Peluang Usaha Kopi

Ide Bisnis Kopi yang Menguntungkan

Donabisnis.com – Peluang usaha kopi. Kopi merupakan salah satu minuman yang paling banyak disukai dan diminum oleh berbagai kalangan. Terutama bapak-bapak dan anak muda.

Kalau ibu-ibu sih, jarang yang minum kopi, meski demikian banyak sekali yang meminatinya. Sehingga tak heran bila para pebisnis kerap menjadikan kopi sebagai peluang usaha yang menguntungkan.

Banyak yang menjual kopi dari berbagai varian, seperti americano, capuccino, late, kopi hitam, pahit, bubuk, sachet, janji jiwa, maupun kopi keliling yang harganya bervariasi.

Ada pemain besar di bisnis kopi, ada juga pemain kecil. Beberapa contoh pemain besar di bisnis kopi yang kita ketahui adalah Starbucks, sudah menyebar di seluruh penjuru Indonesia.

Nah bagi Anda yang ingin memulai bisnis kopi, tentu saja harus memilih dan menentukan jenis kopi apa yang kira-kira laris manis. Selain itu, promosi juga penting dilakukan untuk meningkatkan penjualan.

Contoh Peluang Usaha Kopi yang Menjanjikan

Di sini, kami ingin membagikan kumpulan contoh peluang usaha kopi yang menjanjikan dan menguntungkan, Anda bisa langsung menyimak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah berikut ini.

1. Buka Kedai Kopi

Memiliki budget lebih utnuk bisnis? Kenapa tidak mencoba bisnis kedai kopi? Anda tinggal menentukan konsep kedai kopinya masu seperti apa. Kalau budgetnya terbatas, Anda bisa membuka konsep warung kopi pinggir jalan.

Anda bisa berjualan kopi dengan gerobak yang didesain sedemikian rupa agar bisa berjualan sesuai keinginan. Selain itu, And ajuga bisa berjualan dengan konsep ‘coffe truck’. Tinggal pilih jenis truck layaknya apa yang anda inginkan, kemudian anda dapat berjualan berkeliling tanpa mesti diam di satu tempat. Tertarik?

2. Menjual Biji Kopi

Banyak orang melirik usaha atau bisnis menjual biji kopi, meski ada yang mungkin enggan melakukannya. Namun jika Anda tertarik dengan ide bisnis ini, tak ada salahnya untuk mencoba.

Bisa termasuk dengan ‘menyelipkan’ edukasi di tiap tiap biji kopi yang anda jual, layaknya cara nanam, cara panen, cara roasting biji kopi, dan sebagainya. Atau kenapa gak menjual biji kopi di dalam bentuk green bean (biji kopi yang belum di roasting)?

3. Menjual Alat Kopi

Peluang usaha kopi berikutnya adalah menjual alat kopi. Seiring dengan banyaknya orang yang suka membuat kopi sendiri. Secara otomatis mereka membutuhkan alat menyeduh kopi, dan Anda bisa menjual alat kopi yang sering dibutuhkan pembuat kopi seperti hand grinder, dripper, paper filter.

4. Membuat Aksesoris

Belum tertarik dengan ide diatas? Kamu dapat mengakibatkan accessories yang terjalin dengan kopi, kemudian menjualnya. Contohnya mug, pin, kaos, gantungan kunci, telah biasa? kenapa gak coba buat gelang atau kalung berasal dari biji kopi?

Sahabat, semua ide bisnis itu bagus, seluruhnya balik lagi ke diri kami tiap-tiap bagaimana di dalam menggerakkan bisnis tersebut. Yang mesti anda ingat, ide tersebut bakal tetap jadi ide seumpama anda tidak melakukannya. Oleh karena itu, pilih keliru satu ide diatas, atau dapat termasuk anda pilih semua ide diatas, kemudian lakukan! Karena yang paling perlu adalah melakukannya. Just Do It kecuali kata slogan Nike.

5. Coffee Truk atau Gerobak Kopi

Di Indonesia tampaknya masih jarang gerobak atau kopi atau coffee truck yang menjual kopi dengan berkeliling atau nongkrong di pinggir jalan. Di luar negeri, coffee truck sudah menjadi bisnis yang lazim dilakoni banyak orang.

Pertama menentukan dahulu menu kopi apa saja yang idamkan anda jual, apakah hanya cold brew atau minuman kopi panas lainnya. Jika telah anda menentukan saatnya mengakibatkan gerobak yang dapat dikemudikan dengan motor ataupun sepeda. Buatlah desain yang semenarik bisa saja dan nampak mencolok berasal dari kejauhan. Bisa dipastikan bisnis coffee truck ini bakal amat menarik karena pelakunya masih sedikit.

Akhir Kata

Demikian ulasan singkat mengenai peluang usaha bisnis kopi. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin memulai bisnis kopi dari sekarang.

Baca: