Pengertian Strategi Pemasaran

Pengertian dan Tahapan Manajemen Pemasaran

Donabisnis.com – Pengertian strategi pemasaran. Dalam berbisnis, strategi pemasaran adalah cara memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi.

Strategi pemasaran juga bisa dikatakan sebagai rangkaian upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Dan untuk lebih jelasnya mengenai definisi dan pembahasan strategi pemasaran, simak ulasan di bawah berikut ini.

Di sini, kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai daftar kumpulan pengertian strategi pemasaran, lengkap dengan tipe, jenis, fungsi, tujuan, konsep, tahapan, contoh, manfaat, dan lain sebagainya.

Pengertian Strategi Pemasaran

Pengertian strategi pemasaran terbagi menjadi dua, yakni secara umum dan menurut pendapat para ahli. Selengkapnya bisa disimak di bawah berikut ini.

Pengertian Strategi Pemasaran Secara Umum

Strategi pemasasaran adalah suatu cara yang dilakukan perusahaan untuk meraih tujuan karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut.

Secara umum, dapat dikatakan strategi pemasaran adalah usaha memasarkan produk atau jasa dengan memakai pola perencanaan dan metode supaya bisa berhasil menjual lebih banyak apa yang dijual.

Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli

Sementara itu, berikut adalah pendapat para ahli mengenai definisi, penjelasan, dan pengertian strategi pemasaran.

1. Kotler dan Amstrong

Menurut Kotler dan Amstrong (2008), pengertian strategi pemasaran adalah logika pemasaran dimana unit bisnis berharap untuk menciptakan nilai dan memperoleh keuntungan dari hubungannya dengan konsumen.

2. Kurtz

Menurut Kurtz (2008), pengertian strategi pemasaran adalah keseluruhan program perusahaan dalam menentukan target pasar dan memuaskan konsumen dengan membangun kombinasi elemen dari marketing mix; produk, distribusi, promosi, dan harga.

3. Philip Kotler

Menurut Philip Kotler, pengertian strategi pemasaran adalah suatu mindset pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran, dimana di dalamnya terdapat strategi rinci mengenai pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran, dan budget untuk pemasaran.

4. Tjiptono

Menurut Tjiptono, pengertian strategi pemasaran adalah alat fundamental yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan daya saing yang berkesinambungan melewati pasar yang dimasuki, dan progam pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar target tersebut.

5. Guiltinan dan Paul

Strategi pemasaran merupakan pernyataan pokok yang berkenaan dengan dampak atau akibat yang diharapkan mencapai permintaan pada target pasar yang sudah ditentukan.

Stanton

Menurut Stanton, pengertian strategi pemasaran adalah sesuatu yang melingkupi semua sistem yang memiliki hubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga hingga mempromosikan dan menyalurkan produk (barang atau jasa) yang dapat memuaskan konsumen.

Tipe Strategi Pemasaran

Menurut Assauri (2008:163), ada tiga tipe strategi pemasarn yang dapat dilakukan perusahaan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Strategi Pemasaran yang Tidak Mendiskriminasi Pemasaran

Tipe atau strategi pemasaran yang pertama adalah tidak mendiskriminasi pemasaran. Maksudnya yaitu pasar dianggap sebagai satu keseluruhan sehingga perusahaan hanya memperhatikan kebutuhan umum.

Produk yang diproduksi dan dipasarkan juga seringkali merupakan produk yang tujuannya untuk menarik konsumen dalam satu rencana pemasaran saja.

2. Strategi Pemasaran yang Mendiskriminasi Pemasaran

Strategi pemasaran ini menyajikan kebutuhan beberapa kelompok yang ditentukan dengan jenis produk tertentu. Untuk pabrikan atau perusahaan untuk menghasilkan produk yang berbeda sesuai dengan segmen pasar. Dengan kata lain, pabrikan dan perusahaan menawarkan berbagai produk yang beradaptasi dengan kelompok pelanggan dan keinginan kelompok konsumen yang tidak sama dengan program pemasaran yang secara khusus diharapkan untuk tingkat keberhasilan Penjualan di setiap segmen dapat dicapai.

Tujuan pemasaran ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri kelompok konsumen tertentu dalam suatu produk yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

3. Strategi Pemasaran Terkonsentrasi

Strategi pemasaran terkonsentrasi mengkhususkan dalam komersialisasi produk ke bagian segmen pasar dengan mempertimbangkan sumber daya terbatas yang ada pada perusahaan.

Keuntungan strategi ini adalah perusahaan akan mendapat posisi kuat dalam segmen pasar yang dipilih. Hal tersebut dapat terjadi karena perusahaan akan fokus dan akan memiliki pengalaman yang lebih baik dalam mengimplementasikan pendekatan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Sementara itu kelemahan strategi pemasaran terkonsentrasi adalah produsen harus menyadari risiko besar karena hanya tergantung pada satu segmen pasar saja. Ada kekhawatiran jika terjadi perubahan dalam kebutuhan konsumen atau meningkatnya kapasitas daya saing kompetitor.

Jenis Strategi Pemasaran

Dari tiga tipe strategi pemasaran di atas, dapat dijabarkan lebih luas jenis atau macam-macam strategi pemasaran sebagai berikut.

1. Iklan Berbayar

Iklan berbayar merupakan jenis trategi pemasaran yang memiliki pendekatan macam-macam. Mulai dari tradisional, iklan TV, media cetak, dan masih banyak lagi. Salah satu pendekatan yang terkenal adalah pemasaran lewat internet online, termasuk menggunakan metode PPC (bayar per klik) dan pengumuman pembayaran.

2. Pemasaran Sebab Akibat

Penyebab layanan komunikasi pemasaran dan produk dari perusahaan dengan penyebab atau masalah sosial. Ini juga dikenal sebagai pemasaran yang berkaitan dengan sebab.

3. Hubungan Pemasaran

Hubungan pemasaran adalah jenis strategi pemasaran yang pada dasarnya fokus pada pengembangan klien. Meningkatkan hubungan dengan pelanggan juga akan meningkatkan loyalitas pelanggan untuk menggunakan produk yang kita ciptakan.

4. Pemasaran Menyamar

Jenis strategi pemasaran ini berfokus pada produk pemasaran, sementara pelanggan masih belum tahu strategi pemasaran. Ini juga dikenal sebagai pemasaran siluman.

5. Pemasaran dari Mulut ke Mulut

Pemasaran dari mulut ke mulut masih digunakan sampai saat ini. Kesuksesannya tergantung dari apa yang Anda tinggalkan kepada orang lain, apakah hal positif atau negatif. Maka dari itu ketika memberikan review berkualitas, kemungkinan pembeli juga akan meningkat.

6. Pasar Melalui Internet

Ini juga dikenal sebagai pemasaran cloud. Ini biasanya terjadi melalui internet. Semua barang pemasaran dibagikan di Internet dan dipromosikan pada beberapa platform melalui berbagai pendekatan.

7. Transaksional

Transaksional merupakan straetgi pemasaran yang cukup menantang, bahkan untuk pengecer terbesar, penjualan selalu sulit terutama jika ada target volume tinggi. Namun dengan strategi pemasaran ini penjualan tak sesulit sebelumnya, karena penjual mendorong pelanggan untuk membeli kupon, diskon, dan promosi lainnya. Ini secara otomatis akan meningkatkan impresi produk.

8. Pemasaran Keragaman

Ini menyajikan berbagai audiensi dengan menyesuaikan dan mengintegrasikan beberapa strategi pemasaran. Ini mencakup beberapa aspek seperti budaya, kepercayaan, sikap, pandangan, dan kebutuhan spesifik lainnya.

Tujuan Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran memiliki tujuan sebagai berikut.

  • Meningkatkan kualitas koordinasi ke tim pemasaran.
  • Ukur hasil pemasaran sesuai dengan standar pencapaian yang berlaku.
  • Memberikan dasar yang masuk akal dalam setiap keputusan
  • Meningkatkan kemampuan untuk beradaptasi jika perubahan dalam pemasaran.

Fungsi Strategi Pemasaran

Dari tujuan yang dipaparkan, maka dapat ditarik kesimpulan beberapa fungsi dari strategi pemasaran adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan Motivasi

Strategi pemasaran menghasurkan pemasar berfikir di luar batas, hal ini sangat disarankan untuk menjaga ritme bisnis perusahaan. Teruslah mengikuti ritme pasar agar tak mengalami penurunan omzet.

2. Koordinasi Pemasaran yang Efektif

Strategi pemasaran fungsinya sebagai pengatur arah dan jalannya perusahaan sehingga membuat tim koordinasi menjadih jauh lebih baik dan terarah

3. Merumuskan Tujuan Perusahaan

Dengan strategi pemasaran, bisnis atau perusahaan juga bisa membantu untuk merinci tujuan yang ingin dicapai perusahaan, baik itu tujuan jangka pendek ataupun jangka panjang.

4. Pengawasan Kegiatan Pemasaran Lebih Efektif

Pengawasan aktivitas anggota tim lebih diperhatikan supaya peningkatan mutu dan kualitas semakin terjamin.

Konsep Strategi Pemasaran

Banyak pakar pemasaran mengatakan bahwa kepuasan pelanggan adalah kunci utama konsep pemasaran dan strategi pemasaran. Dengan kata lain, setiap perusahaan memiliki cara sendiri untuk membuat proses pemasaran, sesuai dengan karakteristik dan kemungkinan masing-masing.

Pada dasarnya, tujuan pemasaran utamanya akan tetap mengarah pada pencapaian kepuasan pelanggan. Berikut ini adalah lima konsep strategi pemasaran sebagai berikut.

1. Segmentasi Pasar

Konsumen harus memiliki kebutuhan dan kebiasaan yang berbeda. Perusahaan harus melakukan peringkat pasar yang heterogen pada unit pasar homogen.

2. Posisi Pasar

Tidak ada perusahaan yang dapat mendominasi seluruh pasar. Itulah alasan mengapa perusahaan harus memiliki pola tertentu untuk mendapatkan posisi yang kuat di pasar, yaitu, memilih segmen yang paling menguntungkan.

3. Strategi Masuk ke Pasar

Ini adalah strategi perusahaan untuk memasuki segmen pasar tertentu. Beberapa bentuk yang sering dilakukan adalah:

  • Beli perusahaan lain
  • Pengembangan Internal.
  • Kolaborasi dengan perusahaan lain.

4. Strategi Pencampuran Pemasaran

Campuran pemasaran (baca: definisi campuran campuran) adalah kumpulan beberapa variabel yang telah digunakan perusahaan untuk mempengaruhi respons terhadap konsumen. Beberapa variabel ini termasuk;

  • Produk.
  • Harga
  • Situs.
  • Promosi
  • Peserta
  • Proses
  • Bukti fisik orang.

5. Strategi Waktu

Dalam pemasaran, pemilihan waktu yang tepat juga penting untuk diperhatikan. Perusahaan atau bisnis harus membuat beberapa persiapan yang baik di bidang produksi dan menentukan waktu yang tepat untuk mendistribusikan produk ke pasar.

Tahapan Strategi Pemasaran

Untuk menjalankan strategi pemasaran, ada tahapan atau langkah-langkah yang perlu dilakukan, yakni sebagai berikut.

1. Identifikasi Pelanggan Target

Pada dasarnya manajemen pemasaran strategis dirancang di sekitar tujuan pelanggannya. Identifikasi pelanggan yang tepat akan menghasilkan lebih banyak keuntungan dan membantu membangun pengikut setia.

Manajer strategis akan mempelajari pasar vertikal dan horizonal untuk menghasilkan profil klien yang ideal. Profil ini bisa digunakan untuk menyesuaikan program pemasaran untuk dapat memberikan pesan kepada pelanggan secara lebih menarik sekaligus meningkatkan pendapatan bisnis.

2. Lihat Peluang Pemasaran Strategis

Penggunaan manajemen pemasaran strategis dapat menghasilkan peluang tambahan. Manajer strategis dapat mengatur peralatan pemasaran mereka untuk menemukan tantangan komersial di industri mereka.

Seperti kekuatan dan sumber daya perusahaan Anda dengan tantangan yang baru ditemukan, manajer dapat menciptakan peluang pendapatan baru.

Sistem manajemen ini dapat mengidentifikasi solusi untuk masalah yang tidak mengetahui pesaingnya. Persepsi ini dapat digunakan oleh manajer pemasaran strategis untuk mengembangkan keunggulan kompetitif.

3. Bangun Rencana Pemasaran yang Strategis

Dalam strategi pemasaran juga melibatkan pembangunan rencana menggunakan visi pasar, pelanggan, dan keunggulan dibanding produk lain. Manajemen pemasaran strategis membantu tim pemasar untuk mengembangkan rencana yang fokusnya meningkatkan keunggulan kompetitif.

Beberapa rencana bahkan bisa meminta produk yang didesain ulang untuk melayani pelanggan target Anda dengan lebih baik. Manajemen strategis menciptakan tujuan yang dirancang dalam riset pasar tim Anda.

4. Melaksanakan Rencana Pemasaran

Inti dari manajemen pemasaran strategis adalah implementasi rencana yang efektif. Jalankan inisiatif pemasaran strategis melibatkan memberikan komentar yang berguna dan seringkali tim Anda maju menuju tujuan.

Selain itu, terus-menerus menyesuaikan kombinasi pemasaran saat ini untuk memaksimalkan keuntungan. Setelah tonggak sejarah yang dicapai, manajer strategis dapat membedah proses baru untuk mengidentifikasi katalis yang berhasil dan memasukkan metode ini pada peluang pemasaran lainnya.

Contoh Strategi Pemasaran

Setelah memahami pemahaman strategi pemasaran, baik dan melakukan analisis, sekarang adalah saatnya bagi Anda untuk menjalankan beberapa strategi yang tepat. Beberapa strategi pemasaran populer yang dapat Anda minta:

1. Kolaborasi

Salah satu contoh strategi epmasaran adalah bisa berkolaborasi dengan pihak lain yang mendatangkan keuntungan. Strategi pemasaran lewat kerja sama bisnis ini dinilai sangat menguntungkan dan murah.

2. Bekerja Sama dengan Influencer

Jangan meremehkan kemampuan influencer kelas selebriti. Sebenarnya, mereka memiliki banyak pengaruh pada penjualan mereka, dengan berbagai pengikut, ketika ia mempekerjakan influencer untuk mempromosikan produk mereka, tentu bukan tidak mungkin untuk mendapatkan banyak manfaat.

Berpengaruh tidak pantas hanya merayakan, tergantung pada produk mereka juga. Vlogger dan blogger juga dapat memiliki pengaruh besar.

3. Melibatkan karyawan

Tak ada yang salah dengan melibatkan karyawan dalam beberapa proyek. Kadang, mencoba mempublikasikan kegiatan yang melibatkan karyawan juga menjadi contoh strategi pemasaran yang sangat menarik.

Mereka akan dengan senang hati berbagi video dengan perusahaan selain meningkatkan efisiensi tenaga kerja. Rata-rata karyawan merasa bangga ketika terlibat dalam proyek seperti ini.

4. Tetap Older

Nah, ini penting. Selalu perlakukan mantan pelanggan Anda karena mereka adalah produk pembelian paling setia.

Cobalah untuk memberikan bonus kecil khusus untuk pelanggan lama. Sebagian besar dari mereka adalah produk yang paling setia untuk mempromosikan yang mereka anggap memuaskan.

Akhir Kata

Demikian pembahasan lengkap mengenai strategi pemasaran. Mulai dari pengertian menurut para ahli, secara umum, definisi, jenis, contoh, tujuan, manfaat, tipe, strategi, hingga tahapan lengkapnya.