Pengertian Bisnis Model Canvas

Pengertian Bisnis Model Canvas dan Contohnya

Donabisnis.com – Pengertian bisnis model canvas. Bisnis model canvas (business model canvas) merupakan salah satu kerangka kerja yang membahas model bisnis dengan disajikan dalam bentuk visual beruka kanvas lukisan.

Manfaat business model canvas adalah untuk mempermudah pembacaan model bisnis sehingga dapat diterima dengan baik oleh pendengar. Kemudian mereka bisa memberi tanggapan terbaik akan bisnis model tersebut.

Nah mungkin di sini masih ada yang belum tahu tentang pengertian bisnis model canvas. Di sini, kami juga akan menerangkan elemen, fungsi, cara membuat, dan contoh secara lengkap.

Pengertian Bisnis Model Canvas

Business Model Canvas adalah strategi manajemen yang digunakan untuk merancang perencanaan kegiatan Perusahaan berdasarkan proposal nilai, produk, infrastruktur, pelanggan dan keuangan perusahaan. Penciptaan Penciptaan Pertama oleh Alexander Osterwalder pada tahun 2005, model kegiatan bisnis adalah salah satu strategi manajemen lingkaran bisnis populer dan sering dipelajari di universitas. Popularitas disebabkan oleh tampilan bisnis model yang sederhana dan mudah dipahami.

Elemen Bisnis Model Canvas

Di BMC terdiri berasal dari 9 elemen mutlak yang saling berhubungan satu mirip lain. Untuk lebih sadar elemen-elemen mutlak tersebut, dapat manfaatkan pertanyaan-pertanyaan layaknya di bawah ini.

1. Customer Segments

  • Siapa saja yang menjadi customer usaha kamu?
  • Seperti apa karakteristik orang yang inginkan anda bantu menyelesaikan masalahnya?
  • Apa yang mereka lakukan, pikirkan, dan rasakan?

2. Value Proposition

  • Apa solusi yang anda tawarkan ke konsumen?
  • Apa yang menarik berasal dari solusi tersebut?
  • Apa yang mengakibatkan customer senang memilih, membeli, dan manfaatkan value berasal dari usaha kamu?

3. Channels

Bagaimana cara memberikan value kepada konsumen?

4. Customer Relationship

Bagaimana cara melakukan interaksi sehingga kesetiaan customer dapat terjaga?

5. Revenue Stream

Bagaimana cara value yang ditawarkan sehingga dapat membuahkan uang?

6. Key Activities

Apakah kegiatan kunci atau langkah kompetitif yang dilaksanakan sehingga dapat membuahkan value proposition?

7. Key Resource

Apa saja sumber energi utama yang wajib dimiliki dalam usaha anda untuk membuahkan value yang kompetitif?

8. Key Partnership

Siapa saja partner yang diajak untuk bekerja mirip demi membantu usaha anda sehingga tetap kompetitif?

9. Cost Structure

Apa saja faktor-faktor pembentuk cost yang wajib dikeluarkan?

Fungsi Bisnis Model Canvas

Pembuatan teknologi model model bertujuan untuk membantu perusahaan merancang proses bisnis perencanaan dan membangun dan memvalidasi poin-poin penting di perusahaan seperti; Sumber daya, kegiatan, hubungan akan didirikan dengan pihak terkait, pendapatan, pengeluaran yang harus dikeluarkan.

Manfaat Bisnis Model Canvas

Dengan contoh bisnis model kanvas, dapat dilihat bahwa blok yang ada dalam model bisnis kain cukup mudah dimengerti. Selain mudah dimengerti, ada beberapa keunggulan model kanvas untuk bisnis. Keunggulan ini termasuk;

1. Mempersingkatkan Penulisan

Dengan metode konvensional, pemain bisnis akan diminta untuk menulis waktu yang lama pada kegiatan perencanaan yang harus dilakukan. Meskipun bisnis model bisnis, perusahaan perlu memenuhi poin perencanaan berdasarkan blok yang ditentukan tanpa perlu ditulis. Penentuan poin penting semakin dipimpin oleh blok yang disediakan.

2. Tingkatkan Fokus

BMC memfokuskan kegiatan pada elemen strategis paling penting dan akan memiliki dampak terbesar pada dorongan pertumbuhan. Properti visual membantu memahami dengan dapat melihat citra keseluruhan perusahaan dan dengan demikian melihat bidang kekuatan dan kelemahan tergantung pada pintu masuk. Ini membangun model bisnis sehingga keseluruhan terdiri dari dan lebih besar dari jumlah potongan.

3. Mengurangi Risiko Kesalahan

Secara tidak langsung, model kanvas bisnis dapat digunakan sebagai dokumen perencanaan bisnis dalam rencana perencanaan bisnis. Ketika orang-orang bisnis mengatur eksekusi komersial, mereka dapat membuat model bisnis di kanvas akan menjadi panduan bisnis untuk menjalani eksekusi komersial berdasarkan titik desain sebelumnya. Dengan demikian, perusahaan dapat mengurangi risiko kesalahan dalam pelaksanaan perusahaan.

Cara Membuat Bisnis Model Canvas

Bisnis model kanvas mencakup 9 blok yang dapat diisi sesuai dengan masing-masing poin penting dalam merencanakan bisnis bisnis. 9 blok bisnis model canvas meliputi:

1. Nilai Proposisi

Proposisi nilai adalah nilai yang diposisikan oleh Perusahaan untuk kandidat pelanggan. Nilai ini mencakup produk atau layanan dan bagaimana perusahaan ingin dilihat oleh pelanggan potensial.

2. Segmen Klien

Di sebuah perusahaan, pelanggan adalah salah satu komponen penting. Dari klien, sebuah perusahaan akan mendapatkan penghasilan. Perusahaan dapat mengisi blok ini dengan segmentasi pelanggan karena mereka menargetkan sesuai dengan proposisi nilai.

3. Saluran

Setiap perusahaan membutuhkan sarana atau sarana untuk menyediakan layanan atau produk mereka kepada pelanggan. Saluran adalah sarana atau sarana menyediakan layanan atau produk kepada pelanggan berdasarkan segmen yang ditentukan sebelumnya.

4. Hubungan Pelanggan

Sejauh ini, dianggap cara membangun hubungan dengan pelanggan. Bagi pelanggan tidak mudah beralih ke bisnis lain, sangat penting untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Selain itu, pengawasan ketat dan intensif diperlukan dalam hubungan pelanggan.

5. Aktivitas Utama

Banyak kegiatan harus dilakukan oleh produk dan perusahaan produksi layanan dan bertahan hidup di tengah persaingan. Perusahaan dapat memenuhi berbagai kegiatan yang akan mereka lakukan untuk menghasilkan produk dan layanan di blok aktivitas utama. Kegiatan utama juga menunjukkan kegiatan utama yang harus memiliki perhatian lebih besar dari masyarakat.

6. Sumber Daya Utama

Sumber daya adalah kunci untuk mencapai proposisi nilai dalam kegiatan utama yang akan diimplementasikan. Dalam sumber daya utama, perusahaan dapat memenuhi sumber daya yang mereka miliki, baik pekerja maupun benda mati seperti peralatan dan peralatan.

7. Kemitraan Kunci

Tidak mungkin bagi masyarakat untuk dapat tetap sendirian tanpa bantuan hubungan dari bagian lain, baik kepada pelanggan dan penyedia bahan-bahan utama. Untuk memfasilitasi hubungan yang terawat dengan baik, merencanakan bagaimana hubungan akan dieksekusi saat pelaksanaan perusahaan. Sumber daya utama dapat diselesaikan oleh semua pihak yang harus diundang untuk bekerja sama untuk mencapai tujuan.

8. Arus pendapatan

Selain kegiatan penting yang dijelaskan dalam kegiatan utama, perusahaan perlu menentukan bagaimana mereka akan mendapatkan keuntungan atau keuntungan dari kegiatan utama yang akan dieksekusi berdasarkan proposisi nilai. Aliran pendapatan menjelaskan bagaimana perusahaan mendapat manfaat ketika perusahaan telah dieksekusi.

9. Struktur Biaya

Tanpa mendapatkan keuntungan, bisnis harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk mengelola bisnis dan mendapat untung. Struktur biaya mencakup jenis biaya yang akan dikeluarkan ketika perusahaan berjalan. Contoh biaya ini termasuk; Biaya sewa untuk tempat, internet, listrik, dll. Dengan manajemen pengeluaran yang akurat, perusahaan akan lebih efisien dan menghindari risiko kehilangan.

Contoh Bisnis Model Canvas

Untuk memahami bagaimana model komersial Web berfungsi, berikut adalah contoh templat kanvas yang dapat Anda pelajari untuk perencanaan bisnis. Dapat dilihat melalui tabel di bawah ini, model kanvas bisnis memiliki visual sederhana tetapi mampu memuat banyak detail penting. Pemain perusahaan juga dapat mengisi poin atau barang-barang penting tergantung pada blok yang disediakan.

business model canvas

Akhir Kata

Itu dia penjelasan lengkap mengenai pengertian bisnis model canvas dan contohnya. Mulai dari pengertian secara umum, menurut pendapat para ahli, fungsi, tujuan, manfaat, elemen, cara membuat, membaca, hingga contoh bisnis model canvas.

Tinggalkan komentar