Cara Daftar GrabFood

Cara Daftar Menjadi Mitra GrabFood

Donabisnis.com – Cara daftar GrabFood. Perusahaan multinasional Grab membuka kesempatan untuk para pelaku bisnis kuliner mengembangkan bisnisnya dengan mendaftar menjadi mitra GrabFood.

Dengan menjalin kemitraan bersama GrabFood, berbagai menu makanan cafe, restoran, atau rumah makan Anda bisa dipasarkan dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Anda pun tak perlu kerepotan memikirkan kata-kata promosi makanan.

Tapi mungkin di sini masih ada yang bingung bagaimana cara mendaftar mnejadi mitra GrabFood. Untuk itu pada kesempatan ini kami akan menjelaskannya secara lengkap kepada Anda, silahkan disimak.

Pengertian GrabFood

GrabFood merupakan salah satu layanan peasn antara makanan yang dimiliki oleh perusahaan jasa transportasi berbasis online Grab. Perusahaan asal Singapura tersebut telah mengekspansi bisnisnya sampai di Indonesia.

Konsumen yang menggunakan GrabFood bisa dengan bebas memesan makanan yang diinginkan hanya melalui smartphone. Mereka tidak perlu berjalan ke warung, cafe, restoran, atau rumah makan yang diinginkan.

Sementara itu bagi pemilik usaha, adanya GrabFood bisa membuat Anda mengatur pengantaran makanan hanya melalui aplikasi saja. Adapun pengantaran makanan selanjutnya bisa dikerjakan oleh mitra driver Grab.

Tentu saja adanya GrabFood membuat para pelaku usaha kuliner, khususnya rumah makan bisa mengembangkan bisnisnya lebih jauh lagi. Selain itu, mereka juga bisa mengurangi biaya promosi karena GrabFood-lah yang akan membantu mempromosikannya.

Syarat dan Ketentuan Pendaftaran

Ada persyaratan dan ketentuan yang perlu ditetapkan, terutama khususnya dokumen. Anda harus menyertakannya saat pendaftaran menjadi merchant GrabFood. Berikut beberapa syarat dan ketentuan yang diperlukan.

  • Profil restoran atau warung makan, mulai dari nama, alamat, email, dan nomor telepon
  • Foto KTP pemilik atau orang yang paling bertanggung jawab di warung tersebut
  • Foto selfie sambil memegang KTP di tangan
  • Foto NPWP asli, tidak boleh fotokopi. Artinya kamu gak bakal bisa lanjut ke cara daftar Grabfood tanpa NPWP
  • Foto daftar menu makanan dan minuman yang dijajakan lengkap dengan harga yang akan dicantumkan di aplikasi Grabfood
  • Foto makanan sesuai dengan menu
  • Foto warung dari tampak luar
  • Foto warung dari tampak dalam
  • Foto logo warung kalau ada
  • Foto buku rekening tabungan atau tampilan e-banking.
  • Pastikan nomor rekening tertera dengan jelas.

Cara Daftar Menjadi Mitra GrabFood

Setelah memenuhi syarat dan ketentuan di atas, Anda harus melalui beberapa prosedur untuk mendaftar GrabFood yang dilakukan secara online. Berikut beberapa prosedurnya.

1. Daftar dan Verifikasi Email

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar di laman resmi GrabFood. Isikan formulir awal seperti nama warung, alamat, kota, nama pemilik/penanggung jawab warung, nomor handphone, dan email.

Setelah itu, Anda akan menerima email verifikasi ke alamat email yang tadi didaftarkan. Anda harus melakukan verifikasi itu dalam kurun waktu 72 jam. Kalau telat, Anda harus mengisi data diri lagi di laman resmi Grabfood.

2. Lengkapi Informasi Toko

Setelah memverifikasi email, Anda akan kembali emnerima email berisi tautan formulis yang perlu dilengkapi. Jika diklik, Anda akan dibawa ke halaman help Grab untuk mengisi formulir pendaftaran.

Pada formulir tersebut ada banyak kolom yang harus Anda isi terkait dengan nama warung Anda. Adapun informasi yang diperlukan adalah sebagai berikut.

  • Nama warung/restoran serta identitas pribadi dan identitas restoran. Anda perlu mengisi nama pribadi, nomor HP, restoran, surel, nama restoran, hingga mengunggah foto logo restoran sebagai identitas restoran Anda.
  • Jadwal beroperasi yang meliputi jadwal buka dan tutup dari restoran/warung Anda. Pilih hari dan jam saat resto buka dan tutup. Klik tanda panah hijau yang ada di bawah untuk melanjutkan proses pendaftaran
  • Jenis makanan, keterangan, dan daftar menu beserta dengan harga dan fotonya untuk dicantumkan ke aplikasi Grabfood.

Bila ingin menambahkan menu, bisa klik tombol Tambah (+). Anda juga bisa menghapus meu dengan tombol Silang (X). Isi pula nama resto, jenis makanan, menu dan juga harga sesuai dengan yang ada di tempat makan Anda.

3. Penandatanganan Kontrak

Selanjutnya, Grab akan melakukan verifikasi atas seluruh kelengkapan dokumen yang telah Anda kirim. Dalam waktu 2 hari kerja, Anda akan diberi tahu apabila ada informasi yang perlu dilengkapi.

Tapi jika pihak Grab setuju pengajuan yang Anda kirimkan, maka Anda bisa mendapatkan balasan di email. Email tersebut berisi tentang kontrak kerja sama yang harus ditandatangani.

4. Dapat Email Verifikasi Outlet

Setelah menyelesaikan penandatanganan kontrak, Anda akan mendapat balasan email verifikasi outlet. Lakukan verifikasi dalam waktu 72 jam dengan klik link yang dilampirkan di dalam email.

Jika lewat dari batas waktu yang ditentukan, verifikasi warung Anda akan gagal dan Anda perlu meminta email verifikasi lagi. Selain itu Anda juga bisa menghubungi tim telesales Grabfood.

5. Proses dari Pihak OVO

Pembayaran digital GrabFood hanya melalui OVO, maka dari itu penting bagi Anda sebagai pemilik warung untuk melewati proses OVO. Proses ini berkaitan dengan pembuatan akun OVO dan pengaktifan rekeningnya.

Selain itu juga akan ada tahapan validasi akun OVO dengan warung Anda. Nantinya tim OVO akan meminta verifikasi nama Anda, restoran, dan alamat restoran Anda.

6. Materi Pelatihan

Berikutnya Anda akan menerima materi pelatihan yang berisi hal-hal berkaitan dengan ara menggunakan aplikasi Grabfood dan cara mengaktifkan akun. Setelah ini, pendaftaran telah selesai dilakukan.

Manfaat Bergabung dengan GrabFood

Dengan daftar GrabFood, Anda akan bisa menikmati berbagai keuntungan dan manfaat yang luar biasa. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Menjangkau Konsumen Lebih Luas

Pengguna GrabFood sudah tersebar di mana-mana, sehingga dengan menjadi mitra GrabFood tentu Anda berpotensi menjaring konsumen dengan jangkauan yang lebih luas. Tidak hanya di kota Anda saja, bahkan pesanan juga bisa datang dari luar kota bahkan luar provinsi.

2. Meningkatkan Pendapatan

Jika konsumen semakin banyak dijangkau, maka otomatis peluang menu makanan Anda dipesan juga semakin meningkat. Otomatis hal tersebut membuat peningkatan pendapatan Anda sebagai merchant UMKM yang bergabung dengan GrabFood.

3. Promosi Lebih Murah

Dengan menjadi mitra GrabFood, secara tidak langsung hal tersebut akna memperluas eksistensi rumah makan atau awrung Anda. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan karena segala bentuk promosi sudah dilakukan oleh GrabFood.

4. Tak Perlu Repot Mengantar Pesanan

Terakhir, kemudahan lainnya yang diperoleh adalah Anda tak perlu jauh-jauh mengantarkan makanan. Karena para driver Grab siap untuk mengantarkannya ke manapun sesuai pesanan.

Sistem Bagi Hasil dan Gaji

Biasanya besaran bagi hasil akan dirundingkan oleh pihak Grab dan pemilik warung makan sampai mencapai kata sepakat. Namun rata-rata Grab akan mendapatkan hasil sekitar 15-30 persen dari total pemesanan.

Misalnya harga makanan yang Anda patok adalah Rp 20.000, maka Grab akan mendapatkan untung sekitar Rp 30.000 dan yang Rp 70.000 untuk Anda. Untuk mengakali kerugian, maka Anda bisa menaikkan harga makanan di Grab dari harga aslinya.

Akhir Kata

Itu saja pembahasan dari kami mengenai cara mendaftar grabfood. Semoga bisa membantu Anda khususnya yang ingin mendaftar menjadi mitra atau merchant GrabFood.

Baca: