Tips Membeli Properti di Usia Muda

Donabisnis.com – Tips membeli properti di usia muda. Banyak alasan mengapa banyak anak muda yang ragu untuk membeli properti. Salah satunya yaitu harga tanah yang semakin tinggi setiap tahunnya.

Dibandingkan dengan gaji anak muda sekarang, harga rumah dan tanah bisa jadi lebih tinggi daripada penghasilan yang didapatkan. Selain itu, suplai tempat tinggal atau properti yang terbatas dan permintaan yang tetap tinggi juga menjadi salah satu alasannya.

Untuk dapat membeli sebuah properti, dibutuhkan persiapan matang dan membutuhkan waktu, tenaga, dan uang. Terutama dibutuhkan persiapan yang matang dalam segi keuangan, karena jumlah uang yang terlibat tidaklah sedikit.

Oleh karena itu, membeli properti merupakan sebuah keputusan yang besar. Namun, dengan persiapan dan perencanaan yang baik, di usia muda pun kita bisa membeli properti yang diinginkan.

Sebelum Anda menyiapkan rencana Anda, berikut merupakan beberapa hal yang dapat Anda perhatikan dalam membeli properti. 

1. Tentukan Budget

Harga properti tidaklah murah. Anda perlu menentukan budget yang masuk akal dan sesuai dengan pendapatan Anda ketika Anda hendak membeli properti. Dengan kata lain, Anda harus menyesuaikan harga properti dengan kemampuan Anda mengumpulkan setoran DP dan cicilan KPR setiap bulan.

Pilihlah lokasi yang menawarkan properti dengan harga yang lebih terjangkau. Mungkin properti yang lokasinya di pinggiran kota, namun tetap memiliki akses transportasi seperti KRL, MRT, bus, dan sebagainya. Hal ini agar mobilitas keseharian Anda tidak terganggu.

2. Menabung Uang Muka atau DP

Sebelum membeli rumah, Anda harus memiliki kondisi finansial yang mencukupi untuk Anda membeli rumah. Yang dimaksud disini yaitu dana untuk membayar uang muka yang merupakan prasyarat KPR.

Anda dapat menyisihkan pendapatan Anda untuk ditabung sebagai uang muka Anda membeli rumah. Sisihkan paling sedikit 30% dari pendapatan, lalu tabung di tabungan khusus saat pertama kali Anda mendapat gaji. Dengan demikian, dalam waktu kurang dari 5 tahun, Anda mungkin sudah memiliki uang muka cukup untuk membeli properti.

3. Batasi Pengeluaran

Bekerja keras dan menabung tidaklah cukup, jika Anda ingin membeli properti. Anda juga harus hemat dan membatasi pengeluaran Anda. Hal ini dapat dimulai dengan pengeluaran untuk hiburan, seperti jalan-jalan, makan di restoran, nongkrong di kafe, dan sebagainya. Anda dapat mulai memasak makanan Anda sendiri dirumah untuk menghemat pengeluaran Anda. 

Selain itu, usahakan jangan belanja di luar kebutuhan. Siapkan anggaran pengeluaran Anda setiap bulannya, lalu usahakan untuk tidak melebihi target pengeluaran yang sudah ditetapkan. Hal ini dilakukan untuk mencegah Anda membeli barang di luar kebutuhan Anda atau barang yang melebihi target pengeluaran Anda.

4. Pilih Properti Sesuai Kebutuhan

Kita tentunya menginginkan properti dengan harga murah dan terjangkau. Namun, jangan terlalu terfokus pada harga dan tidak memperhatikan kualitas dan kondisi properti.

Perlu Anda perhatikan bagaimana lingkungan sekitar properti, kondisi properti, aksesibilitas, fasilitas umum sekitar properti, dan sebagainya. Anda perlu cari properti sesuai dengan kebutuhan Anda, tidak hanya sekedar ingin memiliki properti.

Sebelum Anda membeli properti, kenali fasilitas yang tersedia di sekitar properti tersebut. Anda perlu mengetahui bagaimana akses dari lokasi properti ke fasilitas penting, seperti fasilitas kesehatan, tempat perbelanjaan, sarana transportasi, dan lainnya. Selain itu, ketahui tingkat kriminalitas lingkungan properti tersebut. Lalu, kenali tingkat kemacetan, polusi suara dan keramaian lingkungannya.

Demikian merupakan sedikit tips yang dapat membantu Anda dalam membeli properti di usia muda. Membeli properti di usia muda tidaklah mustahil. Dengan persiapan yang matang, Anda akan dapat membeli properti sesuai dengan kebutuhan Anda.