Cara Membuat WhatsApp Bisnis

Cara Buat WA Bisnis di HP Android

Donabisnis.com – Cara membuat WhatsApp bisnis. Ada dua jenis akun pada platform WA, yang pertama adalah akun pribadi dan yang kedua adalah akun berbentuk bisnis.

Akun bisnis ini sebenarnya sama seperti akun pribadi, cuma fungsinya lebih lengkap. Seperti menampilkan informasi jam operasional bisnis, balas pesan otomatis, alamat bisnis, dan sebagainya.

Tentu saja bagi pelaku bisnis, WA bisnis ini sangat perlu dimiliki, terutama karena customer service tidak bisa standby selama 24 jam karena mereka juga manusia yang membutuhkan waktu istirahat.

Namun mungkin masih ada yang belum mengetahui bagaimana cara membuat WhatsApp bisnis, padahal cara dan langkahnya begitu mudah bisa dilakukan di hp maupun laptop.

Maka dari itu pada kesempatan ini kami ingin mengulas lebih lengkap tentang cara membuat akun WhatsApp bisnis dengan mudah. Cara ini bisa diterapkan di smartphone atau PC.

Cara Membuat WhatsApp Bisnis dengan Mudah

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja silahkan simak ulasan lengkap tentagn cara membuat dan menciptakan akun WA bisnis di hp Android dan laptop. Simak di bawah ini.

1. Langkah Awal

  • Sebagai langkah awal, Anda mesti mengunduh aplikasi WhatsApp Business berasal dari toko aplikasi di tiap-tiap platform, di dalam artikel ini kita mengunduhnya berasal dari Google Play Store.
  • Kemudian, Anda mesti mendaftar gunakan no ponsel, idealnya gunakan no yang Anda khususkan untuk usaha peranan mempermudah sistem verifikasi.
  • Ciptakan profil bersama mencantumkan informasi usaha terhadap menu Settings > Business Settings > Profile. Namun Anda mesti memastikan informasi yang tercantum lumayan akurat, seperti nama bisnis, alamat, detil kontak, dan sebagainya.

2. Gunakan Profil Bisnis

  • Setelah profil WhatsApp Business tercipta, Anda mampu membuka Settings > Business Settings dan memeriksa opsi yang ada terhadap menu tersebut.
  • Pada menu tersebut, Anda dapat menemukan opsi Away Message, Greeting Message, dan Quick Replies. Anda mampu sesuaikan tiap-tiap opsi cocok bersama kebutuhan.
  • Anda mampu sesuaikan pesan yang dapat dikirimkan secara otomatis saat sedang di dalam perjalanan usaha dan tidak mampu membalas pesan berasal dari konsumen. Anda terhitung mampu sesuaikan saat pengiriman pesan ini, baik di segala waktu, terhadap jadwal tertentu atau di luar jam operasional.
  • Pesan sapaan dapat dikirimkan secara otomatis saat konsumen mengirimkan pesan untuk pertama kalinya setelah tidak aktif sepanjang 14 hari.

Daftar Fitur WhatsApp Bisnis

Selain fitur pesan otomatis tersebut, berikut ada beberapa fitur utama WhatsApp bisnis yang bisa digunakan untuk membantu bisnis berkembang.

1. Nama Akun Pengguna

Hal utama yang membedakan WhatsApp Bisnis dengan WhatsApp messenger adalah pengatuarn ubah nama akun. Di WA biasa, Anda bisa mengganti nama akun kapan saja sesuka hati, namun di WhatsApp Bisnis ada batasan untuk melakukannya.

2. Profil

Profil pada WhatsApp Bisnis memuat informasi bisnis Anda. Mulai dari nama, alamat, kategori bisnis, deskripsi, email, dan situs website. Menu informasi tersebut tidak terdapat pada Profil WhatsApp Messenger. Pelanggan dapat melihat dengan mudah informasi tersebut apabila mengunjungi profil bisnis Anda.

3. Pesan Otomatis

WhatsApp Bisnis juga menyediakan fitur balas pesan otomatis dna ini tidak tersedia di WhatsApp Messenger. Fitur ini terdiri dari beberapa jenis, yakni sebagai berikut.

  • Away Message merupakan fitur balas pesan otomatis ketika ada pesan masuk dari pelanggan pada luar jam kerja atau saat bisnis sedang tidak beroperasi. Anda dapat membuat isi balasan pesan otomatis yang sesuai dengan preferensi Anda.
  • Greeting Message merupakan fitur balas pesan otomatis yang bisa Anda kirimkan saat pelanggan pertama kali menghubungi Anda.

4. Katalog

WhatsApp Bisnis menghadirkan fitur katalog untuk menampilkan produk dalam profil WhatsApp Bisnis Anda. Fitur ini berfungsi sebagai etalase produk yang dapat dilihat oleh konsumen saat melihat profil Anda.

Dalam katalog tersebut, konsumen tidak hanya melihat foto produk, tetapi juga melihat detail keterangan dan harga produk. Cara menggunakan fitur Katalog WhatsApp Bisnis adalah buka menu Pengaturan > Pengaturan Bisnis > Katalog.

5. Statistik Pesan

Di WhatsApp Bisnis, Anda juga bisa melihat statistik pesan yang terkirim, dibaca, dan diterima. Fitur ini tentu saja sangat membantu Anda untuk meninjau pesan mana saja yang efektif. Cara memeriksanya, Anda bisa buka WhatsApp Bisnis > klik Tombol Menu > Setelah > Setelan Bisnis > Statistik.

6. Kategori Bisnis

Pada kolom profil di WhatsApp Bisnis, terdapat menu Kategori Bisnis. Anda bisa pilih kategori bisnis yang sesuai lewat dropdown list yang sudah terdaftar. Namun, jika kategori bisnis Anda tidak ada dalam list kategori bisnis, Anda dapat memiliki menu “others”. Adanya Kategori Bisnis ini dapat mempermudah para pelanggan untuk mengetahui bisnis apa yang Anda jalankan. Tentunya fitur ini tidak akan Anda temukan pada WhatsApp Messenger.

7. Label

Terdapat pula fitur label yang merupakan fitur pengelompokan chat berdasarkan kriteria tertentu. Pengelompokan ini terdapat pada WhatsApp Bisnis, antara lain prospek, pesan baru, menunggu pembayaran, hingga pesanan selesai. Label tersebut dapat Anda hapus atau tambahkan sesuai dengan keinginan Anda. Dengan fitur ini, Anda bisa membedakan chat mana yang belum atau sudah melakukan pembayaran. Anda juga bisa melakukan follow up untuk pelanggan yang belum melakukan pembayaran.

8. Tanda Centang Akun Bisnis

WhatsApp Business akan melakukan verifikasi terhadap akun-akun bisnis melalui nomor telepon yang telah didaftarkan. Pihak WA Bisnis akan memberikan centang berwarna hijau pada akun yang terverifikasi.

Apabila akun Anda terverifikasi akun bisnis resmi, pelanggan Anda akan melihat tanda centang hijau pada profilnya atau di samping judul chat. Selain itu, nama bisnis Anda akan terlihat meskipun pelanggan belum menyimpan kontak Anda.

Akhir Kata

Sekian pembahasan singkat mengenai cara membuat whatsapp bisnis di hp. Semoga dengan ini kita bisa tahu bagaimana cara membuat WA business yang benar untuk keperluan promosi dan usaha.

Baca: