Sistem Gaji Gojek

Sistem Penggajian dan Bagi Hasil Gojek

Donabisnis.com – Sistem gaji Gojek. Kita ketahui bersama bahwa Gojek membuka sistem kemitraan, yaitu sebagai driver, merchant, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mungkin juga banyak yang mendaftar karena melihat kesuksesan orang lain dari Gojek. Tapi, sebenarnya berapa sih keuntungan atau bagi hasil yang diterapkan oleh Gojek Group?

Kemudian, bagaimana sistem gaji Gojek yang sesungguhnya? Kita harus mengetahui hal tersebut terlebih dahulu karena sangat penting dan berperan untuk keuntungan atau pendapatan yang kita peroleh.

Pengertian GoJek

Gojek (sebelumnya Go-Jek) adalah perusahaan teknologi asal Indonesia yagn melayani jasa angkutan ojek, taksi online, pesan antar makanan, dan sebagainya. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 oleh Nadiem Anwar Makarim.

Gojek saat ini sudah tersedia di 50 kota di seluruh Indonesia. Aplikasi ini juga bisa didownload secara gratis melalui platform Android atau iOs, serta memiliki layanan pembayaran digital yaitu GoPay.

Sedangkan mitra adalah pihak yang melaksanakan antar-jemput barang dan/atau orang, pesan-antar barang yang sebelumnya telah dipesan konsumen, atau jasa lainnya di Gojek. Mitra harus mematuhi syarat dan ketentuan termasuk sistem gaji di Gojek.

Sistem Gaji dan Penghasilan Driver Gojek

Sebagai mitra Gojek, tentu ada sistem gaji, pendapatan, atau pembayaran yang berkalku. Anda harus mengetahui dan mematuhinya bila ingin menjadi driver Gojek, sebagai contohnya adalah di bawah ini.

Semisal saat ini tarif bersih yang akan di peroleh driver gojek di jam-jam sibuk adalah Rp 2.500 per kilometernya
Dan tarif bersih yang akan di peroleh driver gojek di luar jam sibuk adalah Rp 2.000 per kilometernya

Misalnya seorang driver Gojek mengejar para pelanggan pada pukul 06.00 sampai pukul 12.00, kemudian istirahat dan mulai kembali pukul 14.00 sampai 19.00. Maka perhitungan pendapatan yang diperoleh adalah sebagai berikut.

1. Waktu Pagi (06.00 – 12.00)

Untuk jumlah orderannya, kita gambarkan sebagai berikut

  • Driver mendapatkan 2 orderan masuk di jam sibuk dengan total jarak dari 2 orderan tersebut 15 kilometer, maka pendatapannya adalah 15 x Rp 2.500 = Rp 37.500
  • Sedangkan 4 orderan lain masuk pada jam diluar sibuk dengan jarak tempuh sekitar 22 km, maka perolehannya menjadi 22 x Rp 2.000 = Rp 44.000

Total yang didapat di waktu pagi tersebut adalah Rp 81.500

2. Sore Hari (14.00 – 19.00)

Untuk estimasi penghasilannya dapat kita simulasikan sebagai berikut

  • Seorang driver Gojek mendapat 6 orderan masuk di jam sibuk dengan totak jarak sekitar 55 km, maka jumlah pendapatannya berarti 55 x Rp 2.500 = Rp 137.500
  • Dia juga mendapat 4 orderan masuk di luar jam sibuk dengan total jarak 32 km, maka jumlah pendapatannya berarti 32 x Rp 2.000 = Rp 64.000

Total pendapatan yang ia peroleh pada sore hari yaitu Rp 201.500. Dengan demikian dalam sehari driver Gojek mendapatkan 81.500 + 201.500 = Rp 283.000.

Kemudian arena orderan yang masuk lebih dari 16 kali dalam sehari, maka driver tersebut berhak mendapatkan tambahan bonus sebesar Rp 50.000, sehingga driver tersebut dalam sehari mendapatkan Rp 333.000.

Bila driver tersebut hanya mengambil kerja 21 hari, maka rata-rata pendapatan yang diperoleh adalah sekitar Ro 6,9 juta per bulan.

Tapi perlu diingat bahwa sistem gaji ini bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari Gojek. Maka dari itu penting bagi Anda untuk mengikuti sosial media resmi Gojek untuk mendapatkan informasi terbaru.

Bonus dan Fasilitas Gojek

Selain mendapatkan penghasilan yang lumayam, seorang driver Gojek juga bisa mendapatkan bonus dan fasilitas tambahan dari Gojek. Lebih lengkapnya diulas dalam uraian di bawah ini.

1. Skema Bonus Poin Gojek

Skema bonus poin Gojek sangat berguna untuk meningkatkan penghasilan atau gaji para driver Gojek. Masing-masing wilayah sistem poinnya berbeda-beda, untuk lebih jelasnya sebagai berikut.

Perhitungan Poin Gojek di Jabodetabek

  • Poin Gojek GoRide Jabodetabek per order adalah 1 poin
  • Poin Gojek GoSend Jabodetabek per order adalah 1,5 poin
  • Poin Gojek GoMed Jabodetabek per order adalah 1,5 poin
  • Poin Gojek GoFood Jabodetabek per order adalah 1,5-2,5 poin
  • Poin Gojek GoShop Jabodetabek per order adalah 1,5 poin

Perhitungan Poin Gojek di Luar Jabodetabek

  • Poin Gojek GoRide Luar Jabodetabek per order adalah 1 poin
  • Poin Gojek GoSend Luar Jabodetabek per order adalah 1,5 poin
  • Poin Gojek GoMed Luar Jabodetabek per order adalah 1-1,5 poin
  • Poin Gojek GoFood Luar Jabodetabek per order adalah 1,5-2 poin
  • Poin Gojek GoShop Luar Jabodetabek per order adalah 1-2 poin

Setiap 1 poin bernilai sekitar Rp 2.000 tergantung iwlayah dan kota masing-masing.

2. Fasilitas Driver Gojek

Selain mendapatkan poin, ada juga fasilitas-fasilitas yang diberikan bagi para drivernya, yaitu sebagai berikut.

  • Jaket
  • Helm
  • BPJS
  • Kantor Cabang

Akhir Kata

Itu saja pembahasan dari kami mengenai sistem gaji pendapatan gojek. Mudah-mudahan dapat membantu Anda terutama yang masih belum mengetahui sistem gaji di Gojek bagi para mitranya.

Baca: