Contoh Inovasi Produk

Contoh Pembaharuan Barang dan Jasa

Donabisnis.com – Contoh inovasi produk. Inovasi merupakan penciptaan produk atau layanan baru yang bernilai bagi pelanggan dengan cara yang didukung oleh model bisnis berkelanjutan dan menguntungkan.

Inovasi sangat diperlukan dalam kehidupan berbisnis, terutama bila produk yang kita tawarkan atau ciptakan memiliki tingkat persaingan yang tinggi dan jumlah kompetitor yang tidak sedikit.

Tanpa adanya inovasi, sebuah merk brand tidak akan bisa selamanya terkenal. Mereka akan tertindas oleh kejamnya zaman dan membuat produk brand atau bisnis mereka akan perlahan-lahan mengalami kebangkrutan.

Namun dalam menciptakan inovasi produk barang dan jasa, diperlukan sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif. Dan inovasi ini kadang hadir dari referensi yang banyak ditemukan di internet.

Maka dari itu pada kesempatan ini kami ingin membagikan beberapa contoh inovasi produk barang dan jasa yang menarik, bagus, simple, sederhana, namun membuat perubahan begitu besar bagi kehidupan.

Contoh Inovasi Produk Barang dan Jasa yang Menarik

Simak langsung beberapa inovasi bisnis produk barang dan jasa yang ada di dunia dan Indonesia berikut. Ulasan ini kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

1. Homemade Televisi Aquarium

Contoh inovasi produk yang menarik adalah homemade televisi aquarium. Ide ini sesuai untuk pencinta ikan hias. Selama ini kita mengenal akuarium berwujud bulat atau kotak saja yang monoton, dan inovasi ini bisa menjadi salah satu pembaharuan yang menjanjikan.

Agar usaha ikan hias Anda sanggup berkembang bersama dengan lebih baik, jalankan inovasi layaknya menjual aquarium ikan kreasi berasal dari televisi bekas. Aquarium yang dibikin tentu saja tidak memanfaatkan televisi bekas yang berupa pipih. Gunakan televisi modal kuno yang punyai layar cembung dan berupa balok panjang.

Ganti kaca televisi bersama dengan kaca bening, lantas kosongkan semua komponen mesinnya. Berikan hiasan dan pastikan kerangka televisi tersebut tidak bocor selagi terisi air. Kreasi baru aquarium pun kini sanggup Anda menjual bersama dengan harga tinggi sebab keunikannya yang belum banyak di pasaran!

2. Inovasi Detergen Hemat Air

Inovasi ini adalah contoh pengembangan mutu dari produk awla, yakni deterjen atau sabun cuci busana yang dikenal boros menggunakan air. Berasal dari keluhan konsumen, deterjen hemat air cocok untuk membilas pakaian bersih dari sisa busa deterjen.

Untuk meningkatkan mutu produk, Anda wajib menciptakan inovasi baru berupa sabun pencuci busana yang sanggup dibilas secara cepat, sehingga tidak memakan banyak air. Anda sanggup membaca sejumlah referensi untuk melacak menyadari paduan yang tepat untuk menciptakan larutan detergen yang mudah dibilas.

Inovasi ini termasuk dapat berikan keuntungan ganda. Bukan cuma costumer yang dapat diuntungkan, melainkan termasuk lingkungan sebab product Anda menopang kesibukan penghematan air.

3. Jasa Titip

Mungkin Anda pernah melihat di sosial media mengenai orang yang membuka jasa titip atau yang lebih dikenal dengan ‘jastip’. Dibandingkan dua contoh sebelumnya, contoh ini adalah wujud inovasi bidang jasa, terutama di bidang perdagangan online.

Inovasi jasa titip adalah kesempatan yang untungkan era kini sebab jadi wujud alternatif berbelanja, terutama untuk produk-produk yang kesulitan dicari. Semisal Anda kerap bepergian ke luar negeri. Anda sanggup tawarkan jasa titip produk-produk berasal dari luar negeri kepada rekan-rekan atau keluarga Anda melalui sosial media.

Tampilkan foto-foto “katalog” berupa product yang ada untuk dibeli, beserta harga menjual yang Anda memastikan sendiri (harga barang + harga jasa membeli = harga jual).

Bagusnya lagi, proses jasa titip tak cuma berlaku untuk orang yang bahagia bepergian ke luar negeri. Anda yang kerap mengunjungi toko-toko lokal pun sanggup sebabkan jasa titip, terutama untuk product yang tidak dijual di lokasi konsumen.

Akhir Kata

Demikian ulasan lengkap tentang contoh inovasi produk yang menarik. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin menciptakan inovasi produk menarik serta membuat evolusi perubahan pada bisnis.

Baca: