Agen Kuota

Definisi Penjelasan Agen Kuota Internet

Donabisnis.com – Agen kuota. Di era digital seperti sekarang kebutuhan akan internet semakin berkembang pesat. Entah untuk kerja, belajar, komunikasi, atau mencari informasi semua dilakukan secara online.

Tidak heran di masa sekarang ada banyak agen kuota bertebaran di kota-kota atau desa-desa. Kadang mereka pun turut menjadi agen pulsa untuk menjual pulsa berbagai provider.

Mungkin Anda juga ingin menjadi agen kuota, tapi sebelum menjalani pekerjaan atau bisnis tersebut, alangkah baiknya mengenal pengertian, cara kerja, dan keuntungan menjadi agen kuota.

Pengertian Agen Kuota

Bisnis agen kuota adalah bisnis yang menjual kuota internet ataupun paket data dari berbagai operator. Mulaid ari XL, AXIS, Telkomsel, Three (Tri), Smartfren, By.U, Indosat, IM3, dan lainnya.

Paket data yang diperjualbelikan juga bisa secara elektrik atau vouvher. Adapun risiko dari bisnis ini tergolong kecil bahkan tidak ada risikonya sama sekali.

Pasalnya, hampir semua orang saat ini membutuhkan kuota internet. Anda bisa menjualnya ke teman, saudara, keluarga, atau bahkan membuka konter sendiri di pinggir jalan. Pasti akan sangat ramai pembeli.

Cara Kerja Bisnis

Supaya bisa menjadi agen kuota, Anda harus menjadi seorang agen atau member di seerver pulsa terlebih dahulu. Contohnya PayTren, MKIOS, DOMPU, MTRONIK, BukaLapak, dan masih banyak lagi.

Setelah mendaftar, Anda hanya perlu melakukan deposit saldo atau pembelian saldo tergantung kebijakan masing-masing provider. Biasanya mulai dari Rp 50 ribu saja atau kadang lebih murah.

Setiap kali transkasi paket data atau kuota internet, saldo tersebut akan terpotong otomatis sesuai dengan harga produk tersebut. Jika saldo habis, maka pembelian pulsa tidak bisa dilakukan lagi dan harus melakukan top up ulang.

Keuntungan dan Kerugian Agen Kuota

Sebelum memutuskan menjadi agen kuota, Anda perlu memahami keuntungan dan kerugiannya terlebih dahulu. Berikut pembahasannya.

Kelebihan

Modal ringan, hanya dengan modal Rp 50 ribuan saja sebagai deposit awal, Anda sudah bisa menjadi pengusaha konter pulsa. Anda juga bisa langsung menggunakannya untuk transaksi pembelian pulsa.

Tidak memerlukan tempat khusus, bisnis konter pulsa biasanya tidak perlu memerlukan tempat khusus. Hanya dengan tempat jualan seadanya atau bahkan tanpa tempat jualan, Anda sudah bisa langusng mulai berjualan pulsa.

Risiko minim, jumlah saldo yang Anda depositkan tidak akan hilang atau kadaluarwa. Bisnis pulsa juga tidak akan dibatasi dengan tren yang bakal berubah setiap waktu.

Taget pasar luas, karena pulsa dibutuhkan di masa sekarang. Masyarakat akan selalu membutuhkan pulsa supaya ibsa terhubung dengan orang lain dan ketika pulsa habis mereka pasti harus mengisinya.

Promosi mudah, hanya dimulai dari perbincangan kecil antarteman atau antarsaudara, konter pulsa bakal dikenal oleh masyarakat. Kita juga bisa mempromosikan bisnis konter pulsa lewat media sosial atau WhatsApp.

Kekurangan

Gangguan dari operator, biasanya hal ini tidak dapat dihindari sehingga pulsa kadang telat masuk ke nomor pelanggan. Tapi ini sangat mudah diatasi, yang penting Anda bisa berkomunikasi dengan CS server ulsa dan meminta gangguan diatasi.

Pengisian pulsa lambat, biasanya terjadi jika server dari agen suplier sedang down atau penuh. Jelaskan saja kepada pelanggan dengan memintanya untuk menunggu di rumah sampai pulsa masuk.

Banyak pembeli yang ingin hutang, pilihlah hanya untuk orang-orang terpercaya dan rajin bayar saja. Jangan menerima cara yang halus dengan menggunakan kata maaf dan minta hutang pulsa, karena biasanya mereka akan lama membayarnya.

Harus membayar setoran sewa kios, tapi ini bisa diatasi dengan cara mencari kios murah atau bila untuk pemula dan juga pemodal kecil bisa juga membuka konter di rumah. Di masa sekarang bahkan pulsa juga bisa dijual secara online tanpa kios.

Keuntungan kecil, jika berjualan pulsa pendapatannya kecil, maka Anda harus bisa memutar otak seperti dengan menambah berjualan aksesori hp, kartu perdana, dan yang lainnya. Bisnis keuntungan kecil jika dikali banyak transkasi pasti akan memperoleh banyak omzet.

Kesimpulan

Mungkin sampai di sini dulu pembahasan dari kami mengenai pengertian agen kuota. Mudah-mudahan informasi yang kami sampaikan bisa membantu Anda mengetahui cara kerja agen kuota.

Baca: