Pengertian Bisnis Online

Pengertian Bisnis Online dan Contohnya

Donabisnis.com – Pengertian bisnis online. Pada zaman digital seperti sekarang, sangat banyak orang yang mengalihkan bisnisnya dari offline (konvensional) menuju online. Tentunya ada banyak manfaat yang diperoleh dari bisnis yang dikerjakan online.

Seperti diketahui, bisnis online adalah bisnis, usaha, atau upaya mencari keuntungan, rezeki, uang, dan sebagainya melalui platform online atau media sosial. Di sini, kami akan membahas lebih banyak tentang bisnis online.

Mulai dari pengertian, manfaat, jenis, tips sukses, hingaga contoh bisnis online. Anda bisa menyimak selengkapnya pada pembahasan di bawah berikut ini.

Pengertian Bisnis Online

Ada banyak pengertian bisnis online, yaitu secara umum dan menurut para ahli. Berikut pembahasan selengkapnya.

Pengertian Bisnis Online Secara Umum

Memahami bisnis online adalah kegiatan komersial di bidang penjualan dan layanan produk yang ditawarkan melalui media, dengan awal negosiasi terhadap kegiatan transaksi.

Inti dari gagasan bisnis online ini adalah semua ide bisnis dan produk unik, banyak dicari dan artikel sampai layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat dapat menjual melalui internet atau apa yang lebih akrab bagi bisnis online kami.

Yang berarti bahwa setiap orang dapat menjual semua produk dalam bentuk online, di mana ketika kami menjual barang dengan online, kami tidak dapat menghadapi langsung dengan klien.

Dengan kata lain, Anda hanya harus melakukan kegiatan dengan menjual menggunakan media internet, kita sudah bisa disebut pengusaha online.

Bahkan apa yang tidak diketahui banyak orang, jika kita memiliki kemampuan untuk memasarkan sesuatu produk / layanan di Internet. Jadi kita bisa mendapatkan peluang luas untuk memasarkan produk = produk orang lain, baik individu maupun perusahaan besar dengan pendapatan yang cukup menggoda.

Bisnis online Anda sendiri terdiri dari 2 kata untuk mengetahui, bisnis dan online. Di mana makna setiap kata adalah:

Bisnis, adalah kegiatan atau upaya yang dilakukan oleh sekelompok orang dan individu (individu), untuk mendapat manfaat dari memproduksi produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Online, kata online ini memiliki pemahaman tentang suatu kegiatan yang terhubung melalui jaringan komputer yang dapat diakses melalui jaringan komputer lainnya.

Pengertian Bisnis Online Menurut Para Ahli

Di bawah ini adalah beberapa kumpulan pengertian bisnis online menurut para ahli. Silahkan simak ulasan lengkapnya.

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Dalam kamus besar bahasa Indonesia bisnis online diartikan sebagai suatu usaha komersial dalam bidang penjualan produk dan jasa yang memanfaatkan media internet.

2. Buku New Enterpreuneur Orientation

Menurut buku new enterpreuneur orientation menyebutkan bahwa online bussinnes adlah pekerjaan yang dilakukan oleh perorangan atau sekelompok orang untuk mendapatkan laba melalui media internet.

3. Dedik Kurniawan

Pengertian bisnis online menurut ahli Dedik Kurniawan adalah pekerjaan yang dilakukan dengan berbasis media internet dalam melakukan serangkaian kegiatan yang dilakukan, misalnya bisnis itu sendiri.

4. Jasma dan Solusindo

Jasman dan Solusindo berpendapat bahwa bisnis online adalah tempat untuk berbagi informasi dimana kita juga dapat menyumbangkan ide atau pemikiran kita untuk membuat komunitas yang solid melalui jaringan internet.

5. Yudhi Wicaksono

Pengertian bisnis online menurut Yudhi Wicaksono diartikan sebgai sarana jual beli produk dan jasa maupun layanan melalui internet dengan dukungan fitur-fitur yang telah disediakan.

Manfaat Bisnis Online

Memiliki potensi besar, membuat orang semakin banyak membangun bisnis online. Bukan tanpa sebab, ini terjadi karena bisnis online memiliki beberapa manfaat yang meliputi:

  • Anda dapat menghemat biaya sewa dan biaya karyawan.
  • Anda dapat menjual produk dengan fleksibilitas (banyak jenis)
  • Kemudahan akses melalui Internet, membuat kami dapat mengelola bisnis online kapan saja dan di mana saja 24 jam sehari 7 hari seminggu.

Tidak hanya memiliki banyak manfaat, dalam bisnis online ada beberapa tantangan yang ingin kami hadapi, termasuk:

  • Dengan melakukan bisnis online kami yang diperlukan untuk memiliki kemampuan teknis sehubungan dengan situs web dan internet.
  • Menghabiskan tarif tambahan berdasarkan gadget, perangkat komputer dan perangkat lunak pendukung.
  • Risiko penipuan online.

Begitu banyak hal yang telah kita bahas tentang perusahaan online, tetapi kita tidak boleh lupa untuk menemukan bagaimana keberhasilan bisnis di perusahaan online.

Jenis Bisnis Online

Kegiatan di perusahaan online ini dapat dilakukan pada beberapa jenis platform (bentuk perangkat atau fitur di Internet). Jenis bisnis online meliputi:

1. Website

Bisnis online bisa dengan mudah dijalankan melalui situs website. Dalam hal ini Anda menjadi pemilik, pengelola, dan bisa menjual barang apapun lewat website pribadi Anda. Anda juga bisa menentukan desain, konten, dan segala hal yang berkaitan dengan website dan bisnis Anda.

2. Toko Online

Tidak seperti situs web, jika Anda menggunakan toko atau pasar online dalam bisnis online, Anda akan tahu jika Anda melakukan bisnis dengan toko, Anda dapat membandingkan diri Anda dengan menyewa posisi dari pemilik pasar.

Artinya, Anda tidak dapat memperoleh akses untuk mengatur dan mengubah kebijakan posting yang Anda sewa di pasar. Karena dalam peraturan, apa yang terjadi jika ada masalah atau perubahan, Anda harus selalu patuh atau aturan pasar itu sendiri? Tentu saja, itu adalah perbedaan terbesar dalam melakukan bisnis online dengan toko dan situs web yang telah dijelaskan.

3. Media Sosial

Media sosial saat ini juga bisa dimanfaatkan sebagai platrom bisnis online. Hal tersebut karena beberapa keunggulan yang dimiliki berikut ini.

  • Jejaring sosial adalah cara mudah bagi seseorang untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk atau layanan yang dibutuhkan konsumen.
  • Medai Sosial dapat membantu menemukan konsumen baru melalui merek, promosi, dan pengesahan.
  • Jejaring sosial dapat memperluas tujuan pasar bisnis online.
  • Lebih mudah untuk bertugas langsung ke konsumen secara online.
  • Kembangkan target pasar selangkah lebih dari pesaing.
  • Membangun komunikasi dengan konsumen melalui jejaring sosial.
  • Tingkatkan kesadaran dan promosi merek dengan biaya minimum.
  • Setelah mengetahui pengertian dan jenis bisnis Onlie, maka kami juga tahu manfaat melakukan bisnis online sebagai berikut.

Tips Sukses Bisnis Online

Ketika menjalani bisnis online, tentu Anda ingin sukses, bukan? Berikut adalah beberapa tips atau anjuran agar dapat sukses menjalani bisnis online.

1. Tetapkan Tujuan

Saat pertama kali menjalani bisnis online, langkah pertama yang harus dilakukan adalah berpikir terlebih dahulu mengenai apa tujuan dari bisnis. Anda bisa mencari tujuan dimulai dengan konsep dan sektor bisnis yang ingin dijalani.

2. Riset Pasar

Memulai bisnis online dengan apa yang Anda minati adalah sesuatu yang baik untuk dilakukan, dan akan lebih baik jika sebelum Anda melakukan bisnis online, diikuti dengan meriset pasar terlebih dahulu. Melakukan riset pasar adalah cara mengetahui potensi pasar.

3. Perluas Jaringan

Jangan lupa untuk memperluas koneksi dan jaringan ketika menjalani bisnis online. Sebab dengan lebih banyak koneksi ke klien pelanggan, dan rekan bisnis, Anda bisa mengembangkan bisnis online dengan lebih cepat.

4. Pemasaran

Pemasaran atau marketing adalah pendorong semua jenis bisnis di dunia ini, termasuk bisnis online. Karena pemasaran adalah pendukung utama dalam penjualan, melalui pemasaran calon konsumen bisa mengetahui bahwa Anda menjual suatu produk.

Contoh Bisnis Online

Berikut adalah beberapa contoh ide bisnis online yang menguntungkan, tidak membutuhkan banyak modal, cocok untuk pemula, dan menghasilkan banyak unag.

1. Affiliate Marketing

Afiliate marketing adalah contoh bisnis online yang sangat menjanjikan. Pada dasarnya ini mirip seperti broker atau makelar. Teknisnya Anda memasarkan produk atau jasa orang lain di platform penjualan Anda. Ketika laku, maka Anda mendapatkan komisi sesuai yang disepakati dengan penjual.

Affiliate marketing ini dapat tetap menjanjikan selama masih tersedia pihak-pihak yang mau fokus pada produk dan fasilitas after salesnya. Sehingga untuk urusan marketing dan sales beberapa besar diserahkan pada para affiliate marketer ini.

Jika Anda tertarik mengawali ide usaha online affilaite marketing ini, caranya mudah. Anda cuma mesti sediakan beberapa hal tersebut ini:

  • Website/landing page
  • Akun di affiliate network seperti JVZoo, Clickbank, Idaff, Ratakan, dll
  • Akun Facebook ads
  • Akun Google Ads
  • Sejumlah uang untuk beriklan

Setelah itu semua dipersiapkan, menentukan produk yang tersedia di affiliate network, membuat landing pagenya di situs Anda sendiri, selanjutnya iklankan di Facebook Ads dan Google Ads dan menunggu hasilnya. Selain hal-hal di atas, Anda juga mesti mencermati list building sehingga ke depan Anda miliki traffic sendiri dan tidak terus-terusan terkait pada iklan berbayar.

2. Copywriter

Menulis memang mudah, namun menulis postingan yang enak dibaca merupakan sesuatu yang sulit. Kadang orang juga tak punya waktu untuk melakukannya sehingga banyak yang membutuhkan jasa copywriter untuk bisnis, perusahaan, atau pribadi.

Copywriter adalah orang yang membuat tulisan copywriting. Copywriting sendiri punya tujuan untuk membangun kesadaran calon pembeli pada suatu produk atau usaha lewat tulisan. Teknisnya dengan menjelaskan atau mengkomunikasikan penawaran kepada calon pembeli menggunakan bahasa yang lebih gampang dipahami. Selain itu dengan copywriting mampu memicu orang yang membaca menjadi tertarik untuk membeli.

Untuk mengawali usaha online sebagai seorang copywriter Anda cuma perlu bermodalkan kemampuan menulis. Sedangkan untuk memasarkannya Anda mampu menggunakan sosial media atau lewat situs freelance.

3. Freelancer

Menjadi freelancer juga merupakan bisnis online yang menjanjikan. Freelancer artinya pekerja lepas yang tidak memiliki keterikatan antara pihak pekerja dan yang mempekerjakan. Begitu pekerjaan selesai, seorang freelancer sesudah itu dibayar dan urusan selesai.

Untuk menjalankan usaha online sebagai seorang freelancer ini tersedia banyak sekali kesempatan yang mampu Anda ambil. Mulai dari translator, input data, membuat logo, desain grafis, software, menulis online, dan sebagainya. Enaknya lagi, dengan mengawali usaha online sebagai seorang freelancer ini Anda tidak perlu modal serta bisa bekerja dari mana saja..

Modalnya semata-mata skill yang Anda punya. Kalau Anda miliki skill bahasa asing, maka Anda mampu mengawali usaha online sebagai translator. Kalau Anda miliki skill menulis cepat, Anda mampu mengawali usaha online dalam bidang input data.

Selain itu Anda juga mesti bergabung ke platform freelance untuk mendapatkan job. Beberapa platform yang mampu Anda cobalah antara lain:

  • Sribulancer
  • Upwork
  • Freelancer
  • Fiverr
  • Toptal
  • Flexjob
  • Projects
  • Fastwork
  • dll

Di Indonesia tersedia memadai banyak anak muda yang mengawali usaha online-nya dengan menjadi seorang freelancer. Setelah lama sebagai seorang freelancer sesudah itu terhubung usaha agensi yang juga mempekerjakan para freelancer.

4. Influencer

Influencer adalah orang-orang yang mempunyai banyak followers dan efek yang kuat pada followersnya. Contoh dari influencer ini antara lain:

  • Blogger
  • Youtuber
  • Selebgram
  • TikToker

Jika Anda miliki blog dan pembacanya banyak, miliki akun Youtube dengan banyak subscribers, dan miliki akun Instagram atau TikTok dengan banyak followers, Anda mampu mengawali usaha online menjadi influencer. Namun bagi Anda yang belum miliki banyak followers, tapi ingin menjadi influencer, Anda tidak usah berkecil hati.

Hal ini karena kuantitas pembaca, kuantitas followers, dan kuantitas subscribers itu mampu dikejar dengan konten yang berkualitas dan pendistribusian konten yang tepat. Dengan mengawali usaha online lewat influencer ini Anda dapat menghasilkan uang dari perusahaan yang memakai jasa Anda untuk memasarkan produk/layanannya.

Jika followers Anda sudah memadai banyak, Anda mampu melacak job secara langsung atau lewat marketplace seperti:

  • Sociabuzz
  • Sociago
  • Buzzohero
  • Iconreel
  • dll

5. Jasa Konsultasi Online

Ide usaha online yang menjanjikan dan menguntungkan selanjutnya adalah jasa konsultasi online. Saat ini untuk mampu konsultasi dengan ahli di bidangnya tidak mesti tatap muka. Cukup melalui website, sosial media atau aplikasi smartphone, dan koneksi internet orang sudah mampu terhubung jasa konsultasi online.

Sudah tersedia jasa konsultasi online, tapi jumlahnya masih belum seberapa dibandingkan dengan potensi pasar yang ada. Beberapa di antaranya seperti :

  • Pijar Psikologi
  • Halodoc
  • Hukumonlune
  • dll.

Kalau Anda miliki spesialisasi di bidang tertentu, Anda mampu mengawali usaha online dengan jasa konsultasi online ini.

6. Jasa Penulisan Artikel

Kalau Anda suka menulis atau miliki skill menulis, selain mengawali usaha online sebagai copywriter Anda juga mampu mengeksekusi ide jasa penulis artikel. Banyak sekali situs dan juga para blogger perlu jasa penulisan artikel ini. Tarif jasanya mulai dari Rp5.000 per artikel sampai puluhan ribu per artikel, tergantung kuantitas kata dan juga kualitas artikelnya.

Katakanlah Anda mampu membuat 10 artikel dalam sehari dengan harga per artikelnya Rp 30.000. Maka dalam sehari Anda paling tidak mendapatkan Rp 300.000. Jika dikalikan selama 30 hari maka potensi pendapatan Anda adalah Rp 6.000.000. Modalnya cuma menulis saja.

Untuk mendapatkan job menulis artikel ini juga mudah. Anda mampu mencari job di situs freelance atau menawarkan jasa Anda lewat forum maupun grup Facebook.

7. Jual Beli Domain Atau Website

Ide usaha online yang menguntungkan dan menjanjikan ini makna populernya adalah flipping. Kegiatan yang dilaksanakan adalah belanja domain atau website, sesudah itu mengelolanya selanjutnya menjualnya dengan harga yang lebih tinggi. Beberapa hal yang mampu Anda laksanakan antara lain:

  • Membuat situs terasa berasal dari nol bersama dengan domain yang baru, meningkatkan performa dan nilainya selanjutnya menjualnya.
  • Membeli situs dan domain yang sudah jadi, tapi performanya masih kurang bagus, memperbaikinya selanjutnya menjualnya.
  • Membeli situs dan domain yang sudah terlalu bagus performanya, selanjutnya menjualnya bersama dengan harga yang lebih tinggi.

Untuk mengeksekusi ide usaha online ini Anda mesti mempunyai ilmu yang baik mengenai website, traffic dan juga metric website. Dan untuk laksanakan menjual beli domain dan situs ini Anda mampu melakukannya di situs tersebut ini:

  • Flippa
  • Ads.id
  • Trademysite
  • Afternic
  • Empire Flipper
  • dll.

8. Membuat Kursus Online

Ide usaha online yang menjanjikan dan menguntungkan seterusnya adalah dengan membuat kursus online atau digital produk. Modalnya adalah rekaman layar komputer Anda. Dimulai bersama dengan menentukan topik kursus, membuat kurikulum, slide presentasi, sesudah itu merekamnya menjadi sebuah modul.

Misalnya Anda menguasai mengenai email marketing. Anda mampu membuat kursus online mengenai bagaimana menjalankan email marketing untuk usaha online. Selain kursus online Anda juga mampu menjajakan produk digital. Produk digital ini contohnya tema WordPress, slide presentasi, template Blogger, template video sampai aplikasi untuk smartphone.

Untuk produk digital, Anda yang memiliki skill programming mampu membuat aplikasi atau tools Anda sendiri. Namun bagi Anda tidak miliki kapabilitas tersebut, Anda mampu belanja produk digital dengan lisensi PLR atau white label. Tempat yang bisa Anda jadikan area untuk mencari produk digital white label antara lain :

  • CodeCanyon
  • Codester
  • GPLDL
  • dll.

9. Dropshipping

Ide usaha online yang menjanjikan dan menguntungkan yang yang cocok untuk pemula adalah dropshipping. Dropshipping ini cara kerjanya hampir sama dengan affiliate marketing. Bedanya dropshipping ini yang dikirimkan adalah produk fisik dan tidak tersedia komisi.

Anda mendapatkan profit atau keuntungan dari selisih harga jual Anda dengan harga beli dari supplier. Keunggulan lainnya Anda tidak mesti nyetok produk dan memikirkan bagaimana pengirimannya. Anda cuma mesti memikirkan bagaimana memasarkan produk tersebut.

10. Menulis Buku Indie

Bagi Anda yang suka menulis, ide usaha online bersama dengan menulis buku indie juga menjanjikan dan menguntungkan. Anda bisa menulis buku indie, mencetaknya, dan memasarkannya.

Untuk mencetak buku indie, Anda mampu melayout sendiri, mengedit sendiri sampai mencetaknya sendiri dengan cost sendiri. Namun jika tidak mau repot mengurusi proses produksi, Anda mampu menggunakan fasilitas self publishing seperti:

  • NulisBuku
  • Mizan Store Self Publishing
  • Bitread
  • Leutikaprio
  • dan lain sebagainya.

Anda cuma mesti memikiran naskah dan juga pemasarannya saja.

11. Publisher Iklan

Ide usaha online yang menjanjikan dan menguntungkan seterusnya adalah dengan menjadi publisher iklan. Cara kerjanya Anda cuma menampilkan iklan baik itu iklan baris atau iklan bergambar di website atau blog yang Anda miliki.

Jadi syarat utama untuk menjadi publisher iklan Anda mesti miliki blog atau situs khususnya dahulu. Setelah Anda miliki datangkan traffic sebanyak-banyaknya ke website atau blog Anda. Lalu daftarkan ke platform publishing iklan, seperti:

  • Google Adsense
  • MGID
  • Infolinks
  • Chitika
  • Adnow
  • Payclick
  • Media.net
  • RevenueHist
  • dan lain sebagainya.

Potensi pendapatan dengan menjadi publisher iklan ini mampu mencapai ratusan juta per bulan. Banyak publisher Indonesia yang sudah memperlihatkan kesuksesan menjadi publisher iklan ini.

Jika Anda ingin mengawali usaha online dengan ide ini, Anda dapat membangun blog yang berbahasa Inggris. Karena untuk situs berbahasa Indonesia, nilai tiap-tiap kliknya terlalu kecil terkecuali dibandingkan situs yang berbahasa Inggris.

12. Sponsored Post

Ide usaha online menjanjikan dan menguntungkan berikutnya adalah sponsored post. Ini medianya adalah blog atau website. Cara kerjanya adalah Anda menulis artikel yang punya tujuan untuk mereview produk maupun layanan orang lain. Biasanya Anda dapat dibayar untuk sekali posting per satu produk.

Semakin banyak review yang Anda tulis di situs atau blog, maka dapat tambah besar potensi pendapatan Anda. Untuk mampu mendapatkan job sponsored post ini Anda mampu bergabung bersama dengan komunitas blogger atau blog network, seperti:

  • Sosiago
  • Sociabuzz
  • Ads.id
  • dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Itu dia penjelasan lengkap mengenai pengertian bisnis dan usaha online. Mulai dari pengertian, manfaat, fungsi, tujuan, jenis, klasifikasi, macam-macam, tips sukses dan memulai, serta contoh ide bisnis online lengkap.