Peluang Bisnis Ayam Geprek

Donabisnis.com – Peluang bisnis ayam geprek. Saat ini, usaha di bidang kuliner semakin diminati oleh masyarakat. Hal ini terjadi karena usaha kuliner tergolong cukup mudah, dan akan tetap selalu menarik minat pelanggan sehingga peluang keuntungannya menjadi cukup besar. Salah satu contoh bisnis kuliner yang masih sangat populer hingga saat ini adalah bisnis ayam geprek.

Peluang dan Keunggulan Bisnis Resto Ayam Geprek

Bagi Anda yang sedang mencari ide usaha terutama di bidang kuliner, maka ayam geprek bisa menjadi pilihan yang tepat. Sampai saat ini, sudah banyak sekali pebisnis yang sukses membangun usahanya lewat kuliner ayam geprek, baik dengan toko fisik maupun toko online. Untuk mendapatkan gambaran detail terkait bisnis ini disadur dari Magnate.id berikut analisis prospek dan kelebihan usaha ayam geprek.

1. Rasa yang universal

Salah satu hal keunggulan utama dari bisnis ayam geprek adalah rasanya yang universal. Hal ini berarti ayam geprek sangat cocok dengan selera masyarakat Indonesia dari berbagai usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain itu, hidangan ayam geprek memang sudah sangat dikenal dan tidak terbatas oleh geografis tertentu, sehingga bisnis ini dapat dijalankan di seluruh daerah di Nusantara.

Ayam geprek sendiri merupakan perpaduan kuliner lokal (sambal) dan luar negeri (fried chicken). Berbeda dengan hidangan khas negara tertentu yang hanya disukai oleh beberapa kalangan konsumen, ayam geprek cenderung lebih bersifat umum dan disukai oleh sebagian besar orang karena rasanya yang menggugah selera.

Baca: Peluang Bisnis Mahasiswa

2. Modalnya yang terjangkau

Sama seperti bisnis kuliner sederhana lainnya, modal yang dibutuhkan untuk dapat memulai bisnis ayam geprek tidaklah terlalu tinggi. Hal ini terjadi karena proses pengolahan ayam geprek yang cenderung sederhana, dan bahkan dapat disajikan melalui dapur rumahan. Karenanya, bisnis seperti ini tidak memerlukan peralatan dapur yang mewah dan berteknologi tinggi.

3. Popularitas yang tinggi

Popularitas dari hidangan ayam geprek memang sedang meningkat di beberapa tahun ke belakang. Selain itu, kuliner yang satu ini juga cukup popular di kalangan anak muda, sehingga ketenarannya masih terus berlangsung hingga saat ini. Ayam geprek seringkali dianggap sebagai sajian yang praktis, murah, dan menggugah selera.

Selain itu, kuliner ayam geprek ini masih cukup populer hingga sekarang karena peran sosial media yang dominan. Kini sudah ada banyak sekali postingan sosial media yang berkaitan dengan kuliner unik yang satu ini, mulai dari Twitter, Instagram, Facebook, dan sosial media lainnya. Tak sedikit pula terdapat konten review ayam geprek yang sangat mudah ditemukan di media sosial.

Ketenaran dari kuliner yang satu ini tentu sangat menguntungkan bagi para calon pebisnis. Hal ini terjadi karena para calon pebisnis usaha resto ayam geprek sudah tidak perlu lagi kebingungan memutar otak untuk marketing atau pemasaran yang efektif. Karena hidangan ayam geprek sendiri sudah terkenal, maka hal yang perlu diperhatikan hanyalah branding serta kualitas sajiannya.

4. Tersedia opsi bisnis online

Di dunia yang serba digital seperti sekarang ini, bisnis online pun juga semakin berkembang tak terkecuali bisnis kuliner online. Ditambah lagi dengan adanya pandemi, kuliner online semakin banyak diminati, karena orang-orang sudah tidak perlu jauh-jauh mengunjungi suatu tempat untuk makan secara langsung, dan sudah bisa menyantap makanan yang diinginkan dengan memanfaatkan sistem pesan antar yang mudah dan praktis.

Bisnis ayam geprek juga turut diuntungkan dengan berkembangnya sistem kuliner online ini. Pasalnya, bagi para calon pebisnis yang memiliki keterbatasan modal sudah tidak perlu lagi mempersiapkan modal yang besar untuk menyewa tempat khusus sebagai lokasi resto fisik. Pebisnis sudah dapat memulai usaha kuliner ayam geprek secara online dengan omzet yang tak kalah menggiurkan.

Baca: Peluang Usaha Tanpa Modal

Tips Bisnis Resto Ayam Geprek

1. Mengedepankan ciri khas

Hal yang perlu dilakukan oleh para calon pebisnis kuliner ayam geprek adalah mengedepankan ciri khas. Hal ini terjadi karena sampai saat ini pun sudah ada banyak sekali resto yang menyediakan hidangan ayam geprek, baik secara online maupun secara langsung. Dengan demikian, sangatlah penting bagi masing-masing pebisnis untuk mengedepankan ciri khas yang ditawarkan agar dapat berbeda dengan jenis usaha lainnya yang sejenis.

Cara mengedepankan ciri khas dalam usaha ayam geprek tidaklah sulit. Pertama-tama, Anda dapat membuat inovasi baru yang sesuai dengan tren masa kini. Sebagai contoh, saat ini hidangan bertopping keju sedang naik daun, oleh karena itu ayam geprek dengan topping keju bisa menjadi inovasi yang tepat agar dapat menarik lebih banyak pelanggan.

Kedua, Anda dapat menemukan racikan bumbu yang khas dengan cita rasa yang berbeda dengan yang lainnya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saat ini sudah ada banyak sekali resto ayam geprek yang tersebar di berbagai wilayah. Oleh sebab itu, Anda dapat menarik lebih banyak konsumen dengan melakukan variasi bumbu sehingga menghasilkan kenikmatan yang unik dan berbeda.

2. Mencari lokasi yang sesuai

Lokasi merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam berbisnis kuliner, terutama bagi para calon pengusaha yang hendak membangun resto fisik. Perhatikanlah lokasi yang strategis, misalnya dekat dengan area perkantoran agar dapat dengan mudah dijangkau oleh konsumen. Selain itu, sebenarnya lokasi yang sesuai juga cukup berpengaruh pada bisnis ayam geprek secara online, karena sangat berkaitan dengan jangkauan konsumen dalam radius tertentu.

3. Melakukan promosi

Hal selanjutnya yang tak kalah penting adalah melakukan promosi. Anda dapat melakukan promosi ini untuk menarik semakin banyak konsumen baru agar resto ayam geprek Anda semakin dikenal secara luas. Biasanya, promosi dapat dilakukan dengan bekerja sama dengan penyedia layanan pesan antar, atau promosi diskon secara langsung.

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai keunggulan, peluang, serta tips dalam memulai bisnis ayam geprek. Dari pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa peluang bisnis kuliner yang satu ini memang cukup menjanjikan, dan untuk dapat memulai bisnis ini memang diperlukan modal yang cukup serta perencanaan yang matang. Untuk itu, dapat dikatakan bahwa bisnis ayam geprek bisa menjadi pilihan yang tepat terutama bagi Anda yang tertarik untuk merintis usaha di bidang kuliner yang menjanjikan.