Cara Bisnis Lewat Blog

Tips Berbisnis Melalui Blog Pribadi

Donabisnis.com – Cara bisnis lewat blog. Saat ini ada dua platform terkenal yang bisa kita manfaatkan untuk membuat blog atau website secara gratis. Yakni adalah WordPress dan Blogspot.

Karena keduanya terkenal, tentu saja kita bisa memanfaatkannya sebagai ladang bisnis. Ada banyak cara menghasilkan uang melalui kedua platform tersebut secara online dari internet.

Kita sudah membahasnya di cara menghasilkan uang dari WordPress dan cara menghasilkan uang dari Blogspot. Namun cara tersebut masih berkaitan dengan jual beli item-item kedua platform tersebut.

Lalu bagaimana bila kita memiliki bisnis offline? Apakah masih bisa memanfaatkan WordPress atau Blogspot gratisan untuk mengembangkan bisnis dan mendulang omzet fantastis?

Jawabannya tentu saja iya, dengan tips dan strategi pemasaran yang benar, kita bisa mendatangkan pelanggan atau pembeli dari kedua platform gratisan tersebut. Di sini kami akan mengulas caranya.

Cara Bisnis Online Lewat Blog Pribadi

Langsung saja tanpa banyak basa basi kembali, di bawah ini kami tulis ulasan mengenai cara menjalani bisis online dengan benar, tepat lewat blog pribadi agar sukses, untung besar, bagi pemula.

1. Tentukan Minat Anda

Pertama anda perlu menentukan apa topik blog yang anda ingin buat. Dengan menentukan topik yang cocok bersama minat anda maka anda akan lebih dapat menjaga blog anda bersama baik.

Langkah pertama dan paling penting adalah Anda perlu menentukan topik blog apa yang ingin Anda buat, sesuaikan dengan minat Anda. Pasalnya jika membuat website sesuai minat, Anda akan lebih maksimal dalam mengembangkannya.

Ingat, jangan pernah copy paste artikel milik orang lain untuk dijadikan konten di website Anda. Terutama jika Anda menggunakan Google AdSense sebagai mitra pemasangan iklan di website Anda. Beberapa topik blog yang dapat dijadikan pertimbangan oleh anda yaitu.

  • Gadget (harga, review, spesifikasi handphone, tablet, laptop dll) :
  • IT (komputer, pemrograman, web site development, berita IT terbaru dan lain-lain): Cocok untuk anda yang punya minat tinggi di bidang IT atau berkuliah di bidang ini.
  • Pendidikan (materi dan soal sekolah, info beasiswa dll): Cocok untuk anda terlebih yang berprofesi sebagai guru atau mahasiswa untuk sebabkan blog yang memuat materi pelajaran sekolah.
  • Info unik: Sesuai untuk siapa saja yang senantiasa membawa info unik untuk dibagikan
  • Hobi: Jika anda punya hobi di bidang tertentu, silahkan buat blog yang cocok bersama hobi anda.
  • Travel/wisata
  • Sosial, politik, ekonomi, budaya
  • Bisnis online maupun offline
  • Dan masih banyak lagi. Silakan mengatur bersama minat dan kapabilitas anda!

2. Buat Blog

Untuk membuat blog, Anda bisa menggunakan Blogspot (Blogger) atau WordPress self hosting. Berikut keunggulan masing-masing dari kedua platform tersebut.

  • Blogspot, sebagian besar berasal dari anda mungkin udah tau gara-gara anda dapat mendaftar di blogger.com secara gratis dan sebabkan blog yang anda inginkan. Anda dapat menentukan pakai domain blogspot atau custom domain/domain punya sendiri (Silakan menentukan domain gratis atau domain murah). Sedangkan untuk template, anda dapat melacak di google : “blogger template” atau anda dapat mengedit sendiri melalui menu Template-> Customize atau Template-> Edit HTML.
  • WordPress self hosting, anda dapat mendaftar hosting gratis idhostinger dan menginstall wordpress di sana. Silakan baca artikel sebabkan blog gratis wordpress dalam 5 menit. Kelebihan pakai wordpress adalah anda dapat lebih leluasa gara-gara anda dapat beri tambahan fungsionalitas berasal dari blog anda bersama pakai plugins. Untuk theme wordpress, anda dapat bersama mudah menggantinya melalui Appearance-> Themes di menu admin WordPress. Gunakan themes yang bagus sehingga muncul lebih professional.
  • Catatan: Untuk anda yang tidak menyadari apakah hosting,domain. Domain dapat disebut juga bersama alamat web site misalkan example.com , facebook.com dll. Sedangkan Hosting adalah daerah anda menempatkan semua knowledge web site anda (gambar, tulisan blog, file-file kode, database dan lain lain). Karena ini adalah bisnis online yang akan membuahkan uang maka tidak tersedia salahnya anda menentukan hosting berbayar untuk blog wordpress anda pas pengunjung udah jadi banyak, terkecuali anda pakai blogger anda tidak perlu risau pas kebanjiran pengunjung ke web site anda gara-gara anda senantiasa dapat menggunakannya secara gratis.

3. Isi Artikel

Hal terpenting dan mengasyikkan dalam membuat blog adalah mengisi artikel sebagai konten. Pastikan Anda menulis artikel yang berguna, menarik, mudah dipahami, dan mudah ditemukan. Supaya mudah ditemukan di mesin pencari Google, Anda bisa menyisipkan kata kunci/keyword tertentu di dalam artikel.

Buatlah artikel yang enak untuk dibaca , menarik dan berguna sehingga orang akan mampir ke blog anda lain waktu. Jadikan menulis artikel di blog sebagai suatu langkah anda untuk berbagi ilmu anda kepada orang lain.

4. Promosikan

Promosikan blog anda melalui social sarana seperti facebook, twitter dan google plus. Buatlah fanspage di facebook, profil twitter dan gplus dan ajak teman-teman anda untuk follow dan like. Jika anda aktif di berbagai forum silahkan anda masukkan link web site anda di profil forum atau signature.

Banyak orang yang bilang belajarlah SEO atau Search Engine Optimization namun saya sendiri kurang terlalu mempergunakan langkah ini terkecuali SEO on page(di web site sendiri) dan cuma sedikit SEO Off Page . Silakan pelajari SEO bersama langkah googling di internet sendiri.

5. Uangkan

Bila Anda sudah memiliki blog yang bertraffic tinggi, Anda sudah bisa menguangkan website Anda. Ini menjadi bagian penting cara mendapatkan uang dari blog atau website. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda pilih.

  • Iklan: Untuk iklan anda dapat pakai Google Adsense, Chitika, IdBlogNetwork , SITTI atau yang lainnya(masih terlalu banyak sekali). Untuk Google Adsense mungkin agak ada masalah untuk yang masih terlalu pemula. Pastikan web site anda mematuhi kebijakan adsense dan pedoman webmaster sebelum akan mendaftar Adsense. Pendaftaran ke adsense ini gratis. Jika suatu pas nanti web site anda udah terlalu besar mungkin anda dapat segera menawarkan diri ke pengiklan untuk memasang iklan di web site anda.
  • Afiliasi: Mengikuti program afiliasi rasanya seperti punya toko online di mana kami dapat meraih komisi sekian persen tiap-tiap penjulan yang diperoleh melalui link kami tanpa perlu sibuk berurusan bersama pembeli. Kita memadai menyimpan link afiliasi di web site kami dan terkecuali tersedia yang membeli melalui link kami maka otomatis kami meraih komisi. Praktis dan Mudah!

6. Dapatkan Uang

Jika anda udah punya blog dan udah menguangkan blog anda bersama langkah di atas. Kini saatnya anda memanen hasil kerja keras anda sepanjang ini. Prosesnya tentu tidak secepat anda membaca artikel ini. Semua perlu kerja keras, ketekunan, keinginan untuk belajar berasal dari kekeliruan dan jangan lupa berdoa gara-gara bisnis tanpa doa adalah kesombongan.

Akhir Kata

Sekian pembahasan singkat mengenai cara bisnis online lewat blog. Semoga dapat menjadi inspirasi dan pembuka inovasi Anda untuk berkreasi dalam bisnis dan usaha agar mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Baca: