Contoh Ekonomi Mikro

Contoh dan Definisi Ekonomi Mikro

Donabisnis.com – Contoh ekonomi mikro. Kita sangat sering mendengar istilah ekonomi mikro, baik dalam bentuk tulisan, ucapan, dan lain sebagainya. Lalu, apa sih ekonomi mikro itu? Berikut adalah pembahasan lengkap mengenai contoh ekonomi mikro.

Dalam ekononmi, lingkupnya dibagi menjadi dau cabang, yakni ekonomi mikro dan ekonomi makro. Istilah ekonomi mikro dan makro diperkenalkan oleh RAgnar Frisch sebagai orang pertama yang meraih hadiah NOBEL dalam bidang ilmu ekonomi.

Jadi, apa yang disebut dengan ekonomi mikro? Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak pembahasan di bawah berikut ini. Di sini kami akan menjelaskan pengertian, definisi, penjelasan, hingga contohnya.

Pengertian Ekonomi Mikro

Ada dua pengertian ekonomi mikro yang perlu diketahui, yakni secara umum dan menurut pendapat para ahli. Anda bisa menyimak selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Ekonomi Mikro Secara Umum

Apa ekonomi mikro? Definisi ekonomi mikro adalah perekonomian yang secara khusus mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan dan penentuan harga pasar dan jumlah entri, barang, dan jasa yang dinegosiasikan.

Mikroekonomi atau ekonomi mikro secara langsung mempengaruhi pengambilan keputusan dalam hal penawaran dan permintaan barang atau jasa. Agar definisi ekonomi mikro memiliki tujuan utama Perusahaan, yaitu, untuk menganalisis pasar dan bagaimana mekanisme tersebut membentuk harga relatif produk dan layanan.

Beberapa aspek analisis dalam ekonomis adalah:

  • Analisis biaya dan manfaat.
  • Minta Teori dan Penawaran.
  • Elastisitas
  • Model pasar
  • Industri
  • Teori produksi
  • Teori Harga

Peran ekonomis mikro di perusahaan dapat membantu menganalisis kegagalan pasar dan secara sempurna menjelaskan kondisi secara teoritis dalam persaingan pasar.

Pengertian Ekonomi Mikro Menurut Para Ahli

Adapun pengertian ekonomi mikro menurut pendapat para ahli adalah sebagai berikut. Beberapa ahli di bidang ekonomi telah menjelaskan tentang makna ekonomi mikro, yang meliputi:

1. Adam Smith

Menurut Adam Smith, ekonomi mikro adalah masalah ekonomi yang selalu bersifat ekonomi. Hasil aktor ekonomi ini harus mempertimbangkan hal-hal rasional sebelum membuat keputusan.

2. David Ricardo

Menurut David Ricardo, makna ekonomi mikroekonomi adalah suatu kondisi di mana aktor ekonomi memiliki informasi tentang seluk beluk pasar. Dengan demikian, ekonomi makroekonomi adalah faktor penentu ekonomi global.

3. Marshal dan Piqou

Menurut Marshal dan Piqou, definisi ekonomi mikro adalah tingkat mobilitas yang tinggi di pasar, yang membuat aktor ekonomi langsung mengadaptasi perubahan pasar.

4. NG Mankiw

Menurut N. G. MANKIW definisi ekonomi mikro adalah ilmu yang membahas peran individu untuk aktor ekonomi, bagaimana kamera dan perusahaan membuat keputusan, dan bagaimana mereka berinteraksi di pasar tertentu.

5. Sadono Sukirno

Menurut Sadono Sukirno, makna ekonomi mikroekonomi adalah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan korporasi dan penentuan harga pasar dan jumlah kontribusi, barang dan jasa yang dinegosiasikan.

Contoh Ekonomi Mikro

Dalam proses terjadinya perekonomian mikro, bisa terlihat saat produsen dan konsumen melakukan kegiatan ekonomi. Berikut adalah contoh-contoh perekonomian mikro yang ada di Indonesia.

1. Permintaan

Permintaan merupakan jumlah barang dan jasa yang diperlukan serta bisa dibeli oleh konsumen dengan harga dan waktu tertentu. Semakin tinggi permintaan akan barang dan jasa, maka semakin tinggi pula harga barang dan jasa yang dimaksud yang pada akhirnya menurunkan permintaan.

Sebaliknya, ketika harga barang dan jasa lebih rendah, semakin besar permintaan bagi konsumen untuk barang dan jasa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pelaku yang melakukan permintaan barang dan jasa adalah konsumen.

2. Penawaran

Berikutnya adalah penawaran, yakni jumlah barang dan jasa yang tersedia untuk dijual dan ditawarkan kepada konsumen, reseller, distributor, atau pabrikan untuk diolah menjadi produk lainnya dengan berbagai tingkat harga dan waktu tertentu. Para pelaku yang membuat penawaran dinamakan dengan produsen.

Dalam teori penawaran yang berlaku, lebih besar dari harga, semakin banyak barang dan jasa yang ditawarkan. Sebaliknya, semakin rendah harga, semakin banyak barang dan jasa yang ditawarkan.

3. Perilaku dan Produsen Konsumen

Perilaku konsumen dan produsen adalah contoh selanjutnya dalam ekonomi mikro. Definisi perilaku dan produsen konsumen adalah semua kegiatan dan proses yang disetujui oleh seseorang dalam seleksi, pencarian, pembelian, evaluasi dan penggunaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan mereka.

4. Harga

Harga merupakan contoh ekonomi mikro yang ada di Indonesia berikutnya. Umumnya, harga berkaitan dengan nilai barang dan merupakan uang. Menurut Kotler, harga adalah sebuah elmeen dari bauran pemasaran yang menghasilkan laba.

Harga juga berfungsi sebagai nilai instrumen pengukuran untuk produk dan jasa. Ketika harga ditentukan, kondisi ekonomi, kurva permintaan dan biaya adalah faktor yang mempengaruhi terjadinya perubahan harga.

5. Biaya Internal

Biaya merupakan pengorbanan yang dilakukan oleh perusahaan atau bisnis untuk mendapatkan lebih banyak manfaat dari berbagai kegiatan yang dilakukan. Biasanya ini juga mempengaruhi harga.

Misalnya biaya bahan baku tinggi yang menghasilkan peningkatan harga produk barang yang dijual. Dalam perekonomian, biaya atau tarif juga sering disebut pengeluaran karena dikeluarkan dengan tujuan produksi agar bisa mencapai tujuan.

6. Pasar

Pasar adalah contoh ekonomi mikro di Indonesia. Pasar itu sendiri adalah tempat atau wadah tempat penjual dan pembeli bertemu dan melakukan transaksi pembelian dan penjualan. Namun, pemahaman pasar tidak harus terkait dengan bentuk fisik karena pasar tidak memiliki lokasi geografis dan dapat dilakukan secara online.

Akhir Kata

Demikian pembahasan lengkap mengenai ekonomi mikro dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari pengertian hingga contohnya seperti permintaan, penawaran, biaya internal, pasar, harga, perilaku produsen, dan konsumen lengkap.