Cara Memulai Bisnis

Tips Mengawali Bisnis Agar Sukses

Donabisnis.com – Cara memulai bisnis. Menjadi seorang pebisnis sangatlah menyenangkan, kelihatannya. Tapi untuk mencapai kesuksesan, pebisnis telah melewati banyak tantangan dan rintangan.

Mereka mengawali yang namanya memulai bisnis. Melewati masa sulit dan rumit yang mungkin kita tidak sadari. Cara memulai bisnis bagi pemula agar sukses dan berhasil dari nol bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan.

Tapi dengan semangat dan konsistensi, hal tersebut bukan tidak mungkin diraih. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan ketika memulai bisnis, namun kebanyakan salah langkah sehingga gagal.

Ingat, bahwa bisnis berbeda dengan bekerja di perkantoran. Ketika bekerja kita hanya menerima perintah atasan, sementara saat berbisnis atau usaha, kitalah yang menjalankan semuanya mulai dari konsep hingga pemasaran.

Di sini kami akan mengulas secara detail apa-apa saja yang harus dilakukan bagi pemula yang ingin memulai bisnis. Berikut cara mengawali bisnis agar sukses dan berhasil sehingga kaya raya.

Cara Memulai Bisnis bagi Pemula

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja silahkan simak ulasan lengkap mengenai daftar kumpulan cara mengawali bisnis dari nol, bagi pemula, tepat, terbaik, agar lancar dan sukses.

1. Meminta Dukungan Keluarga

Sebelum memulai bisnis, pertama-tama Anda harus meminta dukungan keluarga. Pasalnya keluarga menjadi elemen yang sangat penting sebagai pendukunga dari segi materiil dan nonmateriil. Bila keluarga saja tidak mendukung, usaha yang Anda jalani bisa bermasalah ketika berkembang.

Ditambah ketika benar-benar gagal, maka bisnis Anda tidak akan mendapat dukungan dari siapapun. Maka dari itu sebelum mengawali bisnis dibutuhkan dukungan keluarga yang sangat penting.

2. Yakinkan Diri Anda

Kemudian, Anda perlu meyakinkan diri Anda. Apabila Anda menjalaninya dengan setengah hati saat membangun usaha, Anda bisa lebih mudah jatuh karena keadaan. Alih-alih sukses, usaha Anda bisa berhenti di tengah jalan.

3. Belajar Administrasi

Meski usaha Anda dijalani di rumah saja, namun Anda juga harus menguasai administrasi meski sederhana. Anda perlu melaksanakan pencatatan administrasi meski nilainya terbilang kecil.

Jangan dulu memadukan keuangan milik khusus dengan bisnis. Salah satu pondasi utama untuk kelangsungan usaha yang dapat Anda jalani agar dapat berhasil adalah persoalan administrasi.

4. Jauhkan Pikiran dari Kegagalan

Setiap usaha hanya memiliki dua pilihan masa depan, yakni gagal atau berhasil Seorang pengusaha sejati tidak perlu risau akan kegagalan, meski pemula sekalipun. Jika dari awal sudah tak percaya dengan usaha yang dijalani, maka bisa dipastikan ke depannya usaha akan mengalami kegagalan.

Mental pengusaha biasanya dapat kuat sejalan berjalannya saat dan kendala yang sudah dihadapi, butuh proses panjang agar dapat raih kesuksesan. Jadi, tanyakan pada diri sendiri, kuat mana antara berpikir berhasil dan gagal sebelum mengawali bisnis.

5. Tentukan Visi dan Misi Bisnis

Visi dan misi bisnis juga penting untuk ditentukan sebagai arah tujuan bisnis, meski bisnis itu hanya sekelas bisnis rumahan kecil, namun Anda harus menentukannya. Tujuannya adalah agar ada yang bisa dicapai ke depannya, tidak hanya berjalan saja namun juga harus memiliki target, tanpa ada visi dan misi apa yagn menjadi tujuan dan cara meraihnya bisa menjadi sulit dicapai.

6. Persiapkan Model Bisnis

Jika hati sudah mantap, coba untuk menjadi berkhayal tipe usaha apa yang dapat Anda laksanakan nanti. Anda dapat menjadi melacak paham info tren usaha yang tengah berkembang. Kemudian persiapkan model bisnis yang contohnya bisa dilihat di contoh business model canvas agar lebih rapi dan terstruktur.

7. Hitung Kebutuhan Modal

Anda tidak dapat menjalankan usaha jika modal yang Anda punya belum cukup. Hitung secara detail mana saja kebutuhan yang paling perlu agar usaha dapat berjalan. Hindari pembelian barang-barang yang dirasa belum perlu. Selain itu, Anda juga dapat pakai apa yang tersedia di lebih kurang rumah untuk menjadi berbisnis seperti halaman, garasi, dapur, peralatan masak, dan lain sebagainya.

8. Pilih Bidang Sesuai Passion

Poin penting untuk mengawali usaha adalah sesuai dengan passion yang Anda miliki. Kenapa harus sesuai dengan passion yang dimiliki? Jika dilandasi dengan passion, maka apa yang Anda laksanakan dapat lebih penuh stimulus dan menjadi lebih ringan. Saat usaha dijalankan dengan penuh semangat, usaha dapat cepat raih kesuksesan.

Hindari menentukan bidang yang tidak sesuai dengan passion. Jadi jikalau Anda menyukai bidang fotografer, Anda dapat mengakses jasa foto di rumah, atau jikalau Anda bahagia desain, Anda dapat mengakses jasa graphic design. Hanya bermodal software Adobe Photoshop, Anda dapat mendapatkan duwit tambahan sekaligus passion yang tersalurkan.

9. Pilih Waktu untuk Memulai

Membangun usaha tidak dapat dijalankan secara asal-asalan. Jangan terburu-buru, dikarenakan usaha memerlukan perhitungan yang cermat, salah sedikit saja Anda dapat mengalami kerugian. Jika Anda salah menentukan waktu, maka usaha Anda dapat mengalami kegagalan. Contoh saja saat mendekati bulan Ramadan, usaha paling pas yakni berjualan busana muslim dan kue lebaran.

10. Tentukan Keunikan dari Produk

Saat Anda mengawali bisnis, agar produk Anda bisa diterima dengan baik oleh konsumen maka Anda perlu keunikan atau value lebih dibanding produk kompetitor. Apalagi di masa sekarang kompetiis bisnis semakin ketiat sehingga tiap-tiap produk yang dipasarkan harus bisa memikat dan menarik hati pelanggan.

11. Lakukan Promosi Secara Tepat

Promosi adalah salah hal harus yang harus Anda laksanakan untuk mengenalkan product ke calon pelanggan. Semakin sering Anda laksanakan promosi, semakin banyak orang yang paham tentang product yang Anda miliki.

Dalam hal promosi, agar tidak terlampau banyak uang yang dikeluarkan, maka tujuan promosi haruslah tepat. Anda dapat coba mempromosikan product Anda melalui Facebook Ads atau iklan Google Ads, kedua platform berikut dapat menentukan tujuan sesuai apa yang Anda inginkan.

12. Fokus pada Satu Bisnis Dulu

Jangan terburu-buru untuk mem[erbesar keuntungan ketika Anda baru mengawali usaha. Pastikan usaha yang Anda kelola stabil terlebih dahulu, baik dari segi modal, sumber daya manusia, dan kebutuhan lainnya.

13. Berikan yang Terbaik

Ada pepatah menjelaskan bahwa pembeli adalah raja. Maka sudah sepantasnya Anda beri tambahan yang terbaik untuk pembeli agar mereka menjadi puas. Jika pembeli menjadi bahagia maka nanti biasanya mereka dapat datang kembali dan memberi saran kepada orang lain untuk datang ke usaha yang Anda miliki.

Akhir Kata

Sekian ulasan lengkap mengenai cara memulai bisnis agar sukses. Semoga bisa memberi inspirasi untuk menentukan langkah yang tepat dalam memulai bisnis agar tidak salah mengambil langkah di awal.

Baca:

Tinggalkan komentar