Buku Besar

Pengertian dan Cara Membuat Buku Besar

Donabisnis.com – Pengertian buku besar dan manfaatnya lengkap. Buku besar, disebut juga dengan general ledger adalah salah satu buku yang digunakan sebagai tempat untuk perpindahan akun rekening yang berasal dari jurnal. Nantinya, jurnal tersebut akan digunakan untuk membuat laporan keuangan.

Laporan keuangan sudah jelas harus dibuat dengan ringkas dari berbagai transaksi keuangan yang bisa terjadi selama satu periode tertentu. Maka dari itu untuk menyederhakanan laporan keuangan digunakanlah buku jurnal atau general ledger.

Untuk lebih memahami tentang general ledger, Anda bisa menyimak pembahasan lengkap mengenai general ledger. Mulai dari pengertian, fungsi, jenis, bentuk, posting, urutan, format dan cara membuatnya.

Pengertian Buku Besar

Terdapat pengertian general ledger secara umum dan menurut para ahli. Anda bisa menyimak selengkapnya pada pembahasan di bawah ini.

Pengertian Buku Besar Secara Umum

Definisi general ledger adalah buku yang berisi estimasi sehubungan dengan deskripsi umum pengaruh transaksi keuangan karena perubahan aset, liabilitas, dan modal di dalam perusahaan.

Dalam pengertian lain, general ledger juga merupakan alat yang digunakan untuk merekam beberapa perubahan dalam akun karena transaksi keuangan.

Perkiraan jumlah general ledger yang dibutuhkan perusahaan, tentu saja, bervariasi. Hal ini disebabkan beberapa faktor yang mencakup jenis kegiatan, keuangan dan kekayaan perusahaan, informasi yang diperlukan oleh Perusahaan dan volume transaksi.

Kegiatan mencatat buku yang bagus bernama juga penerbitan. Buku-buku besar mentransfer rekening jurnal umum. Kemudian, publikasi dilakukan setelah membuat majalah umum,

Di general ledger utama, akunnya diklasifikasikan ke dalam RIL atau akun akun nyata dan juga akun nominal atau akun nominal. RIL ACCOUNT adalah akun yang ada di neraca, seperti hutang, aset, modal dan kewajiban. Sedangkan akun nominal adalah akun yang ada dalam laporan laba rugi, seperti beban dan pendapatan.

Dari penjelasan sebelumnya, fungsi general ledger dapat disimpulkan sebagai berikut:

  • Menjadi bahan dan informasi dalam persiapan laporan keuangan.
  • Berdasarkan klasifikasi transaksi yang telah terdaftar dalam jurnal.
  • Untuk alat, mengklasifikasikan data keuangan dan Anda dapat menemukan nomor dan keadaan akun atau akun.
  • Untuk alat merangkum data transaksi yang telah terdaftar di Jurnal General.

Pengertian Buku Besar Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pandangan ahli tentang pengertian general ledger yang bisa dijadikan acuan.

1. Ade Firmansyah

Buku besar adalah kumpulan dari berbagai akun yang digunakan untuk meringkas transaksi yang sudah dicatat dalam jurnal umum.

2. Gito Brahmana

General ledger adalah tahap pencatatan terakhir dalam akuntansi yang menampung ringkasan data yang sudah dikelompokan yang bersumber dari jurnal.

3. Wikipedia

Pengertian general ledger menurut Wikipedia adalah general ledger utama untuk mencatat transaksi keuangan yang mengkonsolidasikan masukan dari semua jurnal dan merupakan penggolongan akun sejenis.

Fungsi Buku Besar

General ledger memiliki beberapa fungsi, antara lain adalah sebagai berikut.

  • Alat yang dapat digunakan untuk merangkum data dalam setiap transaksi yang terdaftar di majalah, baik jurnal umum dan majalah khusus.
  • Alat yang digunakan untuk mengklasifikasikan data keuangan.
  • Alat ini digunakan untuk menentukan jumlah atau kondisi akun nyata, jika ada perbedaan atau tidak.
  • Alat yang dapat digunakan untuk memonitor riwayat akun.
  • Ini dapat digunakan sebagai dasar untuk klasifikasi transaksi yang ada atau telah terdaftar dalam jurnal.
  • Sebagai salah satu tahapan atau bahan yang digunakan dalam proses persiapan laporan keuangan.

Tujuan Buku Besar

Ada beberapa tujuan pembuatan general ledger, antara lain adalah sebagai berikut.

  • Daftarkan semua transaksi dengan ukuran dan benar.
  • Anda mengagumi dan mengurangi akun sesuai dengan riwayat transaksi.
  • Memvalidasi jumlah akun atau akun.
  • Memberikan informasi tentang track track atau riwayat akun.
  • Menghasilkan laporan keuangan kepercayaan dan juga tepat waktu untuk setiap periode.

Jenis Buku Besar

General ledger dapat dibedakan menjadi beberapa jenis atau macam. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Buku Besar Umum

Buku-buku umum adalah semua estimasi yang merasakan dan ada pada periode tertentu piutang, kas, pasokan hutang dan juga modal. Buku ini adalah deskripsi umum tentang pengaruh transaksi dalam perubahan aset, modal Perusahaan dan kewajiban Perusahaan.

2. Buku Besar Pembantu

Buku besar pembantu atau general ledger memilki akun yang secara khusus dianotasi tentang piutang dan hutang bisnis secara rinci. Terdapat dua jenis general leder buku besar, di antaranya sebagai berikut.

Buku Besar Pembantu Piutang Usaha

Buku ini sering dikenal sebagai piutang general ledger khusus yang merinci langganan kredit, di mana lokasi, berapa banyak transaksi, dan untuk siapa perusahaan melakukan transaksi penjualan per kredit.

Buku Besar Pembantu Utang

Buku ini sering disebut utang. Detiap penyedia detail dicatat secara khusus. Ini termasuk catatan penyedia yang memberikan pinjaman kredit dan jumlah hutang pada saat yang sama.

3. Buku Besar Kreditor

General ledger ini hanya diperuntukkan untuk emngumpulkan informasi harian tunggal, yakni pembelian. Tujuan kreditor adalah untuk memberikan pengetahuan tentnag penyedia tempat atau perusahaan peminjaman.

4. Buku Besar Debitur

Sangat berbeda dari general ledger publik umum, ini terbesar dari debitur ini hanya dapat mengkompilasi informasi dari majalah penjualan. Tujuannya adalah untuk dapat memberikan pengetahuan tentang pelanggan yang berutang dalam bisnis dan berapa banyak.

Bentuk Buku Besar

Terdapat beberapa general ledger yang boleh dilakukan. Sebahagian daripada mereka termasuk sebagai berikut.

1. Berbentuk T

Bentuk general ledger ini adalah yang paling mudah dan paling banyak digunakan. Jenis general ledger ini digunakan untuk keperluan analisis urus niaga, serta menjelaskan mekanisme penggunaan akaun.

2. Skontro

Skontro merupakan jenis general leder yang memiliki dua jalur dalam pengaplikasiannya. Bisa dikatakan pula, skontlo adalah penyempurna dari bentuk T.

3. Staffel

Buku hebat ini mempunyai bentuk halaman dan mempunyai lajur baki. Terdapat dua jenis buku staf yang besar yang meliputi 3 lajur dengan satu lajur baki dan general ledger dengan 4 lajur yang mempunyai lajur baki pendua.

Cara Posting Buku Besar

Cara posting atau memindahkan data dari jurnal umum ke general ledger adalah sebagai berikut.

  • Pertama, dia pindah untuk pertama kalinya tanggal insiden di surat kabar umum pada tanggal di Leak.
  • Kedua, juga memindahkan jumlah debit dan jumlah kredit di kolom debit dan kredit di leak.
  • Selanjutnya, masukkan nomor halaman dalam jurnal di kolom referensi di Leak.
  • Akhirnya, pindahkan penjelasan singkat dan informasi di majalah umum di general ledger utama.

Cara Membuat Buku Besar

Untuk membuatnya lebih mudah untuk membuat general ledger, maka Anda dapat menggunakan Microsoft Excel. Tentu saja, bersama dengan formula Excel yang biasa digunakan. Jadi, bagaimana Anda melakukannya? Berikut adalah langkah penuh:

1. Persiapan Tahap

Proses pembuatan general ledger dilakukan jika telah selesai dalam rekaman semua transaksi dalam general ledger majalah, baik pembelian, penjualan, pengeluaran atau penerimaan penerimaan kas lainnya.

Setelah itu, Anda dapat mulai melakukan formulir buku yang hebat. Mempertimbangkan bahwa untuk menghitung dan memindahkan saldo dari buku majalah, Anda dapat menggunakan karakteristik dan Rumud di MS. Excel. Bentuk formulir

General ledger skontro adalah jenis general ledger ini mempunyai dua lajur. Buku Sklonto adalah bentuk T yang lebih lengkap. Hal tersebut terdiri dari tanggal, publikasi, debit, kredit, keseimbangan (debit dan kredit).

2. Tahap Lakukan di MS Menonjol

Langkah selanjutnya terdiri dari beberapa langkah yang terdiri dari:

  • Di bagian atas nama akun atau akun. Anda dapat memilihnya langsung pada daftar yang ada. Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan menu: “Data – Validasi Data – Validasi Data – Konfigurasi” Setelah itu, dalam Menu Kriteria Validasi – Izinkan – Pilih Daftar. Kemudian sumber – ambil data dari daftar akun. Daftar akun dapat dilakukan pada selembar dengan general ledger atau membuat lembar terpisah, memberikan nama COA – grafik akun.

Mempertimbangkan bahwa untuk membuat daftar berdasarkan nama akun atau kode akun. Silakan pilih seperti yang diinginkan.

  • Tambahkan transaksi akun pada sisi debit dan kredit dan hitung saldo akun. Dalam tugas ini, Anda dapat menggunakan formula SUMIF. Saldo akan diperoleh ketika menghitung perbedaan sehubungan dengan saldo dalam debit dengan kredit. Ini hanya menyesuaikan dengan jenis akun.

Akhir Kata

Demikian pembahasan singkat mengenai pengertian buku besar. Mulai dari pengertian, fungsi, tujuan, jenis, cara posting, cara membuat bentuk, dan jenisnya, secara lengkap.

Tinggalkan komentar