Peluang Usaha di Jogja

Ide Bisnis Usaha di Jogja yang Menguntungkan

Donabisnis.com – Peluang usaha di jogja. Yogyakarta merupakan kota yang begitu indah, menjadi pusat dari berbagai lini kehidupan. Mulai dari ekonomi, pendidikan, hingga wisata.

Tak heran banyak pengusaha yang memanfaatkan peluang padatnya Kota Jogja sebagai tempat berusaha dan berbisnis yang menguntungkan. Benar saja, jika kita berbisnis di Kota Gudeg, akan ada banyak keuntungan yang dapat kita peroleh.

Ada banyak peluang bisnis yang menjanjikan di Jogja, mulai dari bisnis kuliner berupa makanan dan minuman, bisnis fashion baju, celana, tas, sepatu, bisnis online, cuci motor, cukur, oleh-oleh, dan masih banyak lagi.

Namun bagi yang baru ingin memulai bisnis, atau baru datang ke Yogyakarta, mungkin masih belum tahu apa sih yang benar-benar laku di Jogja. Untuk itu di kesempatan ini kami akan menjelaskannya untuk Anda.

Kami akan menginformasikan peluang bisnis dan usaha apa saja yang menguntungkan di Jogja. Baik yang tanpa modal, dengan modal kecil, untung besar, rumahan, skala kecil, kuliner, franchise, untuk mahasiswa, dan sebagainya.

Peluang Usaha di Jogja yang Menjanjikan

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja silahkan simak ulasan lengkap mengenai daftar peluang usaha yang menguntungkan dan menjanjikan di Jogja. Simak pada pembahasan berikut ini.

1. Penginapan dan Kos

Jogja merupakan Kota Pelajar dan ini harusnya disadari banyak orang bahwa pelajar, khususnya mahasiswa membutuhkan tempat tinggal. Maka dari itu bisnis penginapan dan kos bisa menjadi peluang usaha di Jogja yang menguntungkan dan berkembang pesat.

Menurut knowledge yang didapatkan berasal dari BPS, sudah tersedia sekitar 350 ribu mahasiswa yang tersedia di Ygyakarta dan juga mampu bertambah tetap setiap tahun. Dengan begitu, kos pun diperlukan setiap saat. Anda pun mampu menggunakan kamar yang tak dipakai di di dalam tempat tinggal untuk dijadikan sebagai homestay.

Usaha ini terlampau potensial untuk mengimbuhkan Anda passive income. Terlebih di hari-hari tertentu seperti wisuda dimana orang tua mahasiswa akan meluangkan selagi menghadirinya dan butuh penginapan.

2. Alat Tulis Kantor dan Fotokopi

Karena sebagai Kota Pelajar, tentunya di sini ada banyak kebutuhan akan alat tulis kantor (ATK) dan fotokopi. Selain itu di Jogja juga banyak perkantoran yang membuat bisnis ini begitu menjanjikan untuk digeluti.

Bisnis ini terhitung cukup cepat berkembang dikarenakan terlampau diperlukan oleh banyak orang. Selain sediakan jasa fotokopi dan alat tulis, sediakan terhitung jasa tambahan berbentuk jasa jilid skripsi, laminating, edit foto, dan jasa lain yang diperlukan mahasiswa, siswa, dan karyawan kantor.

3. Bisnis Oleh-oleh

Yogyakarta juga memiliki banyak sekali tempat wisata sehingga membuatnya menjadi lokasi yang tepat untuk berjualan oleh-oleh. Anda bisa membuka toko atau ruko untuk menjaual cendera mata, souvenir, atau makanan khas Jogja. Anda juga bisa memberdayakan orang sekitar untuk membuat oleh-oleh tersebut.

Sebab, baik untuk mahasiswa dan pengunjung wisata, singgah ke Jogja tidak lengkap tanpa membawa buah tangan. Beberapa type makanan yang mampu dijadikan oleh-oleh diantaranya yangko, bakpia, geplak, gudeg, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk souvenir mampu berbentuk batik, kaos Jogja, kerajinan perak, sandal batik, aksesoris, dan sebagainya.

4. Tour and Travel

Peluang bisnis di Jogja yang selanjutnya adalah tour plus travel. Bisnis ini terlampau menjanjikan dikarenakan tersedia banyak sekali wilayah wisata di Jogja yang belum familiar tapi punyai panorama yang memukau. Nah, dikarenakan belum familiar, maka para pengunjung tidak tahu cara untuk menjangkau wilayah wisata tersebut.

Selain itu, banyak terhitung orang yang inginkan berwisata secara praktis bersama dengan pendampingan. Sehingga, tidak perlu tersedia acara kesasar ke wilayah yang tidak diketahui. Anda mampu mendirikan bisnis ini bersama dengan mengakomodasikan keperluan para wisatawan. Anda mampu sediakan lebih dari satu pilihan paket. Mulai berasal dari antar jemput ke tempat wisata hingga paket wisata yang lengkap seperti sediakan penginapan, guide, makanan, dan sebagainya.

5. Usaha Kuliner

Kota Yogyakarta diisi banyak sekali pelancong, hal ini karena potensi wisata yang sangat tinggi ditambah banyaknya kampus berkualitas di sana. Untuk itu, bisnis kuliner khas Jogja bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

Selain itu, di Jogja, tersedia banyak kuliner khas yang sudah terkenal. Beberapa diantaranya gudeg, oseng mercon, mie lethek, mangut lele, bakpia, bakmi jawa, dan sebagainya. Jika Anda menyasar para pelajar, maka Anda mampu menjual makanan berat bersama dengan harga yang terjangkau atau camilan untuk menemani mengerjakan tugas.

Anda terhitung mampu membuka wilayah bisnis kuliner yang nyaman dan mampu menjadi tempat nongkrong bersama dengan teman-teman. Usaha kuliner yang dilakukan mampu dibuat bersama dengan lebih fancy bersama dengan dikembangkan menjadi co-working space dan juga coffee shop sehingga lebih menarik perhatian.

6. Warung Gudeg Jogja

Gudeng merupakan makanan khas Jogja yang sangat tekenal. Kuliner satu ini wajib dicoba ketika wisatawan singgah ke Yogyakarta. Bisa dibilang Anda belum ke Jogja jika belum makan gudeng yang rasanya lezat, manis, dan gurih.

Gudeg merupakan olahan makanan yang dibuat bersama dengan bahan baku utama berbentuk nangka muda yang dimasak bersama dengan santan. Pada umumnya, pebisnis makanan kuliner gudeg umumnya menyajikan dagangannya pada malam hari. Dimulai berasal dari jam 9 malam selagi toko-toko mulai tutup.

Maka gudeg umumnya dijual di depan pertokoan yang ramai lokasinya, seperti di jalan-jalan protokol atau jalur utama seperti Malioboro. Perlu diketahui bahwa terkandung tiga type gudeg yaitu gudeg basah, gudeg kering, dan gudeg manggar.

Gudeg basah disajikan menggunakan kuah santan yang bertekstur nyemek atau basah yang punyai cita rasa gurih. Sajian gudeg yang dijual pada malam hari adalah type olahan gudeg basah.

Karena gudeg basah memiliki kandungan kuah santan maka gudeg type ini tidak mampu disimpan di dalam jangka selagi lama sehingga harga jual gudeg basah lebih murah.

Yang kedua adalah gudeg kering, gudeg ini dimasak lebih lama sehingga kuahnya menjadi mengering. Gudeg kering punyai warna yang lebih kecoklatan bersama dengan rasa yang dominan manis.

Sementara yang ketiga adalah gudeg manggar. Gudeg manggar dibuat menggunakan bunga kelapa. Gudeg manggar merupakan type gudeg yang langka, sehingga Anda akan terlampau susah untuk menjumpainya.

Untuk mengawali bisnis ini Anda perlu melihat misal segera warung gudeg yang paling tenar di Jogja yaitu gudeg pawon. Gudeg pawon berjualan mulai dini hari dan akan ludes di dalam selagi singkat.

Anda akan mendapati pelanggan yang perlu mengantre panjang berjam-jam untuk nikmati masakan ini. Menariknya, gudeg pawon dimasak menggunakan daun jati.

7. Burjo

Burjo adalah singkatan berasal dari bubur kacang ijo. Sesuai bersama dengan namanya, sajian utama berasal dari burjo adalah bubur kacang ijo. Namun tidak cuman itu, burjo menjual bermacam olahan mie instan.

Mie instan diolah menjadi bermacam sajian yang terlampau variatif yang sudah pasti terjangkau bagi kantong mahasiswa. Burjo seringkali menjadi tempat favorit mahasiswa selagi akhir bulan. Menariknya, yang berjualan burjo di seluruh Jogja adalah orang sunda.

Entah asal usul burjo ini seperti apa, sehingga yang berjualan orang sunda. Menu masakan yang paling tenar di burjo adalah Magelangan. Magelangan adalah nasi goreng ala burjo yang dicampur bersama dengan mie instan, seringkali ditambahi sayur sawi dan telor ceplok sebagai pelengkap.

Tentunya mahasiswa yang menuntut pengetahuan di Jogja pernah merasakan nikmatnya masakan burjo. Maka kesempatan membuat bisnis kuliner burjo di Jogja sangatlah menjanjikan mengingat potensinya yang begitu besar.

8. Angkringan

Angkringan adalah warung kopi yang terhitung berjualan gorengan, sate-sate, dan nasi kucing. Angkringan masih menggunakan arang untuk merebus air dan membakar aneka ragam sate, sehingga seluruh menu di angkringan ini mampu dijual bersama dengan harga yang murah.

Pelanggan angkringan duduk lesehan beralaskan terpal, nikmati angin malam Jogja yang sepoi-sepoi. Jika Anda inginkan membuka bisnis kuliner Angkringan, maka Anda perlu mengunjungi Kopi Jos.

Angkringan yang satu ini menjual kopi yang ditambahi bersama dengan arang panas di dalam cangkrinya, sehingga membuahkan bunyi “jos” selagi arang dimasukkan kedalam cangkir kopi.

Sensasi minum kopi arang panas ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang singgah ke Jogja. Maka membuat angkringan bersama dengan suatu ciri khas seperti Kopi Jos adalah kunci untuk mengawali bisnis ini.

9. Coffee Shop Kekinian

Selain makanan pokok seperti burjo, gudeg, dan semacamya, Anda juga bisa membuka usaha coffee shop kekinian. Khususnya usaha ini diperuntukkan bagi anak muda dan mahasiswa yang suka nongkrong maupun mengerjakan tugas di malam hari. Usaha ini juga bisa dibuat menarik dengan mendekorasi interior coffee shop semenarik mungkin serta menambahkan spot Instagramable.

Berdasarkan deskripsi panjang di atas, mampu diartikan bahwa pasar bisnis kuliner di Jogja terlampau menjanjikan. Pelaku bisnis yang berasal berasal dari bermacam kalangan ini terhitung amat mungkin Anda bersama dengan umur berapa pun berpeluang membuka bisnis kuliner di kota istimewa ini asal mampu tahu kunci atau daya tarik khas yang menjadikan bisnis Anda tidak sama bersama dengan yang lainnya.

10. Ide Usaha Asrama

Siapa yang berkenan memungkiri jika di kota ini kawasan kampus adalah salah satu pusat ekonomi. Anda mampu membuka bermacam type bisnis di sana dan salah satu yang paling potensial tahu asrama. Buka saja portal penjualan property bersama dengan wilayah Jogja dan banyak penjual property yang membandrol hingga milyaran untuk sebuah unit asrama. Tetapi tenang saja, konon Anda sudah mampu balik modal di dalam hitungan tak genap 1 th. untuk modal milyaran itu.

11. Usaha Fashion

Di Kota Jogja konon ada banyak remaja di bawah usia 25 tahun tertinggi di Indonesia. Jelas saja karena memang kota ini memiliki banyak sekali mahasiswa yang datang dari berbagai daerah. Maka dari itu usaha fashion adalah peluang bisnis yang menguntungkan di Jogja. Jadi jangan heran bila di kota ini ada banyak penjual pakaian kekinian hingga pakaian khas daerah yang tersebar di penjuru kota.

12. Usaha Gadget

Masih soal tingginya kalangan muda di kota ini, maka tinggi pula permintaan akan product gadget. Sebut saja ponsel, laptop, printer dan lain sebagainya. Apalagi bersama dengan profesi sebagai mahasiswa memaksa mereka punyai kelengkapan gadget untuk keperluan pendidikan mereka. Beberapa pelaku bisnis gadget di kota ini siap melayani proses kredit yang ringan pula diajukan dikarenakan mewadahi keperluan mahasiswa berkantung pas-pasan untuk mampu punyai gadget yang modern.

Akhir Kata

Sekian pembahasan singkat mengenai ide peluang usaha di jogja. Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja silahkan simak kumpulan daftar peluang usaha dan bisnis yang menguntungkan di Yogyakarta.

Baca: