Contoh Produk Grafika

Contoh Produksi Grafis yang Mudah Dibuat

Donabisnis.com – Contoh produk grafika. Produk grafika merupakan produk yang dibuat dengan dicetak atau melalui prosens print. Biasanya berupa kertas dua dimensi.

Produk grafika yang diciptakan biasanya angsung dalam jumlah yang banyak. Produk ini merupakan representasi visual pada sebuah permukaan, selain kertas juga bisa di dinding, kanvas, layar komputer, dsb.

Biasanya yang ditulis di dalam produk grafika berupa teks, ilustrasi, warna, dan gambar yang menarik. Banyak sekali contoh produk grafika yang kita kenal di masa sekarang ini.

Misalnya seperti koran, kaos sablon, cover buku, majalah, poster, foto, bungkus makanan, banner, spanduk, flyer, dan masih banyak lagi. Kita menjumpainya hampis setiap saat setiap hari.

Di sini kami ingin memberikan beberapa contoh produk grafika secara lengkap yang bisa Anda tiru atau jadikan referensi sarana pemasaran produk barang dan jasa yang efektif.

Contoh Produk Grafika Secara Lengkap

Simak langsung beberapa contoh produk grafika yang kita kenal dalam kehidupan sehari-hari lengkap beserta penjelasannya. Berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber.

1. Media Massa Koran

Koran merupakan salah satu produk grafika yang menggunakan pengaplikasian visual. Tampilan produk ini berwujud gambar dan teks yang dominan berwarna hitam putih. Adanya gambar dan teks di sini berfungsi menambahkan berita, cerita, dan informasi.

Proses pembuatan Koran jadi product grafika ini menggunakan metode cetak secara tidak langsung. Koran akan diproses dengan mesin cetak menggunakan daftar offset dengan cetakan. Cetakan untuk memicu Koran selanjutnya berisi gambar, berita, cerita dan informasi paling baru yang akan dimuat pada halaman Koran.

2. Kertas Poster

Poster saat ini juga menjadi produk grafika yang sudah banyak digunakan pengusaha dari berbagai macam bidang. Poster sebagai alat untuk mempromosikna produk yang dibuat, selain itu juga untuk menambahkan informasi atau pembelajaran seperti poster sekolah dan universitas.

Pembuatan poster ini menggunakan cetakan digital. Dimana cetakan ini sanggup mencetak sebagian teks dan gambar yang unik dan menarik cocok dengan keingianan kawan dekat kosngosan. Dimana poster ini umumnya berwujud informasi atau promosi yang di pajang dalam ukuran yang besar sehingga sanggup dengan ringan dibaca dan dipahami dari kejauhan.

3. Pakaian Bermotif Gambar

Contoh produk grafika berikutnya adalah pakaian bermotif gambar. Produk grafika ini tidak hanya mencetak gambar atau teks pada pakaian saja, melainkan menyampaikan informasi yang bertujuan untuk hal tertentu.

Contohnya yaitu perusahaan sablon. Dimana penggunaan teknik dari mesin sablon ini akan menghasilkan gambar yang unik, menarik dan berkualitas. Pencetakan gambar dan teks pada kaos termasuk sanggup disesuaikan dengan permintaan masing-masing dari pelanggan.

4. Kemasan Makanan

Kemasan makanan waktu ini jadi keliru satu energi tarik dari pemasaran sebuah produk. Dimana dengan dibuatnya kemasan yang bagus dan sanggup memelihara makanan akan memicu kastemer tertarik untuk belanja product tersebut.

Teknik dari pembuatn kemasan makanan dengan metode grafika adalah dengan menggunakan cetakan digital. Dimana di tiap-tiap kemasan sanggup diberikan gambar dan tulisan yang menarik untuk konsumen.

5. Kartu Ucapan atau Undangan

Kartu ucapan dan undngan pernikahan maupun undangan lainnya juga merupakan produk grafika. Tujuannya untuk menginformasikan orang akan acara atau event tertentu untuk diikuti. Proses pembuatannya adalah mencetak tulisan dan gambar dengan tinta pada kertas.

6. Iklan Produk

Iklan dibuat untuk memberitahukan kepada orang-orang bahwa product selanjutnya udah ada di pasaran, atau sebagai pemberitahuan promosi dari sebuah produk. Iklan dibuat daengan sarana cetak, atau lewat Tv atau billboard. Dimana seluruh proses untuk memicu iklan selanjutnya menggunakan teknik grafika berwujud cetakan digital.

7. Hologram dan Materai

Hologram dan materai adalah produk yang diproduksi dengan teknik grafis. Alat produksinya menggunakan cetakan dasar, selain itu dalam proses pembuatannya juga digunakan mesin cetak digital yang memiliki kapasitas bagus dan berkualitas.

8. Stiker Nama dan Logo

Stiker nama dan logo ini adalah product grafika yang banyak diminati. Produk ini dibuat dengan menggunakan mesin cetak yang diberikan tinta cocok dengan keinginan. Dimana prosesnya yaitu dengan teknik saring atau memicu bahan jadi sanggup untuk menyerap tinta ke permukaan bahan. Cetakan pada mesin ini berwujud kain kasa yang elastis dan halus. Dengan cetakan ini sesudah itu jadilah product berwujud stiker dan logo yang bagus.

9. Produk dari Grafika Kolagrafi

Produk grafika yang digunakan pada produk bruwjud kolagrafi menggunakan metode cetak dan tempel. Sarana yang digunakan berwujud kanvas dengan menggunakan cat.

Hasil dari cetakan ini akan berwujud lukisan. Lukisan yang dibuat dengan kolagrafi ini berwujud cekung pada kanvas. Cara mencetak gambar pada kertas ini adalah dengan mengarsir gambar yang timbul pada kertas kosong. Sehingga nantinya akan terlihat gambar dari hasil arsiran pensil tersebut.

10. Cap dengan Printing Hight

Pada pembuatan cap ini menggunakan cetakan tinggi. Dimana bahan dari cetakan ini adalah berwujud bahan yang dicungkil dan memicu permukaan pada mesia akan jadi tinggi.

Pada permukaan yang tinggi pada sarana selanjutnya akan diberikan tinta cocok dengan warna keinginan. Kemudian setelah diberikan tinta maka akan terbentuk gambar dan tulisan yang cocok pada cetakan sebelumnya. Contoh product yang menggunakan cetak tinggi ini yaitu ada karet, papan kayu, triplek dan lainnya.

11. Pembuatan Lithography

Contoh produk grafika berikutnya adalah lithography, ini diciptakan dari mesin cetak dan hasil teknik foto mekanik. Teknik lithography adalah teknik grafika yang dibuat dengan cara membuat tulisan atau gambar dengan cetakan datar atau rata.

Media ini merupakan alat untuk menghasilkan product dari lithography ini. Umumnya perumpamaan sarana yang digunakan untuk memicu product dari teknik lithography ini yaitu ada batu kapur yang sanggup menghisap warna pada tinta.

12. Packaging Botol Minuman

Konsumen yang belanja product layaknya minuman, sanggup dipengarugi gara-gara adanya kemasan botol yang menarik. Fungsi lain dalam memelihara produk, kemasan termasuk mencerminkan sebuah produk, tak hanya sudah pasti untuk menarik perhatian kawan dekat kosngosan sebagai konsumen.

Untuk kemasan product umumnya dicetak menggunakan cetakan digital. Hal ini untuk memicu product lebih menarik dan banyak kastemer yang membeli. Melalui kemasan yang menarik, maka tingkat penjualan diinginkan sanggup bertambah

13. Kain Sablon

Kain akan termasuk sanggup dicetak menggunakan alat printing pakaian. Dan hasil cetakan dari sarana kain dan pakaian ini sanggup divariasikan cocok dengan desain dari aplikasi di laptop atau komputer.

Kain sablon ini tentu mempunyai nilai seni dan keunikan nya tersendiri sehingga akan terlihat lebih tidak serupa dari kaos lain. Untuk teknik sablon sanggup menghasilkan gambar yang tidak luntur jikalau di cuci. Kini banyak penduduk yang menjual kaos dengan bermacam desain.

14. Fotografi

Fotografi merupakan seni berisi objek dalam sebuah frame. Hasilnya berwujud foto atau gambar yang bisa dicetak dengan mesin print. Selain itu gambar atau foto ini bisa ditampilkan pada hp atau komputer. Gambarnya kemudian bisa diambil melalui kamera, teknik percetakannya dikenal dengan sebutan teknik fotografi.

15. Produk dari Grafika Relief

Jenis relief ini adalah merupakan cetakan yang dalam penggunaannya menggunakan lapisan. Lapisan selanjutnya berwujud cetakan yang terbuat dari balok kayu. Untuk memicu hasil cetakan yang cocok dengan permintaan kamu. Kamu sanggup mengecat cetakan balok selanjutnya pada daerah yang timbul saja.

Sedangkan pada daerah yang tidak timul tidak diberikan cat tinta. Kemudian pada daerah yang timbul nantinya akan menghasilkan gambar ata tulisan cocok yang tertulis pada balok kayu tersebut. Contoh pembuatan grafika relief ini adalah stampel, embos (tulisan timbul) dan lainnya.

16. Produk dari Grafika Intaglio

Teknik grafika intaglio merupakan teknik yang dibuat dengan konsep timbul. Cetakan yang digunakan dibuat kemudian digoreskan pada aluminium sehingga tinta yang ditorehkan akan timbul sesuai keinginan Anda.

Hasil dari cetakan intaglio ini adalah permanen dan tidak akan sanggup hilang. Contoh product dari intaglio ini adalah berwujud pembuatan duit kertas. Selain itu ada pakaian perang yang diukir dengan etsa pada intaglio.

17. Produk dari Grafika Stensil

Pada grafika ini menggunakan metode pemotongan. Dimana pembuatannya yaitu dengan menggunting huruf atau angka pada kertas sesudah itu ditempelkan pada daerah yang diinginkan oleh kawan dekat kosngosan, layaknya papan atau kain.

Setelah diletaklan dan dideretkan sesudah itu disemprot dengan dengan cat warna cocok keinginan. Setelah itu akan terbentuk tulisan yang cocok dengan yang udah dibuat. Contoh produknya yaitu berwujud papan informasi, papan peringatan atau spanduk.

Akhir Kata

Demikian ulasan lengkap tentang contoh produk grafika mudah dibuat. Mudah-mudahan dapat menjadi penambah wawasan bagi kita agar dapat membuat produk grafika yang menarik.

Baca: