat bisnis plan Anda perlu menyiapkan riset dengan berbagai macam pertanyaan tentang produk apa yang sebaiknya dibuat. Anda bisa menanyakan pada diri sendiri berkaitan dengan unique selling point dari produk Anda, kemudian melihat keunggulannya dibandingkan pesaing.

Anda termasuk perlu menanyakan berkenaan kenapa pelanggan atau customer Anda perlu pilih product tersebut? Siapa target pasarnya? dan kapankah sementara terbaik dalam mengenalkan product Anda di pasar? Pertanyaan dengan dasar 5W+1H ini akan benar-benar menunjang Anda dalam menggerakkan bisnis.

Setelahnya, lakukanlah analisa pasar untuk paham persaingan bisnis yang hendak Anda masuki. Analisa pasar atau riset pasar ini benar-benar mutlak untuk membawa dampak langkah yang tepat untuk membawa dampak suatu kebijakan yang baik atau yang buruk. Riset pasar ini termasuk sanggup menunjang Anda dalam pilih target perusahaan di masa depan.

2. Cobalah Membuat Company Profile

Bisnis plan yang baik juga perlu informasi perusahaan secara lengkap. Informasi ini bisa Anda tuangkan dalam betuk company profile website yang berisi alamat kantor, nama perusahaan, nama direksi dan komisaris, sejarah perusahaan, dan produk yang ditawarkan.

Company profile ini termasuk sanggup memuat aset perusahaan,visi dan misi perusahaan, serta target pasar. Dengan membawa dampak company profile yang baik, maka perusahaan Anda akan punyai nilai kredibilitas yang baik.

Artinya, company profile sanggup Anda jadikan sebagai kesempatan untuk menjajakan perusahaan Anda pada para calon investor atau calon pelanggan. Untuk itu, sebaiknya tempatkan company profile ini pada bagian depan bisnis plan.

3. Tentukanlah Tujuan Bisnis Anda

Anda juga perlu menentukan tujuan bisnis di dalam bisnis plan, sebab ini akan meyakinkan konsumen dan stakeholder bahwa bisnis Anda memiliki prospek menjanjikan. Tapi, Anda perlu melengkapinya dengan langkah atau langkah-langkah dalam menggapai target tersebut. Untuk itu, rumuskanlah bermacam langkah untuk menggapai target tersebut, baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang.

Adanya pernyataan ini termasuk berfaedah untuk mengamankan modal Anda berasal dari calon investor. Namun, jelaskanlah target yang mendasari pendanaan tersebut secara rinci, lalu bagaimana pendanaan itu sanggup membawa dampak bisnis Anda sanggup berkembang.

4. Siapkanlah Seluruh Dokumen yang Dibutuhkan

Dalam company profile tak semua yang berkaitan dengan perusahaan bisa dituangkan, maka Anda harus menyiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan agar bisa meningkatkan kredibilitas perusahaan. Untuk itu, Anda perlu catatan laporan keuangan, arus kas, lisensi, dan sebagainya. Berbagai dokumen tersebut akan jadi perhatian mutlak bagi para investor sebelum akan kelanjutannya mereka berkenan menanamkan modalnya.

5. Jelaskan dengan Rinci Barang Atau Jasa Anda

Terdapat lebih dari satu faktor yang perlu Anda jelaskan dengan baik, yakni penjelasan berkenaan langkah kerja produk, pricing type dan alasan di balik type tersebut, target customer utama, alasan kenapa product Anda lebih unggul berasal dari product sejenis lainnya, dan langkah pemasaran serta penjualan.

6. Buatlah Marketing Plan

Marketing plan juga sangat penting dalam binsis plan, karena dengan itu Anda memiliki rencana yang lebih tampak dari sisi pemasaran. Dalam marketing plan, Anda bisa menyertakan latar belakang proyek, visi dan misi, masalah yang ada, target dan objektif, serta target customer.

Selain itu, Anda termasuk perlu mengatakan channel utilization berkaitan kanal pemasaran Anda, langkah komunikasi pada calon konsumen, serta timeline dalam meyakinkan proyek bisnis sanggup terjadi tepat waktu.

7. Sesuaikan Pada Target Pembacanya

Setiap jenis bisnis plan dimaksudkan untuk pembaca yang berbeda-beda. Terdapat yang cuma untuk keperluan internal, tersedia termasuk yang dibuat tertentu untuk para investor dan pimpinan perusahaan.

Untuk lebih dari satu pihak tertentu, Anda cuma perlu mencantumkan bermacam perihal yang tertentu saja dalam dokumen ini. Dengan begitu, Anda sanggup lebih fokus dalam utamakan faktor tertentu saja yang sesungguhnya perlu dimengerti oleh pembaca.

Dengan begitu, Anda sanggup membawa dampak lebih dari satu versi bisnis plan. Hanya saja, Anda perlu meyakinkan bermacam knowledge faktual dalam bisnis plan tersebut kegunaan hindari terdapatnya kekeliruan di lantas hari.

Contoh Bisnis Plan

RINGKASAN EKSEKUTIF

Bisnis yang akan saya kembangkan adalah usaha di bidang kuliner yaitu nasi susu boba topping jenang daerah. Hal ini dikarenakan saya suka dalam  hal kuliner manis.

Selain itu produk serupa juga belum ada di pasar, sehingga kemungkinannya dapat bersaing dengan produk lainnya. Lokasi yang strategis yaitu di daerah kampus juga merupakan salah satu motivasi untuk mendirikan usaha ini. 

Tujuan

Tujuan dari pendirian usaha ini adalah sebagai berikut :

  • Sebagai usaha untuk mencari pendapatan dan memberikan perkerjaan bagi orang lain.
  • Memberikan tempat untuk para boba dan kuliner manis lainnya
  • Untuk menyalurkan hobi dan sebagai praktek dari perkuliahaan yang telah didapat.

Visi dan Misi

Menjadi suatu usaha padat karya yang sukses di bidang kuliner yang menghadirkan suatu produk kuliner yang berkualitas dan bisa memanfaatkan serta mengembangkan jajanan kuliner kekinian dipadukan dengan jajanan tradisional.

Misi

  • Membangun spot – spot yang nyaman dan memberikan kesan bagi para konsumen.
  • Memanjakan pecinta masakan nasi goreng dan para pecinta warna.

Keunggulan Produk

  • Mempunyai tampilan yang unik dan menarik dengan berbagai warna yang berasal dari bahan-bahan alami.
  • Mempunyai cita rasa yang berbeda dari minuman boba lainnya
  • Disajikan dalam bentuk yang menarik dan memikat hati.

Program Pemasaran 

Diferensiasi
Perbedaan produk kami dengan produk lainnya adalah dalam hal keunikannya..

Produk
Produk yang kami tawarkan dalam usaha kami ini adalah produk kuliner berupa susu boba topping jenang dimana komposisinya disesuaikan sesuai selera customer.

Harga  
Harga yang kami tetapkan adalah harga yang standar yang sudah  disesuaikan kantong mahasiswa. Yaitu berkisar antara Rp 10.000 – Rp.15000

Promosi

  • Dipasarkan melalui daring menggunakan word of mouth atau testimoni di Instagram

Rencana Investasi dan Biaya Pra Operasi

A. Rencana Investasi (estimasi)
Total Biaya Investasi Rp 25.000.000

B. Biaya pra operasional (estimasi)
Total biaya pra operasional Rp 25.700.000
Saldo Rp 300.000

C. Proyeksi Penjualan (estimasi)
Total Penjualan 1 tahun  Rp 71.000.000

D. Proyeksi Laba/ Rugi (estimasi)
Total laba selama 1 tahun Rp 20.000.000 

E. Analisis Kelayakan Usaha

KeteranganHasil AnalisisKesimpulan
NPVRp   4 .417.500Go proyek
BCR1,27Go proyek

F.  Sumber daya pendukung

• Bangunan 

Untuk mendukung usaha ini kami telah menyewa ruko yang berada di Jln. Pogung yang merupakan salah satu jalan yang ramai di daerah kampus.

• Manusia

Usaha ini didirikan oleh saya yang merupakan mahasiswa jadi saya dapat mengetahui selera dan kondisi mahasiswa.

Rencana Pengembangan Produk

Apabila usaha ini sudah berjalan agak  lama dan sudah dikenal oleh orang banyak sehingga menjadikan usaha ini lancar dan mempunyai konsumen tetap. Dengan demikian kami akan menghadirkan produk baru setiap bulannya sehingga konsumen tidak merasa jenuh. konsumen untuk membeli produk kami, sehingga konsumen puas kami pun juga puas.

Tabel  Perkiraan Persentase Pelanggan

SegmenJumlah (%)
Mahasiswa UGM, UNY, UI, ITB80 %
Masyarakat Umum20 %
Total100%

Analisis Persaingan

Mendirikan usaha di tempat yang strategis memang menguntungkan apalagi di daerah yang ramai seperti kampus. Bisnis kuliner merupakan usaha yang menjanjikan karena merupakan produk yang selalu dicari orang. 

Akan tetapi penjual minuman juga cukup banyak dan bersaing di dekat kampus UGM. Untuk menarik minat konsumen para penjual menawarkan produknya dengan harga murah, cita rasa yang enak, dan tempat yang nyaman, serta promosi diskon jika produk kami di mention dalam story Instagram.

Dengan kondisi di atas membuat kami yakin bahwa produk kami dapat bersaing dengan produk yang telah beredar di Pasar. Hal ini dikarenakan belum adanya produk serupa yang diperjualbelikan sehingga membuat konsumen tertantang untuk mencoba.

Analisis S.W.O.T 

Usaha boba susu topping jenang apabila dianalisis dengan metode S.W.O.T (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) adalah sebagai berikut :

Strength (kekuatan) :

  • Memiliki lokasi yang strategis dan tempat yang bersih, nyaman, aman dan menarik konsumen.
  • Mempunyai produk yang belum beredar di pasar.
  • Menerapkan harga yang disesuaikan dengan mahasiswa.
  • Mempunyai jam buka yang panjang ( dari pukul 07.30 – 17.30 WIB)

Weakness (kelemahan) :

  • Usaha ini masih merupakan usaha baru yang belum banyak diketahui oleh konsumen.
  • Masih terbatasnya warna alami yang disesuaikan dengan warna kesukaan konsumen.
  • Tempat usaha yang bukan merupakan tempat pribadi sehingga dapat mempersulit pengembangan usaha ini kedepannya.

Opportunity (kesempatan) :

  • Belum adanya produk yang sama dengan yang kami tawarkan.
  • Keinginan orang untuk mencari produk yang unik dan jarang ada di pasar.

Threat (ancaman) :

  • Bertambahnya penjual nasi goreng yang menawarkan produk mereka dengan harga yang murah.
  • Semakin banyaknya orang yang menawarkan makanan yang unik lainnya.

KEUANGAN

Rencana Investasi dan Biaya Pra Operasi

Rencana Investasi (estimasi)

Dana pribadi                                     Rp  14.000.000
Pinjaman Koperasi                           Rp  20.000.000

Total Biaya Investasi                     Rp 36.000.000

Biaya pra operasional (estimasi)

Sewa tempat                                    Rp    10.000.000
Izin Usaha                                          Rp    1.500.000
Meja 6 buah   @ Rp 200.000           Rp    1.200.000
Kursi 20 buah @ Rp   40.000           Rp       800.000
Televisi                                              Rp       750.000
Pengecatan                                      Rp       250.000
Pembelian bahan                             Rp    5.500.000
Peralatan masak                               Rp    5.500.000
Promosi                                             Rp       200.000

Total biaya pra operasional         Rp 25.700.000

Saldo                                               Rp      300.000

Proyeksi Penjualan (estimasi)

o   1 bulan pertama

900 @ Rp 10.000 Rp   9.000.000

Total penjualan Rp 9.000.000

Total penjualan bulan kedua x2   Rp 9000.000

Total penjualan 2 bulan pertama  Rp 18.000.000

KESIMPULAN

Dilihat dari segi pemasaran, masih terdapat peluang yang cukup besar karena produk yang kami tawarkan tergolong unik dan menarik dan belum ada produk serupa di pasaran. 

Dilihat dari segi manajemen, usaha ini dikembangkan dan dikelola oleh saya pribadi dan dengan bantuan karyawan yang mempunyai usaha keras. Sehingga kami terpacu untuk selalu memberikan yang terbaik bagi usaha ini.

Dilihat dari aspek keuangan, baik ketersediaan modal dan analisis finansial yang kami lakukan membuat usaha ini cukup menguntungkan meskipun memerlukan waktu untuk mencapai keuntungan yang lebih besar. Penjualan sudah balik modal setelah dua bulan penjualan.

Dengan melihat berbagai segi di atas maka dapat disimpulkan bahwa usaha ini layak untuk dilakukan. Untuk itu agar usaha ini sukses harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan kerja keras sehingga usaha ini dapat menjadi usaha yang sukses di kemudian hari.

Akhir Kata

Itu dia penjelasan lengkap mengenai pengertian bisnis plan dan cara membuatnya. Mulai dari pengertian secara umum, menurut para ahli, tujuan, fungsi, manfaat, kerangka, format, langkah, cara membuat, dan contoh bisnis plan atau business plan.

Tinggalkan komentar